1. a. Jelaskan secara analisa tentang terjadinya Squat.
b. Kapan bisa terjadi Squat dan kandas pada
bilge Keel lambung kanan.
Jawab
a.) Squat
adalah penambahan draft pada saat kapal berlayar yang disebabkan arus ikutan
yang kembali sebagai akibat dari kecepatan kapal dan menyebabkan jatuhnya
tekanan air sehingga kapal mengalami penurunan secara vertikal di air.
Rumus squat :
Perairan terbuka :
Max squat = (Cb x V2) :
100
Perairan sempit :
Max Squat = (Cb x V2)
: 50
Cb : Coefisien Block
V : Kecepatan kapal
b.) Squat
terjadi pada alur pelayaran dangkal dan sempit, dan terjadi kandas pada bilge
keel lambung kanan karena pada saat mesin induk berhenti (stop) dengan
tiba-tiba dari maju penuh ke stop ( baling – baling putar kanan) maka lunas
kapal terhentak ke kiri dan kanan di bagian bilge kanan pada tebing alur kanan.
Terjadi
pada kapal yang pada saat berpapasan mesin induknya berhenti atau stop.
2.a. Jelaskan bagi kapal – kapal yang konstruksinya dengan variabel pitch
propeller ( VPP = CPP ) apabila mengurangi kecepatan bagaimana terhadap efek
mengemudi
b. Jelaskan mana yang lebih efektif
kapal dengan CPP dan FPP apabila digerakan mundur
Jawab
a) Pada kapal dengan CPP effect apa yang terjadi saat
mengurangi kecepatan. à Aliran air baling - baling yang mengenai kemudi
secara significant terpengaruh / buyar kecuali pitchnya diturunkan secara
sangat bertahap, Effect yg kurang baik pada kemudi sangat nyata, baling secara
keseluruhan menganggu fungsi aliran air terhadap daun kemudi.
b) Kapal
dengan CPP kurang effectif bila digunakan untuk mundur di bandingkan kapal dengan FPP.
Karena pada ada Kapal dengan CPP akan timbul masalah dalam mengemudikan Kapal . karena lebih
sulit bila diperlakukan penggunaan mesin mundur lebih lama untuk menghentikan
kapal saat kapal masih maju, artinya waktu henti yang di butuhkan lebih lama .
3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Pounding ? Hal – hal apa saja yang
menyebabkan terjadinya Pounding tersebut dan bagaimana cara menghindari hal tersebut.
Jawab
Yang dimaksud dengan Pounding adalah jika kapal
terangkat tinggi oleh ombak / gelombang lalu
jatuh terbanting dan bergetar .Kerusakan yang terjadi berupa keretakan
(fracture) pada sekat pelanggaran (Collision bulk head). Akibat pounding yang
berlebihan terutama saat kondisi ballast. Keretakan di beberapa tempat
menyebabkan ke bocoran. bilge no. 1 akan penuh air dan meluap menggenangi tank
top pada lower hold.
Dlm hal ini tangki-tangki & bilge harus segera di pompa dan kerusakan segera di
perbaiki di pelabuhan tujuan. Pada siang hari inspeksi harus dilakukan terus
menerus dibagian belakang sekat, karena vibrasi bisa saja menimbulkan kebocoran
lebih lanjut.
Ø Hal – hal yang menyebabkan terjadinya
pounding
-
Memotong
tegak lurus dari datangnya gelombang
-
Adanya
free surface effect ( tangki – tangki slack )
-
Kecepatan
kapal tinggi
Ø Bagaimana cara menghindarinya
-
Mengurangi
kecepatan kapal
-
Arah
haluan kapal 1 sampai 2 surat (15°dari datangnya gelombang)
-
Tangki
– tangki ballast dibuat penuh sekali atau kosong sama sekali untuk menghindari
free surface effect
4. Sebuah kapal sedang
berlayar dengan melawan angin dengan sudut 45 derajat terhadap angin (Angin Utara) sedang tekanan angina 30 Tons. Hitung berapa besar tekanan
– tekanan yang menimbulkan :
-
DRIFT
-
DRAG ( Penjelasan dengan Gambar.)
5. L:B = 9, B = 20 mtr, v= 15 kts,
saat diberi kemudi cikar kanan, kecepatan berkurang 1/3 dari kec. Normal,
ditanyakan :
Diameter lingkaran putar, Drift,
Waktu putar.
Jawab :
a.
Diameter Lingkaran Putar :
L : B = 9
L = B x 9 → L = 20 x 9
L = 180 mtr
Dia. Ling. Putar = 6 (L-B) x L
L
+ 3B
=
6 (180 – 20) x 180
180 + 3(20)
=
6 ( 160) x 180
180 + 60
=
960 x 180 → 4 x 180
240
=
720 mtr
|
b.
Drift :
C = 2πr
C = π x d → 3,14 x 720
C = 2260.8 mtr → 1.220 NM
δ = L x 180
C
= 180 x 180 → 32400
2260.8 2260.8
= 14.3⁰
c.
Waktu Putar :
Speed : 15 – 1/3(15) = 15 – 5 = 10 Kts
Waktu Putar = 1.055
10
x 60
=
6,33 menit
6.
Jelaskan dengan gambar pada waktu Ship Trials anda diharuskan melakukan
Z Manouvre dengan Zig
Zag atau
Z Course , pada gambar tersebut tunjukkan Over Shoot Angle dan Over
Shoot Time.
7. Uraikan gejala-gejala yang mungkin
timbul apabila kapal berlayar terlalu dekat dengan tepi sebelah kanan dari alur
pelayaran sempit serta cara mengatasinya.
Jawab :
Timbul gejala Bank Effect dari hukum Bernoulli, inti
hukumBernoulli , media mengalir melalui pipa dan mengalami penyengetan, maka
tekanan & kecepatan bertambah, cara mengatasinya :
Bila menyusul sisi kanan lalu buritan kanan terhisap ketepi sehingga haluan kekiri maka :
1. Kemudi cikar kanan
2. Mesin tambah kekuatannya
3. Bila perlu jangkar kiri letgo
8. Squat adalah
penambahan draft pada saat kapal berlayar yang disebabkan arus ikutan yang
kembali sebagai akibat dari kecepatan kapal dan menyebabkan jatuhnya tekanan
air sehingga kapal mengalami penurunan secara vertikal di air.
Rumus squat :
Perairan terbuka :
Max squat = (Cb x V2)
: 100
Perairan sempit :
Cb : Coefisien Block
V : Kecepatan kapal
Contoh soal :
9. Sebuah kapal tanker berlayar diperairan terbuka pada kecepatan 11 knots , diketahui Cb : 0.830 , Draft saat itu 13,5 meter even keel dengan UKC 2,5 meter, lebar kapal 55 meter dengan LBP 320 meter, Hitung Maximum Squat untuk kapal ini dan dengan dua metode dan berapa sisa UKCnya
Jawab :
Pengaruh dari lebar
kapal Width of infulance = (7,7 + 20(1-Cb)2 ) x b = B’
b adalah lebar kapal
= 55 meter
Berpengaruh dari lebar
kapal
Maka (7,7 + 20
(1-0,830)2 ) x 55 = 455 meter = B
Blokage Factor, S = (b x T)/(B’ x H)
= (55 x
13,5)/(455 x (13,5 + 2,5))
= 0,102
Metode 1 :
Max Squat = ( Cb x
S0,81 x V2.08)/20
= 0,830 x 0,1020.81 x 112.81
x 1
20
= 0.96
at the bow, because
Cb>0.700
Metoda 2 :
Simplified approx,
formula
Max squat = Cb x V2
100
= 0.830 x 112
100
= 1.00 m
Squat maximum
rata-rata = 0.96 + 100
2
=
0.98 m Yo = 2.50 m
sisa UKC di haluan =
Yo – squat max = Y2
Y2 = 2.500
– 0.98 = 1.52 m pada kecepatan 11 knot
Tidak ada komentar:
Posting Komentar