MARITIME INSURANCE (Asuransi Maritim)
Tanya jawab
1 Jika
terjadi kerusakan kapal yang disebabkan oleh kesalahan stevadore, P & I
memberikan petunjuk kepada nahkoda sebagai berikut :
if stevedore caused damage to he ship, it
will be necessary to take prompt action to ensure that those responsible
arrange and/or pay for repairs. The stevedores must be notified of the
occurrence or discovery of stevedore damage within 24 hours. If this condition
is not fulfilled, your company may have to bear the cost of repairs
a. jelaskan maksud petunjuk P & I ini?
Maksud
petunjuk P&I tersebut adalah jika stevadore mengakibatkan kerusakan pada
kapal, perlu tindakan tindakan segera guna menjamin bahwa siapa yang bertanggung
jawab harus membayar untuk perbaikannya.
Stevadore harus diberi tahu dalam waktu 24 jam sejak kejadian itu, jika
hal ini tidak dilakukan maka perusahaan harus membayar sendiri kerusakan
tersebut.
b. Jika kerusakan terjadi pada muatan yang
disebabkan oleh “rough handling “ dari stevadores, harus dibuat AFFIDAVITS,
terangkan pula hal ini?
Maksud hal
ini adalah :
AFFIDAVITS
adalah surat pernyataan nahkoda dan
stevedore jika terjadi kerusakan kapal atau muatan karena kesalahan stevedore
dalam waktu 24 jam
Sehubungan dengan kecelakaan yang sering
terjadi dikapal, P&I memberikan petunjuk kepada para nahkoda sebagai berikut :
It is in the interest of everyone on board
to ensure that safe working practices are followed at all times and that
potential hazards are identified and rectified as quickly as possible. Slips,
trips, and falls are the most common types of accident occurring on board ship,
often the product of oily surfaces, badly rigged gangways, poor lighting
arrangements or generally cluttered decks. A watchful eye and careful
housekeeping will go towards minimizing such accident.
a. Jelaskan maksud P& I ini?
Maksud P & I ini adalah :
Merupakan keharusan semua orang diatas kapal untuk memastikan bahwa penerapan keselamatan
kerja diikuti terus menerus dan bahaya potensial itu dikenali dan diralat secepat
mungkin. Terpeleset, tergelincir, dan terjatuh merupakan jenis kecelakaan yang
paling sering terjadi diatas kapal, biasanya hal itu terjadi dilantai yang berminyak,
pemasangan deret gangway yang kurang bagus,
system pemasangan lampu yang kurang bagus diatas kapal. Extra penjagaan diatas
kapal dengan hati-hati dapat mengurangi beberapa kecelakaan.
b. Tindakan yang harus dilakukan oleh Nahkoda
untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan adalah dengan mengistruksikan kepada
seluruh ABK untuk selalu memperhatikan peraturan keselamatan serta melakukan
pelatihan-pelatihan keselamatan kerja yang optimal serta memperbanyak
poster-poster peringatan ditempat umum tentang keselamtan kerja ABK.
3 Didalam the Haque rules pasal IV ayat 4
disebutkan “Any deviation in saving or
attempting to save life of property at sea, or any reasonable deviation shall
not be deemed to be in infringement or breach of these convention or to the
contract of carriage.
a. Terangkan maksud pasal ini?
a. Terangkan maksud pasal ini?
Maksud pasal
ini adalah suatu deviasi untuk menyelamatkan atau mencoba menyelamatkan jiwa
atau harta benda di lautan, atau suatu deviasi yang pantas tidak boleh dianggap
sebagai penyimpangan atau pelanggaran terhadap KONVENSI ini atau terhadap
perjanjian pengangkutan dan pengangkut tidak bertanggung jawab atas kerugian
atau kerusakan yang terjadi karena deviasi tersebut.
b. Sebutkan dalam hal apa saja deviasi dapat
dilakukan
Deviasi
dapat dilakukan dalam hal :
1. Ada suatu perjanjian khusus di dalam polis
yang memberikan kesempatan untuk itu
2. disebabkan kejadian yang tidak wajar dan
tidak biasa dilakukan oleh nahkoda dan ABK nya (force majeure)
Deviasi pantas dilakukan untuk untuk
memenuhi express warranty atau implied warranty.
Bertujuan untuk
menyelamatkan jiwa manusia atau menolong kapal yang berada dalam bahaya.
Didalam
marine insurance terdapat ICC (Institute Cargo clause)
a. Dalam hal-hal apa saja (minimal 4)
Asuransi ICC-A,B,C tidak menanggung kerugian/kerusakan?
Hal-hal yang tidak ditanggung dalam
asuransi A,B,C antara lain:
1.
Perbuatan
sengaja yang dilakukan tertanggung (willful misconducted)
2.
Bocor,susut,pembungkus
robek (wear &tear)
3.
Pengangkut
kekurangan dana untuk memperbaiki kapal (lack of fund)
4.
Pemogokan,
huruhara, keributan, terror atau perbuatan politik lainnya
5.
Tidak
laik laut (unseaworthy)
sebutkan masa berlaku (duration) dari
ICC-A,B,C?
Masa berlaku (duration) dari ICC-A,B dan C
mulai berlaku sejak barang meninggalkan gudang pemberangkatan dan berhenti
sampai salah satu yang dibawah ini terjadi;
1. pada saat penyerahan barang kepada penerima
ditempat tujuan
2. pada saat penyerahan barang kepada penerima yang lain yang ditunjuk tertanggung
3. pada saat 60 hari setelah selesainya
pembongkaran di pelabuhan tujuan.
Sehubungan dengan terjadinya kerusakan,
kehilangan muatan di kapal, P&I Insurance memberikan petunjuk kepada
para nakhoda sebagai berikut :
In all cases where cargo is damage or lost, the
following will be required:
a.
Detail
of the cargo damaged or lost (commodity, volume, quantity, marks)
b.
Description
of how the damage or lose accurred
c.
Step
taken to minimize the damage
d.
Copy
or any note of Protest made, delivered and / or received
Jelaskan maksud dari petunjuk P&I ini
Maksud dari petunjuk P&I ini adalah: Untuk
melindungi Master jika terjadi kerusakan atau kehilangan maka Master harus
mempersiapkan :
a.
Data-data
yang terperinci dari muatan yang rusak atau hilang yang mencakup jenis
komodity, volume , jumlah dan tanda-tanda yang tertera pada muatan
b.
Terangkan
bagaimana kerusakan atau kehilangan itu terjadi
c.
Langkah
yang telah diambil untuk mengurangi kerusakan
d. Copy
atau berita acara yang telah dibuat yang mencakup pengiriman dan penerimaan
barang.
- Dalam kaitannya dengan Letter of Idemnity,
salah satu petunjuk dari P&I kepada para Nakhoda adalah “Masters are
sometimes urged to sign clean B/L against a LOI, clean B/L should not be
signed in such circumstance the masters may confirming a fraud, the LOI my
be unenforceable and P&I cover may be prejudiced”
a.
Jelaskan
Maksud petunjuk P&I ini !
b.
Sebutkan
langkah-langkah yang harus di lakukan seorang Nakhoda jika terjadi hal seperti
itu !
a. Maksud
petunjuk P&I ini adalah : Untuk keperluan perdagangan B/L tidak dibenarkan
memuat keterangan palsu menyangkut keadaan barang. Namun dibalik itu pihak
shipper membutuhkan B/L yang bersih untuk menyelesaikan pembayaran, untuk itu
pihak shipper meminta agar Nakhoda membuatkan Clean B/L agar B/L dapat
diperdagangkan. Dan pihak shipper memberikan jaminan (LOI) sehubungan dengan
kerugian yang akan di hadapi sebagai akibat penerbitan Clean B/L.
b.
Langkah
yang harus diambil nakhoda jika terjadi hal demikian adalah berhati-hati dalam
menandatangani dan perlu diperhatikan hal-hal sbb;
1)
Bentuk
harus sesuai yang ditetapkan pihak pemilik kapal atau pencharter
2)
Tanggal
sesuai waktu pengapalan
3)
Resi
mualim yang menunjukkan barang sudah berada diatas kapal serta barang telah
diserahkan
4)
Sarat-sarat
tambahan yang diperlukan dan syah telah dimasukkan
5)
Uang
tambang jika diisyaratkan sebagai pembayaran di muka telah dibayar
6)
Jika
charter, hak-hak pemilik kapal telah dipenuhi ( laydays, demmurage)
Dan jika perlu nakhoda harus meminta petunjuk
kepada kantor pusat sehubungan dengan pemberian wewenang / penandatanganan B/L
Dalam asuransi laut terdapat
dua kepentingan (interest) yang dapat diasuransikan. Sebutkan dua kepentingan
tersebut secara detail !!!
Dua
pihak yg berkepentingan dalam asuransi adalah penanggung ( Insurer /
underwriter ) dan tertanggung (assured)
Dalam
hal ini penanggung berjanji akan memberikan penggantian kepada tertanggung atas
setiap kerugian laut setinggi – tingginya
sejumlah yg disetujui.
Sebuah kapal sedang berlayar
dari Rotterdam menuju tg. Priok mengalami kerusakan kemudi karena menabrak log
mengapung. Untuk menyelamatkan kapal dan muatannya owner mengirim tugboat ke
posisi kapal yg berada di bay of Bengal untuk menundanya ke Singapore guna
melakukan minor repair. Setelah selesai kapal meneruskan pelayarannya ke tg.
Priok dan terlambat 15 hari. Owner menyatakan bahwa kapal adalah general average.
Owner memberitahu agent agar semua consignee yang akan menukar B/L nya dengan DO
harus membayar average bond.
Ditanya :
a. average
bond itu menjadi tanggungan siapa : ditanggung
oleh asuransi.
b. biaya
repair kemudi itu termasuk GA (general average) atau PA (particular average) : termasuk Particular Average
c. disbursement dipelabuhan Singapore itu tanggungan
siapa
d. average
bond itu utk apa : untuk membayar biaya
tugboat yang menyelamatkan kapal dan muatannya
apakah perbedaan perils of the
sea dan perils on the sea ?
Perils
of the sea :
kecelakaan di laut yg disebabkan oleh factor alam seperti keganasan gelombang
atau typoon yang mengakibatkan kapal kandas, tenggelam, terdampar.
Perils
on the sea : Bahaya
atau kecelakaan dilaut yang disebabkan oleh kelalaian manusia.
Contoh: kebakaran, bahaya peperangan, penyitaan / penahanan yg dilakukan penguasa / pemerintah / penduduk,
perampokan / pembajakan / pencurian, jettison.
hal-hal apa saja yang tidak
ditanggung oleh asuransi jika pihak manajement tidak melakukan "due diligent" ?
1. dengan sengaja menyerahkan
muatan tanpa ditukar dengan B/L
2. menerbitkan clean B/L
barang yang cacat
3. Antidating B/L atas
permintaan shipper
4. Memberikan pernyataan yang
tidak benar mengenai jenis volume muatan.
5. Lalai menagih freight dari customer
6. Resiko kecelakaan yang
timbul diluar priode penutupan.
sebutkan
tiga jenis salvage contract !!!
1. “NO CURE NO PAY”: salvor tidak memperoleh
pembayaran jika usahanya tidak berhasil, tapi jika berhasil akan memperoleh pembayaran
yang lebih besar dibandingkan dengan fixrate dengan pertimbangan bahwa salvor melakukan
salvage dengan resikonya sendiri tanpa bayaran jika tidak berhasil.
2. Fixed amount compensation contract dimana
salvage dipastikan akan berhasil 100% dan kerusakan kapal adalah kecil dan tidak
akan terjadi constructive total loss dalam kondisi hull insurance
3. Lump sum dan daily hire
dimana
- lumpsump digunakan jika jumlah pembayaran
telah disetujui sebelum salvage dimulai.
- Daily hire : sebelum memulai operasi salvage maka daily hire hrs
disetujui mengenai kapal salvagenya, peralatan dan abknya.
a. pengertian
SUE AND LABOUR : tindakan
/usaha nakhoda dan awak kapal utk
menyelamatkan kapal dari bahaya atau mengalami musibah dengan tujuan untuk
mengurangi/mencegah kerusakan atau kerugian akibat peristiwa tsb.
b. kasus / contoh SUE AND LABOUR: kapal sedang membongkar muatan sandar
didermaga tiba-tiba ditubruk tugboat hingga lambung kapalnya berlobang sedikit
dibawah garis air.agen mengusahakan agar muatan lebih cepat dibongkar/nakhoda
memiringkan kapalnya kearah dermaga hingga lobangnya berada diatas air biaya yg
timbul menjadi beban penanggung.
jelaskan kapal importer
menutup asuransinya atas barang yang diimportnya !!! ada dua jawaban, sebutkan
satu per satu !!!
1. Pada waktu importer membuka L/C ke bank utk
penjual /seller atau suppliernya diluar negeri dgn dilampiri cover note (bukti
penutupan asuransi sementara) yg dibuat oleh importer.
2. dapat
juga pada waktu importer menerima fax.dari supplier/seller bahwa barangnya
sudah dimuat.
a. sebutkan apa saja yg menjadi pertimbangan
dalam menentukan besarnya PREMI atas muatan dan atas kapal
1.
usia kapal
2.
jenis kapal
3.
klas kapal
4.
jenis muatan
5.
trading area
b. mengapa muatan perlu diasuransikan
a. selalu terjadi kecelakaan meskipun telah
dilakukan perbaikan canggih agar transportasi aman.
b. Masih
selalu terjadi pencurian.
c. Cenderung terjadi kerusakan muatan atau
pecah karena rough handling.
d. Barang
selalu akan menghadapi resiko kecelakaan laut,spt kapal tenggelam.
e. Adanya
pembajakan,perampokan.
f. Hilang,penyitaan,kebakaran.
g. General
average (pengorbanan)
sebuah kpl DWT 10.000 dgn GT
6200
a. pembayaran premi untuk P&I tersebut
tiap tahunnya
- kpl baru P&I
=GRTxUS$1
- kpl 10 thn P&I =GRTxUS$ 2,5
- kpl 15 thn P&I =GRTxUS$ 3 s/d 4 tergantung
derajat resikonya.
- kpl 20 thn P&I = GRTxUS$ 6,5
b. 11 items yg ditanggung oleh P&I
1. kerugian krn kpl tubrukan diganti oleh
asuransi hanya ¾ dr kerugian (RDC ¾), sisa dr kerugian ¼ nya dibayar P&I
2. ganti
rugi untuk kehilangan jiwa dan kecelakaan orang
3. biaya
ABK yang sakit
4. biaya
perjalanan mutasi ABK
5. biaya
mengangkat kapal tenggelam (salvage)
6. ganti
rugi yang ditimbulkan oleh kpl thd dermaga, tambatan kpl dan benda lain di
pelabuhan
7. biaya
karantina
8. ganti
rugi atas kerusakan barang yang diangkut akibat kesalahan navigasi
9. ganti
rugi kepada kapal lain yang mengalami kerusakan karena tubrukan
10. iuran GA bagi muatan yang
terkena GA yang tidak ditanggung pemilik muatan
11. pencemaran
laut
perbedaan antara :
a. letter
of subrogation : surat
yang menyatakan bahwa hak utk menuntut kpd pihak ketiga dilimpahkan dari
tertanggung kpd penanggung.
b. letter of abandonment :
surat
yang dibuat oleh tertanggung kpd penangggung yg menyatakan bahwa tertanggung
akan menyerahkan kapalnya kpd penanggung setelah menerima uang senilai jumlah
pertanggungan yg tercantum dlm polis.
b. jelaskan apa keuntungan surat abandonment
bg tertanggung
tertanggung
( pemilik kapal ) akan terbebas dari klaim yg diajukan kepadanya krn hak
penguasaan atas kapalnya telah diserahkan kepada penanggung ( asuransi )
empat prinsip utama dari
asuransi maritime :
1.
Insurable interest
2.
Principle of Indemnity
3.
Good faith
4.
Principle of subrogation
pengertian ‘prinsip
subrogation‘
hak
penanggung (apabila ia telah membayar ganti rugi kpd tertanggung) untuk
menuntut pihak lain yang bertanggung jawab atas kerugian yg dialami
tertanggung.
apa saja yang dilindungi oleh
Hull & Machinery Insurance :
1.
Hull (badan kapal)
2.
Main engine
3.
Boiler
4.
Equipments
Hitunglah premi asuransi utk
H&M Insurance sebuah kapal yg umurnya 15 thn dan nilai atau harganya USD
5.000.000
H&M
insurance :
kpl
baru = + 0.5 % x harga kapal
kpl
15 th= + 4 % x harga kapal
=4%x
5.000.000 = USD 200.000
Persyaratan2 GA (general
average )
a. tindakan yg menimbulkan kerusakan dilakukan
dengan sengaja dan beralasan
b. pengorbanan
/ pengeluaran biaya yang besar sekali
c. harus betul-betul ada bahay yg mengancam
kepentingan
d. bersama
( kapal dan seluruh muatannya )
e. tindakan
dilakukan demi kepentingan semua pihak
f. tindakan tersebut harus berhasil
Contoh 5 kasus GA
1. Membuang sebagian muatan kelaut (jettison
cargo).
2. Dengan
sengaja membasahi muatan disekitar muatan yang terbakar agar kenbakaran
3. tidak menjalar ke seluruh palka / kapal.
4. Mengandaskan
kapal utk keselamatan bersama
5. Biaya
pelabuhan perlindungan (port of refugee) karena cuaca buruk.
6. Biaya
tugboat untuk menunda kapal kandas menuju pelabuhan guna melakukan perbaikan.
dua kapal A dan B saling
bertubrukan dan sama-sama bersalah, jika :
Kerugian kapal (A) = Rp
50.000.000
Kerugian kapal (B) = Rp
35.000.000
Demurrage kpl (A) = Rp
10.000.000
Demurrage kpl (B) = Rp 7.000.000
perhitungan kerugian antara
kedua kpl tsb secara :
a.
single liability
b.
crosss liability
a. single liability :
kerugian
(A) = Rp. 50.000.000,-
kerugian
(B) = Rp. 35.000.000,-
selisih = Rp. 15.000.000,-
kerugian
dibagi bersama
=
Rp 15jt / 2
=
Rp 7.5 jt
Pemilik
kpl B membayar ganti rugi kpd kpl A = Rp 7.5jt
maka : kerugian kapal A = Rp 50jt – Rp 7.5jt = Rp 42.5jt
Kerugian
kpl B = Rp 35jt + Rp 7.5jt= Rp 42.5jt
b.
cross liability :
kerugian
fisik kpl A = Rp 50jt
demurrage
kpl A = Rp 10jt
total = Rp 60jt
kerugian
fisik kpl B = Rp 35jt
demurrage
kpl B = Rp 7jt
total = Rp 42jt
selisih
kerugian kpl A dan B
=
Rp 60jt – Rp 42jt = Rp 18jt
Kerugian
ditanggung bersama
=
Rp 18jt / 2 = Rp 9jt , maka :
Kpl
A mengalami kerugian :
Rp
60jt – Rp 9jt = Rp 51jt
Kpl
B mengalami kerugian :
Rp
42jt + Rp 9jt = Rp 51 jt
sebuah perusahaan dagang yg
kebetulan sbg consignee menerima barang yg beberapa diantaranya rusak dr sebuah
perusahaan pelayaran (carrier). Dokumen-dokumen apa saja yang harus disiapkan
untuk melakukan atau mengajukan claim Dan apa saja yg harus dilakukan untuk
mendukung dokumen - dokumen tsb
1. Notice of claim dr claimant ke ship owners
2. Copy
original C/P dan additional Rider Clause, fixture note
3. Marine
notes of protest
4. Copy
statement of fact
5. Copy of
Original B/L
6. Copy
of Mates receipt / Tally sheet
7. Copy
of stowage plan
8. Copy
of cargo manifest
9. Copy
of pre-loading survey, sertifikat yang menyangkut kondisi muatan yang dunyatakan
oleh nahkoda waktu memuat.
10.
Polis asuransi asli
Tidak ada komentar:
Posting Komentar