Selasa, 07 November 2017

Contoh Soal Management Transportasi

MANAJEMEN TRANSPORTASI
                                                           
1.  Apa makksud dan tujuan Inpres No.5 th 2005, tentang pemberdayaan Industri Pelayaran Nasional
Jawab:
Maksud Inpres No.5 th 2005:
sebagai wujud kongkrit dukungan politik dan komitmen Nasional dalam pemberdayaan industri pelayaran nasional
     Tujuan Inpres No.5 th 2005:
Merupakan pemicu atau trigger para menteri terkait untuk merumuskan kebijakan dan mengambil langkah - langkah kongkrit yang diperlukan sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing dalam mendukung pemberdayaan industri pelayaran nasional, sehingga mampu menjadi tuan di negeri sendiri dan dapat bersaing di pasar global
2.  Sektor  mana saja yang terlibat dalam Inpres No. 5 th 2005
Jawab:
1. sektor perdangangan
2. sektor keuangan
3. sektor perhubungan
4. sektor perindustrian
5. sektor energi & sumber daya mineral
6. sektor pendidikan dan latihan
3.  Uraikan peran sektor pendidikan dan latihan dalam rangka perwujudan Inpres No. 5 th 2005.
Jawab:   
1.  Pengembangan pusat pendidikan dan latihan kepelautan bersetandar  Internasional (IMO)   oleh pemerintah daerah dan swasta
2. Pengembangnan kerja sama antara lembaga pendidikan dan pengguna jasa pelaut dalam rangka menghasilkan pelaut bersetandar internasional (IMO)
4.  Sebutkan bentuk - bentuk  transportasi dengan tipe pelayanannya.
Jawab:
1.   Tramways atau Street Railways:
terdapat di perkotaan berada di jalan di atas rel bercampur d
engan kendaraan lain
2.  Trolly Bus:
Bus d
engan ban digerakan tenaga listrik di atas dan bebas bergerak di jalan pada koridor tertentu
3.  Pipa:
Mengangkut gas atau cairan atau padat cair seperti spurry (partikel batubara)
4.  Belt Conveyors:
Conveyors adalah alat mekanik untuk memindahkan bahan padat melalui ban yg terbuat dr karet, kanvas dan meta biasanya digunakan di pabrik
5.  Uraikan indikator kualitas pelayanan sistem transportasi.
Jawab;
Indicator kualitas pelayanan sistem Transportasi: kapasitas mencukupi, terpadu, tertib, dan teratur, aman, cepat dan lancar, selamat, nyaman, murah, efisien.
6.  Bagaimana melakukan konsilidasi muatan (muatan dg penumpang)
Jawab:
Konsilidasi muatan:
a. Peningkatan (pre-slinging)
b. Penggunaan palet (palletization)
c. Containerization
d. Penggunaan Tongkang
e. Penggunaan Kapal Roro (Roll-On / Roll-off)
7.  Sebutkan alasan pemilikan transportasi oleh pemerintah (public) dan oleh swasta (private)
Jawab:
a.   Alasan pemilikan oleh Pemerintah
1).        Kebijakan politik seperti negara sosialis vs kapitalis
2).           Membangun transportasi membutuhkan aset swasta
3).           Penggunaan aset negara seperti lahan
4).           Kepelikan pemerintah lebih ekonomis
5).           Biaya besar diluar kemampuan suwasta
6).           Sangat bermanfaat bagi masyarakat
7).           Transportasi dapat sewaktu  waktu untuk keperluan perang dan darurat
8).           Untk mengangkut personel & barang negara
9).           Pemerintah menanggung sebagian dari biaya transportasi selain user
b.   Pemilikan Swata
1.     Kepentingan pribadi / kelompok / usahanya
2.    Usaha bisnis transportasi

8.  Sebutkan dampak yang ditimbulkan oleh transportasi terhadap lingkungan
Jawab:
Dampak transportasi terhadap lingkungan berkaitan dengan polusi air, poluis udara, polusi suara, penggunaan lahan dan buangnan zat padat.
a.   Polusi air ( hubungan dengan BBM, oli dan lain ke dalam air), buangan sampah ke Pelabuhan
b.  Polusi Udara (emisi gas buang kendaraan ke udara seperti di perkotaaan)
c.   Polusi Suara (merusak pendengaran (seperti di sekitar bandara dan di kiri kanan jalan bebas hambatan / tol
d.  Penggunaan lahan
- hindari lahan mengandung flora & fauna
- gunakan lahan tdk produktif
- pertimbangan lokasi terminal
e.  Buangan zat padat seperti di jln umum, sangat membahayakan
9.  Uraikan ruang lalu lintas untuk masing-masing moda transportasi
a.   Transportasi jalan:
-       Jalan tanah,batu,aspal, dan jalan beton
-       Jalan satu arah, 2 arah.
-       Badan jalan, bahu jalan dan drainase.
-       Kemiringan ( 0-4%) Radius.
-       Fungsi jalan primer (luar kota) dan sekunder (dalam kota)
-  Jembatan tetap & tidak tetap (apung).
-       Jalan lokal, Arteri, cepat (free way ).
b.  Transportasi Kereta Api:
-       Jalan baja di alasi kayu (bantalan).
-       Tekanan gandar (Axle Load) 10-20 ton
-       Jarak rel = 1.06m – 1.6 m.
-       Perlintasan KA dgn jalan (level crossing).
-       Kemiringan terbatas (gradien)1-5 (perbedaan tinggi 1s/d 5m sepanjang 100m)
-       Konstruksi jembatan KA.
-       Trowongan KA.
-       Fasilitas signal unutk mengontrol perjalanan KA.
-       Pemilikan rute KA tergantung biaya konstruksi dan biaya operasi.
c.   Transportasi Air / laut.
-       Alur pelayaran dengan kedalaman  tertentu  sesuai draft kapal.
-       Terusan (canal), danau, sungai.
-       Sarana bantu navigasi/penuntun,rambu.
-       Alur laut kep.Indonesia, dilayari kapal asing
-       Locks (Alur pelayaran dgn ketinggian yang berbeda, pelayaran di air terjun).
d.  Transportasi Udara
a.   Udara terdiri dari troposphere(11 km dr  tanah ).
Stratosphere(diatas 11 km dari tanah   bebas kabut, salju, Es dan angin kencang)
b.  Air ways = ruang udara antara dua tempat darat atau air (landing=mendarat dan take off = tinggal landas)
c.   Dilengkapi alat bantu navigasi udara (lampu penuntun di bandara stasiun radio, alat elekronik membantu landing (1 LS xVLS = instrument landing system dan visual landing system)

d. Apa persamaan dan perbedaan antara Time Charter dan Bareboat Charter
      A. Time charter :
a)    Penyewaan kapal dlm keadaan siap belayar/layak laut.
b)   Dilengkapi awak kapal
c)    Dokumen kapal tanggung jawab pemilik kapal.
d)   Operasi kapal tanggung jawab penyewa.
e)    Operasi oleh penyewa.
      B. Bareboat charter.
a)  Penyerahan kapal tidak laik laut.
b) Tidak ada awak kapal.
c)  Tanpa BB, Air tawar.
d)  Tanpa peralatan lepas.
e)  Dokumen tanggung jawab penyewa
f)  Operasi kapal tanggung jawab penyewa.
g)  Operasi oleh penyewa.
10. Sebutkan prinsip - prinsip yang dianut dlm penetapan Freight (tarip) pada jasa trasportasi
A. Transportasi penumpang.
1). Pendapatan penumpang(Active kerja vs Pensiunan,pegawai tinggi vs pegawai rendah ).
2). Maksud perjalanan (Kerja vs rekreasi / sekolah )
3). Umur (Dewasa, anak anak, lansia )
4). Perjalanan rombongan vs individu.
5). Perjalanan pergi vs pulang pergi.
6). Bepergian penting vs ibu rumah tangga.
B.  Transportasi barang.
1). Nilai barang (mahal vs murah = emas vs besi).
2). Nilai tambah akibat transportasi.
3). Urgency pengiriman (brg mudah busuk vs tahan lama ).
4). Pertimbangan sosial – barang untuk yang kena bencana alam.
C.  Fariasi tarif berdasarkan jarak:
1). Jarak perjalanan.
2). jumlah ukuran pengiriman
3). Jumlah tempat tujuan
4). Muatan pergi & Kembali
5). Kondisi yang dibutuhkan barang atau orang.

11. Bagaimana penetapan tarif pada jasa Transportasi Laut
a.   Fix tarif ( Tarif tetap )
Dilakukan pada pasar monopoli = pemerintah sebagai regulator, menetapkan tarif yang tetap unutk melindungi konsumen.
b.  Ceilling tarif (batas atas)
Batas atas tarif yang ditentukan untuk pasar oligopoli, dgn tujuan melindungi konsumen.
c.   Floor tarif ( Batas bawah )
Batas bawah tarif yang diberlakukan dengan tujuan melindungi perusahaan jasa, agar tidak ada perusahaan jasa trandportasi yang menjual jasa lebih rendah dari floor tarif.
d. Internal tarif (Tarif kompetisi)
Tarif dilepas tergantung pada pasar tetapi masih dalam koridor celling tarif dan floor tarif.
e.Lezies fair tarif (pasar kompetisi).
Pasar kompetisi sempurna, dimana bebas, pasar banyak dan informasi lengkap.

12. Manfaat apa saja yg didapatkan dari sistem  multimoda Transportasi
Jawab :
1).  Pelaksanaan pengangkutan lebih cepat, menekan kerugian jarak dan menghemat modal
2). Hanya menggunakan 1 dokumen angkut.
3). Hanya satu agen penaggung jawab.
4). Mengurangi waktu yang hilang pada transhipment point.
5). Penurunan harga eksport barang yang pada saatnya meningkatkan daya saing barang exsport di pasar global.
13. Buatkan contoh sistem multimoda transport yang dimulai dg mengangkut ikan tuna dan udang dr Pelabuhan Ambom menuju ke Tokyo.
Jawab :
-       Ikan tuna dan udang termasuk jenis muatan dingin unutk inin harus di berikan atau di stuff di container khusus (RF-20).
-       Dari pelabuhan Ambon muatan harus melalui pelabuhan Jakarta (Tanjung Priok).
-       Dari Tanjung Priok Transhipment ke kapal tujuan Jepang/Tokyo.
-       Dari Ambon – Tg.Priok – Tokyo, hanya menggunakan satu dokumen.
14.Uraikan apa yg dimasksud dg:
a) Time Utility
b) Place Utility
c) Drived Demand
Jawab :
d. Time Utility
adalah transportasi memberikan utilitas waktu kepada/terhadap barang/orang contoh dgn pesawat Ke Batam dpt dipastikan berangkat pagi, sore kembali (Jakarta-Batam).
e. Place utility
adalah Transportasi memeberikan tempat atau wadah terhadap barang dan orang selama dalam pengangkutan.
f.                   Drived Demand
adalah bila perokonomian baik, maka permintaan jasa transportasi meningkat sebaliknya jasa transportasi menurun apabila ekonomi lesu.



SOAL KUANTITATIF:

1.  Anda mendapatkan tugas dari perusahaan dimana anda bekerja, yaitu menghitung kelayakan kapal yang akan dioperasikan dg data sbb:
- Umur ekonomi kapal 7 tahun
- Harga kapal Rp. 20 Milyar
- Biaya operasional pertahun Rp. 1,5 Milyar
- Penerimaan pertahun Rp. 7,5 Milyar
- Salvage Value: 10 %
- Tingkat bunga: 10 % pertahun
Hitunglah:
a) NPV             
b) IRR             
c) PBP              
d) PI
Jawab:

TH
B/R
C
NB
DFi=10%
PV
DFi=25%
PV
1
7.5
1.5
6.0
0.909
5.454
0.800
4.800
2
7.5
1.5
6.0      18.0
0.826
4.956
0.640
3.840
3
7.5
1.5
6.0
0.751
4.506
0.512
3.072
4
7.5
1.5
6.0
0.683
4.098
0.409
2.454
5
7.5
1.5
6.0
0.621
3.726
0.327
1.962
6
7.5
1.5
6.0
0.564
3.384
0.262
1.572
7
7.5
1.5
6.0 + 2.0
0.513
4.104
0.209
1.672

52.5
10.5
44.0

30.228

19.372

1.  NPV =  30.228 – 20.0
10. 228 M  ---à layak, NPV > 0
a.   IRR     =  i1  +        NPV+            ( i2 – i1 )
NPV+ - (  NVP- )
NPV-    =  19.372 – 20.0 = - 0.628
    IRR    =  10% +     10.228            ( 25% - 10% )
                        10.228 – ( - 0.628)
              =  10% +  10.228   x 15%
                            10.856
              =  10%  +  14.13%
              =  24.13%  -----à layak, IRR > 10%
b. PBP      =  3 th + ( 20.0 – 18.0  x 12 bulan )
                               6.0
              =  3 th 4 bulan
c.  PI       =    30.228 
        20.0
1. 511  ----à layak, PI > 0


PT.Cakra Line mengoperasikan kapal secara Liners Service dengan data operasi sebagai berikut:
- kapasitas kapal    : 10.000 ton
- load factor (LF) rata-rata : 95 %
- jarak tempuh pervoyage: 2500 milbuh
- kecepatan kapal   : 16 knot
- pelabuhan yang dilayani 2 pelabuhan
- kecepatan bongkar muat di pelaan 20 ton / G / H dg jumlah 4 Gang 16 jam/hari
Hitunglah:
a) Produksi kapal pervoyage
b) Produksi kapal pertahun
Jawab:
- Time Sea (Sea Voyage)      =  2500    =  156.25 jam   =  6.51 hari
                                       16
- Lama bongkar           =  95 % x  20,000    =  19,000    =   14.843 hari
       20 x 4 x 16              1280
        - 1 voyage         =  6.51 + 14.843   =   21.353 hari
- Voyage/tahun  =      330               =   15.454 voyage   = 16 vgye
                                21.353  
a)   Produksi kapal per voyage:     =19,000 x  2500   =    47,500,000 ton/mil
b)   Produksi kapal per tahun        = 47,500.000 x 16 =  760,000,000 ton/mil
  
2.  Hitunglah bagian yang masih kosong pada tabel berikut ini :                         

Nama kapal
Kapasitas kapal dlm ton
LF
 ( % )
Jarak tempuh/ voyage
Voyage/th
Produksi/th
K1
K2
K3
K4
10.000
15.000
20.000
25.000
90
95
85
80
3.000
4.000
3.500
4.000
15
20
22
25
405.000.000 ton/mil
712.500.000 ton/mil
1.309.000.000 ton/mil
2.000.000.000 ton/mil


Tidak ada komentar:

Posting Komentar