Semua
konvensi – konvensi kodifikasi, protocol, perjanjian diterima dan diratifikasi
oleh Negara peserta (pemerintah). Apakah peran klasifikasi ?
klasifikasi tidak mempunyai
peran, kecuali ditugaskan oleh pemerintah
Apakah
tuntutan ISM code dalam permakanan awak kapal ?
Kepada seluruh ABK diperlukan
permakanan sebesar 3500 kalori / hari
Apakah
yang dimaksud dengan keselamatan ?
Keselamatan tidak dapat
didefinisikan, tetapi berarti POAC ( Planning, Organizing, Actuating,
Controlling )
Keselamatan merupakan
persediaan sarana dan prasarana untuk merancang langkah – langkah tindakan
dalam mengantisipasi suatu kecelakaan yang mungkin terjadi
Dalam
time charter party yang bertanggung jawab mengimplementasikan ISM Code adalah
Pencharter ( bareboat charter )
mengambil alih semua tanggung jawab atas operasi kapal dari pemilik kapal
Apakah
keuntungan penerapan ISM Code bagi pelaut ?
a. meningkatkan kesadaran nahkoda
dan ABK terhadap keselamatan kapal dan kebersihan lingkungan
b. menambah kepercayaan perusahaan
kepada nahkoda dan ABK
c. menjadikan kapal sebagai tempat
bekerja yang aman bagi pelaut
d. mengurangi angka kecelakaan dan
pencemaran lingkungan
e.
Apakah
yang dimaksud dengan Designated Person Ashore ( DPA ) ?
DPA adalah orang yang ditunjuk
oleh perusahaan sebagai penghubung antara kapal dan perusahaan, berkewajiban
dan mempunyai wewenang dalam mengawasi pengoperasian kapal dalam hal
keselamatan dan perlindungan lingkungan dari pencemaran. DPA mempunyai hubungan
/ akses langsung ke Top manajemen
Pihak
– pihak manakah yang terlibat dalam pengimplementasian dan penerapan ISM Code
·
Pemerintah
·
Perusahaan
·
Nahkoda
dan ABK
·
Negara
yang dituju
Apakah
tuntutan ISM Code dalam penyiapan palka untuk pemuatan ?
a. got – got palka harus kering
dan bersih dari kotoran
b. periksa dan pastikan keadaan
tank top tidak bocor
c. ventilasi palka bekerja dengan
baik
d. untuk muatan – muatan tertentu
dibuatkan peranginan
e. periksa reach rod dan pastikan
bekerja dengan baik
f. adakan pemisahan untuk muatan
yang berbeda
Apakah
yang dimaksud dengan ‘ ketidak sesuaian’ (non conformity) menurut ISM Code
Adalah situasi yang diobservasi
dimana bukti yang obyektif menunjukkan kondisi yang tidak memenuhi persyaratan
yang ditetapkan
Apa
sebenarnya SMS (Safety Management System) menurut ISM Code ?
·
suatu
system terstruktur dan terdokumentasi yang memungkinkan personil perusahaan untuk
mengimplementasikan kebijaksanaan yang berhubungan dengan keselamatan dan
perlindungan lingkungan secara efektif
·
petunjuk
dan prosedur untuk menjamin pengoperasian kapal secara aman dan perlindungan
lingkungan yang sesuai dengan aturan perundang – undangan nasional dan Negara
bendera
·
kewenangan
dan koordinasi di atas kapal dan di darat
·
prosedur
pelaporan kejadian dan ketidak sesuaian terhadap ketentuan ISM Code
Apa
tanda-tanda bahwa sebuah kapal telah mengimplementasikan kodifikasi MKI (ISM
Code)
a. Kapal telah memiliki sertifikat menajemen
keselamatan ( SMC )
b. Tindakan yang berhubungan dengan keselamatan
dan pencegahan pencemaran telah dilaksanakan sesuai dengan ISM Code.
c.
Terjadi penurunan angka kecelakaan manusia, kerusakan lingkungan, kerusakan
harta benda
Apakah
batalnya DOC perusahaan akan membatalkan SMC kapal dan apakah batalnya SMC
kapal akan membatalkan DOC perusahaan ?
Batalnya DOC perusahaan akan
membatalkan SMC sebuah kapal, karena SMC akan diberikan kepada kapal apabila
perusahaan yang mengoperasikannya telah memiliki DOC.
Akan tetapi batalnya SMC sebuah
kapal tidak membatalkan DOC perusahaan tsb, karena bisa terjadi hanya kapal
tersebut yang tdk memenuhi ketentuan sebagaimana disyaratkan dalam ISM Code,
sehingga SMC nya dibatalkan
Apakah
kewajiban kapal secara umum dalam mengimplementasikan ISM Code ?
Dalam melaksanakan segala
tindakan selalu mengutamakan keselamatan kerja dan mencegah pencemaran
lingkungan dengan bertindak secara konsisten dalam perencanaan, pengoperasian,
pelaksanaan & pengawasan tentang keselamatan serta menghindari kerusakan
lingkungan laut sesuai dengan SMS
Apakah
yang dimaksud otorita mendominasi (Overriding Authority) menurut ISM Code ?
Hak istimewa nahkoda untuk
mengambil keputusan baik dengan aturan atau melanggar aturan demi keselamatan
dan pencegahan pencemaran serta dapat meminta bantuan perusahaan jika
diperlukan
Contoh :
**Pada situasi
kapal saling berhadapan, Nahkoda memutuskan untuk merubah haluan ke kiri untuk
menghindari bahaya tubrukan.
( sesuai colreg
aturan …. , apabila dua buah kapal saling berhadapan, maka masing2 harus
merubah haluan ke kanan )
**Master menolak
keputusan perusahaan yang memerintahkan kapal membuang limbah pencucian tangki
di perairan yang dilarang
Pihak-pihak
mana sajakah yang terlibat dalam pengimplementasian ISM Code ?
1. Pemerintah
2. Perusahaan
3. Nahkoda dan ABK
4. Negara yang dituju
Apakah
sebenarnya SMS (Safety Management System) menurut ISM Code ?
· suatu
system terstruktur dan terdokumentasi yang memungkinkan personil perusahaan untuk
mengimplementasikan secara efektif, kebijaksanaan keselamatan dan perlindungan
lingkungan
·
petunjuk
dan prosedur untuk menjamin pengoperasian kapal secara aman dan perlindungan
lingkungan yang sesuai dengan aturan perundang – undangan nasional dan Negara
bendera
·
kewenangan
dan koordinasi di atas kapal dan di darat
·
prosedur
pelaporan kejadian dan ketidak sesuaian terhadap ketentuan ISM Code
Apakah
tuntutan ISM Code dalam pengawakan kapal ?
1. Sertifikat master dan officer
dek / mesin memenuhi persaratan sesuai yang diminta oleh safe minimum manning
certificate
2. Bahwa setiap kapal diawaki oleh
pelaut pelaut yang mamenuhi syarat, bersertifikat dan secara medis fit, sesuai
persaratan nasional maupun internasional.
3. Master dan Officer memahami SMS
dan rencana penerapannya di atas kapal
4. Kepada ABK baru agar diberikan
pembiasaan yang cukup terhadap tugas tugasnya.
5. ABK harus mampu berkomunikasi
secara efektif yg berkaitan dengan SMS
Apakah
persyaratan fungsional untuk SMS ?
a. kebijaksanaan keselamatan dan
perlindungan lingkungan
b. instruksi dan prosedur untuk
memastikan pengoperasian aman kapal dan perlindungan lingkungan dalam memenuhi
hokum internasional atau hokum negara bendera kapal
c. menentukan tingkat otorita dan
garis komunikasi antara personil darat dan personil kapal
d. prosedur pelaporan kecelakaan
dan ketidak sesuaian dengan ketentuan kodifikasi
e. prosedur utk siap dan tanggap
terhadap keadaan darurat
f. prosedur utk audit internal dan
tinjau ulang manajemen
Siapakah
penanggung jawab pengimplementasian ISM Code di suatu perusahaan ?
Penanggungjawab
pengimplementasian ISM Code di perusahaan adalah pemimpin tertinggi di
perusahaan (top management). Untuk selalu bertindak secara aman diperlukan
komitmen seutuhnya dan terus menerus dari para direktur, manajer, supervisor
dan semua karyawan yg terlibat dalam aktivitas perusahaan
Menurut
pendapat saudara apakah syarat-syarat untuk menjadi designated person appointed
(DPA) orang yg ditunjuk di suatu perusahaan pelayaran ?
a. sebaiknya seorang yg mempunyai pengalaman berlayar
b.harus
mengetahui benar system manajemen keselamatan pelayaran
c. mempunyai hubungan luas baik
horizontal maupun vertical
d. mempunyai
kwalifikasi akademik
e. memiliki kepandaian berkomunikasi
f. mempunyai komitment yang kuat
tentang safety manajemen
g.mempunyai
pengetahuan tentang SMS perusahaan
h.Memiliki
pengetahuan tentang pencegahan pencemaran
Apakah
yang dimaksud dengan DOC ?
DOC ( Document Of Compliance )
adalah : dokumen yang diterbitkan oleh pemerintah untuk suatu perusahaan yang
telah memenuhi persyaratan ISM Code
Bagaimana
cara mendapatkan DOC ?
a. Perusahaan telah membuat SMS yg
memenuhi persyaratan-persyaratan ISM Code
b. SMS dokumen telah disetujui oleh
flag state atau organisasi yang ditunjuk
c. SMS telah dijalankan minimal 3
bulan
d. Telah dilakukan internal audit
dan sudah disetujui
e. Telah dilakukan audit oleh flag
state atau recognized organization dan disetujui utk diterbitkan DOC
Apa
pula yang dimaksud dengan SMC ?
SMC (Safety Management Certificate)
adalah : dokumen yang diterbitkan untuk kapal, yang menandakan bahwa perusahaan
tersebut dan manajemen kapalnya telah beroperasi sesuai dengan system manajemen
keselamatan yang diakui
Bila
kapal disewa telanjang (Bareboat Charter) yang manakah yang disebut company,
pencharter atau pemilik kapal ? jelaskan
Dalam bareboat charter
pencharter disebut sebagai company, karena ia mengambil alih tanggung jawab
dari pemilik kapal atas pengoperasian kapal, dengan demikian seluruh tugas dan
tanggung jawab yang dibebankan dalam kodifikasi menjadi tanggung jawab
pencharter
Apakah
tuntutan ISM Code dalam menyiapkan kapal mendekati pelabuhan tiba ?
1. Pengujian mesin , mesin kemudi, peralatan navigasi dan komunikasi, generator dan
peralatan2 jangkar.
2.
Persiapkan buku kepanduan bahari, buku pasang surut, serta peta2 yang akan
digunakan.
3. Pemeriksaan condisi stabilitas, draft kapal
dan got palka / kamar mesin
4. Memberi informasi dan berkomunikasi dengan
pelabuhan yang akan dituju
Salah
satu hasil audit atau port state control adalah ketidak sesuaian ( Non
Conformity ) Dalam hal ini ketidak sesuaian apa ? Jelaskan.
Ketidak sesuaian antara
tindakan dalam pengoperasian kapal yang berhubungan dengan keselamatan dan
pencegahan pencemaran dengan yang diatur di dalam SMS
Contoh :
1. Peta tidak dikoreksi
2. Salah satu VHF rusak
3. Emergency steering rusak
Apakah
keuntungan pemberlakuan ISM Code bagi pelaut?
1. Meningkatnya kesadaran nahkoda
dan abk terhadap keselamatan kerja dan pencegahan pencemaran laut
2. Keselamatan kerja di kapal
lebih terjamin.
3. Nahkoda dan abk dipercaya oleh
perusahaan.
4. dengan sistim keselamatan yg
terkontrol kegiatan operasional kapal lebih aman.
Apakah yang dimaksud otorita
mendominasi (Overriding Authority) menurut ISM Code ?
Hak istimewa nahkoda untuk
mengambil keputusan baik dengan aturan atau melanggar aturan demi keselamatan
dan pencegahan pencemaran serta dapat meminta bantuan perusahaan jika
diperlukan
Contoh :
**Pada situasi
kapal saling berhadapan, Nahkoda memutuskan untuk merubah haluan ke kiri untuk
menghindari bahaya tubrukan.
( sesuai colreg
aturan …. , apabila dua buah kapal saling berhadapan, maka masing2 harus
merubah haluan ke kanan )
**Master menolak
keputusan perusahaan yang memerintahkan kapal membuang limbah pencucian tangki
di perairan yang dilarang
Apa
yang dimaksud dengan tinjau ulang ( review ) dalam penerapan ISM Code ?
Yaitu mengkaji ulang kebijakan-kebijakan
yang diatur dalam SMS ( ISM Code ) itu sendiri dan implementasinya di lapangan,
apabila terjadi ketidak sesuaian / kesulitan antara kebijakan dan penerapannya
di lapangan maka perlu diadakan review ( tinjau ulang ). Kekurangan tadi
dilaporkan kepada DPA untuk direvisi kembali.
Apakah
yg dimaksud dengan Port State Control ?
Port State Control merupakan
pengawas pelaksanaan ISM Code di Negara-negara yang melaksanakan konvensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar