1.
a. Jelaskan apa yang di maksud dengan
IAMSAR
IAMSAR (
International Aeronautical & Maritime Search and Rescue) yang di terbitkan kerja sama dengan ICAO
& IMO Suatu pencarian & perlongan internasional melalui pesawat Udara & kapal
laut.
b. Perbedaan EPIRB & ELT:
-EPIRB ( Emergency Position Indacating Radio Beacon): Sebuah alat untuk
mentransmit Distress Alerting Signals melalui Satelit (406MHz) COSPAS-SARSAT,
INMARSAT 1.6 GHz, Air craft homing signal on 121.5MHz
-ELT ( Emergecy Locator transmit) : Alat untuk mentransmit posisi
darurat yang dapat terditeksi oleh Pesawat udara.
2. Sebutkan signal - signal
yang disampaikan sesuai dengan kepentingan masing-masing berikut ini:
a. Distress
Signal: May Day 3x
Distress Signal:
Ada 3 macam Distress Signal :
1. Radio Signals:
-Isyarat yang dikirim dengan radio telephone yang terdiri
ucapan kata-kata “MAY DAY”
-Isyarat (SOS) : Dengan
Radio Telegrafi dalam kode Morse.
-Isyarat Alarm Radio telephoni terdiri dari dua nada
2. Visual Signal
-Isyarat asap yang berwarna jingga
-Perling payung roket atau perling tangan yang
memperlihatkan cahaya merah.
-Isyarat Bendera bujur sangkar dengan bola diatas atau
dibawahnya.
3. Sound Signal
-Mebunyikan alat
isyarat kabut secara terus menerus
-Isyarat tembakan
atau isyarat ledakan yang di tembakkan dgn
-Selang waktu
kira-kira satu (1) menit.
-Isyarat SCS dalam morse dengan menggunakan Whistle, Bell
atau FogHorn.
b.Urgency Signal:
Pan Pan.3 x Berita-berita yang bersifat Urgent yang
berhubungan kapal, Pesawat udara, Manusia.
Misalnya, MOB,
Kerusakan Mesin induk dan lain-lain.
C.Safety Signal:
Security 3 x. Berita-berita penting tentang bahaya navigasi
atau Meteorologi untuk keselamatan kapal.
3.Utk menolong orang
jatuh kelaut (Person Over Board), dikenal 3 situasi
a. Immediate Action
b. Delayed Action
c. Person Missing Action
Jelaskan Perbedaan operasi SAR-nya.
a. Immediate Action:
Tindakan yang diambil dengan segera apabila diketahui dari anjungan Orang jatuh
Kelaut.
b.Delayed Action
: The person is reported to the bridge by an eyewitness and action is initiated
with some delay.
c. Person Missing
Action:
adalah tindakan yang dilakukan setelah menadapat informasi
dari crew kapal yang lain
bahwa ada crew yang hilang.
Hal ini di ketahui setelah orang tersebut tidak keliatan selama 24 jam dan telah
dilakukan pengecekan di seluruh sudut kapal
4.Jelaskan dgn gambar
cara olah gerak kapal menolong orang jatuh ke laut.
a. Williamson Turn
1.Saat orang
jatuh disisi kanan, kemudi kanan cikar.
2.Ketika perubahan haluan menujukan 60º-70º dari haluan
semula, kemudi tengah-tengah &
cikar kiri, Kecepatan sesuai kebutuhan
3.Segera setelah kapal pada haluan kebalikan dari haluan
semula, stop mesin
4.Siapkan olah
gerak untuk menyelamatkan korban
b.Cara Anderson Turn – One Turn
1.sebelum bergerak mesin stop
dulu
2.kemudi di putar kearah korban dengan
mesin kiri maju penuh (Tween propeller)
3.Jika kapal sudah berputar ± 2/3
lingkaran mesin kanan maju 2/3 penuh
maka kapal akan berputar secara efektif mendekati korban
4.Jika korban berada pada arah 150
di kanan haluan kedua mesin stop atur kemudi dan kecepatan kapal agar dapat
berhenti tepat pada posisi yang dikehendaki
c.Cara Scharnow Turn
Misalnya Haluan kapal
Utara, jika MOB disisi kanan, kemudi cikar kanan Setelah haluan berobah 240º dari
haluan semula, cikar kiri. Pada saat kapal Berhenti berputar & kapal mulai
berputar kekiri, lihat haluannya umpama menunjuk 270º di catat, artinya
30º Over Shoot angle. Setelah haluan
berlawanan dengan haluan ± 30º = ± 210º (180º + 30º), kanan cikar saat kapal stop
bergerak, lalukan olah gerak untuk menolong korban.
5. Terangkan apa yang dilakukan oleh Nakhoda, jika
kapal dalam keadaan darurat berikut ini:
a.Pirates & Armed
Robbers:
-Aktifkan General alarm bell
-Jika kapal
dilengkapi dengan Alert Emergency System, maka nakhoda harus menekan tombolnya.
-Bersikap tenang
jangan memberikan perlawanan
b.Medical
Emergencies:
-Memberipertongan pertama
-Periksa keadaan pasien
Tidak ada komentar:
Posting Komentar