Rabu, 08 November 2017

Soal Permesianan Kapal

Pada mesin kemudi electro Hydraulic, harap diuraikan fungsi dari masing-masing peralatan sebagai berikut :
a.Pompa rotasi ( hele shaw maupun W. Janny)
Adalah berfungsi utk membangkitkan tekanan sehingga mampu utk mendorong plunyer pada silinder kemudi.
Yang biasa dipakai : pompa hele shaw dan williams janney
b.Telemotor transmitter
Adalah sebagai pemberi langsung yg dapat dikendalikan oleh setir kemudi di anjungan sesuai kebutuhan cikar kiri/kanan.
c.Telemotor receiver
Adalah sebagai penerima reaksi pengisapan atau penekanan dari tekanan motor transistor shg dapat merubah posisi silinder di receiver ke kiri/kanan.
d.Rams : fungsinya menerima penekanan dan penghisapan dr pompa rotasi yg hasilnya akan menekan atau mendorong plunyer did lm silinder dan diteruskan utk mencikar kemudi
Yang dimaksudkan air conditiner di kapal tidak hanya mengatur kenyamanan untuk kabin saja, tapi dikapal sering juga dilengkapi dengan pengering udara palka agar uap air didalam palka tidak menyebabkan korosi muatan. Gambarkan dengan bagan sederhana dan jelaskan prinsip kerjanya dari instalasi udara palka sistem absorpsi.
  
Cara kerja
Udara yg mengandung byk uap air dlm palka di hisap oleh Blower B melalui sbh penyaring A. dari Blower B udara dilalukan ke pendingin C yg mana disini didinginkanoleh air laut pendingin. Melalui kran K yg sdg membuka aliran ke D selanjutnya udara masuk ke penyerap D. udara ini di D dihisap uap airnya oleh bahan penyerap. Di silica gel atau oksida aluminium yg di activer. Krn uap air tadi mengembun di silica gel, sedangkan pengembunan terjadi bila ada panas yg dibuang, maka berarti panas dari bhan penyerap akan dilepaskan ke udara, shg udaranya menjadi panas, maka udara yg kering ini selanjutnya perlu ddinginkan lagi dipendingin F yg selanjutnya dialirkan ke berbagai ruangan2 palka. Lama kelamaan (6jam) bahan penyerap tadi akan jenuh dgn uap air,shg daya serapnya berkurang. Maka bahan penyerap ini perlu diactiver kembali.
Uraikan untung ruginya derek muatan sistem keran dibanding derek muatan dengan boom.
Keuntungannya  :
-Mempunyai kapsaitas yan g lebih besar
-Untuk melayani muatan diperlukan lebih sedikit personil
-Selalu siap dipakai karena dengan boom-boom harus dipersiapkan dulu, dimana, Untuk ini memerlukan banyak tenaga dan waktu.  
-Lebih mudah untuk melayani muatan pada dua palka yang berdekatan dan dapat  Berputar 360°
Kerugian  :
-Biaya banyak dan konstruksinya sulit.
-Tinggi angkatnya terbatas
-Diperlukan tenaga yang mempunyai skill lebih tinggi
-Untuk perbaikan dan perawatan memerlukan lebih banyak biaya.

Untuk kapal yang mesin penggerak utamanya oleh Mesin diesel, ternyata dari energi yang dibangkitkan oleh internal combustion chamber ( pembakaran bahan bakar didalam silinder) hanya kurang lebih 30 % saja yang digunakan sebagai energi pendorong kapal. Harap dijelaskan mengapa demikian dan kemana saja kehilangan energi tersebut.
Karena disebabkan adanya beberapa kerugian yg timbul antara lain :
-Kerugian panas yg terbuang ke cerobong sebanyak 28 %
-Kerugian panas ke air pendingin sebanyak 25 % karena mesin harus didinginkan
-Kerugian pancaran panas ke sekeliling mesin sebanyak 2 %
-Kerugian panas ke minyak pelumas utk menampung gesekan pada bearing / bantalan, gesekan antara ring torak dgn silinder liner sebanyak 4 % (disebut gesekan mekanis)
-Kerugian gesekan thrust bearing, tunnel bearing dan gesekan air terhadap propeller sebanyak 11%

Untuk mempersiapkan kapal maneouvre keberangkatan diperlukan waktu untuk mempersiapkannya. Mengenai apa saja yang harus dipersiapkan dan jelaskan juga pesawat-pesawat apa yang harus dijalankan / dipersiapkan.
Yang harus dipersiapkan :
-Cocokkan jam dgn anjungan
-Test telegraph, test kemudi
-Menyiapkan boiler utk pemanas FO
-Menyiapkan compressor utk start main engine
-Menyiapkan aliran listrik ke winch

Dengan kapal berlayar pada kecepatan 15 knots, dan pemakaian bahan bakar 30 ton per hari, maka sisa bahan bakar dikapal hanya akan cukup untuk menempuh jarak 2400 mil saja. Sedangkan jarak yang masih harus ditempuh 2800 mil lagi. Ditanyakan :
a.Agar bahan bakar yang ada cukup sampai di tujuan, barapa kecepatan seharusnya.
b.Harap dihitung juga berapa ton bahan bakar yang masih tersisa di kapal tersebut.
Dik: kecepatan kapal (V1) = 15 knots, pemakaian BB/hari (B1)= 30 ton, S1= 2400 mil, S2= 2800 mil.
Dik: ......
Dit: a. Kecepatan kapal yg seharusnya (S2)
       b. Sisa bahan bakar
penyelesaian:
a.kecepatan kapal yg seharusnya:
S2 : S1 = V1² : V2²
   Þ     V2² = (S1 x V1²) : S2
            V2² = (2400 x 15²) : 2800
            V2² = 540.000 : 2800
            V2² = 192.86
            V2  = Ö 192.86
   Speed Seharusnya  V2  = 13.89 Knots
Jadi Kecepatan kapal yg seharusnya adalah 13.9 knots

b.sisa bahan bakar (B2):
Speed x 24 jam  
   Þ     15 x 24 = 360 mil
            360 mil = 30 ton/hari
            2400 : 360  =  6.67 hari
   Jadi sisa BB tersisa di kpl :
      Þ 30 x 6.67 = 200.1 ton  
Harap diuraikan beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi untuk muatan dalam reefer container agar pihak kapal dapat sepenuhnya menerima diatas kapal untuk muatan dalam reefer container dari shipper tersebut.
-pada waktu penerimaan refer cont., unit dan peta catatannya hrs diperiksa kerjanya, dan mungkin terdpt kerusakan yg menyebabkan container tdk layak utk mengangkut refer cargo.
-refer cont. hrs ditempatkan pd posisi yg aman dan dgn bagian unit refrigerator dihadapkan sedemikian rupa shg mengizinkan dilakukannya monitoring dan service pd komponen2 dr refrigerator
-diperiksa agar kabel penyalur listrik di plugged dgn benar (pd setiap ujungnya) dan bahwa penyalur listrik dan unitnya tlah dihidupkan. Unit hrs diplugged tdk lbh dr 1 jam stlh container tiba dan tdk lbh dr 30 menit sesudah container mendpt posisi
-badan container diperiksa thd kerusakan dan agar semua segel, peralatan tutup pintu, ventilasi berada dlm keadaan baik
-periksa lampu2 penunjukan sesuai dgn fungsinya
-periksa catatan temperature utk menyakinkan bahwa grafik yg terlukis pd peta adalah benar dan bahwa temperature berada dlm batas2 yg dpt diterima. Pegas lonceng hrs dikencangkan penuh, peta ditempatkan dgn tepat, shg tgl dan waktunya sesuai dgn waktu dr pemeriksaan

a.Uraikan fungsi dari oily water separator ( bilge water separator)
Sebagai tabung pemisah antara air got dan minyak (kotoran dlm air got)
b.Harap dijelaskan secara singkat prinsip kerja dari Oily Water separator tersebut !
-Air got dihisap oleh bilge pompa H diteruskan ke bilge separator A stage 1 (yg bercampur dgn sludge oil)
-Grafity disc yg berada dlm bilge separator A yg berputar sentrifugal oleh motor penggerak dari motor listrik. Yg mengakibatkan memisahkan bagian yg berat dgn yg ringan krn pengaruh berat jenis antara air got dan minyak kotor, minyak kotor terlempar ke bagian atas sementara yg berat terlempar ke bagian bawah.
-Minyak kotor tsb akan mengirim sinyal ke control unit yg mengakibatkan selonoid valve E bekerja, membuka membrane piston valve D.
-Sehingga minyak kotor masuk ke sludge oil tank F, sedang air got masuk ke coaliser (stage 2) B. ke filter G naik ke atas ke sisi kanan, membalik turun ke bawah lewat filter G ke sisi kiri.
-Konsentrasi air laut dpt dimonitor di OPM (Oil Pollution Monitor) bila konsentrasi menunjuk 15 PPM maka air laut boleh langsung dibuang ke laut namun bila lebih dr 15 PPM maka ke dalam sisitem coaliser secara flushing dgn harapan menurunkan nilai PPM tsb hingga normal utk dibuang
-Minyak kotor tsb ditampung di sludge oil tank F selanjutnya dibakar di Incinerator sehingga minyak terbakar menjadi gas, minyak kotor tsb tdk dibolehkan dibuang ke laut krn akan menimbulkan pencemaran laut, lingkungan.

Harap diuraikan fungsi masing-masing bearing sebagai berikut :
a.Bearing dari poros baling-baling
Utk menyangga berat poros juga menahan gaya sentrifugal sebagai akibat perputaran propeller termasuk menahan tekanan gaya air secara radial.
b.Intermediate bearing ( tunnel bearing)
Utk menyangga berat dari poros baling-baling
c.Thrust bearing ( blok pendorong)
Utk menahan poros baling-baling pada saat kpl maju atau mundur.

Pada suatu instalasi mesin pendingin harap dijelaskan  fungsi dan prinsip  kerja dari :
a.Termostatic expansion  valve
Fungsi thermostatic expansi valve adalah: mengatur jumlah bahan pendingin yang mengalir menuju evaporator.
b.Solenoid valve.
Fungsi solenoid Valve adalah untuk membuka/ menutup valve secara otomatis dalam system control
  
Jarak layar yang akan ditempuh adalah 2340 mil laut. Pada kecepatan 18 knots, pemakaian bahan bakar 36 ton per hari. Diinstuksikan dari kantor pusat agar kapal dapat sampai 10 (sepuluh) jam lebih jepat dari jadwal semula. Ditanyakan :
a.Berapa kecepatan agar instruksi kantor pusat dapat dipenuhi.
b.Apakah bahan bakar yang tersisa dikapal 240 dapat mencukupi, harap dibuktikan / dihitung.
Dik : isi sendiri.....
Dit  : a. V2 (10 jam lebih cepat)
         b. Sisa BB di kpl masih cukup / tidak
a. S1 : V1 Þ  2340 : 18 = 130 jam
   Utk lebih cepat 10 jam maka :
   130 jam – 10 jam = 120 jam
   Jadi speed yg dibutuhkan :   
  V2 = S1 : t Þ  V2 = 2340 : 120
       = 19.5 knots
b.                           B1 : B2 = V1³ : V2³  Þ B2  = (B1 x V2³) : V1³
                              = (36 x 19.5³) : 18³
                              = (36 x 7414.875) : 5832
                              = 266935.5 : 5832
                              = 45.77 ton / hari
   Pemakaian BB selama 120 jam :
120 : 24) x 45.77  Þ 5 x 45.77 = 228.85 ton
   Jadi BB yg tersisi di kpl CUKUP dgn asumsi :
   Sisa BB – Pemakaian BB 
   Þ  240 – 228.85 = 11.15 ton

Uraikan perbedaan utama dan jelaskan keuntungan dan kerugiannya mesin kemudi electro hydraulic tipe 4 ram ( silinder) dibandingkan tipe 2 ram ( silinder)
Keuntungan :
-Sistem lebih sederhana (peralatan sedikit)
-Harga lebih murah
-Perawatan sederhana
-Biaya perawatan relative kecil
-Waktu perawatan relative cepat
Kerugian :
-Instalasi listrik hrs selalu kering terutama saat kemudi tdk digunakan,utk mencegah short circuit (hubungan pendek arus listrik) krn bisa menimbulkan bahaya kebakaran.
-Perawatan listrik memerlukan keahlian tersendiri
Uraikan keuntungan maupun kerugiannya menggunakan msn kemudi  Electro  Hydraulic Kerja Ganda di bandingkan menggunakan Msn kemudi electro Hydraulic kerja Tunggal!
Keuntungan
- Effek rudder ckp berfungsi walaupun bobot kpl, ckp bsr. - Kpl tetap beroperasi walaupun ada gangguan pd beberapa ram cylinder (kecuali terganggu lebih 2 ram cylinder).
Kerugian
- Harga belinya lebih mahal. - Perawatan lbh banyak, berarti juga wkt perawatannya lebih lama
- Pemakaian suku cadang lbh bsr. - Biaya perawatan lbh bsr.
Bila kapal mengangkut reefer container, apa yang harus dilaksanakan dan diusahakan oleh crew ( ABK) sehubungan dengan tanggung jawabnya agar muatan beku ( deep frozen ) tidak rusak / beku.
1.Mesin Container hrs dijalankan paling lambat 30 mnt setelah dimuat diatas kpl dan bahwa monitoring di laksanakan sesuai dgn ketentuan2 monitoring harian yg berlaku sbb:
a.Jalannya grafik pd peta hrs di periksa dan temperature yg tercatat hrs dicantumkan di dlm lembaran LOG.
b.Lamou penunjukan operasi dr unit hrs diperiksa utk meyakinkan bahwa lampu yg sedang menyala pd waktu diperiksa menyatakan keadaan operasi dr unit2 dan temperature yg tercatat pd peta.
c.Diperiksa agar aliran dingin,Driyer dan tingginya minyak compressor cukup.
d.Monitoring muatan tdk kurang dari 2 kali sehari dgn selang waktu tdk kurang dari 8 jam.
2.Catatan hasil monitoring hrs disimpan di kpl selama waktu tdk kurang dr satu tahun dan satu copy hrs di siapkan utk di berikan kepada kepala bagian service yg bersangkutan apabila diminta.
3.Sebelum di bongkar,maka unit ybs hrs dimatikan dan container hrs di periksa sblm pembongkaran
4.Bila container di bongkar dr kapal maka segala keterangan kecurigaan mengenai kerjanya dan pembacaan temperature yg melewati batas ketentuan,hrs disampaikan ke staf pengawasan pd tempat pengawasan berikutnya.
Uraikan keuntungan dan kerugiannya kemudi listrik bila dibandingkan dengan kemudi elektro hidraulic.
KEUNTUNGAN ;
1.Sistim lebih sederhana
2.Harga beli lebih murah
3.Perawatan sederhana
4.Biaya perawatan relative kecil
5.Waktu perawatan relative cepat
KERUGIAN :
1.Instalasi listrik harus selalu kering terutama saat kemudi tidak digunakan, untuk mencegah short circuit (hubungan pendek  arus listrik) karena bias menimbulkan bahaya kebakaran.
2.Perawatan listrik memerlukan keahlian sendiri.
Terangkan penggunaan mesin pendingin dikapal secara umum terutama pada industri.
- untuk mendinginkan ruangan2, untuk menyimpan bahan makanan agar tahan lama
- untuk mendinginkan ruangan tempat tinggal , cabin, salon dll
- mendinginkan ruangan muatan
Sebutkan sifat-sifat bahan pendingin (Refrigerant).

Mesin pendingin tergantung dgn setting suhu untuk ruangan yg akan didinginkan.

Contoh : freeze room suhunya ≤ 0º, Cool room suhunya diatas 0º

Pada kecepatan 16 knots, pemakaian bahan bakarnya 30 ton per hari. Bahan bakar yang tersedia masin 190 ton. Kapal ingin sampai di pelabuhan tujuan 8 jam lebih cepat agar sampai pada siang hari. Jarak yang masih harus ditempuh : 2304 mil lagi .
Ditanyakan :
a.Berapa kecepatan kapal harus diatur agar jumlah bahan bakar yang dipakai selama dalam perjalanan tidak berubah walaupuh ingin samapai lebih cepat mengingat bahan bakar yang tersedia sudah kritis.
b.Harap dihitung apakah benar bahan bakar tesebut masih cukup.
Dik:  - Speed   16 knots
         - Daily comsumption  30 ton perhari
         - R.O.B   190 ton
         - Distance to go  2304 Mil
         - Kapal ingin tiba  8 jam lebih awal
a.)    2304  Mil   =  144  jam
        16 Knots
         144 jam   -  8 Jam  =  136  jam
        kecepatan  sekarang  agar kapal tiba 8 jam lebih awal :
            2304  Mil     =  17 Knots
           136 jam     

b.)  Pemakaian BB pada kecepatan  16 knots
     
2304  mil   x   30  = 144  x  1.25
 16  knot        24   = 180  ton

Kalau pemakaian bahan bakar pada kecepatan 17 knots adalah B2  Maka :
-          180  :  B2 =  16²  : 17²

180  :  B2 =  256  :  289

        B2 =  52020
                                256
                      =  203  ton
Jadi bahan bakar yang tersisa  dengan kecepatan 17 knots adalah :
              190 ton  -  203  ton = -13 ton
a.Jelaskan hubungan antara daya dorong kapal dengan berat benaman (displacement)!
Semakin besar displacement maka makin besar pula daya dorong kapal yg diperlukan.
b.Sebutkan kelemahan-kelemahan instalasi turbin uap sebagai pesawat pendorong kapal dibandingkan dengan motor diesel!
-. Power ratio besar, pesawatnya kecil dan dayanya tak terbatas
-.Operatornya sedikit
-.Investasi biaya mahal
-.Getaran / amplitudo kecil.
c.Sebutkan 3 (tiga)  jenis pesawat pendorong kapal yang saudara ketahui!
Motor diesel, motor turbin uap, motor uap torak.
Pada kapal-kapal yang mengangkut non containerized cargo atau muatan umum (general cargo) umumnya dilengkapi dengan pengering  udara palka sistem blower. Harap uraikan (disertai bagan sederhana) prinsip- kerja sistem blower tersebut.
Dengan sisitim  blower ,bila dipergunakan sistim ini  maka setiap palka harus ada 2 blower ,yaitu blower hisap dan blower tekan ,
a.Bila R.H udara luar lebih tinggi dari pada R H udara dalam palka  maka tidak ada gunanya udara luar diisap, jadi hubungan dengan udara luar pada blower tekan ataupun  pada blower isap lebih baik ditutup saja. Selanjutnya sirkulasi udara dapat diselengggarakan dengan udara palka saja, dan bila dianggap perlu dapat dialirkan udara kering darialat pengering udara.
b.Bila R H udara luar lebih rendah dari udara palka maka udara luar dihisap yang kemudian ditekan / dihembuskan kedalam palka .dan sebaliknya blower hisap akan menghisap udara palka untuk kemudian di buang keluar ,shg terjadi aliran udara dari belakang ke depan kapal

Pd FW generator (Pswt Pembuat Air Tawar) yg menggunakan air pendingin keluar msn induk pemanasannya, :
a.Mengapa tekanan didlm pesawat harus vakum ?
Krn utk menguapkan kembali cairan  freon yg msk dg cara mengambil / menyerap panas yg berada  di dlm ruang  dingin atau yg berada  disekitar pipa coil tsb
b. Jlskan cara membuat Vacum di dlm pesawat
dg memasang ejector air utk udara, dimana ejector ini  dihubungkan ke ruang kondensor & akan menghisap terus menerus  udara & gas2 yg tdk mencair, shg di dlm evaporatur  dpt dicapai vakum yg tinggi, yg memungkinkan air laut  didlmnya menguap pd suhu 35 – 45 o C
c. Harap dihitung berapa ton air laut  yg hrs dimskkan kedlm pswt tsb bila kadar garam air laut didlm pswt dipertahankan 3/32.
Kepekatan =  bagian kotoran /garam =  3   
                  bagian yang murni       32 
Utk bagian garam = 3 & bagian murni = 32 maka diperlukan air laut  = 35 bagian, maka setiap ton air laut akan mengandung 857,1 Ons garam & 9.142.86 Ons air murni

Harap diuraikan fungsi dari masing-2 bearing sbb
a. Bearing dari poros baling-baling
Utk menyangga berat poros juga menahan gaya sentrifugal sbg akibat perputaran propeller termasuk menahan tekanan gaya air secara radial.
b. Intermediate bearing (tunnel bearing)
Utk menyangga berat dari poros baling-baling
c. Thrust bearing (blok pendorong)
Utk menahan poros baling2 pd saat kpl maju atau mundur.

Komponen-komponen yang ada pada mesin pendingin diantaranya adalah Compressor, Kondensor, Evaporator, Oil Separator, Receiver, Pengering, Selenoid Valve, dan Expantion Valve.
Jelaskan fungsi dari masing-masing komponen tersebut disertai gambar skema dari aliran dalam sistem mesin pendingin!
- Compresor : Utk mengisap gas bhn pendingin tekanan rendah & Evaporator menekannya ke katup ekspansi melalui kondensor dg tekanan tinggi.
- Kondensor : suatu pesawat bantu utk mengubah bentuk gas  atau uap  menjadi bentuk cair dg proses kondensasi.
- Evaporator : Suatu pesawat penguap & unit instalasi pembuat air tawar dr air laut dg proses penyulingan.
- Oil sparator : Suatu pesawat bantu yg berfungsi utk memisahkan bagian2 yg berat & yg ringan antara air got dg minyak2 kotor.
-  RECIEVER : utk pengumpul cairan bhn pendingin sblm di alirkan  kedlm sistem
- Expantion Valve : mengatur jumlah bhn pendingin  yg  mengalir menuju evaporator
- Selenoid Valve : utk menyetop aliran bhn pendingin bila suhu  refrigerating space sdh mencapai batas terendah & membuka bila suhu refrigeranting space mencapai batas tertinggi.
- Pengering : utk menyaring atau menyerap kandungan air yg terdpt di dlm zat pendingin.

Cara Kerjanya :
Kompresor (A) menghisap uap bhn pendingin pd tekanan 1.8bar suhu 10OC & meningkat tekanannya s/d 8.6bar suhu 65OC. selanjutnya dikondensor (B) suhu diturunkan dan uap di rubah menjadi cairan dan ditampung di receiver (C) & dpt dilihat digelas penglihat (L). Kemudian dialirkan ke dehydrator (D) agar uap air yg terikut dpt diserap oleh serbuk silicagel di dehydrator. Apabila ruangan pendinginan blm mencapai suhu minimumnya maka cairan pendingin akan msk melalui solenoid valve (E) lalu ke saringan (F) & msk ke thermostatic expansion valve (G). Krn suhu masih tinggi maka bulb (I) menekan membrane di TEV ckp tinggi & membuka TEV agak lebar.
Jika busa di gelas penglihat ckp banyak ada kemungkinan jumlah Freon yg beredar berkurang, dpt diisi dg membuka kran (M) & menutup kran (O).
Jika perlu di defrost dilakukan gas Freon panas dg aliran terbalik dilakukan ke keran by pass (J).
- Ruangan sayur 8OC s/d 12OC
- Ruangan daging –9OC s/d –12OC
- Ruangan ikan –13OC s/d –16OC
a.Jelaskan apa fungsi dan kegunaan dari pesawat Fresh Water Generator (FWG) atau yang lazim disebut Evaporator yang ada di kapal dan mengapa di kapal dipasang alat tersebut, jelaskan alasan saudara!
 pesawat pembuat air tawar  dg jalan menggunakan air laut di dlm penguap (Evaporator ) & uap air laut tsb di dinginkan dgn cara  kondensasi di dlm pesawat kondensor, sehingga  menghasilkan air kondensasi yg disebut  kondensat.
Dikapal dipasang alat Evaparator adalah:
1.penambah cadangan air tawar
2.Mengurangi ketergantungan air dari darat
3.menambah ruang muat
b.Jelaskan dengan gambar skema, cara kerja dari Evaporator yang menggunakan Steam (uap) sebagai media panas!
   
Cara kerjanya:
Sebuah bejana (1) yg dilengkapi saringan (4)  yg mencegah cairan terikut msk kedlm ruangan destilasi (5). Air laut dr saluran (9) msk kedlm ruang destilasi (5) & dialirkan kedlm pemanas (2) shg suhunya naik. Ruangan didlm evaporator dibuat serendah mungkin dg pompa vakum (8) air laut akan langsung menguap. Uap naik keatas melalui saringan yg terbuat dr anyaman kawat logam monel. Uap yg lolos dr saringan (4) msk kedlm ruang destilasi (5) & didinginkan oleh air laut yg baru msk dr saluran (9) shg uap akan mengembun & air destilasi akan terkumpul dibagian bwh dr ruang destilasi, selanjutnya dipompa keluar oleh pompa destilasi (6) ketangki air tawar.
  
a.Main Engine (Motor Diesel) tanpa dilengkapi dengan sistem pesawat bantu tidak bisa bekerja (dioperasikan). Mengapa? Jelaskan!
Krn tenaga yg dihasilkan  oleh ME hanya sbg pengerak utama kpl (baling2) sdgkan  ME itu sendiri  hrs dilengkapi dg pesawat2 bantu yg dpt menunjang  bekerjanya  ME, sehingga berjalan lebih  sempurna.
Contoh : 
1.Adanya compresor sebagai star awal Mesin Engine.
2.Pompa2 seperti : pompa pendingin, pompa pelumas, pompa injector dan lain-lain
b.Apakah tujuan bahan bakar minyak di kapal terutama MFO dalam penggunaannya selalu dipanasi terlebih dahulu. Jelaskan!
Dapat terurai, BJ -nya rendah, Mudah dipompakan, Kotoran mudah dipisahkan, Mudah dikabutkan, Titik bakar lebih rendah, Dapat terbakar dengan sempurna,
MESIN PENDINGIN
Apakah fungsi dari pesawat‑pesawat yang terpasang pada sistern mesin pendingin berikut ini
a.Kompressor
Untuk menghisap gas bahan pendingin tekanan rendah dari evaporator dan menekan kekatup  expansi melalui kondensor dgn tekanan tinggi.
b.Kondensor
Untuk mengembungkan gas menjadi cair dgn cara mengalirkan  kedalam pipa 2 pendingin air laut, sehigga air laut yg dingin menyerahkan dinginnya ke gas atau gas menyerap dingin dari air laut
c.Katup Expansi
untuk mengatur jumlah bahan pendingin yg mengalir  menuju evaporator sekaligus menu runkan tekanan bahan pendingin dari tekanan di dlm kondensor menjadi tekanan di dlm evaporator.
d.Coil evaporator
coil pipa yg di bengkokkan berulang-ulang tujuannya agar penyerapan panas dari ruang pendingin lebih lama dibandingkan bila pipa tidak di bengkokkan berkali2 sehingga efek penguapan lebih efektif.
Mesin Es / Refrigerant
a.Mengapa di kapal perlu dilengkapi dengan mesin pendingin (Refrigerant)? Jelaskan!
-untuk menyimpan bahan makanan agar tahan lama
-untuk ,membuat es
-untuk mendinginkan ruang muatan
-untuk mendinginkan ruang akomondasi.
b.Sebutkan bagian–bagian pokok, alat–alat bantu,
alat–alat pengaman dan alat–alat control
yang perlu dan harus ada pada instalasi mesin
pendingin!
-Kompresor
-Kondensor
-Katup ekspansi
-Coil evavorator
c.Di kapal banyak jenis mesin kemudi dari jenis Electro hydrolik yang digunakan, menurut anda kenapa? Jelaskan!
-Penggunaan lebih mudah
-Perawatan mudah
 Penjelasannya :
Dikapal‑kapal samudera yang melayari jarak jauh biasanya dilengkapi dengan Freshwater Generator (Pesawat Pembuat Air Tawar). Gambarkan secara sederhana dan terangkan prinsip kerja Freshwater Generator tersebut dengan menggunakan pemanasnya ex air pendingin Mesin Induk. Harap dijelaskan juga mengapa pada Evaporator jenis ini harus mempunyai tekanan yang vacum.

Fresh Water Generator

  
Harap dijlskan faktor2 penyebabnya, bila suatu saat Motor Diesel dpt distart / dijlnkan, tapi ternyata tdk dpt mencapai putaran penuh ( Full Power ) sesudah ada instruksi Beginning of Sea Voyage
Krn setelah beginning of sea Voyage terjadi proses penggantian bhn bkr dr DO yg encer ke FO yg berjenis bhn bkr berat dimana pengunaannya hrs dipanaskan terlebih dahulu, utk memanaskan FO perlu waktu, putaran bisa penuh apabila FO yg dipakai sdh memiliki pembakaran yg sempurna. Tetapi apabila kpl hanya memakai bhn bkr DO saja mungkin ada gangguan pd gas buang / udara bilas dikmr msn.
   
a Mengapa utk Mtr Diesel bertenaga bsr umumnya digunakan bhn bkr berat ( MFO ) ?
-Harganya lebih murah,
-Tenaga yang dihasilkan lebih besar
b. Mengapa bhn bkr berat tsb hrs dipanaskan sampai diatas 100O C
agar MFO tsb lebih encer kepekatannya, BJnya rendah, mudah dipompakan, kotoran mudah dipisahkan, mudah dikabutkan, titik bakar lebih rendah, dpt terbakar dg sempurna shg bisa mudah menyala

a.Jelaskan :
1)Prinsip  kerja mesin pendingin  sistim Brine tunggal.
Prinsip kerjanya sama dengan yg langsung, dimana larutan garam dingin dialirkan dengan sebuah pompa Brain ke ruang dingin di tempat bahan makanan bila terjadi kebocoran tidak membahayakan manuasia
2)Gambar  sket yang jelas   mengenai  sketsnya  dan  nama-nama bagiannya.
Jelaskan :
a.Cara kerja katup expansi.
-Katup terbuka karena digerakan diafragma
-gas menekan dari atas dan menekan diafragma
-bahan pendingin masuk melalui katup masuk ke evaporator
-agar terus terbuka tekanan gas diatas diafragma harus lebih tinggi dari tekanan bahan pendingin
-kompresor jalan cairan pendingin masuk dgn tekanan tinggi melalui katup
-selanjutnya cairan menguap di evaporator
-penguapan lebih cepat karena ruangan masih panas
-mengakibatkan katup terbuka besar ruangan menjadi dingin
-akibatnya terjadi perbedaan suhu antara ruangan dgn bahan pendingin makin kecil
-akibatnya katup akan tertutup
-kompresor berhenti bekerja secara otomatis
-pengaturan maksimum baut pengatur diputar seperempat putaran
  
b. Jelaskan, apakah fungsi dari katup ekspansi !
Katup Expansi fungsinya untuk mengatur jumlah bahan pendingin yg mengalir  menuju evaporator sekaligus menu- runkan tekanan bahan pendingin dari tekanan di dlm kondensor menjadi tekanan di dlm evaporator.
c.Gambar skets yang jelas dan nama-nama bagian-bagiannya.
Apakah yang anda ketahui tentang :
a.Fungsi mesin kemudi di kapal.
Untuk membangkitkan tekanan shg mampu utk mendorong Plunyer silinder kemudi.
b.Apakah persyaratan yang harus dipenuhi.
-Waktu cikar kanan / kiri 20 detik
-Maksimum cikar kiri/kanan tdk lebih dari 35 derajat
c.Bagaimana bila harus merawatnya.
-Pada waktu dipelabuhan katup hrs dibuka .
-Pada waktu memprbaiki torak maka katup ini hrs dibuka supaya kedudukan torak dpt diatur dgn mudah tanpa mengakibatkan sesuatu pd peralatan lainnya.
-bila pd system ada pipa yg bocor maka alat pegas silonder telemotor akan dikembalikan kedudukan tengah2.
d.Gambarkan salah satu sistim mesin kemudi  yang anda ketahui.
a,b,c,d hubungan engsel, 2 Hubungan antara rudder stock, 3 Batang hydrolik, 4 Motor shunt, 5 Pompa hele shaw, 6 Silinder telemotor, 7 Batang, 9 Katup aliran lebih, 10 Plunyer
e.dikpl bnyak jenis mesin kemudi dr jenis elektro hidrolik yg digunakan,menurut anda mengapa,jelaskan.
- Pencikaran kemudi lbh cpt dicapai.
- Kalau ada gangguan pd 2 RAM, minimal masih bisa beroperasi dg 2 RAM lainnya.
- Lebih jarang terjadi gangguan 

Ketel uap (Ketel bantu di kapal)
a.Apakah fungsi ketel?
-Utk menghasilkan uap panas lanjut bertekanan tinggi yg digunakan utk menggerakan mesin induk,Uap jenuh tekanan rendah utk keperluan pesawat Bantu dan berbagai pemanasan.
b.Untuk apakah uap yang dihasilkan oleh ketel tersebut di kapal?
-Untuk menggerakan mesin induk
-Untuk keperluan pesawat Bantu dan berbagai pemanasan
c.Apa bedanya ketel pipa api dengan ketel pipa air?
Ketel pipa api :
1.gas panas atau api mengalir didalam pipa api dan diluar pipa api mengalir air ketel yg dipanaskan oleh gas panas yg ada didlm pipa api
2.Volume gas panas lebih besar dari volume airnya
3. Ruang ketel lbh besar dari pada ketel pipa air
4.Cukup dgn air biasa  atau bila perlu air kali dan tdk memerlukan perawatan air secara khusus
5. Tekanan uap yg dihasilkan tdk tinggi, +- 18 kg/cm2
Ketel pipa air :
1.Air did lm pipa dan gas panas diluar pipa
2. Volume gas panas lbh kecil dr volume airnya
3.Hrs memakai air murni dan perawatan teliti
4.Ruang ketel lbh kecil
5.Tekanan uap umumnya tinggi, lbh dari 40 kg/cm2
d.Sebutkan alat-alat pengaman yang harus dipasang pada ketel!
-safety valve / katup keamanan
-katup uap utama
-katup uap Bantu
-katup pengisian utama
-manometer
-gelas penduga
-katup blow down
-katup cerat
Motor Diesel
Apakah bedanya motor 2 tak dengan motor 4 tak?
- Motor 2 tak : setiap kali usaha / pembentukan energy hanya membutuhkan satu kali putaran atau 2 langkah yaitu torak naik & langkah torak turun.
- Motor 4 tak : Setiap kali usaha / pembentukan energy hanya membutuhkan 2 kali putaran atau 4 langkah yaitu torak turun lalu naik, kemudian turun lagi didorong pembakaran & terakhir naik lagi.
Apakah keuntungan dan kerugian motor diesel 4 tak dan motor diesel 2 tak
- Keuntungan motor diesel 4 tak
   1.pembakaran sempurna dan motor bekerja hemat
   2.tersediakan satu langkah penuh utk pemasukkan dan juga utk pengeluaran
   3.dipakai bilamana diharuskan ada penghematan dan putaran cepat
-Keuntunga motor diesel 2 tak
   1.mudah dijalankan dan tenang jalannya
   2.memberikan tenaga yg lebih besar
   3.dipakai bilamana ada keharusan daya usaha  besar,daya usaha kecil dan konstruksi sederhana
-Kerugian motor diesel 4 tak
   1.pada tiap proses dibutuhkan 2 putaran poros engkol baru didapat satu(1) langkah usaha
   2.harus memakai klep hisap dan buang
   3.daya usaha terbatas utk motor2 kecil
-Kerugian motor diesel 2 tak
   1.suhu torak dan dinding cylinder agak tinggi
   2.pembilasan dan pembakaran kurang sempurna
   3.pemakaian BB tdk hemat
   4.pemakaian pompa bilas menambah perlengkapan motor jadi mahal
 
b.Sebutkan sistim-sistim bantu apa saja yang harus dipasang pada motor diesel, agar motor dapat bekerja!
- Generator, - Main lubricating pump, - FW colling pump, - SW colling pump, - FO transfer pump, - General service pump, - Starting air compressor, - Main lubrication oil coller.
c.Biasanya bahan bakar di kapal anda DO dan FO anda tahu bedanya. Jelaskan!
- FO : - Harganya lbh murah, - tenaga yg di hslkn lbh bsr, - sblm digunakan hrs dipanaskn terlbh dahulu pd temp > 80OC agar mudah dlm pemakaian & pemompaannya, - digunakan pd msn putaran rendah.
- DO : - Harga lbh mahal dibanding FO, - mudah dlm penggunaan utk operasional msn serta tdk perlu dipanaskan & mudah dlm penyiapannya, - digunakan pd msn2 pswt bantu, - digunakan pd msn putaran tinggi.
d.Apa fungsi Turbo Charge!
Untuk menyuplai udara ke tempat pembakaran
Apakah fungsi dan kegunaan dari Purifier (separator) di kapal, jelaskan sistem kerja dari alat tersebut!
Purifier adalah alat pemisah antara BB dengan air dan kotoran  atau antara minyak pelumas dengan kotoran dan air.
Sisitim kerja dari alat ini :
MFO misalnya merupakan BB yang kental, banyak mengandung air maupun kotoran , untuk memisahkannya pertama- tama harus dipanaskan dahul;u oleh heater sebelum dimasukkan ke purifier dengan tujuan agar menjadi cair karena MFO mempunyai Viscositas yang tinggi , sehingga kalau tidak cair maka masuknya ke purifier agak sulit , dan dengan suhu yang tinggi ( > 80º C ) akan dapat merendahkan berat janis dari MFO dan gengan sendirinya perbedaan Bj antara minyak dan kotoran / air semakin jauh selisihnya.
Selanjutnya minyak yang sudah cair dengan perbedaan Bj yang cukup besar dimasukkan ke piringang2 yg berputaran cukup tinggi. Berdasarkan gaya centrifugal maka yg berat jenisnya paling besar akan berada di lapisan paling luar dari bowl (kumparan piringan) atau dgn kata lain air dan kotoran berada dilapisan paling luar srdangkan minyaknya yg mempunyai berat jenis yg lebih kecil akan berada ditengah yg selanjutnys dikeluarkan dari lobang yg posisinya pd lingkaran lebih tenggah (lubang A) dan air/kotor akan dikeluarkan melalui lubang posisinya pd lingkaran yg lebih luar (lubang B).
Sebuah kapal dengan displacement 10.000 ton menggunakan 30 ton MFO/hari pada kecepatan 15 knots serta untuk keperluan lain-lain = 30 ton/hari. Waktu jarak ke pelabuhan tujuan = 1000 mil dan sisa bahan bakar yang dapat dipompa = 80 ton.
Ditanyakan :
a.Berapakah kecepatan kapal untuk mencapai pelabuhan tujuan dengan cadangan bahan bakar = 15 ton.bb?
b.Pemakaian BBM pada kecepatan sesuai pertanyaan a.
c.Waktu yang diperlukan pada kecepatan tersebut.
a. Sisa bb 80 -15 = 65 ton
   Speed 15 knot, jarak tempuh = 15 x 24 /30 = 12 mil/ton
Bb 65 ton, jarak tempuh = 1000/65 = 15.38 mil/ton
   S2/S1 = V1² / V2² = 15,385 / 12 = 15² / V2²
         V2² = 175,496
         V2 = 13,247 Knot

b. B1 / B2 = V1³ / V2³
    30 / B2 = 15³ / 13,247³
         B2 = 20.663 ton / hari

c. Waktu yg dibutuhkan       =  1000 / 13,247
          75,488 jam = 3, 145 hari

Sebuah kapal berlayar dengan kecepatan 20 knots kisar baling-baling 7  meter, putaran poros engkol 120 rpm, slip pada blok pendorong 2%. Ditanyakan slip semu kapal tersebut!
Kec = 20 knots
Kisar baling2 = 7 meter
Putaran poros engkol = 120 rpm
Slip pada blok pendorong = 2 %
V baling2 =  n X H X 60
                         1852
                 = 120 X 7 X 60
                         1852
V baling2 = 27,2 Knots
Slip Semu=Vbaling2-VkapalX100 %
                            Vbaling2
                 = 27,2 – 20  X  100 %
                           27,2
                 = 7,2   X   100 %
                    27,2
                 = 26,5 %
Harap diuraikan perbedaan utama antara turbin uap aksi ( Impulse Turbin ) dg turbin uap Reaksi (Reaction Turbine)
Turbin uap Aksi                          
- Usaha yang ditimbulkan didapat dari gaya aksi pd sudu2 jln.- - Terdpt pipa2 pancar sbg perubah panas uap menjadi tenaga kecepatan uap.
Turbin uap reaksi
- Usaha yg ditimbulkan didpt dr gaya aksi & reaksi pd sudu2 jln
- Terdpt sudu2 pancar sbg perubah panas tenaga kecepatan uap.                  

Prinsip kerja INCENERATOR
- Jlnkan blower ( fan draft) utk free furge, - Jlnkan pilot burner sbg membakar awal, - Jlnkan  w/o pump, shg skedge (water oil) terbakar dlm  furnace, gas hsl pembakaran keluar melewati Exhaust manifolt
3.b.  *  INCENERATOR harus ada dikapal
- utk membakar minyak kotor, - utk membakar sampah2 berminyak (kecuali plastik)

Dlm mempersiapkan mesin induk Diesel utk maneover , langkah2 apa saja yg hrs dilakukan & diuraikan cara menyiapkan Mesin Induk & Pesawat2 bantunya utk keperluan manouver tsb.
Yg pertama kali hrs disiapkan adalah sumber tenaga listrik yaitu menjlnkan generator listrik ,selanjutnya mempersiapkan :
1. Pompa minyak lumas dijlnkan, mesin di Torn, katup indicator hrs dlm keadaan terbuka agar tdk terjadi pemapatan dlm cylinder, di torn selama 30 menit, pelumasan silinder diputar.
2. Pompa air pendingin dijlnkan, air yg bersikulasi dipanaskan shg suhu mesin scr pelan2 bertambah panas
3. Apabila msn sdh ditorn selama 30 mnt, msn torn dilepas utk mengadakan percobaan msn tanpa menggunakan bhn bkr hanya dianzet dg udara/diblow, katup indicator dlm keadaan terbuka
4. Wkt diBlow berhsl dg baik, maka diadakan percobaan msn dg mengunakan bhn bkr, katup indicator ditutup, msn jln maju & mundur scr pelan2, sblm melaksanakan ini hrs memberitahukan dulu keanjungan agar mengetahui daun baling2 bebas
5. Stlh percobaan ini berhsl dg baik, maka lapor keanjungan bhw msn siap olah gerak
6. Selama menunggu stanby utk olah gerak botol angin udara anzet hrs dlm keadaan penuh.
7. Stlh anjungan memberi order stanby msn, kmr msn melayani sesuai dg kebutuhan anjungan & dicatat dlm buku olah gerak.

Harap diuraikan untung ruginya  sebuah msn Diesel Slow Speed dibanding dg Msn Diesel Medium Speed terutama utk kepentingan Msn Induk kpl
Keuntungan mesin diesel Slow Speed :
- Pemakaian bb sedikit, - Kerja dr msn tdk terlalu berat shg jam kerja pemakaian komponen lebih awet / tahan lama, - Tenaga yg dihasilkan lebih besar
Kerugian
- Getaran pd msn lbh bsr, - Dibutuhkan ruang msn lbh besar
Keuntungan mesin diesel medium speed
- Getaran yg dihslkan pd mesin kecil, - Ukuran mesin kecil shg tdk memakan ruangan
Kerugian
- Komsumsi pemakaian bb lbh banyak, - Tenaga yg dihslkan lbh kcl, - Jam kerja msn brt shg komponen tdk tahan lama 

Harap uraikan prinsip kerja dr stabilizer ( alat utk mengurangi oleng/rolling kpl ) yg dikendalikan oleh Panel kontrol di anjungan.
Prinsip kerja stabilizer digerakkan oleh tenaga hydrolik yg menyesuaikan arah gelombang laut  & menyetarakan / menetralisir ombak. Dr anjungan hydrolik disetel sesuai dg ketinggian gelombang / ombak

Utk Kpl yg penggerak utamanya  oleh msn diesel, energi yg dibangkitkan oleh internal combustion chamber ( pembakaran bb didlm silinder ) hanya kurang lebih 30 % saja yg digunakan sbg energi pendorong kpl, disbbkan adanya beberapa kerugian yaitu :
- Kerugian panas yg terbuang kecerobong = 28 %, - Kerugian panas keair pendingin= 25 % krn msn hrs didinginkan,
- Kerugian pancaran panas keliling mesin = 2 %, - Kerugian panas ke minyak pelumas utk menampung gesekan2 pd bearing / bantalan, gesekan antara ring torak dg cilinder liner = 4 % ( disbt gesekan mekanis ), - Kerugian gesekan2 di Trust bearing, tunnel bearing ( intermediate bearing ) & gesekan air terhadap propeller ± 11 %

Sebutkan jenis system penggerak kpl yg saudara ketahui & jlskan masing2 prinsip dsrnya shg dpt menghasilkan daya dorong utk menggerakkan baling2.
1. motor diesel :
- motor diesel 2 tak atau 2 langkah
- motor diesel 4 tak atau 4 langkah
- pembilasan pd motor diesel dgn pengisian tekanan
2. motor turbin uap :
- turbin aksi (impulse turbin), energi kinetis terjadi di pipa pancar lalu uap yg berkecepatan tinggi mendorong roda sudu jalan utk berputar.
- turbin reaksi, tdk mempunyai pipa pancar sbg penggantinya berupa deretan sudu2 diam.

Harap Jlskan yg dimaksud dg : Kecptan baling2, kecptan pendorong & kecptan sesungguhnya / nyata pd kpl & terangkan juga factor2 apa yg membedakan antara ketiga jenis kecptan tsb.
Kecptan baling2 adalah kecptan teoritis dg memperhitungkan putaran baling2 dlm satu jam  dikalikan dg kisar baling2 (Propeler Pitch)
S = Kisar baling baling x RPM x 60
Kecptan pendorong adalah  jarak yg ditempuh kpl apabila baling2 berputar 1 x 360 o
Kecptan sesungguhnya adalah  kecptan teoritis dg memperhitungkan putaran baling2 dlm 1 jam dikurangi dg slip semu

Keuntungan apa saja yg diperoleh dg menggunakan Alat control msn dr Anjungan ( Bridge Kontrol ) & sebutkan mengenai apa saja yg dpt dikontrol dr anjungan
1. Semua perintah dapat segera dilaksanakan.
2. Pergerakan mesin mudah dikontrol
Hal hal yang bisa dikontrol dari anjungan
1. Putaran mesin
2. Tekanan udara
3. Rudder Indicator
4. Emergency Stop Engine


Harap diuraikan maksud dr AC & jlskan juga mengapa dr pswt AC umumnya sering keluar tetesan2 air ?
 Air Condition adalah suatu sistim yg secara simultan mengatur udara dlm hal suhu, kelembaban, aliran atau gerakan, distribusi & kebersihannya.
Dr pswt AC biasanya keluar tetesan Air krn terjadi proses kondensasi
- Lubricating oil system
: Bearing2 / bantalan2 mesin, roda2 gigi dsb perlu dilumasi agar panas krn gesekan2 antara logam dpt ditampung oleh minyak pelumas. Minyak lumas yg panas ditampung didlm sump tank di bagian bwh msn (A). dr sump tank dipompakan (B) & dialirkan ke cooler (C) utk didinginkan. Dr cooler LO yg sdh dingin didistribusikan ke masing2 silinder (D) utk bantalan2 serta utk roda gigi.
- Freshwater cooling system
: krn terjadi pembakaran bb Silinder2 menjadi panas yg perlu didinginkan oleh air tawar pendingin yaitu dinding silinder, piston & turbocharger. Air tawar menjadi panas wkt keluar silinder (E) dialirkan ke cooler (F). setelah dingin oleh FW cooling pump dipompakan lagi msk ke masing2 silinder & piston (H) serta turbocharger. Adanya tk expansi utk pengontrolan bwh air pendingin dlm system ckp.

Apakah fungsi & kegunaan dr Purifier (separator) di kpl, jlskan sistem kerja dr alat tsb!
-Merupakan alat pemisah antara bhn bkr dg air & kotoran atau antara minyak pelumas dg kotoran & air.
-Sistem kerja dari alat puriffier ( sparator) :
Memisahkan air & kotoran & minyak berdasarkan gaya centrifugal maka yg berat jenisnya paling besar akan berada dilapisan paling luar dr bowl (kumparan piringan atu dg katalain air & kotoran berada dilapisan paling luar sdgkan minyaknya yg mempunyai berat jenis lebih kecil akan berada ditengah yg selanjutnya dikeluarkan dr lubang yg posisinya pd lingkaran lebih tengah & air maupun kotoran akan dikeluarkan melalui lubang yg posisinya pd lingkaran yg lebih luar, kotoran umumnya lebih lengket / menempel pd dinding bowl shg setiap hari perlu dibersihkan.

a.Cara pembersihan bhn bkr sblm ke injector, alat2 yg digunakan :
- FO dr double bottom tank dipompa ke tanki harian ( FO settling tank ), dr settling tank melalui pompa dimskan ke heater utk dipanaskan. Dr heater msk ke Furifier yg bekerja scr centrifugal shg FO & kotoran + air akan terpisah.

Pd papan hubung listrik utama ( Main Switch Board ) Utk  Arus Listrik bolak balik, terpasang alat2 penunjuk / Instrument apa saja & jlskan fungsi masing2 alat penunjuk / instument tsb.
1.Ground Indicator berfungsi utk mengetahui ada tdknya hubungan  singkat pd listrik
2.Frekwency Indicator berfungsi utk mengetahui frekwensi dr tegangan listrik
3.Volt meter berfungsi utk mengetahui bsrnya tegangan listrik
4.Ampere meter berfungsi utk mengetahui bsrnya daya listrik

Ketel uap /ketel Bantu dikpl
a)Apakah fungsi ketel
- Utk menghasilkan uap panas lanjut bertekanan tinggi yg digunakan utk menggerakan mesin induk, Uap jenuh tekanan rendah utk keperluan pesawat Bantu & berbagai pemanasan.
b).Utk apakah uap yg dihasilkan oleh ketel tsb dikpl :
-Utk menggerakan mesin induk
-Utk keperluan pswt Bantu & berbagai pemanasan
c). perbedaan ketel uap pipa api dg ketel uap pipa air
ketel pipa api :
- Gas panas (api) mengalir didlm pipa api & diluar pipa api mengalir air ketel yg dipanaskan oleh gas panas yg ada didlm pipa api.
- Vol gas panas lbh bsr dr vol airnya
- ruang ketel lbh bsr
- ckp dg air biasa / bila perlu air kali & tdk memerlukan perawatan air scr khusus.
Ketel pipa air :
- Air didlm pipa & gas panas diluar pipa
- Vol gas panas lbh kcl dr vol airnya
- Hrs memakai air murni & perawatan yg teliti
- Ruang ketel lbh kecil
- Tekanan uap umumnya tinggi, lbh dr 40Kg/cm2
d). Mengapa pd ketel uap utama umumnya air ketel hrs dipanaskan dulu pd Pemanas awal
Krn untuk turbin hrs berbentuk uap kering, krn bila uapnya masih mengandung partikel2 air maka partikel air ini dpt mengikis logam sudu2 turbin (erosi sudu)
e) Sebutkan alat2 pengaman yg hrs dipasang pd ketel
safety valve / katup keamanan, katup uap utama, katup uap Bantu, katup pengisian utama, manometer, gelas penduga, katup blow down, katup cerat

Sebuah kpl dg displ.10.000 ton, menggunakan 30 ton mfo perhari pd kecptan 15 knots serta utk keperluan lain-2 30 ton perhari. Jarak keplbhan tujuan 1000 mil & sisa bb yg dpt dipompa 80 ton.
a. Berapa kecep. Kpl utk mencapai plbhn tujuan dg cadangan bb 15 ton.
b. Pemakaian bbm pd kecepatan sesuai pertanyaan a.
c.Waktu yg diperlukan pd kecepatan tsb
a. Sisa bb 80 -15 = 65 ton
Speed 15 knot, jarak tempuh= 15 x 24 /30 = 12 mil/ton
Bb 65 ton, jarak tempuh = 1000/65 = 15.38 mil/ton
   S2/S1 = V1² / V2² = 15,385 / 12 = 15² / V2²
                          V2² = 175,496
                           V2 = 13,247 Knot
b. B1 / B2 = V1³ / V2³
    30 / B2 = 15³ / 13,247³
         B2 = 20.663 ton / hari
c. Waktu yg dibutuhkan  =  1000 / 13,247
                75,488 jam = 3, 145 hari

a.Jlskan hubungan antara daya dorong kpl dg berat benaman / displacement.
Semakin besar displacement maka makin besar pula daya dorong kapal yg diperlukan.
Bagian2 dr ketel uap foster wheeler :
B = Brander (pembakar), DU = drum uap, DA = drum air, PLU = pemanas lanjut uap, E = economizer, L = Luvo (pemanas udara), PS = Poros baling2
Bagian2 dr instalasi :
TV = Throtle valve, TTT = turbin tekanan tinggi, TTR = turbin tekanan rendah, TM = turbin mundur, KGR = kotak gigi reduksi, K = kondensor, PK = pompa kondensat, EU = ejector udara, KE = kondensor ejector udara, PA = pemanas awal, FP = feed pump (pompa air pengisi)
Motor diesel : - Harga bhn bkr per H.P. lbh kcl, - Instalasi mtr lbh ringan, tdk memakan tempat terlalu bsr, - Mtr lbh cpt disiapkan utk maneouvre, - Pelayanan lbh mudah / sederhana tdk perlu terlalu banyak crew.
c.Sbtkan kelemahan-2 instalasi turbin uap sbg pswt pendorong kpl dibandingkan dgn motor diesel.
Turbin uap : - Hrs ada ketel uap yg perlu pengawasan / pengendalian terus menerus, - Menyiapkan msn uap perlu wkt lama, - Hrs ada kondensor yg hrs dijaga agar vacuum, - Instalasi lbh brt, lbh rumit, & memakan tempat yg ckp bsr, - Pegawai yg melayani hrs ckp & tdk boleh lengah, - Pengawasan hrs lbh cermat.
d. Sbtkan tiga jenis pswt pendorong kpl yg saudara ketahui.
Motor diesel, motor turbin uap, motor uap torak.
Dlm  pelayaran dari Terusan Suez ke Tg. Priok, kpl MV. GEMBIRA berlayar dg kecepatan 17 knot, pemakaian bahan bakar MFO 23,0 ton per jam. Pd jarak  408 mil sblm sampai di plbhan, bahan bakar (MFO) tinggal  414 ton krn  ada kerusakan pd FO Purifier bahan bakar tercampur dg lumpur. Dg kecepatan  17 knot kpl diperkirakan sampai pukul  16.00 WTS & langsung sandar. Bahan bakar MDO diluar pemakaian  generator  masih bisa 160 ton.
a.Berapa kecepatan kapal  dengan sisa 414 ton utk sampai di pelabuhan?
b.                         Berikan saran kepada operasional bila kapal tetap dengan kecepatan  17 knot memakai tambahan MDO!

Diketahui        :  MV. GEMBIRA
V1 =  17 Knot   V2  = … ?
BB=  23 ton / jam     BB2  =  …?
-    S  =  408 mill
-    Sisa Bahan Bakar  = 414 ton
Ditanya  :
 a )  Berapa Kecepatan Kpl dg sisa 414 ton ?
   t  =  408 Mil   = 24  Hours
                  24
pemakaian minyak yang diharapkan  perjam :
414    = 17,25 ton / jam (sebagai BB2)
     24
Maka:  BB1  : BB2  =  V12  : V22.
V22   =  V12 x BB2  = (17)2 x (17.25)  =  289 x 17.25
                  BB1                23                         23
   =  4985.25  =  216.75
                23
V2       = √ 216.75  = 14.72 Knot 
c. Bila kpl hrs mempertahankan dg kecepatan  17 knot, maka memakai tambahan :
-    Bhn Bkr yg diperlukan =  24 jam x 23 ton/jam =  552 ton
-    Sisa MFO  = 414 ton
-    MDO yang diperlukan =  552 ton  - 414 ton =  138  ton

Dg kpl berlayar dg kecptan 15 knots, & pemakaian bhn bkr 30 ton per hari, maka sisa bb dikpl hanya akan ckp utk menempuh jarak 2400 mil saja, sedangkan jarak yg hrs ditempuh 2800 mil lagi, ditanyakan :
a. Agar bb yg ada ckp sampai ditujuan, berapa kecptan sehrsnya.
   B1 : B2 = V12 : V22
   2800 : 2400 = 15 2 : V22
   2800 V22 = 540000
   V22 = 540000      
               2800
   V2 = 13,89 Kts
b. Harap dihitung juga berapa ton bb yg masih tersisa dikpl tsb
sisa bahan bakar :
 2400 X 30 = 200 ton
  360
Pd kecptan kapal  15 knots. Pemakaian bhn bkr = 24 ton per hari. Bhn bkr yg tersedia  sisa 170 ton lagi. Kpl ingin sampai di Plbhan tujuan  9 jam lebih awal agar sampai pd  siang hari (masih jam kerja). Jarak yg hrs masih hrs ditempuh  = 2160 mil lagi.
a.Berapa kecepatan yg  hrs  ditempuh agar sampai  lebih awal sesuai tsb diatas, dg asumsi kondisi laut/cuaca sama ?
b.                                  Apakah sisa bhn bkr masih ckp? Harap dibuktikan bhw  walaupun ada penambahan  kecepatan, sisa bahan bakar masih cukup!
Diketahui :  V = 15 Knots
Pamakaian     BBM     =  24 Ts / hari
                     BB1        =  170
                Jarak  =  2160 mil
Kpl ingin sampai diplbhan tujuan 9 jam lebih awal.
a)                    t  == 2160  = 144 Jam
              V       15
  =  6 hari ( waktu normal yang ditempuh)
sedangkan yg diinginkan 9 jam lebih awal. Maka waktu tempuh yg diinginkan adalah  :
144  jam -  9 jam         =  135  jam =   5 hari 15 jam
jadi kecepatan ditempuh agar sampai  9 jam lebih awal :
t  =  d/v
135 = 2160
            V
V = 2160  = 16 Knots
       135 
b)                   Konsumsi / hari dg kecepatan kpl 16 knot adalah
BB1  : BB2       =  V12  : V22
24    : BB2     =  152  :  162
BB2     =  24 x 162   =  27,3 ton / hari
                152
BBM yang tersedia  =  170 Ts                        5,625 x 27,3 = 153.6 Ton
Waktu tempuh yang diinginkan = 5 hari 15 jam
BBM yang diperlukan  di kapal =  153, 6 ton
v     Sisa bahan bakar  masih cukup dengan sisa
= 170 Ts  - 153,6 Ts   = 16,4 ton

Bhn bkr yg tersedia diatas kpl sangat minimum, hanya ckp utk menempuh jarak 1.050 mil lagi pd kecepatan 15 knots. Sedangkan menurut peta jarak yg masih hrs ditempuh adalah 1.400 mil lagi. Pd kecepatan berapa agar kpl sampai di pelabuhan tujuan  dg bhn bkr yg tersedia bisa cukup.
   D1  =  d2
   V1      V2
1050  =  1400
  15          V2
V2 = 1400 x 15   =  21000  =  20 Knots
             1050           1050
 * kecepatan kpl yg dibutuhkan  20 knot



Jarak layar yg akan ditempuh 2430 mil laut. Pd kecptan 18 knots, pemakaian BB 36 ton perhari. Diinsruksikan dr kantor pusat agar kpl dpt sampai 10 jam lbh cpt dr jadwal semula. Ditanyakan :
a. Berapa kecptan agar instruksi kantor pusat dpt dipenuhi.
b. Apakah BB yg tersisa dikapal 240 ton dpt mencukupi, hrp dibuktikan /dihitung.   
a.         S1 : V1 Þ  2340 : 18 = 130 jam
   Utk lebih cepat 10 jam maka :
   130 jam – 10 jam = 120 jam
   Jadi speed yg dibutuhkan :   
  V2 = S1 : t Þ  V2 = 2340 : 120  = 19.5 knots

b. B1 : B2 = V1³ : V2³  Þ B2  = (B1 x V2³) : V1³
                              = (36 x 19.5³) : 18³
   = (36 x 7414.875) : 5832
   = 266935.5 : 5832
   = 45.77 ton / hari
Pemakaian BB selama 120 jam :
(120 : 24) x 45.77  Þ 5 x 45.77 = 228.85 ton
   Jadi BB yg tersisi di kpl CUKUP dgn asumsi :
   Sisa BB – Pemakaian BB 
   Þ  240 – 228.85 = 11.15 ton

Bb yg tersedia diatas kpl sangat minimum , hanya ckp utk menempuh jarak 1050 mil lagi pd kecptan 15 knot, sedangkan menurut peta jarak yg masih hrs ditempuh adalah 1400 mil lagi, pd kecptan berapa agar kpl sampai diplbhan tujuan dg bb yg tersedia bisa cukup
S1 = 1050, V1= 15 knot
S2 = 1400, V2=  ?
S1 : S2 = V12 : V22
1050 : 1400 = 152 : V22
    V22 = 1050 X 152   = 236250 = 168,75
                    1400           1400
V2 = Ö 168,75  = 13 knots


Sebuah kpl berlayar dg kecptan 20 knots kisar baling2 7 m, putaran poros engkol 120 rpm, slip pd blok pendorong  2%, ditanya slip semu kpl tsb?
Kec = 20 knots
Kisar baling2 = 7 meter
Putaran poros engkol = 120 rpm
Slip pada blok pendorong = 2 %
V baling2 =  n X H X 60
                         1852
                 = 120 X 7 X 60
                         1852
V baling2 = 27,2 Knots
Slip Semu=Vbaling2-VkapalX100 %
                            Vbaling2
                 = 27,2 – 20  X  100 %
                         27,2
                 = 7,2   X   100 %
                    27,2
                 = 26,5 %
Sebuah kpl berlayar dg kecptan 12 knot, pemakaian bhn bkrnya  motor induk sebanyak  20 ton setiap kali jaga (4 jam). Pd waktu dilakukan pemeriksaan kondisi tangki bhn bkr (ROB) adalah 240 ton, sedangkan jarak yg masih  hrs ditempuh adalah 600 mil. Kpl diharapkan tiba dipelabuhan  tujuan adalah 6 jam lebih cpt dr kpl berlayar dg kecptan 12 knot. Berapa jumlah bahan bakar yg diperlukan utk penambahan  bahan bakar (bunker) dipelabuhan tujuan?
Kapasitas tangki bahan bakar adalah 800 ton.
Diketahui :  V = 12 knot, Pemakaian  bb  =  20 ton / hari
(rob) bb =  240 ton, jarak =  600 mil
kapal diharapkan tiba dipelabuhan  tujuan =  6 jam lebih cepat
dari kapal berlayar dengan kecepatan  :  12 knot
Ditanya :  bb utk bunker ? kapasitas tanki  800 ton
Jawab     :  t  =  d   =  600  = 50 Jam
                          V       12                   
* maka waktu yg digunakan  = 50 jam -  6 jam =  44 jam  = 1 hari  20 jam
t =  d   → V =  d  = 600  = 13,6
      V                t      44
  Bb1  =  V12
   Bb2       V22 
   20    =  122
   Bb2    (13,6)2
Bb2  = 20 x 13,62  =  20 x 184,96 =  25,7 Ton/Hari
                   122                 144
   25,7  = 1,07 / Jam
    24
1,07 x 44 jam = 47,1 ton ( pemakaian bb selama pelayaran)
240 ton – 47,1 ton = 192,9 Tn (sisa bb)
800  T -  192,9 T   =  607,1 ( bunker dipelabuhan tujuan )
     
Dik jarak A – B ( S ) = 2688 Mil, V = 16 Knots, BB = 30 Ts/hari, cadangan 2 hari plyrn.
V = B – A = 18 Knots
Kpl kembali cadangan tetap 2 hari plyrn.
Ditanyakn :
a. Pemakaian BB dr A – B = 2688 / (16 x 24 ) = 7 hari  → BBM = 7 x 30 = 210 Ts
b. Pemakaian BBM pd kcptan 18 Knots
Q1 : Q2 = V12 : V22
Q2 = ( Q1 x V22 ) : V12
Q2 = ( 210 x 182 ) : 162 = 265.8 Ts
c. Isi BB dipakai kembali selamat diplbhn A
= 265.8 – ( 2 x 30 ) = 206 Ts
d. Waktu plyrn B ke A = 2688 : ( 18 x 24 ) = 6 hari 6 jam

  
Blok Pendorong ( Trust Block ) sebuah kpl  mempunyai diameter poros pendorong 40 Cm diameter Flens pendorongnya 2 kali diameter poros pendorong.Tekanan pd blok pendorongnya : 25 Kg/cm2 pd luas kerja efektif Flens Pendorong 60 %.
Kecptan kpl 16 Knots. Rendemen baling baling 76% :
a. Gaya yg mendorong kpl dlm Ton ?
b. Daya mesin dlm KW ( I KW=1,36 daya kuda /PK ) ?
Diket :
Dp = 40Cm     df = 2 x 40 Cm
Pp = 25 kg/cm2       f = 60% = 0.6
Vk = 16 Kn     b = 76 % = 0.76
Ditanya a. Fd s= daya dorong kapal
              b. NE = Daya Efektip mesin
Dijawab
Luas blok pendorong  Gaya dorong
Lf = π x ( Df 2 – Dp2  )      Fd =Lf x Pp
       4                    f
    = 3.14 x ( 802 – 402)           =3770 x 25
        4                                        0.6
    = 3770 cm2                 = 157083.33

a.   Daya dorong kapal sesungguhnya
  Fd s = Fd
            b
         = 157083.33       
                 0.76
         = 206688.6 Kg = 206.69 Ton
b,   Daya Effektip di poros
  NE = Fd s x V   = 206.69 x  16 x 1852
           75 x Dm    75 x 1.36      3600
        = 1.6678.96 KW
        = 2683.38 PK

Diket : Kisar baling2 = 5,20m, putaran poros baling2 65 rpm, kecptan kpl = 12,5 Knots, Arus pengikut 2 Kts. Hitunglah ?
a. Kecptn baling2
V Baling2 = n x H x 60 = 65 x 5,2 x 60 = 10,95 Kts
                        1852              1852
b. Slip nyata
= 10,95 – ( 12,5 – 2 ) x 100% =   45   = 4,11%
                 10,95                        10,95
c. Slip nyata
= 10,95 – 12,50 x 100% = - 1,55 x 100%
          10,95                        10,95
= - 14,16%


Sebuah kpl dg dsplacement 11.000 ton pd pemakaian bb 24 ton perhari pd kecptan 14 knots. Harap hitung total pemakaian bb dlm menempuh pelayaran 3.000 mil pd kecptan 12 knots & displacement 12.000 ton
Ditentukan
D1  = 11000 ton    D2 = 12000 ton
V1 = 14 knots V2 = 12 knots
S1= 12 x 24mil      S2= 3000 mil
Q1= 24 ton/hari
Ditanya Q2
   Q2 ={ D2 }2/3 x { V2 }2 x S2
     Q1   { D1 }       { V1 }    S1

   Q2 = {12000}2/3 x {13}2 x 3000
   24     {11000}       {14}     12x24
   Q2 = 24 x 1.09 2/3 x  0.93 2 x 10.46
   Q2 = 228,783
Jadi total pemakaian bb utk pelayaran 300 mil dg kecptn 12 knot kpl displacement 12000 ton adalah 228.783 Ton.

Maksud dg 1 ton pendingin (1 T refrigeration) :
: efek pendinginan per ton dr pencairan es dlm 24 jam & bsrnya nilai adlh butuh 2000 lbs x 144 btv = 288.000 btv / 24 jam.
Perbedaan antara system brine tunggal & multi brine adlh :
System brine tunggal Cuma menggunakan NaCl saja sdgkan multi brine menggunakan CaCl, MgCl, NaCl.

Prinsip yg dipakai dlm telemotor mesin kemudi adlh :
Mesin kemudi listrik memakai sumber arus listrik sbg tenaga penggerak utamanya. Cara kerja mesin ini bekerja atas dsr jembatan whetsone atau sistem ward leonard.
Pada mesin kemudi hidrolik dipakai pompa hale shaw krn mengunakan 2 arah isap / tekan.
Macam2 sistem kemudi dlm pengaturan jarak jauh diatas kpl : - Sistem pneumatic, sistem hidrolik, sistem elektronik / listrik, sistem kombinasi antara pneumatic & listrik.

Prinsip kerja : gas buang dr motor diesel masih mempunyai energi panas dipakai utk memutarkan turbin, kemudian putaran turbin dipakai utk memutarkan blower yg hasilnya dipakai sbg pengisian udara tekan.
Keuntungan & kerugian motor yg dilengkapi turbo charge :
Keuntungan :
- Menambah daya dorong msn. – Memasukan udara bersih yg lbh bsr shg pembakaran lbh sempurna. – Membilas silinder agar slrh sisa2 gas buang ditekan keluar terutama CO2 nya.
Kerugian :
- Daya dorong msn kurang. – Memasukan udara bersih yg lbh sedikit shg pembakaran kurang sempurna. – Jmlh udara sangat kcl krn Cuma mengandalkan pengisian isap.
Jenis2 aliran gasnya :
Gas2 bekas yg keluar dr silinder yg dipakai utk memutarkan turbin.
Jenis udaranya :
Udara sebanyak 1.5 kali isi silinder yg dipakai utk pembilasan.
Persamaan antara pembilasan dg pengisian tekan :
Sama2 membilas silinder agar slrh sisa2 gas buang ditekan keluar terutama CO2nya.
Perbedaannya :
Kalau pembilasan Cuma membilas silinder sdgkn pengisian tekan membilas silinder kemudian ditekan keluar terutama CO2nya.
Governor pd msn induk
: utk mengatur scr otomatis pemberian BB sesuai dg beban msn.
Purifier & clarifier utk BBM jenis MFO
: alat pemisah antara BB dg air & kotoran atau antara minyak pelumas dg kotoran & air.
Regenerative condenser pd instalasi uap
: utk merubah uap bekas dr turbin & dicairkan lagi supaya menjadi air condensate utk mengisi ketel lagi, selain itu uap yg msk ke kondensor dpt juga memanaskan lagi air kondensat yg ada di bagian bwh kondensor.

Flywheel
: Utk menjaga putaran msn yg konstan ( kejutan2 yg terjadi waktu pembakaran didlm silinder msn dpt dikurangi ) & utk membantu memutarkan msn / massa dr putaran utk proses pembakaran di silinder lain berikutnya.
Thrust block
: Gaya dorong yg disbbkn reaksi air thdp baling2 pd saat baling2 berputar akan diterima oleh tata susunan poros sampai di poros pendorong utk kemudian dialihkan ke badan kpl melalui bantalan pendorong. Fungsi dr blok pendorong adlh menahan dorongan bila kpl maju atau mundur.

Fungsi stabilizer
: Alat yg digunakan utk mengurangi olengan kpl, alat ini terdiri dr sebuah sayap yg dipasang scr hirozontal pd kedua sisi lambung kpl.


Prinsip kerja : Terdiri dr sebuah sayap (1) yg dipasang scr horizontal pd kedua sisi lambung kpl setinggi saluran lensa (bilge). Apabila tdk digunakan sayap dpt dilipat msk ke dlm rumah sayap (5) dg menggunakan mesin elektro hidrolis (4). Masing2 sayap dipasang pd poros vertikal (3) & pd bagian belakangnya dibuat lagi sayap (2) atau semacam aileron pd sayap kpl terbang yg dpt diputar 20O keatas & 20O kebwh thdp grs horizontal.

Transformator
: alat utk memindahkn energi listrik dr sirkuit arus bolak balik ke sirkuit yg lain tanpa mengubah frekuensi.
Syncrosscope
: Utk mensinkronisasi frekwensi generator2 yg berfungsi saat paralel generator.
Main switchboard / papan hubung
: Merupakan suatu susunan instrumen2, pemutus sirkuit, saklar2 dll yg memungkinkan suatu instalasi listrik dpt bekerja & dimonitor scr efisien, papan hubung terdiri dr bbrp panel yg berfungsi sbb : - Papan hubung utama yg langsung berhubungan dg generator, - Papan hubung bantu yg mengatur penyaluran arus listrik dr papan penghubung utama ke pswt2 penggerak yg kadang2 disebut juga papan pembagi ( distribution board ), - Papan hubung darurat yg berhubungan dg generator darurat atau baterai / aki darurat.


Penyebab bila motor diesel gas buang
Asapnya berwarna putih
: - Ada air msk ke salah satu silinder, mungkin dr keretakan silinder head / liner atau packing antara cylinder head & cylinder liner bocor. – BB mengandung air atau pendingin injector bocor ke BB, - Tekanan kompresi kurang tapi juga BB kurang yg disemprotkan.
Asapnya berwarna kebiru – biruan
: Berarti minyak pelumas ikut terbakar krn ada minyak pelumas yg msk kedlm silinder sbg akibat pegas torak yg sdh aus / macet. Kalau pd msn diesel bsr jmlh tetesan minyak lumas oleh lubricator terlalu berlebih, perlu distel lagi jmlh tetesan per detiknya.
Asapnya hitam
: - Terlalu tinggi tekanan BB, - Injector (pengabut) terbuka terlalu lama, - Terlalu rendah tekanan kompresi tapi BB yg disemprotkan banyak, - Ada arang didlm pipa2 buag (gas bekas), - Pegas torak macet, tekanan kompresi rendah krn lolos, - Kotoran dlm saringan udara, - Beban motor terlalu berat (over load), - Kwalitas BB kurang baik, - Suhu pemanasan BB kurang.

Peralatan (apendase) pd ketel uap :
Safety valve (katup keamanan)
: Utk mencegah tekanan uap lbh dr tekanan maksimumnya dg cara dpt membuka sendiri tekanannya mencapai tekanan maksimum yg ditentukan.
Katup uap utama
: Katup yg langsung membuka saluran dr drum uap.
Check valve
: Utk mencegah air dr ketel terlempar msk lagi ke pipa saluran pengisian.
Katup uap bantu
: Jika dikpl ada ketel utama & ada ketel bantu maka pd ketel bantu dipasang katup non return agar dr ketel utama tdk msk keketel bantu.
Katup pengisian utama
: Katup air pengisi.
Manometer
: Alat pengukur tekanan uap ketel
Gelas penduga
: Gelas yg berbentuk pipa yg dpt menunjukan tingginya air ketel uap di drum uap. Biasanya tinggi air ketel diatur antara 1/3 – 2/3 nya.
Katup blow down
: Katup utk mencerat kotoran dr dlm air ketel, berdsrkn dr pengetesan.
Katup cerat
: Katup utk mengambil cth air ketel.
Menurut cara kerjanya pompa2 dpt digolongkn dlm 2 mcm :
- Pompa yg bergerak bolak balik / pompa torak & plunyer. – Pompa yg bergerak berputar / pompa centrifugal, pompa hale shaw dll.
Keuntungan & kerugian pompa centrifugal dibandingkan dg pompa torak
Keuntungan
: - Mempunyai sedikit bagian2 yg bergerak, jadi keausan & perawatan serta kerugian geseran kecil (rendemen mekanis tinggi 95% - 98%), – Tdk memerlukan katup2 hisap, - Pd wkt pompa berputar dg saluran tekan tertutup tekanan desak hanya naik atau sedikit keatas tekanan normal shg tdk menimbulkan kerusakan pd saluran atau packing2, - Aliran cairan (air) teratur (pd pompa torak aliran air tdk teratur) krn tergantung dr kecptn torak, - Hsl pompa antara batas2 tertentu mudah diatur yaitu dg menambah atau mengurangi jmlh putaran.
Kerugian
: Tdk menghisap sendiri,
- Rendemen yg rendah.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar