Tuliskan Rumus deviasi umum dari
Airy dan A Smith.
Jawab:
d = A + B sinZ’ +
C cos Z’ + D sin 2 Z’+ E cos 2 Z’
Bagaimana sifat deviasi dari masing - masing komponen
Bagaimana sifat deviasi dari masing - masing komponen
jawab:
A bersifat Konstan
untuk semua haluan
B sin Z’ + C cos
Z’ bersifat semisirkular
D sin 2Z’ + E cos
2Z’ bersifat kwadrantal
Sebutkan berbagai sebab yang non magnetik
dari timbulnya koefisien A
Jawab:
l.kesalahan
garis layar
2.kesalahan
gaussin
3.kesalahan
kolimasi
Apakah maksud dan tujuan
menimbal pedoman
Jawab:
1.membuat deviasi
sekecil mungkin
2.perubahan
deviasi pada perubahan-perubahan haluan agar terjadi secara berangsur2
3.sebanyak mungkin
memperkuat gaya pengarah dan disamakan pada semua haluan.
Berdasarkan azas manakah kita
melaksanakan penimbalan pedoman
jawab
jawab
1.gaya megnetis yg
menyebabkan deviasi, dilenyapkan oleh gaya sama dan sejenis, tetapi yg bekerja
dlm arah yg berlawanan
2.-kutub permanen
d dlm kapal hrs ditimbaal oleh magnet permanen
-kutub transien di
dalam besi lunak vertical hrs di timbal oleh massa besi lunak vertical
-kutub transien di
dalam besi lunak horizontal hrs di timal oleh masa besi lunak horizontal yg
sejenis.
Sebutkan semua alat penimbal yang
dipergunakan
Jawab
1.korektor P:
untuk menimbal uraian horizontal membujur dari magnetisme kapal yg permanen
2.korektor Q:
untuk menimbal uraian horizontal melintang dari magnetism kapal yg permanen
3.batang Flinders:
batang besi lunak yg diarahkan tegak lurus di geladak , dipertengahan kapal
untuk menimbal magnetisme transien didalm besi lunak vertical
4.korekto D: masa
besi lunak dlm bentuk bola atau silinder seinggi pedoman untuk menimbal bagian
utama dari simpangan kwadrant yaitu koisien D
5.magnet senget:
magnet permanen yg dipasang di dalam arah tegak lurus pada geladak tepat di
bawah pertengahan pedoman
Jelaskan ungkapan “kapal siap
laik laut secara magnetic”
Jawab:
-Kapal harus duduk
tegak, juga pada penimbalan simpangan senget
-Kapal harus duduk
dgn sarat rata
-semua bagian besi
harus ada di tempat2 seperti keadaan sedang berlayar di tengah laut
-kapal tdk boleh
ada di dekat massa besi yg besar seprti dik, tongkang, dsb.
Sebutkan faktor - factor yang mempegaruhi
sifat - sifat dari Gyro-Scope
Jawab:
1.gasing harus
berputar cepat
2.gasing harus mengarah arah utara tertentu
3.mempunyai 3 gaya (tilting, drifting dan presesi) pada titik berat dan tegak lurus satu sama lain
2.gasing harus mengarah arah utara tertentu
3.mempunyai 3 gaya (tilting, drifting dan presesi) pada titik berat dan tegak lurus satu sama lain
4.rotasi bumi
Jelaskan
tentang proses yg ditempuh oleh Gyroscope (bebas) sehingga menjadi alat utk
menentukan arah2 (kompas gyro) sehubungan dgn perubahan bentuk edaran ujung
poros gasing di angkasa.
Jawab:
-Pada waktu
Gyroscope ideal poros gasing menunjuk titik tetap di angkasa
-Pada waktu gasing
di bumi terjadi Tilting dan Drift karena rotasi bumi dan sekitar poros gasing berupa
lingkaran
-Waktu gasing
mendapat presesi primer karena posisi gasing 2 bebas 1 terbatas dan mendapat
beban puncak atau bawah maka poros gasing bergerak ellips
-pada waktu gasing
mendapat sistim peredam (presesi sekunder) maka garis edar gasing berbentuk
ulir (spiral)
-Karena bentuk
spiral itu akhirnya poros gasing berputar tetap di titik dekat titik utara, dan
inilah proses terjadinya penunjuk arah oleh gyroscope.
a.Apakah yg dimaksud dgn
parameter
jawab
ad perbandingan
antara kekuatan medan yg diinduksikan oleh medan magnetis bumi yg menginduksi
dalam arah ke tiga poros yaitu membujur, melintang dan tegak
a.Jelaskan dgn singkat
prosedur/urutan yg benar dari penempatan jenis korektor penimbal dan apa alasannya
Jawab
Urutan penempatan korektor2:
Urutan penempatan korektor2:
Uruan I : korektor
besi lunak:
a.batang flinders
b.bola-bola
b.bola-bola
Urutan II: magnet2
senget
Urutan III:
magnet2 horisontal:
a.korektor P (membujur)
b.korektor Q (melintang)
Alasannya adalah
karena adanya interaksi antara korektor2 dan korektor tertentu menghasilkan
efek kecil selain dari fungsi dari masing2 korektor
b.Sebutkan 5 faktor yg perlu
diperhatikan dan menjadi pertimbangan pada waktu menimbal kapal niaga agar
diperoleh hasil yg efektif dan efisien dlm penimbalan
Jawab
-tipe kapal
-daya olah gerak
-kondisi cuaca
-kapal yg baru
(metode analisis)
-kapal yg memiliki
magnetic yg sudah mapan (metode sementara)
a.Apakah kerugian jika kompas
magnet itu tidak di timbal
Jawab
-Mempunyai nilai
deviasi yang besar
-Deviasi berubah
cepat,
-Mudah terjadi
kekeliruan apa bila brlayar di bawah perintah pandu
-Pada haluan2
tertentu mawar menjadi terlampau lamban
-Pada waktu kapal
oleng mawar akan menjadi tidak tenang.
b.Meskipun kompas itu sudah di
timbal dgn baik tetapi tidak pernah membebaskan kita dari pemeiksaan deviasi
secara teratur, selama dalam pelayaran apakah alasannya.
Jawab
-Karena adanya
pengaruh magnetisme remanen dimana pada haluan Timur/Barat dalam waktu yg lama
maka pada lambung kapal kiri dan kanan akan timbul medan magnet remanen
(Rentatife Error)
-Bila kapal
berlayar pada lintang tinggi ke lintang rendah atau sebaliknya maka nilai
koefisien B dan C akan berubah karena adanya perubahan lintang (Inklinasi) maka
nilai deviasinya akan berubah pula.
Apakah simpangan senget itu
?Tuliskan bentuk perumusannya
Jawab:
Simpangan senget
adalah perubahan Deviasi yang disebabkan oleh senget kapal (ds – dt)
Rumusnya :
ds – dt = -J . S .
cos Z
ds = deviasi
senget
dt = deviasi tegak
J = Koefisien
senget
S = senget
Z = Haluan
a.Sebutkan semua alat penimbal/korektor
yg dipakai menurut urutan pemasangannya di rumah kompas
Jawab
1.flinder bars
2.soft iron
slinders
3.heeling korektor
magnets
4.fore and aft
corektor magnets
5.athwartship
corektor magnets
b.Pada haluan2 manakah ini
ditaruhkan/digeserkan? (penjelasan dgn gambar dalam swinging)
Jawab
-Pada haluan Tm
masukan magnet membujur (korektor P) atau pindahkan letak korekor P yg sudah
ada sehingga deviasi = 0
-pada haluan Sm
masukan magnet melintang (korektor Q)
atau pindahkan letak korektor Q yg sudah ada shingga devasi = 0
-Pada haluan Bm
hilangkan setengah dari deviasi yg ditarik dgn jalan memindahkan korektor R tsb
-Pada haluan Um
hilangkan setenga dari deviasi yg di tarik dgn jalan memindahkan korektor R tsb
Penimbalan untuk
surat induk telah selesai
-Pada haluan TLm
geserlah Bola2 (korektor D) sehingga
deviasi = 0
-Pada haluan Mm
hilangkan setengah dari deviasi yg di tarik dgn jalan menggeserkan korektor D
tsb
Penimbalan ntuk
surat antar induk telah selesai
a.Sebutkan ketiga batang
induksi/besi lunak yg terpenting dan dapat menimbulkan deviasi
jawab
1.cV
2.fV
3.kV
b.Pilihlah salah satu batang
induksi dan periksalah sifat deviasinya menurut satu kali putaran kapal (untuk
8 mata angin) beserta kurva deviasinya
jawab
sifat defiasnya ad
kwadrantal = penyimpangan yg berubah tandanya +/- pada tiap perubahan haluan 90
a.Kapan timbul Retentative Error
(RE) dan Gausin Error (GE)
Jawab:
Retentative Error
(RE) terjadi apabila kapal dikemudikan dgn haluan yg tetap sama dan kemudian
merubah haluan kekiri atau kekanan.
Gausin Error (GE)
terjadi apabila kapal sedang berputar/swinging terlalu cepat kekiri atau
kekanan
b.Sebutkan perbedaan antara RE
dan GE
Jawab
-GE terjadi pada
waktu kapal sedang berputar (swinging) oleh perubahan magnet kapal yg
diinduksikan.
-RE terjadi pada
waktu kapal sedang mengemudian haluan yg tetap sama dan kemudian mengubah
haluan kekiri/kanan
-pengaruh GE cepat
bilang pada haluan yg baru
Pengaruh RE akan timbul dalam jangka waktu
tertentu (1/2 jam – 2 hari)
Sebutkan persamaan dari RE dan
GE
Jawab
-kapal di
putar/swinging kekanan/kiri menimbulkan deviasi kekiri (-)(GE) kanan (+)
-kapal mengubah
haluan kekanan menimbulkan deviasi ke kanan (-) RE kiri (+)
c.Bagaimana kita dapat mencegah
timbulnya GE
Jawab
-Sebelum kapal berputar atau swinging harus diam dulu beberapa menit,
kemudian baru berputar dan langsung membaring
-Membuat
putaran kebalikan dari putaran pertama, hasil dari 1 dan 2 kemudian dibagi 2.
a.Apakah fungsi dari semi
automatic korector
jawab
ad alat untuk
mengoreksi kesalahan2 yang terjadi pada pedoman gasing
b.Bagaimana kita dapat
mengoreksi kesalahan balistik
jawab
Kesalahan Balistik
ad kesalahan yg tergantung dari perubahan haluan dan perubahan laju, maka
kesalahan balistik sama dengan kesalahan haluan dan laju.Cara mengoreksi
kesalahan Balistik ad dgn cara meletakan alat semi automatic korektor yg di
pasang pada cicin garis layar pada jarak 180̊ dari garis layar.
c.pada haluan manakah kesalahan
balistik = 0 dan pada haluan mana = maks (penjelasan dgn gambar)
jawab
pada haluan T – B
kesalahan balistik = 0
pada haluan U
kesalahan balisik = maks
c.untuk itu jika nilai
variasi di peta tdk dapat dipercaya sepenuhnya bagaimana kita dapat menentukan
variasi yg sebenarnya? Apakah syaratnya dalam pemakaian rumus yg terkait
jawab
dgn cara melakukan
compass error pada pedoman standar.
Syaratnya adalah
lakuakn observasi pada pedoman standar pada haluan 4 surat induk dan surat
antar induk.
Rumus untuk
mencari nilaivariasi rata2:
Var = Σsembir/8
Jika kita melayari selat GASPAR
di peta tertera ‘Abnormal Magnetic Variation May be Occred in this Area’
a.Terangkan maksud data yg
ditulis didekat mawar pedoman (compass rose) tsb
jawab
maksudnya ad nilai
variasi tidak benar di area tsb
b.terangkan mengapa demikian
jawab
karena kutub
magnet bumi berpindah atau bergeser tempatnya sehingga pulau dasar laut di
tempat tsb terpengaruh oleh medan magnet bumi dan adanya pengaruh matahari pada
tempat tsb (electromagnetic) sehingga nilai variasi yg ada di situ tdk sesuai
dgn daftar variasi yg ada.
c.Jelaskan bagaimana anda
mengantisipasinya
jawab
-Melakukan
swinging dgn menggunakan baringan pedoman untk menentukan deviasi dgn bantuan
transien pada haluan 4 surat induk dan 4 surat antar induk
-Gunakan rumus
Variasi = Ɛ sembir / 8
Di atas kapal biasanya
terdapat 2 jenis kompas untuk perlengkapan navigasi
a.Apa yg dimaksud dgn kompas
jawab
kompas adalah alat
unuk penunjuk arah/ haluan kapal
b.Apa keuntungan dan kerugian
kompas gyro dibandinngkan dgn magnet
jawab
keuntungannya:
1.penunjukan dalam
arah2 sejati (haluan2, baringan)
2.keseksamaan
pembacaan yg lebih besar disebabkn oleh cara2 pembesaran pada mawar pengemudi
yg mnunjukan bagian dari satu derajat
3.pemasangan repeaters
di tempat2 yg layak sehingga dpt meliput pandangan seluruh cakrawala utuk
kepentingan membaring
4.lebih cocok bagi
kapal2 yg oleng hebat terutama untuk kepentingan mengemudi
Kerugiannya:
1.istalasi yg
lengkap mahal harganya
2.susunanya rumit
sekali suatu gangguan kecil saja di dalam pesawat itu maka pedoman ini tdk dpt
dipakai atau pun idak dapat dipercaya lagi. Ppemberian arus listrik harus tetap
baik
3.selama
perjalanan jika timbul kerusakan tidak ada ahli kapal maka perbaikaan hars
diserahkan kepada pegawai service dari pabriknya (di pelabuhan2 bear)
IMO sampai saat ini masih
memberikan status mandatory (wajib) bagi kapal laut untuk dilengkapi dgn kompas
magnet walaupun banyak factor yg dapat mempengaruhi penunjukannya dan
perbaikannya.
a.apakah tujuan dari penimbalan
pedoman dikapal
jawab
-membuat deviasi
sekecil mungkin
-perubahan deviasi
pada perubahan2 haluan agar terjadi secara berangsur2
-sebanyak mungkin
meemperkuat gaya pengarah dan disamakan pada semua haluan
b.tergantung factor apakah medan
magnet permanen di kapal
jawab
-arah haluan kapal
dan letak geografis pada saat kapal di bangun
-Getaran-getar
karena getaran yg terus menerus,maka besi keras tsb akan menjadi magnetic yg
tetap an vebriasi selama pembangunan kapal dimana karena getaran yg terus
menerus,maka besi keras tsb akan menjadi magnetic yg tetap
a.Jelaskan bagaimana kapal mulai
memperoleh medan magnet yg permanen
jawab
-pada saat
pembangunan kapal dimana distribusi polaritas pembangunan kapal ditentukan oleh
letak geogrfis galangan dan arah haluan kapal
-getaran2 vebriasi
selama pembangunan kapal
b.jelaskan bagaimana kapal
memperoleh medan magnet yg remanen (3 jawaban)
jawab
-pada saat kapal
diarahkan pada haluan yang sama pada waktu lama
-pada saat kapal
labuh jangkar kapal mengarah pada satu haluan yg sama
-aggukan dan
getaran kapal
-pembagian dan
keadaan besi kapal terhadap letak pedoman
-lintang, tempat
kapal (terkuat pada lintang rendah)
-haluan yg
dikemudikan (terkuat pada atau dekat haluan timur dan barat)
c.Bagaimana sifat deviasi oleh
masing2 itu
jawab
-magnet permanen
sifat deviasi semi sirkular artinya penyimpangan yg mengalami perubahan tanda
(+/-) pada setiap 1800 perubahan haluan
-magnet remanen
sifat deviasi kwadrantal artinya penyimpangan yg berubah tandanya (+/-) pada
tiap perubahan haluan 900
Jelaskan mengapa koefisien A dan
E tidak di timbal, pada kapal niaga umumnya
Jawab
Karena pada kapal
niaga letak besi lunak sudah simetris terhadap letak kopmas sehingga koefisien
A dan E tidak timbul karena nilainya = 0.
a.Jelaskan tentang urutan
pemasangan korektor2 pada proses penimbalan kompas (swinging ship), menurut Hm
yg dikemudikan
jawab
Urutan penempatan
korektor2:
Urutan I :
korektor besi lunak:
a.batang flinders
b.bola-bola
b.bola-bola
Urutan II: magnet2
senget
Urutan III:
magnet2 horisontal:
a.korektor P (membujur)
b.korektor Q (melintang)
b.Mengapa kita harus bertindak
demikian
jawab
karena adanya
interaksi antara korektor2 dan korektor tertentu menghasilkan efek kecil selain
dari fungsi dari masing2 korektor
a.Apakah yg harus diperhatikan
pada pemasangan korektor2 magnet? Berapa jauhnya dari letak kompas dan mengapa
demikian (gambarkan)
jawab
korektor2 magnet
korektor2 magnet
-Type
kapal
-Daya
olah gerak
-Kondisi
cuaca
-Kapal
yg baru
-Kapal
yg memiliki keadaan magnetic yg sudah mapan
o Jauhnya >2x panjangnya sendiri terhadap
susunan pedoman dihitung dari titik pusat ketitik pusat karena
utk menghasilkan medan magnet yg
tetap ditempat pedoman serta
mengurangi induksi didalam korektor besi lunak.
o
Batang finders tdk perlu dipasang bagi kpl yg tidak
banyak berubah dalam posisi lintangnya
ditempat itu dapat dianggap bhw nilai CXtgn I adalah tetap dan penimbalan hanya dilakukan oleh magnet membujur.
b.Untuk kapal manakah pemasangan
batang flinders tidak dipelukan? Apa alasannya
jawab
pemasanan batang
flinders tdk dierlukan untuk kapal yg duduk tegak dan pembagian simetris dari
besi2 kapal terhadap letak pedoman
Alasannya karena
kapal2 tsb tdk perlu mengoreksi besi2 lunak
a.Apakah magnetisme remanen itu
dan bagaimana sifatnya? Apa artinya itu
jawab
magnetisme remanen
adalah suatu magnetisme kapal yg bersifat sementara, artinya sifat
magnetismenya susah timbul, tapi kalau timbul sifat magnetismenya lambat hilang
b.Kapan timbulnya dan bagaimana
ia mnghilang
jawab
-magnetisme
remanen timbul apabila kapal berlayar pad haluan T/B pada waktu yg lama maka
pada lambung kapal (sisi kiri dan kanan kapal) timbul sifat magnet yaitu magnet
remanen atau berlabuh pada satu haluan
yg sama dalam waktu yang lama
-magnetisme
remanen mudah hilang bila diarahkan pada haluan yg lain
c.Apakah magnetism remanen di
dlm besi lunak vertical itu penting, jelaskan secukupnya
jawab
magnetisme remanen
di dalam besi lunak vertical tidak begitu penting karena perubahan dalam
lintang magnetis berlangsung perlahan
a.Dgn alat mana kita menimbal
simpangan senget?
Jawab
Dgn menggunakan Korektor
J yg letaknya tegak di bawah jarum magnet pedoman
b.Apakah penimbalan ini benar
untuk semua lintang? Mengapa demikian? Dari hal mana kita dpt mengetahuinya,
selama berlayar?
Jawab
Penimbalan ini tdk
berlaku untuk semua lintang karena nilai simpangan senget mengandung nilai Tg I
atau Tg lintang tempat penimbalan, Tg I = Intensitas vertical / intensitas
horizontal.
c.Apakah yg harus kita kerjakan
dgn korektor magnet vertikal itu
jawab
yg harus kita
kerjakan dgn korektor magnet vertical adalah dgn cara korektor tsb di gerakan
naik-turun
d.Apakah simpangan
senget itu? Tuliskan rumusnya
jawab
simpangan senget
ad perubahan deviasi yg di sebabkan oleh senget kapal
rumus simpangan
senget: ds – dt = (-) J.s.cos z’
ds:deviasi kapal
senget; dt: deviasi kapal tegak; J:Koefsien senget; s: senget; z’: haluan
e.Apakah koefisien senget itu?
Tuliskan rumusnya
jawab
Koefisien senget
ad suatu koefsien yg nilainya untuk suatu tempat pedoman tertentu tergantung
dari gaya magnetisme kapal
Rumus kofisien
senget: = R1 + k – c tg i
λH λ
f.gaya2 magnetic manakah yg
bekerja disini
jawab
1.Gaya
R
2.Gaya
K.V.
3.Gaya
eV.
g.Bagaimana sifat deviasi yg
ditimbulkannya
jawab
sifat deviasi yg
ditimbulkannya adalah semi sirkuler
Pada haluan2 berapa simpangan
senget itu bernilai maks dan bagaimana buktinya menurut perumusan yg terkait
Jawab
Pada haluan Utara
dan Selatan simpangan senget bernilai maksimum
Rumus untuk
simpangan senget: ɗs - ɗt = (-) J.s.cos z’
a.Pada kompas gyro system
peredam merubah edaran mana menjadi edaran yg bagaimana, dari ujung poros
gasing di ruang angkasa
jawab
pada kompas gyro
peredam merubah edaran elips menjadi edaran yg berbentuk ulir (spiral), dari
ujung poos gasing di ruang angkasa
b.Di titik mana di angkasa ujung
utara poros itu menunjuk setelah ia berhenti mengayun di lintang utara
jawab
di titik di atas
horizon di sebelah kanan derajah
a.Pada
kompas gyro/sperry, bagaimana memperoleh presesi dan presesi sekunder ?.
Jawab:
-
cara memperoleh presesi sekunder yaitu dengan cara menambahkan sistem peredam.
-
cara memperoleh presesi yaitu dgn menggantung gasing2.
b.Secara kontruksi, bagaimana
sperry memperoleh system peredam / (berapa prosen nilai peredam itu) dan apakah
artinya.
Jawab:
- Perbandingan in
adalah lebih kecil daripada 1 dan diyatkan dalam prosen.
Misalnya 1/3 = 331 / 3%.
Artinya :
tiap-tiap ampl yang berikut adalah 1 / 3 X ampl sebelumnya .
Sebutkan berbagai unsure utama
(main element) dari kompas induk
gyro/sprey
jawab
1.Sensitive
element terdiri atas:
-Gasing (rotor)
-Rumah gasing
(rotor case)
-Cincin vertical
(vertical ring) dgn kawat penggatung (suspension)
2.Phantom element
terdri atas:
-Cincin pengikut
(phantom ring)
-piring pedoman
(compass Card)
-Roda gigi azimuth
(azimuth gear)
3.Merury balistik
terdiri atas
-Rangka balans
(ballistic frame)
-Penyadang air
raksa (mercury recervoir)
-pipa2 penghubung
4.Spider element
terdiri atas:
-Rangka dan titik
gantung pada cincin lensa
-Cicin garis layar
(lubber ring) + semi aut.cofr
-Motor azimuth dan
transmitter (12a)
Apakah kerugian dari pemakaian
deviasi yg terlampau besar
Jawab
-Deviasi berubah
cepat; pada perubahan haluan mawar kadang2 menjadi tdk tenang dan kadang2 lamban, sehingga berlayar dalam
perairan sempit menjadi sulit karenanya
-mudah terjadi
kekeliruan apabila jika berlayar di bawah pandu
-deviasi yg besar
mengakibatkan perubahan besar dalam gaya pengarah sehingga pada haluan2
tertentu mawar menjadi terlampau lamban
-jika simpangan
senget besar maka pada waktu kapal oleng mawar akan menjadi tidak tenang
a.pada kompas gyro/sperry
kesalahan2 apakah yg dpt timbul menurut konstruksinya
jawab
- Kesalahan Haluan dan laju
- Kesalahan peredam ( lintang )
- Kesalahan Balistik
- Kesalahan ayunan
b.Bagaimana kita dpt
menghilangkan masing2 kesalahan
jawab
dgn cara memasang
“semi automatic korektor”
1.Hp = 000 ( semantara)
2.Bm
rambu = 060O
Bp rambu
= 070O -
Deviasi = -10O
3.Hm = 000O ( U Magn )
Deviasi
= -10O -
Hp
= -10O
Jadi haluan
kapal diputar 10O kekanan hingga menunjuk 010O, artinya
Hm = 360O ( U magn)
4.Pasanglah korektor Q yg akan memutar mawar
pedoman 10O kekanan utk menghilangkan deviasi, shg : Hp menunjuk 010O
– 10O = 000, maka deviasi =
Nol
1. Hp = 180O ( Sementara)
2. Bm
rambu = 060O
Bp rambu
= 048O –
Deviasi = +12O
3. Hm
= 180O
Deviasi = + 12O -
Hp = 168O
Jadi haluan kpl diputar 12O kekiri
hingga menunjuk 168O: artinya
Hm = 180O ( S
magn)
4. jauhkan korektor Q hingga menjadi ½ x 12O
=6O artinya mawar pedoman
diputar 60O kekiri , sehingga Hp menunjuk 168O +6O
= 174O maka koefisien C =
Nol.
a.Apakah salah kompas (deviasi)
itu dan bagaimana kita dpt menentukan nilainya (tuliskan perumusan yg terkait)
jawab
Deviasi
adl : sudut antara utara magnit dan utara pedoman.
Deviasi = sembir – variasi
Rumus dasar deviasi :
δp + δq = ( P/λ H x sin Z’) + (Q/λ H x cos Z’)
b.Tergantung dari apakah nilai
salah kompas itu
jawab
Besarnya nilai deviasi
tergantung dari :
-Haluan
yg dikemudikan.
-tergantung
dr kedudukan kapal (lintang magnet)
c.Dalam hal manakah salah kompas
itu dpt mengalami perubahana yg cukup besar
jawab
kandas,
tubrukan, sambaran petir, jenis muatan, benda besi yg tertinggal dekat kompas,
kapal miring
a.Pada lazimnya haluan
pembangunan manakah yg paling baik dan mengapa demikian
jawab
-pada haluan
pembangnan utara karena di bagian haluan/bawah kutub utara dan di bagian
buritan/atas kub selatan. Bidang neral berjalan dari haluan/atas ke
britan/bawah
-pada haluan
pembangunn selatan karena dibagian buritan/bawah kutub utara dan dibagian
haluan/atas kutub selatan. Bidang netral berjalan dr buritan /atas ke
haluan/bawah
b.Seusai kapal di bangun di
galangan serta diluncurkan ke laut dan menyelesaikan bangunan atas kapal
diharapkan kehaluan yg sebaliknya apakah alasannya
jawab
karena untuk
sebanyak mungkin melenyapkan magnetism permanen
c.Jelaskan gaya2 induksi yg
menyebabkan kesalahan kompas magnet setelah kapal turun dok/galangan kapal
Jawab
1.gaya P, Q, cV untuk
arah membujur
2.gaya dX, ey, fV
untuk arah melintang
3.gaya gX, by, kV
untuk arah vertikal
c.pada haluan2 manakah
deviasi = 0 dan deviasi = maks
Jawab
Deviasi = 0 pada
haluan 4 surat induk
Deviasi = maks
pada haluan 4 surat antar induk
a.Pada kompas gyro dikenal
istila2 sbb:
-Tilting & drift
-Presesi dan presesi sekunder
-inertia
Apakah artinya masing2
Jawab
-
Inertia : Adalah hukum
kelembaban menumjukkan yg tetap di ruang angkasa.
-Precession
: Adalah apabila poros
sebuah gasing yg berputar sangat cepat bekerja suatu kopel maka poros itu
tidaklah bergerak kearah kopel, tetapi kesuatu arah yg tegak lurus terhadapnya.
-Tilling
: Adalah senget keatas
atau kebawah dalam bidang vertical.
-Drifting
: Adalah perubahan dlm
bidang datar /azimut
b.Oleh pengaruh gaya ini
akhirnya ke arah manakah ujung poros gasing akan menunjuk jika gyroscope di
pasang di lintang utara (penjelassan dgn gambar)
jawab
di titik di atas
horizon di sebelah kanan derajah
a.Jenis magnetism (kapal)
manakah yg tidak dpt di timbal? Apa alasannya
jawab
magnetism remanen.
Karena magntisme remanen bersifat susah untuk bersifat magnet dan mudah hilang
sifat magnetnya
b.Magnetisme kapal manakah yg
memberikan deviasi yg semi sirkular dan yg mana yg kuadrantal. Apakah arti
ungkapan2 tsb
jawab
-magnetisme
permanen menimbulkan penyimpangan yg semi sirkular artinya penyimpangan yg
mengalami perubahan tanda (+/-) pada setiap 1800 perubahan haluan.
-magnetisme
transien menimbulkan penyimpangan yg kwadrantal artinya penyimpangan yg berubah
tandanya (+/-) pada tiap perubahan haluan 900
Pada waktu berlayar
menyebrang samudera (haluan T/B) setelah mengadakan perubahan haluan kearah U/S
apakah pada haluan baru itu, nilai deviasinya dapat dipercaya? Apa alasannya
(penjelasan dgn gambar secukupnya)
Jawab
-Deviasi
hrs selalu diperiksa kembali selama dlm pelayaran terutama setelah merubah
haluan krn pd saat berlayar dg haluan yg
tetap & waktu lebih dr 12 jam akan timbul induksi terhdp magnetisme remanen
(sementara) yg akan menyebabkan perubahan nilai deviasi pedoman dikpl hal ini
biasa disebut Retentive error.
a.Sebutkan ketiga unsure
magnetism bumi? Dimanakah kita dpt mencari nilainya masing2
jawab
1.Variasi
2.inklinasi
3.Intensitas
hoisontal
b.Disebut apa garis2 lengkung
yg terlukis di dlmnya? (untuk masing2 unsur)
jawab
1.isoklin: garis
melalui tempat2 yg sama inklinasinya
2.khatulstia
magnetis: garis melaui tempat2 yg inklinasinya sama dgn nol
3.Isodinac; garis
melalui tempat2 yg sama intensitas horisontalnya.
a.Jika telah dketahui ke 8
deviasi dlm satu kali putaran kapal (swinging ship) bagaimana kita dpt
menetukan nilai koefisien deviasinya (koefisien A, B, C, D, E)
Jawab
Koefisien Deviasi A : diperoleh
dari rata-rata secara aljabar dari deviasi2 pada 4 surat induk
Koefisien deviasi B : dengan
menjumlahkan deviasi pada haluan T dan kebalikan dev pada haluan B dan hasilnya
di bagi dua.
Koefisien deviasi C : dengan menjumlahkan dev.
Pada haluan U dan kebalikan dev. Pada haluan S dan hasilnya di bagi dua
Koefisien deviasi D : Dengan menjumlahkan dev.
Pada haluan TL dan BD dan selanjutnya dev pada haluan M dan BL, serta selisih
kedua bil tersebut di bagi empat.
Koefisien deviasi E : Dengan menjumlahkan dev.
Pada haluan U dan S dan selanjutnya dev. Pd haluan T dan B, serta selisih kedua
bil tsb di bagi empat.
b. Tuliskan perumusan yang terkait.
Jawab:
A˚ = (δU + δS) + (δT + δB)
4
B˚
= δT - δB
2
C˚
= δU - δS
2
D˚
= (δTL δBD) –(δM
+δBL)
4
E˚ = (δU + δS)
– (δT + δB)
Faktor-faktor apa sajakah
yang dapat mempengaruhi sifat “Peka” pada piringan pedoman?
Jawab:
-
Moment magnetis (harus besar)
-
Berat piringan (harus ringan)
-
Intensitas horizontal (harus besar)
-
Ujung jarum semat (harus tajam)
b.Bagaimanakah syarat-syarat
ketel pedoman yang baik itu
Jawab:
1.
Ringan,bagian bawah singkup piringan harus licin tidak memiliki kesalahan
kolimasi
2.Pembagian
derajatnya harus jelas dan teratur
3.Berayunnya
piringan pedoman harus seimbang dengan ketel pedoman
4.Piringan pedoman
haarus tenang
5.Piringan pedoman
harus peka
6.Waktu ayun
piringan pedoman harus cukup besar minimum harus 14 derajat agar tidak terjadi
sincronisasi dengan olengan kapal.
a.Setelah system peredam
(dumping system) itu bekerja keempat factor (gaya) manakah yg menentukan edaran
ujung utara poros gasing di angkasa
jawab
1.tilting
2.drift
3.presesi
4.presesi sekunder
b.Sebutkan penyebab dari
masing2 gerakan gaya tsb
jawab
pada sembarang
lintang (antara khatulistiwa dan kutub) besar dan arah keempat factor
menyebabkan sebuah edaran yg berbentuk ulir (spiral) ialah edaran yg ditempuh
oleh perpanjangan ujung utara ataupun didekatnya.
pada kapal yg mengangkut muatan
besi2 pipa (steel construction) di atas deck sering terjadi deviasi pedoman
magnet yg tdk sesuai dgn daftar deviasi? Jelaskan mengapa demikian.
Jawab
Karena terjadinya
tambahan besi2 yaitu besi keras dan lunak sehingga pada saat itu nilai
koefisien tdk cocok dgn daftar deviasi
pada waktu menimbal pedoman
jelaskan tentang:
a.Koefisien mana yg tdk ditimbal
di kapal niaga
jawab
Koefisien A dan E
Karena koefisien A
dan E pada kapal niaga mempnyai nilai yang sangat kecil(=0) hal ini disebabkan
pada kapal niaga terletak besi lunak sudah simetris terhadap letak kompas.
b.Penempatan (letak) magnet2
penimbal
jawab
-korektor P
diletakan membujur untuk mnimbal uraian horizontal membujur dari magnetism
kapal yg pemanen
-korektor Q
diletakan melintang untuk menimbal uraian horizontal melintang dari magnetism
kapal yg permanen
c.Jauh paling sedikit dari
kompas
jawab
jarak magnet
sampai prtenghan mawar pling sedikit harus lebih dari 40cm (2 kai panjang
korektor
a.Memperhatikan bentuk Rumus
Deviasi umum, komponen manakah yang memberikan deviasi yang berubah dan yang
tidak berubah, menurut tempatnya dibumi / lintang magnetik ?
Jawab:
Koofisien
B, C, D memberikan yg berubah. Koofisien A & E memberikan deviasi yg tdk
berubah.
b.Menagapa Koef. Dev. A dan E tidak ditimbal ?
Jawab:
Karena
koefisien A dan E pada kapal mempunyai nilai deviasi yang sangat kecil (= 0 ),
hal ini disebabkan pada kapal tersebut terlrtak besi lunak yang sudah simetris
terhadap letak kompas
a.sebutkan ketiga jenis
magnetisme kapal sehubungan adanya ketiga jenis besi kapal
jawab
1.magnetime
permanen
2.magnetisme
transien
3.magnetisme
remanen
b.bagaimmana sifat magnetisme
masing2 itu? Dan apa artinya
jawab
1.magnetime
permanen
Magnetism yg
bersifat tetap (tidak hilang)
2.magnetisme
transien
Magnetism yg
bersifat sekilas artinya cepat datang cepat hilang
3.magnetisme
remanen
Magnetism yg
bersifat sementara artinya lambat datng lambat hilang
a.apakah koefisien A itu
jawab
koefisien A: simpangan yg tetap (constant) artinya untuk semua haluan deviasinya tetap sama
b.apakah A berubah menurut lintanng
koefisien A: simpangan yg tetap (constant) artinya untuk semua haluan deviasinya tetap sama
b.apakah A berubah menurut lintanng
jawab:
Rumus: A=d – b
2λ
A tidak terikat dgn z’(haluan) dan tidak tergantung dari lintang sebab
-N dan I tidak terdapat dalam rumus A.
- A merupakan kesalahan tetap.
- A timbul karena adanya magnetism transien didalam besi lunak horizontal yg non simetris.
2λ
A tidak terikat dgn z’(haluan) dan tidak tergantung dari lintang sebab
-N dan I tidak terdapat dalam rumus A.
- A merupakan kesalahan tetap.
- A timbul karena adanya magnetism transien didalam besi lunak horizontal yg non simetris.
c.Oleh sebab mana A dapat
menimbulkan deviasi
Jawab
A dpt menimbulkan
deviasi karena adanya kesalahan instrument (non magnetis) seperti:
-Garis U-S pembagian mawar pedoman tidak sejajar dgn sumbu magnetisme dari mawar pedoman
-letak garis layar tidak sejajar dgn garis lunas
-Garis U-S pembagian mawar pedoman tidak sejajar dgn sumbu magnetisme dari mawar pedoman
-letak garis layar tidak sejajar dgn garis lunas
-mawar pedoman
memiliki kesalahan kolimasi
-Jika pelorus yang dipakai untuk menentukan deviasi garis U/Smawarnya tidak sejajar dengan garis lunas kapal.
-Jika pelorus yang dipakai untuk menentukan deviasi garis U/Smawarnya tidak sejajar dengan garis lunas kapal.
-Jika kapal dalam swinging/ berputar
terlalu cepat untuk menentukan deviasi (daftar deviasi).
d.Gaya magnetic manakah yg dilambangkan oleh koefisien A dan koefisien E
d.Gaya magnetic manakah yg dilambangkan oleh koefisien A dan koefisien E
Jawab
Koefisien A dan E
melambangkan gaya magnetic b dan d
A=d – b
2λ
2λ
E=d + b
2λ
2λ
a.kesuai penimbalan kompas
kegiatan apakah akhirnya yg kita lakukan
jawab
Adalah lingkaran
putar penuh (completed swing) untuk menentukan deviasi.
b.Kesalahan apa yg dpt timbul
dlm pelaksanaan itu? Bagaimana kita dpt mencegahnya
jawab
-kesalahan yg
timbul dalam hal ini adalah “GAUSSIN ERROR”
-G E dapat dicegah dgn cara : pada saat
membaringkapal harus berhenti (steady)sehingga G.E tdk akan timbul
Pada kompas gyro apakah yg
dimaksud dgn ungkapan:
-Free Gyroscope
Jawab
Gyro yg artinya
berputar dan scope yg artinya melihat jadi maksud dgn pesawat semacam itu kita
melihat perputaran bumi. Pesawat ini dari sebuah benda yg berputar bebas
sekeliling 8 buah arah yg berdiri tegak lurus satu sama lainnya arah itu saling
memotong titik benda tsb
-Gyroscope inertia
Jawab
Poros dari suatu
gasing yg berputar sangat cepat yg terpasang bebas dalam 3 bidang akan
menunjukan dgn sebuah ujungnya ke suatu titik di angkasa
-Precession
Jawab
Apabila pada poros
sebuah gassing yg berputar sangat cepat bekerja suatu kopel maka poros itu
tidaklah begerak kea rah kopel tetapi kesuatu arah yg berdiri tegak lurus
terhadapnya
Pada waktu cuaca buruk kapal
sedang berlayar di laut, tindakan berjaga2 apa yg perlu dilakukan sehubungan
dgn:
a.Kemudi otomatis kapal
(Automatic Device)
jawab
Pd
cuaca buruk, haluan kpl cenderung diombang–ambingkan oleh ombak, shg frekwensi
perubahan haluan ckp cpt / sering. Hal ini akan mengakibatkan komponen pd
jembatan Wheatstone ( kumparan ) menjadi panas yg dpt menimbulkan kerusakan pd
kumparan ( terbakar )
b.Penunjukan arah pada kompas
magnet dan kompas gyro
jawab
Kpl hrs terlebih dahulu mempertahankan
haluan yg dikehendaki ( steady ), - Tentukan haluan yg dikehendaki tsb dlm
sistem auto, - Maka setelah sesuai, pindahkan switch dr Follow Up ( manual ) ke
system auto.
a.Pada haluan mana timbulnya magnetism remanen yg paling kuat?
Apakah yg ditimbulkan oleh megnetisme ini dan bagaimana sifatnya
jawab
pada haluan di
arahkan ke Timur atau Barat dalam waktu yg lama, maka akan timbul magnetism
remanen yg paling kuat pada lambung kiri dan kanan kapal. Sifat dari magnetisme
remanen adalah susah menjadi magnet dan mudah hilang sifat magnet
b.Pada perubahan haluan manakah:
-Magnetisme ini tdk menimbulkan
deviasi
-Magnetisme ini menimbulkaan
deviasi maks
Jawab
-Magnetisme
remanen tdk menimbulkan deviasi pada perubahan haluan yg berbeda 1800
dari mana magneisme remanen timbul
-Magnetisme
remanen menimbulkan deviasi maks pada perubahan haluan yg berbeda 900
dari haluan semula
a.Apakah syarat utk sebuah
piringan pedoman yg baik
jawab
Syarat-syarat piringan
pedoman yang baik:
1.Harus ringan,
sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin.
2.Tidak memiliki
kesalahan kolimasi
3.Pembagian
derajat harus jelas sehingga mudah dibaca dan dibuat secara teratur
4.Besarnya
piringan pedoman harus seimbang dengan besarnya ketel pedoman
5Piringan pedoman
harus tenang
6.Piringan pedoman
harus peka
7.Waktu ayun
piringan pedoman harus cukup besar yaitu minimum 14 detik agar tidak terjadi
sinkronisasi dengan olengan kapal
a.Apakah yg dimaksud dgn
kesalahan garis layar pada pedoman magnet
jawab
garis layar pada
pedoman magnet yg tidak sejajar dgn bidang lunas linggi kapal
b.Bagaimana cara memeriksa garis
layar pada sebuah ketel pedoman
jawab
-Apabila di kapal
ada lampu jalan dan di kapal pasti ada tiang bendera haluan maka keduanya kita
baring dimana bila baringan lampu jalan dan tiang bendera bersatu dgn garis
layar maka garis layar benar dan jika sebaliknya maka garis layar salah. Dan
cara mengoreksinya garis layar di geser sampai tiang bendera dan lampu jalan
sampai menjadi satu dgn garis layar
-Apabila di kapal
tdk ada tiang lampu didepan maka di pasang ongkat/bamboo pada kiri/kanan
lambung kapal sehingga jarak A dari tiang bendera sama dgn jarak B dari tiang
bendera kemudian baring sudut A dgn tiang bendera misalkan = ᾳ dan baring sudut antara B dgn tiang
bendera misalkan = ϐ.
Apabila ᾳ = ϐ. Maka garis layar benar, jika ᾳ ≠
ϐ. Maka garis layar salah. Dan cara
mengoreksinya geser garis layar sehingga
ᾳ = ϐ.
pedoman gyro sangat peka
terhadap fluktuasi tegangan listrik kapal.
a.jelaskan mengapa?
Jawab:
Karena flukuasi
tegangan listrik dapat menimbulkan magnet
b.Bagaimana cara anda
mengatasinya
jawab
-kapal sandar di
dermaga pelabuhan:
Semua peralatan
kmudi dalaam posisi off
-kapal sedang
berlayar di laut:
*Cek posisi kapal
*Robah kemudi dari
otomat ke manual
*Gunakan pedoman
magnet
*Koreksi variasi
dan deviasi
a.bagaimana sifat deviasi yg
ditimbulkan oleh batang besi lunak –c dari magnetism transien
jawab
sifat deviasi
adalah semi-sirkuer artinya deviasi berubah tandanya (+/-) pada setiap 1800
Dalam jenis manakah kita bagi
manetisme kapal yg dibangkitkan oleh manetisme bumi
Jawab
1. Magnetisme Permanen
induksi pd : besi keras, sifat : tetap (tdk
hilang), hasil gaya : gaya tidak berubah, cara penimbalan : oleh korektor P,Q
dan R.
2. Magnetisme Transien
induksi pd : besi lunak, sifat : sekilas
(cepat datang, cepat hilang), hasil gaya : gaya berubah menurut haluan, cara
penimbalan : oleh batang flinders.
3. Magnetisme Renamen
induksi pd : besi ½ keras, sifat sementara
(lambat datang, lambat hilang), hasil gaya : setelah perubahan haluan, cara
penimbalan : tidak dapat di timbal.
Dalam tiga kompnen manakah
kekuatan medan dari magneisme kapal yg permanen itu dpt di bagi (penjelasan dgn
gambar)
Jawab
-Gaya
P + (membujur) = arah ke kanan
-Gaya
Q + (melintang) = arah ke lambung kanan
-Gaya
R + (vertical) = arah ke bawah lunas
Komponen manakah memberikan
deviasi yg berubah menurut lintangya, dan mana yg tidak berubah menurut
perpindahan bumi? Dari hal manakah kita dpt mengetahuinya
Jawab
-C, B deviasi yg
berubah menurut lintangnya karena C dan B tergantung pada tg inclinasi (tg i)
-A, D, E tidak
beubah menurt perpindahan bumi karena A, D, E tergantung pada nilai inklinasi
a.Gaya magnetic kapal manakah yg
ditimbal oleh batang flinders
jawab
gaya magnetic
kapal cV yg di timbal oleh batang flinders
b.Berapa tinggi ujung atasnya
menjulang terhadap bidang jarum kompas dan mengapa demikian
jawab
tinggi ujung
atasnya terhadap bidang jarum kompas ad 1/12 x panjangnya untuk panjang batang
12”
karena untuk
mempeoleh koreksi yg mkasimum.
a.Apa sebabnya pengaruh magnetism
remanen tdk dpt di timbal
Jawab
Karena megnetisme
remanen bersifat sementara artinya susah untuk menjadi magnet dan mudah hilang
dari sifat magnetismenya
b.Apakah konsekuensi logis dari
gejala ini, sehubungan dgn marine safety
Jawab
Setiap jaga laut
harus selalu menntukan nilai deviasi
Sebutkan syarat2 yg harus
dipenuhi suatu penataan kemudi darurat (Emergency Steering Gear) sesuai
ketentuan knvensi international SOLAS 74
Jawab:
-Bahwa penataan
tsb hrs dpt digunakan dlm keadaan darurat maupun tdk darurat bagi kapal yg
bernavigasi dgn kecepatan dan sarat penuh di samudera
-Bahwa penataan
tsb dpt memindahkan kemudi dari 150 kiri ke 150 kanan dlm
waktu tdk lebih dr 60 detik. Dlm keadaan berlayar yg mempunyai sarat terbesar
maju dgn kecepatan setengah, kecepatan maksimal atau 7 knot kalau itu kecepatan
yg besar
-Penataan tsb hrs
dilengkapai dgn kekuatan agar persyaratan di atas dpt di penuhi dan apabila
pemerintah menetapkan persyaratan menggunakan tongkat kemudi besarnya 230mm
sehingga pasak dpt masuk. Pebedaannya pada kemudi induk dari 350
kiri ke 350 kanan dlm waktu 120 detik
a.Jelaskan secara singkat prinsip/teori yg dikembangkan dlm sistim
kemudi kapal secara otomatis (Auto Pilot)
jawab
1)
Penyimpangan
dari haluan yg telah ditentukan memberikan akibat bahwa melalui suatu mekanisme
tertentu mesin kemudi akan bekerja. Mesin kemudi memberikan beberapa derajat
balasan kemudi sehingga kapal kembali ke haluan yg telah disetel.
2)
Melalui apa yg disebut sistim timbal balik putaran kemudi dibalik
kembali sehingga jika haluan yg disetel telah tercapai kembali maka kesemuanya
berada dlm kedudukan tengah2(kedudukan netral).
b.Mengapa pada laut yg berombak
tidak di perkenangkan menggunakan kemudi otomat
jawab
Karena akan merusak sistim auto pilot dari kemudi itu sendiri
disebabkan tekanan ombak yang besar sehingga kapal akan merewang kekanan dan
kekiri melebihi batas set up heading yang sudah ditentukan.
Apakah kerugian dari pemakaian
deviasi yg terlampau besar
Jawab
1.deviasi berubah
cepat, pada perubahan haluan mawar kadang2 menjadi tidak tenang dan kadang2
lamban sehingga berlayar dlm perairan sempit menjadi sulit karenanya
2.mudah terjadi
kekeliruan, apabila juka berlayar di bawah pandu
3.deviasi yg besar
mengakbatkan perubahan besar dlm gaya pengarah sehingga pada haluan tertentu
mawar menjadi terlampau lamban
4.jika simpangan senget besar maka pada waktu kapal oleng mawar akan
menjadi tidak tenang.
Selama pelayaran, deviasi harus selalu diperiksa kembali. Apa
alasannya ?. Pengaruh gaya magnetisme mana yang bekerja disini ( penjelasan
secukupnya dengan gambar )
Jawab
Alasannya karena : dalam besi-besi kapal terdapat magnetik permanen,
remanen dan transient. Pada magnetik remanen mempunyai sifat lambat datang
lambat hilang, maka setiap perubahan halauan harus diperiksa kembali.
Gambar :
Dalam pembuatan daftar deviasi oleh azimut / baringan sejati Q, dipilih
saat-saat dekat Q terbit / terbenam. Apa alasannya ( jelaskan secukupnya dengan gambar)
Jawab :
Alasannya karena : pada saat dekat terbit/terbenam, posisi berada pada cakrawala/arah horisontal
sehingga lebih mudah untuk dibaring untuk mendapatkan baringan pedoman,
sehingga untuk mendapatkan nilai deviasi adalah dengan cara :
BS - BP = ST
ST – Variasi di peta = deviasi
Gambar:
Jadi untuk mendaptkan nilai deviasi :
BS =
.............
BP =
............. -
ST =
.............
Var =
............. -
Dev =
.............
Dari sudut pandang teori bagaimana letak batang-batang magnet
penimbal terhadap letak kompas dikapal? BDaerapa jauhnya ( paling efektif) dari
/ letak kompas? ( penjelasan dengan gambar)
Jawab:
jauhnya hrs berada tdk lebih dekat dari 2kali
panjangnya sendiri terhadap susunan pedoman dihitung dr titik pusat ketitik
pusat krn utk menghasilkan medan magnet yg mantap ditempat pedoman serta
mengurangi induksi didalam korektor besi lunak
a.Apakah yang menyebabkan timbulnya salah kompas ( deviasi)
diatas kapal ?
jawab :
Besi kapal yang diinduksi (prabawa) oleh
magnet bumi.
|
b.Kapan nilai deviasi itu dapat
mengalami perubahan yang cukup besar / signifikan ( 5 jawaban)
jawab
1.kandas
2.tubrukan 3.sambaran petir
4.jenis muatan
5.Benda besi yg tertinggal dekat kompas
6.Kapal miring
a.Bagaimana dan kapan kapal itu memperoleh medan magnetik
yang remanen ( retained magnetion)
Jawab:
Hal ini
timbul lambat laun apabila kpl dlm pelayaran /dipelabuhan mengarah pd 1 haluan
yg sama & juga lambat laun juga hilang apabila kpl mengarah kehaluan yg
lain artinya : lambat datang & lambat hilang/antara 2-3 hari & tdk dpt
ditimbal krn tdk diketahui kapan timbulnya & tdk ketahui berapa kekuatannya
b.Bagaimana dan kapan kapal itu
memperoleh medan magnetik yang permanen ( permanent magnet)
Jawab :
Kpl mulai mendapat medan magnet yg
permanent pd saat pembangunan diatas galangan kpl karena:
-haluan pembangunan
-letak geografis galangan
-getaran2 vebriasi selama pambangunan
-lamanya waktu kpl mengemudikan haluan yg
sama.
-anggukan & getaran kpl
-lintang tempat kpl
c.Bagaimana sifat deviasi oleh
masing-masing itu ?
Jawab:
-permanent sifatnya tetap tdk hilang
-remanen sifatnya lambat dating lambat hilang
a.Sebutkan ketiga metoda guna menentukan nilai deviasi
dikapal, oleh observasi benda bumiawi.
Jawab:
– Baringan 2 benda menjadi satu (in Transit)
- Baringan
benda jauh.
- Baringan
timbal-balik
b.Metode mana yang hasil deviasinya tidak tergantung dari
nilai variasi ( penjelasan dengan gambar / contoh observasi)
Jawab:
Metode baringan timbal
balik
a.Gaya-gaya magnetik manakah yang
akan timbul, jika kapal bersenget / miring ? apa sebab utamanya.
Jawab:
1.Gaya R
2.Gaya K.V.
3.Gaya eV
b.Bagaimana sifat deviasi pada
kondisi demikian? Gambarkan kurva deviasinya sebagai hasil dari pengamatan
deviasi pada keempat haluan surat induk.
Jawab:
Sifat
SEMI SIRKULER
Gaya
melintang mendatar(-) R sin S
Gaya
melintang mendatar (-) KV sin s
S
< 200 à cos s
(-)kv
sin s
Gaya
melintang mendatar E V sin s
Ev sin s x cos s
a.Sebutkan perubahan yang dapat dialami oleh nilai variasi dibumi ( 4
jawaban)
Jawab:
1.kesalahan
isogon
Garis yg menghubungkan tempat2 yg nilai variasinya sama
2.Isoklin
garis yg menghubungkan tempat2 inklinasinya sama
3.Incresing dan
descreasing
Yg terdapat pd peta sesuai thn peta tsb
4.Isodinam
garis yg menghubungkan tempat2 yg intesitas horizontalnya sama
b.Jenis perubahan mana yang
terpenting bagi para navigator? Apa alasannya.
Jawab:
Incresing dan descresing
Karena pada tiap tahun
selalu ada pergeseran lempengan bumi sehingga terjadi perubahan variasi baik ke
ke Timur dan ke Barat
a.Seusai penimbalan kompas, kegiatan
apa akhirnya yang kita kerjakan.
Jawab:
Kegiatan
yang dilakukan usai penimbalan :
-Membuat
lingkaran putar untuk membuat daftar
deviasi.
-Catat
kedudukan semua korektor di dalam jurnal pedoman
b.Kesalahan apakah yang dapat timbul
disini ?. Bagaimana kita dapat mencegah timbulknya kesalahan demikian
Jawab:
Gaussir Error
cara
menghilangkan kesalahan gausin error :
-Sebelum kapal berputar atau swinging harus diam dulu
beberapa menit, kemudian baru berputar
dan langsung
membaring
-Membuat putaran kebalikan dari putaran pertama, hasil
dari deviasi 1 dan 2 kemudian dibagi
a.Jelaskan
tentang gangguan yang bersifat “sekular” (jangka panjang) terhadap variasi.
Jawab:
Yaitu :
gangguan yang secara teratur pada waktu-waktu tertentu tiba kembali.
b.Hal
ini dikenal pula dengan ungkapan mana!
Jawab:
gangguan sekuler
c.Apakah
penyebab dari gejala ini?
Jawab:
Disebabkan oleh magnetisme
permanen, karena menimbulkan penyimpangan yang bersifat semi sirkular. Titik 0
terdapat pad ahaluan pembangunan dan hal yang berbeda 1800, nilai
maksimal terdapat pada hal berbeda 900 dengan hal tersebut.
Penyimpangan semi sirkular = penyimpangan yang mengalamin perubahan tanda +/-
pada setiap 1800 perubahan haluan.
a.Apakah daftar deviasi yang telah dibuat di lokasi tertentu
berlaku juga untuk tempat lain? Jelaskan secukupnya!
Jawab:
Tidak. Karena sesuai dengan rms H = T x cos i,
maka daftar deviasi disuatu tempat tidak berlaku ditempat lain karena
tergantung letak kapal tsb
Perbedaan nilai deviasi yang mungkin terjadi
akibat adanya pengaruh magn kapal yang remanen (sementara) yang timbul
lambat-laun dan tergantung dari: haluan yg dikemudikan dan Lintang magnetis
termasut jenis besi kapal
b.Pengaruh
apakah yang bekerja di sini? ( penjelasan dengan gambar )
Jawab:
Pengaruh
magnetisme Remanen sementara
Tuliskan bentuk akhir dari rumusan tersebut, untuk kapal yang duduk tegak dan besi lunak / simetris.
Jawab:
X’ = X + P + aX + cV
Y’ = Y + Q + eY
a.Gaya-gaya
magnetik manakah yang dilambangkan oleh koefisien B ?
Jawab
Gaya2 Horisontal membujur P dan c.V.
b.Apakah
B itu berubah menurut lintangnya? Mengapa demikian?
Jawab:
Ya berubah,
karena Koefisien B tergantung dari H dan i
c.Jawablah
pertanyaan yang sama untuk koefisien D
Jawab:
Gaya2 (+)a dan (+)c
Koefisien D
berubah menurut perubahan lintangnya, karena tidak tergantung dari H dan i
a.Apakah
penimbalan kompas, kegiatan apakah akhirnya kita lakukan?
Jawab:
Artinya: Mengurangi gaya induksi magnit
bumi pada besi kapal.
Tujuan
akhir penimbalan adalah :
1. membuat deviasi sekecil mungkin
2.perubahan
deviasi pada perubahan perubahan haluan agar terjadi secara berangsur-angsur
3.sebanyak mungkin memperkuat gaya pengarah dan disamakan pada semua haluan
b.Kesalahan apakah yang dapat ditimbal karenanya?
Jawab:
3.sebanyak mungkin memperkuat gaya pengarah dan disamakan pada semua haluan
b.Kesalahan apakah yang dapat ditimbal karenanya?
Jawab:
Kesalahan yang dapat timbul adalah -
Gaussir Error
c.Bagaimana
kita dapat mencegah kesalahan itu ?
Jawab:
cara menghilangkan kesalahan gausin error :
1.Pada saat membaring kapal harus dlm keadaan diam /
berhenti
2. Membuat
putaran kebalikan dari putaran pertama, hasil dari deviasi 1 dan 2 kemudian dibagi 2.
Gyroscope
(bebas) di lintang 35° Utara dengan poros gasingnya duduk horisontal, menunjuk
kearah U/SKearah mana ( titik X ) porosnya akan menunjuk setelah 12 jam
kemudian? (penjelasan dengan lukisan bola langit).
Jawab:
Berhenti di titik Utara sebelah kanan
horison
a.Bagaimana
sifat deviasi pada kapal yang senget ?
Jawab:
Sifat deviasi
adalah semi sirculer
Apabila kpl dengan senget yg tetap diputar
360° serta komponen tegak medan magnetis permanen mengarah ke lunas, maka
deviasi yg disebabkan olehnya akan terlukis sebagai berikut:
Pd
kpl senget kutub biru berpindah kesisi lambung yg tinggi.
a.Terangkan
apa yang dimaksud dengan rumus berikut ini (Hukum Coloumb) K
= (m1 x m2)
/ R²
Jawab:
Jawab:
Besarnya
kekuatan gaya tarik tolak antara dua buah magnit batang yang berbeda,
berbanding lurus dengan hasil kali kekuatan magnit kedua kutub yang
bersangkutan dan berbanding terbalik dengan jarak antara kutub-kutub pangkat
dua (Hukum Coulomb)
b.Bagaimanakah syarat-syarat
piringan pedoman yang baik ?
Jawab:
1.mawar
pedoman harus tetap bundar dengan pembagian tanpa kesalahan
2.sumbu
magnetic dari mawar harus sejajar pada garis U-S dari pembagian mawar, jika
tidak ini berarti mawar mempunyai kesalahan kolimasi
3.Mawar
harus selalu mengayun kembali pada kedudukan semula
4.Mawar
harus tenang artinya ia harus tidak cepat-cepat menyimpang dari kedudukan
seimbang
5.mawar
harus menggantung tepat mendatar disemua tempat ia berada
6.harus
ringan, sungkup piringan pedoman bagian bawahnya harus licin
c.Bagaimanakah cara memeriksa kepekaan piringan pedoman magnet ?
Jawab:
Cara
memeriksa kepekaan piringan pedoman adalah sebagai berikut :
1.Putar piringan pedoman ke kanan atau ke
kiri ± 3o dari kedudukan seimbang/ tenang semula.
2.Lepaskan dan kemudian baca penyimpangan
sudut pada sisi lainnya.
3.ulangi pekerjaan yang sama pada posisi
lainnya.
4.Bila hasil penyimpangan pada kedua sisi
sama atau selisih ½ o saja, berarti piringan pedoman cukup peka.
a.Apakah yang dimaksud dengan
magnetisme transient itu ? bagaimana sifatnya dan pengaruhnya serta bagaimana
cara penimbalannya ?
Jawab:
Magnetisme
transient adalah magnetisme yang diinduksikan di dalam besi lunak
Sifatnya : sekilas
(cepat datang cepat hilang).
Pengaruhnya : Gaya berubah menurut halauan
kapal.
Cara penimbalannya : Batang flinders dan
bola-bola (korektor D).
b.Dalam hal manakah “Full
Compensation” harus dilakukan ?
Jawab:
-Pada saat kapal selesai dibangun (kapal
baru) turun dari galangan / setelah melakukan dock besar (special survey).
- Bila bangunan kapal bagian atas mengalami
perubahan yang cukup besar, misalnya : perubahan konstruksi batang pemuat,
adanya pemasangan generator darurat di atas deck, merubah kapal misalnya dari
jenis Roro ke jenis Feeder (container).
-Bila setelah sekian lama kapal tidak
beroperasi.
-Setelah kapal mengalami kebakaran cukup
besar.
c.Apakah yang dimaksud dengan
“Gaussin Error” dan bagaimana cara menghilangkannya (menetralisir)?
Jawab:
“Gausine Error” adalah perubahan nilai
deviasi yang terjadi dikarenakan pada saat kapal merubah halauan. Hal ini
terjadi karena pada saat kapal merubah halauan terjadi pusaran arus medan
magnet disekitar pedoman sehingga mempengaruhi magnetisme transient disekitarnya.
Cara menetralisir : dengan cara penimbalan
ulang yaitu dengan batang flinders dan bola-bola (korektor D).
a.Pada pedoman – pedoman modern
umumnya menggunakan sistim pengendalian ‘Bottom heavy
control’. Apa kelebihan sistim ini
dibanding dengan sistim ‘top-heavy-control’ ?
Jawab:
-Tidak terjadi kesalahan lintang
-Hanya ada koreksi kecepatan dan halauan
b.Kesalahan-kesalahan apa
sajakah yang mungkin terjadi pada pedoman gasing ?
Jawab:
-Kesalahan
halauan dan kecepatan
-Kesalahan
peredaman / kesalahan lintang
-Kesalahan
balistik
-Kesalahan
ayunan
-Kesalahan
konstan
c.Bagaimana persyaratan
tentang Gyro-Compass bagi kapal-kapal menurut SOLAS 1974 ?
Jawab:
“Bahwa
kapal yang mempunyai GRT 1600 GT dan berlayar dengan route international, disamping
dilengkapi dengan pedoman magnet harus juga dilengkapi dengan pedoman/Gyro
Composs.
a.Apakah kegunaan kompas di kapal.
Jawab:
Untuk
menentukan arah haluan dari pada kapal saat melaksanakan pelayaran.
b.Sebutkan jenis-jenis
kompas yang dikenal dan sebutkan
pula jenis-jenis pedoman
magnit yang dikenal di kapal.
Jawab:
Jenis-jenis
kompas di atas kapal:
a.Kompas
magnit kering
b.Kompas
magnit basah
Jenis-jenis
pedoman magnit diatas kapal:
a.Pedoman
Sperry
b.Pedoman
Brown
c.Pedoman
Anschutz
haluan
agar terjadi secara berangsur2
-
sebanyak mungkin meemperkuat gaya pengarah dan disamakan pada semua haluan,
-
mawar haluan-haluan tertentu mawar menjadi sangat lambat simpangan senget
besar,maka jika pada waktu kapal oleng
,mawar akan menjadi tidak tenang
-
kalibrasi kurang teliti
a.Sistem apakah yang dipakai
untuk merubah edaran lingkaran (dari poros gasing) menjadi edaran elips di
angkasa?
Jawab:
Sistem yang digunakan untuk merubah edaran
lingkaran menjadi edaran elips diangkasa yaitu dengan menggunakan sistem
control element, contohnya sperry yang menggunakan mercury balliatic sebagai
control element pada poros gasingnya, sehingga effect menimbulkan presisi
pertama (K1) dan presisi kedua (K2) yang menimbulkan
peredaman dengan faktor peredaman = 66 2/3 % untuk ½ ayunan (oseilasi).
Gambar :
A – C = ½ oseilasi
(sebelum peredaman) à elips
Mercury Effect =
Faktor peredaman =
66 /3 % untuk ½ ayunan (oseilasi)
a.Jawablah pertanyaan yang
sama untuk merubah edaran elips menjadi edaran spiral!
Jawab:
A
– C = ½ oseilasi, misalnya A = 30o maka setelah ½ oseilasi akan
menjadi 10o dan seterusnya 3 1/3 sampai 0o, karena faktor
peredaman 66 2/3 % (damping) à spiral
a.Terangkan cara merubah dari
Pengemudian tangan ke Auto!
Jawab:
Cara merubah dari
pengemudian tangan ke auto :
-Arahkan halauan kapal sesuai dengan
halauan yang dikemudikan kapal.
-Setting lintang pada Master Gyro sesuai
dengan lintang saat itu.
-Setting kecepatan pada Master Gyro sesuai
dengan kecepatan kapal saat itu.
-Setting skala Beafort pada Auto Pilot
sesuai dengan kondisi laut saat itu.
-Setelah itu pindahkan tombol dari kemudi
tangan (hand) ke kemudi otomatis (auto).
-Maka kapal akan
dikemudikan secara otomatis oleh sistem pengemudian Auto Pilot
b.Jelaskan mengapa pada cuaca
buruk saat kapal berlayar, kemudi tidak boleh menggunakan sistem pengemudian
otomatis.
Jawab:
Pada cuaca buruk
saat berlayar, pengemudian otomatis tidak boleh digunkan, karena : pada
rangkaian sistem Auto Pilot rangkaiannya sangat peka terhadap temperatur
(kemampuan/ ketahanan), dan menggunakan potensiometer, artinya bola bekerja
secara simultan, gesekan yang terjadi akan menimbulkan panas, dan akan
memudahkan aus pad komponen tersebut. Di samping itu pengemudian otomatis
gerakannya sangat lamban untuk kembali ke kedudukannya semula bila ada pengaruh
gaya-gaya dari luar, bilamana pengaruh gaya dari luar sangat besar secara
beruntun maka akan sangat membahayakan kondisi/stabilitas kapal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar