Rabu, 08 November 2017

Soal Penangan dan Pengaturan Muatan

Tidak seorangpun dikapal boleh menandatangani document muatan kecuali:
a.Anda mempunyai wewenang untuk melakukam itu
b.anda memahami semua yg tertulis di dalam document
c.Anda mengetahui bahwa semua pernyataan di dalam document itu benar
Terangkan mengapa hal2 tsb di atas perlu di lakukan
Jawab
Hal2 tsb merupakan suatu prinsip yg harus dipegang oleh seorang mualim jaga dalam penandatangan document muatan agar tidak terjadi kesalahan dalam menandatangani dokumen muatan. Dan jika seorang mualim jaga diminta menandatangani dokumen penting maka mintalah petunjuk dari nakhoda atau mualim-I, jika mereka tidak ada di atas kapal  anda cukup menulis “FOR RECEIPT ONLY”

Sebuah kapal container menerima cargo booking list sbb:
“20 TEUs OPEN-TOP CONTAINER FCL”
a.Jelaskan artinya data tsb
jawab
data tsb berarti: kapal akan di muat dengan Container ukuran 20 feet yang mana container tersebut bagian atasnya terbuka dan ditutup dgn terpal dan seluruh barang yang ada dalam container tsb dgn satu tujuan.
b.terangkan pula maksudnya, jika shipper meminta Stowage pada Tier 86 dan Row 10
jawab
TIER 86 dan ROW 10 artinya bahwa container tsb harus di muat di atas deck pada tier ke tiga dan di susun pada sebelah kiri pada susunan yg ke lima.
Sebuah kapal tanker akan memuat minyak kelapa sawit di semua tankinya
a.Jelaskan cara membersihkan tangki untuk memuat minyak kelapa sawit
jawab
pembersihan dgn menggunakan air laut panas/dingin memakai pompa butterwoth yg dimasukan melalui deckcell setiap tanki, pompa akan berputar dengan tekanan tinggi sehingga membersihkan dinding2 tanki, air dalam tanki di pompa lalu di buang ke laut sambil kapal berlayar hingga seluruh tanki bersih. Lakukan moping pada setiap tanki.
b.Apa yg dimaksud dgn “Tightnees test certificate”
jawab
Tightnees test certificate adalah test kekedapan tanki yang dilakukan oleh surveyor dengan menggunakan Hydro test (test dgn air) atau Air test (test dgn udara bertekanan)
c.Apakah pipa2 heating coil harus terpasang jelaskan
jawab
kapal tanker yg memuat minyak kelapa sawit di semua tankinya harus terpasang pipa2 heating coil yg di aliri dengan uap (steam) agar muatan tetap dalam keadaan cair di musim dingin dan pemanasan dilakukan sedikit demi sedikit agar muatan tdk hangus, setibanya kapal dipelabuhan bongkar tepat pada suhu yg dikehendaki
Sebuah kapal barang berada di Bangkok untuk di charter memuat beras dgn tujuan Surabaya
-NOTICE OF READNESS (NOR) tendered jam 10.00 hari kamis tanggal 9 september dan accepted jam 12.00 hari yang sama.
-ON-HIRE survey dilakukan oleh INDEPENDENT surveyor setibanya kapal di dermaga dan di dalam charter party tertera data tentang LAYDAYS, WWDSHEXUU, DEMURAGE dan DESPATCH
-Started loading jam 14.00 di lima palka dgn 1 gang buruh/palka diketahui kemampuan buruh muat beras adalah 30T/gang hour, mereka bekerja 3 shift/hari @8 jam
Ditanyakan:
a.Jelaskan pengertian NOR tendered dan accepted tsb
jawab
pengertian NOR tendered dan accepted adalah nota dari pihak kapal /pengangkut/nakhoda yg diberikan kepada penerima/pencharter/pengirim/agent di pelabuhan muat/bongkar yg menerangkan bahwa kapal telah tiba dipelabuhan dan tlah siap untuk bongkar/memuat.
Tendered maksudnya kapal telah siap (alat bongkar/muat dalam posisi siap)
Accepted maksdnya kapal sudah berlabuh atau bertempat dalam pelabuhan atau daerah2 berlabuh tempat muat/bongkar walau mungkin diluar daerah pelabuahn.
b.Terangkan maksud LAYDAYS, WWDSHEXUU, DEMURAGE dan DSPATCH
jawab
-LAYDAYS yaitu; kelonggaran atau tenggang waktu yg diberikan kepada kapal untuk memulai pemuatan/pembongkaran, dimana pencharter dpt melakukan bongkar/muat membayar biaya ekstra
-WWDSHEXUU (Weather Working Days Sunday Holiday Excepted Unless Use) atinya hari kerja dgn cuaca baik hari minggu dan hari libur tidak dihitung sebagai hari kerja
-DEMURAGE yaitu pencharter gagal memenuhi waktu yg telah disetujui maka pemilik kapal berhak uang sebagai demurrage (denda)
-DSPATCH yaitu kecepatan bongkar/ muat muatan dimana waktunya lebih cepat dari waktu yg ditentukan dalam charter party
c.Hitung kemampuan muat beras dalam satu hari
jawab
kemampuan muat beras dalam satu hari :
30T/gang hour x 8 jam x 3shift = 720 ton/hari

Pada penanganan peti kemas di kapal container, jelaskan arti terminology:
a.Full Container Load (FCL)
jawab
FCL (Full Container Load):
-Di isi oleh satu shipper dan ditujkan utk satu cinsigne
-Kapal tidak bertanggung jawab kalau ada yg rusak/hilang
-Di muat sendiri dan di bongkar sendiri
b.less Than Container Load ( LCL)
jawab:
B.LCL (Less Than Container Load)
-Di isi oleh beberapa shiper dan ditujukan utk beberapa consigne
-Kapal bertanggung jawab atas kerusakan/kehilangan
-Muatan dimuat/dibongkar dalam keadaan terbuka

Terangkan gunanya dokument muatan berikut ini:
a.Notice of Readinese pada charter kapal
jawab
NOR berguna untuk menghitung waktu yang terpakai di pelabuhan dan untuk keperluan bongkar muat karena dalam system charter di tetapkan waktu maksimal untuk bongkar muat sehingga terdapat terminology demmurage and dispatch money.
b.Cargo outturn Report pada pembongkaran muatan di pelabuhan
jawab
Cargo outturn report berguna untuk mengetahui muatan yg di bongkar dan keadaan muatan waktu di bongkar seperti:
-jumlah muatan yg utuh dan jumlah muatan yg rusak
-jumlah muatan yg tercecer/sisa yg dapat dikumpulkan (Sweeping)
-jumlah muatan yang kurang atau lebih
-jumlah muatan yg masih menjadi masalah (belum jelas)
c.Tracer pada tuntutan ganti rugi (claim)
jawab
Tracer pada tuntutan ganti rugi (Claim) berguna untuk melakukan pengusutan apabila ada claim akibat adanya kekurangan atau kelebihan pembongkaran muatan pada suatu pelabuhan dengan disertai data merkah, nomor konosemen, macam dan jenis muatan.

Berdasarkan Konvensi Inernational SOLAS 74 Consolidated 09, IMDG Code menjadi mandatory:
a.Hal2 apa yg diatur dalam IMDG Code
jawab
IMDG Code mengatur
-Prosedur permuatan
-Klasifikasi muatan berbahaya (dibagi menjadi 9 klass)
-Pengemasan muatan
-Pemberian lebel / merkah
-Dokumen – dokumen muatan berbahaya
-Syarat-syarat pemadatan muatan berbahaya.

b.Jelakan gunanya MSDS (Material safety Data sheet) pada setiap jenis barang berbahaya
jawab
kegunaan MSDS (Material safety Data sheet) pada setiap jenis barang berbahaya adalah lembar data keselamatan material barang berbahaya berisi hal2 yg harus diperhatikan pada waktu menangani muatan tsb
c.Terangkan apa artinya IBC dan INF code yg menjadi satu pengaturan dalam IMDG Code
jawab
-IBC Code (international bulk chemical code) adalah peraturan international untuk konstruksi dan perlengkapan dari  kapal2 yg membawa chemical secara curah di dalam tanki
 -INF Code (International Irradiated Nuclear  Fuel code) merupakan aturan international utuk kostruksi dan perlengkapan kapal2 yg membawa nuklir seperti Plutonium and High revel Radioactive wastes on board ships. yg ditetapkan oleh MSC diatur dalam chaper VII SOLAS 74 part D.

Berikan pengertian tentang B/L pada pengangkutan container ini:
a.Ocean B/L
Jawab:
-untuk pengapalan FCL to FCL
-dilaksanakan  oleh shipper/wakilnya maupun yg dikerjakan oleh Freight forwader
b.Combined B/L
Jawab
-untuk  pengapalan door to door service
-dilaksanakan beberapa perusahaan pengangkutan
c.House B/L
Jawab:
-dilaksanakan oleh beberapa perusahan eksportir kecil dan diserahkan kepada shipper untuk di-stuff
-tujuannya untuk mendapatkaan Ocean B/L

a.Jeaskan keuntungan dari kapal tanker kimia yg tangkinya dilapisi dgn stainless steel
jawab
-mencegah muatan terkontaminasi karena proses pengkaratan
-kebersihan muatan
-memudahkan pencucian tanki dan pembebasan gas
-memdahkan pemeriksaan
-meningkatkan keselamatan
b.terangkan gunanya “Double Hull” pada konstruksi kapal tanker sebagaimana diatur dlm konvensi MARPOL Annex 1 regulation 13
jawab
-untuk menjaga/melokalisir muatan bila terjadi kebocoran pada tangki muatan
-digunakan untuk pengoperasian ballast


Pada penanganan muatan minyak di kapal tanker, jelaskan apa yg dimaksud dgn:
a.Inert gas System
jawab
IGS adalah suatu system untuk menurunkan kadar oksigen pada saat dan setelah bongkar muatan minyak sehingga kemungkinan terjadinya ledakan berkurang, inert gas (gas lembam) biasanya didapat dari gas bekas dari ketel uap yg mengandung kadar oksigen kurang dari 5% dipompakan ke dalam tangki dan tidak boleh lebih dari 8%.
b.Crude oil washing
jawab
COW adalah suatu system pencucian tanki dengan menggunakan sisa2 minyak lama (crude oil) yang ada di dalam tanki.

Berikan pengertian istilah berikut:
a.FOB (Free on Board)
jawab
FOB adalah
-penjual melakukan penyerahan barang2 bila barang itu melewati pagar kapal di pelabuhan pengapalan
-pembeli wajib menanggung semua biaya dan resiko atas kehilangan atau kerusakan barang mulai dari titik itu.
-penjual mengurus formalitas ekspor
b.CIF (Coast insurance and freight)
jawab
CIF adalah
-penjual melakukan penyerahan barang2 bila barang melewati pagar kapal di pelabuhan pengapalan.
-Penjual wajib membayar semua biaya dan ongkos angkut
-pembeli menangung semua biaya tambahan dan resiko atas kehilangan atau kerusakan barang.
c.FAK (Freight All Kinds)
jawab
FAK adalah
-freight atau tarif yang sama untuk semua jenis barang yang masuk kedalam petikemas dgn tidak memandang nilai dari komoditas   
-biasanya untuk perjalanan jarak yg dekat
d.Carriage and insurance paid to (CIP)
jawab
CIP adalah
-penjual menyerahkan barang kepada pengangkut yg ditunjuknya sendiri
-penjual wajib membayar ongkos angkut
-penjual wajib menutup asuransi terhadap resiko kerugian dan kerusakan atas barang yg menimpa pembeli selama barang dalam perjalanan
e.Full Loaded Weight Capacity (FWC)
jawab
FWC adalah: sebuah peti kemas yg diisi sesuai kapasitas dan volumenya

Pada penanganan barang berbahaya jelaskan singkat isi dari:
a.MSDS (Material safety data sheet)
jawab
MSDS: lembar data keselamatan material barang berbahaya berisi hal2 yg harus diperhatikan pada waktu menangani muatan tsb
b.MFAG (medical first aid guide)
jawab
MFAG: pedoman pertolongan pertama kecelakaan (P3K) yg diakibatkan oleh barang2 berbahaya sebagai standar yg di pakai oleh IMO/WHO/ILO. MFAG memberikan informasi umum tentang pengaruh racun yg mungkin yg di temui pada kecelakaanyg berhubungan dgn barang berbahaya

a.Sebukan kegiatan yg dilakukan pada terminal container, CFS (Container Freight Station) dan CY (Container yard)
jawab
kegiatan yg dilakukan pada:
-Terminal container: tempat bongkar muat kapal container
-CFS: tempat pengisian muatan ke dalam container (stuffing)
-CY : Lapangan penumpukkan container yg akan dimuat dibongkar ke/dari kapal
b.Sebutkan biaya yg termasuk dalam THC (Terminal handling charges) di terminal container
jawab
Biaya yg termasuk dalam THC (Terminal handling charges) di terminal container adalah biaya handling FCL container di pelabuhan atas kegiatan:
1.menerima petikemas dari kapal
2.Marshalling
3.Stacking and restacking
4.menyerahkan kepada consignee
5.menerima peti kemas dari shipper
6.menyerahkan petikmas ke kapal

Container may be fumigated for the following reason:
a.When empty of cargo – to destroy residual infestation from previous cargo
b.When stuffed – to fumigate a particular cargo
terangkan maksudnya keterangan ini
jawab
a)      Ketika muatan kosong – untuk menghancurkan sisa sisa muatan dari muatan sebelumnya.
b)      Ketika di kemas –untuk membersihkan kotoran muatan. 

a.Jelaskan singkat sistim Crude Oil Washing pada pembersihan tanki di kapal pengangkut minyak mentah
jawab
COW adalah tank cleaning kapal dgn menggunakan sisa2 minyak lama yg ada dlm tanki yg sudah dipanaskan, minyak disemprotkan ke dalam tanki dgn menggunakan pompa butterworth yg berputar dan bergerak naik turun secara otomatis/manual, pompa di beri tekanan 4psi selanjutnya minyak di pompa ke slop tank
b.Terangkan gunanya double hull pada konstruksi kapal tanker sebagaiaman di atur dalam konvensi Marpol annex 1 regulation 13.F
jawab
-Untuk mengantisipasi apabila terjadi kebocoran dari salah satu tanki muatan, tidak langsung tumpah kelaut sehingga tidak menyebabkan pencemaran
-Apabila terjadi tubrukan atau gesekan dari luar kapal tidak langsung terjadi kebocoran karena masih ada satu sisi lapisan tanki yg menahan
-Konstruksi membujur kapal akan lebih kuat

a.sebutkan sedikitnya tiga fungsi utama Bill of loading (B/L)
jawab
Fungsi utama B/L adalah
1.sebagai tanda terima muatan dan bukti tentang jumlah dan kondisi muatan
2.sebagai Document of title dimana bisa diperjualbelikan seperti surat berharga lainnya, muatan hanya diserahkan kepada pemegang B/L di pelabuhan bongkar
3.Sebagai bukti perjanjian pengangkutan laut (Contract of affreightment), pengangkutan muatan dari satu pelabuhan ke pelabuahan lain      
b.Original B/L dibuat rangkap dua, satu untuk Shipper satu untuk consigne dgn ketentuan one for all, all for one, jelaskan maksudnya
jawab
“One for All, All for One” artinya apabila satu sudah digunakan maka yg lain tidak berlaku lagi dgn tujuan untuk  menghindari penyalahgunaan B/L oleh pihak2 tdk bertanggung jawab.                                                                  

Terangkan artinya istilah penganan muatan kapal berikut ini:
a.Delivery ex Quay (DEQ)
jawab
DEQ adalah:
-penjual menyerahkan barang di atas dermaga atas kewenangan pembeli
-belum di urus formalitas impornya
-semua biaya dan resiko dengan pengangkutan barang sampai ke pelabuhan dan pembongkaran barang sampai di atas dermaga menjadi tanggungan penjual
b.Delivery ex Ship (DES)
jawab
DES adalah:
-penjual menyerahkan barang di atas kapal atas kewenangan pembeli
-belum di urus formalitas impornya
-semua biaya dan resiko dengan pengangkutan barang sampai ke pelabuhan tujuan (muatan belum di bongkar)  menjadi tanggungan penjual
c.Delivary duty Paid (DDP)
jawab
DDP adalah:
-Penjual menyerahkan barang2 kepada pembeli namun belum di bongkar dari kapal yg baru datang di pelabuhan bongkar
-sudah di urus formalitas impornya
-penjual menangung semua biaya dan resiko yg terkait dgn pengangkutan barang sampai ke pelabuhan tujuan termasuk bea masuk, pajak2 dan biaya2 lainya yg diperlukan di pelabuhan tujuan.

a.jika dalam kegiatan muat bongkar di suatu pelabuhan stevedore membuat kesalahan hingga mengakibatkan kerusakan terhadap kapal langkah2 apa yg harus dilakukan oleh nakhoda
jawab
yang harus dilakukan Nakhoda adalah membuat “Stevedore Damage Report” yang memat tentang laporan kerusakan terhadap kapal yg dilakukan oleh stevedore sebagaimana yg tertuliss dalam buku P&I Guiedlines tentang Pratical Notes for Ship’s Personel
b.Terangkan pula apa yg dimaksud dgn Affidafits
jawab
Affidafits adalah kerusakan muatan disebabkan oleh kesalahan pihak stevedore dalam kegiatan bongkar muat dan mendapat pengakuan dari stevedore setelah diadakan survey bersama dan di tandatangani oleh mualim jaga dan stevedore

Pada gas tanker gas diangkut dalam bentuk cair terdiri 3 kategori, jelaskan sifat masing2 kategori tsb
a.LPG (Liquified Petroleum Gas)
jawab
LPG termasuk dalam cargo kelas II yg mempunyai sifat tidak berwarna, tidak beracun dan sangat mudah terbakar
b.LNG (Liquified Natural gas)
jawab
LNG termasuk dala cargo kelas II yg bersifat beracun dan sangat mudah terbakar. Komposisinya methan 65% - 100%, Ethane 0% - 16% 
c.Gas kimia yg dicairkan
jawab
Gas kimia yg dicairkan termasuk cargo kelas II yang bersifat beracun, dapat menimbulkan iritasi dan mudah terbakar.


Berikan penjelasan singkat penangan peti kemas di pelabuhan dgn criteria
a.FCL/FCL (House to House)
jawab
-pelayaran bertanggung jawab sejak dari container yard di pelabuhan muat sampai dgn container yard di pelabuhan bongkar
-kewajiban shipper adalah pick up empty container (MT), stuffing, dan haulage container ke CY
-kewajiban consigne adalah mengambil peti kemas dari CY, haulage, unstuffing, dan repositioning MT container ke depot
b.LCL/LCL (Pier to Pier)
jawab
 pelayaran bertanggung jawab sejak barang diterima dari shipper di container freight station(CFS) di pelabuhan muat sampai dgn barang diserahkan ke consignee dari CFS dipelabuhan bongkar
c.Door to Door
jawab
-pelayaran bertanggung jawab sejak barang di terima (place of receipt) sampai dgn barang di serahkan di gudang consignee (place of delivery)
-penerimaan/penyerahan barang yg terjadi di luar pelabuhan sehingga transportas darat sebelum dan sesudah transportasi laut tanggung jawab pelayaran.

Jelaskan mengapa perlu dilakukan
a.trimming muatan curah di kapal bulk carrier
jawab
hal ini dilakukan utk mencegah terjadinya sudut runtuh & free surface permukaan muatan apabila kpl mengalami oleng yg bsr & hal ini akan mengakibatkan pengurangan nilai GM & akan terjadi kemiringan pd sisi pergeseran muatan.
b.lashing muatan logs (kayu gelondongan) di atas deck  dikapal log carrier
jawab
hal ini perlu dilakukan utk kepentingan stabilitas kpl, jika tdk dilaksana kan pelasingan maka muatan diatas deck akan bebas bergerak apabila terkena ole ngan, hal ini dpt mengakibatkan GM positif menjadi GM negatif & dpt membahayakan kpl
c.Crude oil washing pada kapal VLCC daan ULCC
jawab
-mengurangi kemungkinan polusi dgn mengurangi proses pembersihan tanki
-mengurangi waktu dan biaya untuk membersihkan tanki
-mengurangi pengerukan endapan minyak dgn cara manal
-menambah jumlah cargo yg bias di bongkar dan jumlah cargo yg bisa dimuat
-mengurangi proses  pengkaratan dari tanki

Di kapal tanker apa yg dimaksud dgn:
a.ISGOTT (International Safety guide for oil tanker and terminal)
jawab
ISGOTT: pedoman yg diterbitkan oleh OCIMF yg pada dasarnya mengatur tatacara keamanan operasi kapal tanker, tindakan pencegahan kecelakaan serta penjelasan teknis mengenai minyak dan alat pengangkutnya.
b.Crude Oil Washing (TSSP= tanker safety and pollution prevention 1978)
jawab
COW adalah mencuci tanki menggunakan sisa2 minyak lama yg ada di tanki
c.Inert Gas System
jawab
IGS adalah suatu system untuk mempertahankan kadar oksigen yg rendah dalam tanki sehingga mencegah kemungkinan terjadinya kebakaran.

Terangkan singkat perbedaan antara:
a.Kegiatan stripping dan stuffing container di CFS
jawab
-stripping istilah Amerika untuk mengeluarkan muatan/barang dari dalam petikemas
-Stuffing merupakan istilah untuk mengisi atau memasukan muatan/barang ke dalam kontainer
b.Revenue ton dan measurement ton pada perhitungan biaya muatan
jawab
-Revenue ton adalah suatu ukuran unuk menentukan freight/uang tambang dgn pertimbangan antar berat dan volume dan barang
-Measurement ton adalah suatu ukuran muatan dgn perhitungan satu measurement ton sama dengan 40 cubic feet
c.Dead freight dan back freight pada uang tambang
jawab
-Dead freight adalah uang tambang yg diminta oleh pemilik kapal kepada charter jika charter tdk dpt memenuhi ruang muat sesuai apa yg dipetanya dan sudah disediakan oleh pemilik kapal. Dan kerugian bagi si penyewa kapal (ruangan) dimana pemilik kapal berhak untuk menarik seluruh tambang meskipun pencharter gagal mencari muatan untuk memenuhi kontrak
-Back freight adalah uang tambang untuk muatan berlebih (an carried cargo) yg tidak dapat di bongkar di tempat tujuan tetapi teerpaksa di bawah kapal untuk di bongkar di tempat lain

Dari kegiatan kapal2 di pelabuhan diperoleh data2 tsb, jelaskan
a.Kapal A mengalami LONG HATCH di palkaIII  karena WINCH pada palka tersebut rusak selama 24 jam
jawab
kapal A mengalami muatan yg melebihi dari panjang palka III karena winch mengalami kerusakan selama 24 jam
b.Kapal B sedang menjalani “OFF HIRE SURVEY” karena baru selesai dicharter untuk mengangkut beras dari Bangkok ke jakarta
jawab
Kapal B sedang disurvey oleh surveyor untuk off hire yang carterannya mengangkut beras dari bangkok
c.Kapal C mengalami gangguan pada kompas magnetnya karena memuat STEEL CONSTRUCTION yg diletakan melintang dan membujur kapal
jawab
Kapal C mengalami gangguan pada kompas magnetnya karena adanya pengaruh medan magnet transien yg disebabkan oleh muatan steel construksi yg diletakan melintang dan membujur
Pada waktu muat bongkar heavy lift cargo menggunakan boom berat kapal, kemiringan kapal yang akan terjadi dapat di hitung terlebih dahulu. Jelaskan di sertai gambar.
Jawab

Ketika muatan berat terangkat dari dermaga, beban seolah2 berpindah ke ujung block berat, maka titik G akan naik ke G1 dimana:

GG1 =    W       x  h
            ∆ + W

W=berat muatan
∆ = berat benaman kapal
H = jarak titik gantung block dari G kapal

Karena beban berada di laur bidang simetri (center line) maka G1 bergeser ke G2 dmana

G1G2 =     W        x  d
               ∆ + W
d = jarak ayun boom berat keluar center line (out reach)
di dalam segitiga MG1G2 akan terjadi sudut ᾳ dimana:

Tg ᾳ =  G1G2        ᾳ = di dapat
              G1M       
Jelaskan dgn gambar cara melashing, shoring, blocking dan chocking untuk muatan2:
a.Steel plate dalam bentuk roll
b.Over Height cargo
c.Muatan di dalam peti kemas
d.muatan pipa2
jawab
cara melashing muatan:
tali kawat di pasang melingkar  roll steel plates yg beratnya kadang mencapai 10 ton, ujungnya di ikat pada cleat di deck dgn sackles, sedang ujung lainnya di kencangkan dgn turn buckles, pada muatan vehicles, pemasangan lasingan seperti ini di tambah banyak lagi shoring (kayu block sebagai ganjal), coming/chocking (penyangga kayu) yg dikencangkan pakai keq (baji)
gambar

Steel plate dalam bentuk roll

Over height cargo

Muatan di dalam peti kemas

Lashing muatan pipa-pipa
  

a.sebutkan resikonya jika shipper memberikan LOI (Letter of Indemnity) sebagai ganti foul B/L, karena ada remaks muatan rusak di mates receipt
jawab
resikonya adalah shipper akan menanggung claim karena kondisi dan keadaan barang yang tertera pada konosemen tidak sesuai dgn kondisi dan keadaan barang yg di bongkar di pelabuhan bongkar
b.Terangkan bagaimana anda menyikapinya
jawab
-nakhoda membuat notice of protes
Memberikan surat claim kepda si pemilik barang/pencharter
c.Tindakan apa yg harus dilakukan seorang mualim jaga jika diminta menandatangani dukumen muatan yg tdk dimengerti isinya maupun bahasanya
jawab
minta petunjuk sama nakhoda atau mualim 1 jika mereka tidak di kapal maka cukup menulis “OR RECEIPT ONLY”
  
a.Terangkan prosedur tank cleaning menggunakan butterworth pump hingga free gas di kapal tanker yg akan menerima muatan dgn grade lebih tinggi
jawab
adalah dgn cara
-butterworth dimasukan melalui deckcell pada setiap tanki
-pompa tankcleaning di jalankan dgn tekanan tinggi sehingga dapat memutarkan butterworth sehingga pada dinding tanki  dapat di siram
-air dalam tanki di pompa dgn menggunakan pompa cargo dan di simpan pada slop tank
-hal ini dilakukan sampai tanki benar2 bersih
b.Jelaskan isi dari dokumen muatan “Notice of Readiness” dan “tanker time sheet”
jawab
-Notice of readiness: pemberitahuan/pernyataan bahwa kapal tiba di pelabuhan muat/bongkar dan kapal telah siap melaksanakan muat/bongkar sesuai yg diorder
-Tanker time sheet: surat yg menerangkan perincian waktu untuk melaksanakan pemuatan/pembongkaran yg ditandatangani oleh agent dan nakhoda
c.Jelaskan pula gunanya penerapan Inert Gas System (IGS) di kapal tanker
jawab
Guna penerapan Inert Gas System (IGS) di kapal tanker adalah untuk mencegah bahaya kebakaran dan ledakan dalam tanki2 muatan dgn cara memasukan gas lembam sehingga kadar oksigen dalam tanki turun ±8%
  
Sebutkan bedanya beban pemilik kapal (ships Owner) pada jenis2 charter berikut ini
a.Time charter
Jawab
Beban pemilik kapal (ship owner) pada time charter adalah Biaya awak kapal (gaji dan makanan) dan minyak pelumas
b.Voyage charter
jawab
Beban ship owner pada Voyage charter adalah
-biaya operasi kapal
-biaya awak kapal (gaji dan makanan)
-perhatikan kontrak, BBM, FIOST, FILO atau LIFO
c.Bareboat charter
jawab
Beban ship owner pada bareboat charter adalah tidak ada (nil), jadi semua biaya dibebankan pada pencharter karena yg di sewa hanya kapalnya.

Jelaskan gunanya dokumen muatan berikut
a.Delivery order yang dimiliki Consignee
jawab
-surat pengantar untuk menuruni barang dari kapal atau gudang.
-Dokumen ini diberikan oleh pengangkut setelah menerima B/L asli
-merupakan nota untuk mengambil barang
-Delivery order dapat juga diperjualbelikan
b.Bill of Loading (B/L)  atau konosemen bagi pemilik muatan
jawab
-sebagai bukti kepemilikan barang
-Dapat diperdagangkan
-sebagai resi (tanda terima) muatan oleh pengangkut terhadap shipper.
c.Cargo stowge paln bagi stevedoring company
jawab
-sebagai gambaran susunan muatan di dalam palka yg diperlukan untuk merencanakan pembongkaran dgn cepat
-sebagai bukti muatan telah dimuat dgn cara yg benar

Pada pengangkutan bahan kimia di kapal chemical tanker terdapat dua petunjuk IMO, jelaskan isi petunjuk masing2
a.The BCH Code
jawab
The BCH Code (Bulk Chemical code): aturan konstruksi dan perlengkapan dari kapal2 yg mengangkut muatan chemical berbahaya secara curah di dalam tanki
b.The IBC Code
jawab
The IBC Code (the International Bulk Chemical code) adalah aturan internasioanl untuk konstruksi dan perlengkapan kapal2 yg membawa chemical dlm bentuk curah yg ditetapkan oleh MSC

Stowage principle dalam penanganan dan pengaturan muatan adalah “Safety of Ship and crew” dan “Safey of the cargo itself”.
Terangkan kedua prinsip tsb hingga jelas maksudnya
Jawab
-“Safety of Ship and crew”: keselamatan kapal dan anak buah kapal lebih difokuskan kepada aspek kapal dan manusia
-“Safey of the cargo itself”: keselamatan muatan itu sendiri teerdiri dari the cargo stow (pemadatan muatan), During the voyage (selama pelayaran), dan check list (daftar pengecekan)
Sehingga dapat disimpulkan bahwa prinsip2 yg penting berada dalam wilayah tanggung jawab shipper dan carrier, di mana muatan itu berada dintangan pengangkut relative lebih lama dgn resiko yg lebih besar, baik pengaruh kondisi internal kapal maupun eksternal kapal seperti cuaca, ombak, perairan dll.

Sebuah kapal LOG Carrier dgn 2 plaka akan memuat kayu gelondongan sebagai berikut
a.4000 T kayu Magrove yg kulitnya mengandung bahan beracun dan bersifat FLOATER
b.1000 T kayu maghoni yg sangat berat dan bersifat SINKER
jelaskan bagaiaman cara penanganannya dan pengaturan kedua muatan tsb
jawab
-cara penanganan kayu mangrove yang kulitnya mengandung bahan beracun adalah dengan cara difumigasi dgn menggunakan H2S (Sulphur/Belerang), HCN (Hydrogen/Yanide)
-cara pengaturan muatan: Kayu maghoni yg sangat berat dan bersifat sinker di muat lebih dulu di dalam palka setelah itu baru kayu mangrove yg bersifat floater  di muat kedalam palka di atas kayu maghoni.

Terangkan persiapan2 yg harus dilakukan untuk memuat barang berat (heavilift cargo) menggunakan boom berat kapal sehubungan dengan:
a.Perhitungan senget kapal yg mungkin terjadi pada waktu muatan terangkat dari dermaga
b.perhitungan stabilitas kapal (GM, TRIM dan Deck Load capacity)
c.Persiapan Dunnage (ganjal) serta perhitungan SWL batang pemuat
jawab
1.Gunakan sling uatan yg berkekuata putus (Breaking streght) sesuai dgn berat muatan
2.SWL batang pmuat hars sesuai termasuk shackle, block, cargo runners dan hook
3.Deck Load Capacity tiak trlampui, termasuk pemasangan dunnage dan lashing
4.menjaga stabilitas kapal


jika terjadi kerusakan muatan dan harus dicatat dalam B/L sering terjadi hal berikut “Master are some times urged to sign clean bills of lading against a letter of indemnity, the golden rule is that master must never accept such letter of indemnity as the courts have regarded this practice as collution between the shipper  and the carrier to defraud the consignee”
Terangkan bagaimana seorang nakhoda mengatasi hal ini

Jawab
Nahkoda harus membuat Note of  Protest sebagai bentuk perlindungan terhadap carrier  dan sebagai bukti dengan mencantumkan mate’s receipt dan  letter of indemnity dari shipper.

Terangkan bagaimana cara mengurangi terjadinya resiko:
a.Free surface Effect di kapal bulk
jawab
Dgn melakukan trimming pada setiap palka, karena untuk menghindari terjadinya pergeseran muatan maka akan terjadi free surface permukaan muatan sehingga akan beresiko GM akan mengecil dan kapal akan miring pada sisi pergeseran muatan maka akan menimbulkan bahaya.
b.Hogging and Sagging pada penataan muatan
jawab
Dalam melakukan pemuatan harus sesuai dgn rencana pemuatan yg telah di buat dan telah di setujui oleh shipper (diwakili oleh surveyor atau loading master) dan pihak kapal. Dimana penataan muatan di atur sedemikian sehingga tidak menimbulkan hogging dan sagging.
c.Tekanan yg besar digeladak atau di atas tutup palka dari muatan berat (Heavy lift cargo)
jawab:
-berikan penyangga
-di beri dunnage/papan pengalas agar beban muatan di bagi keseluruh bidang geladak
-muatan di lashing


Sebuah kapal container mempunyai carrying capacity 1050 TEUS. Pada bulan desember akan berlayar dari tanjung priok – Belawan menuju Amsterdam via terusan Suez. Berangkat dari tanjung priok sudah ada muatan 820TEUS dan FO 200 ton dan FW 120 ton dan sarat rata2 68dm.
Dik: Tg.priok – Belawan 2 hari, Belawan – Suez 14 hari, Selama di Suez ½ hari dan Suez – Amsteerdam 9 hari (6 hari didaerah Summer, dan 3 hari di daerah winter) di laut DCFO = 25 ton, sedangkan di pelabuhan = 5 ton. Sedangkan DCFW = 15 ton dilat dan dipelabuhan. Dan akan memuat container lagi di Belawan selama 2 hari. 1TEU container dianggap memiliki MGW (Maximum Gross Weight) = 20 ton, Summer Draft = 82 dm, TPC = 20 ton, Setiba di Ijmuiden Amserdam di harapkan masih sisa FO dan FW untuk 3 hari.
Ditanyakan:
a.Hitung berapa TEUS container dapat di muat lagi dibelawan
b.Apakah remaining capacity container dapat terisi penuh, jelaskan
c.Berapa FO dan FW harus di isi Belawan
jawab
                                                     Tg.Priok

Penyelasaian:
S.DWT = 1050 TEUS x 20 ton/cont  = 21 000 ton
T/W Corr = 1/48 x 680 x 20 ton = 283

S.DWT  = 21 000 ton                S.DWT = 21 000 ton
T.Corr    =     283 ton                 W.Corr =      283 ton
T.DWT = 21 283 ton               W.DWT = 20 717 ton

C.FO dan FW di isi di belawan:
- konsumsi:

Fuel Oil
Fresh Water
Arr.Amstedam
3 hari x 5 ton
15ton
3 hari x 15 ton
45 ton
Amsrdam – ttk X
3 hari x 25 ton
75 ton
3 hari x 15 ton
45 ton
Titik X - Suez
6 hari x 25 ton
150 ton
6 hari x 15 ton
90 ton
Suez
½ hari x 5 ton
2.5 ton
½ hari x 15 ton
7.5 ton
Suez - Belawan
14 hari x 25 ton
350 ton
14 hari x 15 ton
210 ton
Selama di belawan
2 hari x 5 ton
10 ton
2 hari x 15 ton
30 ton
Belawan – Tg.Priok
2 hari x 25 ton
50 ton
2 hari x 15 ton
30 ton
TOTAL
652.5 ton

457.5 ton

Total consumsi FO                  =       652.5 ton
FO dep. Tg Priok                    =       200    ton
FO di isi di belawan                =       452.5 ton

Total consumsi FW                 =      457.5 ton
FW dep. Tg priok                    =      120    ton
FW di isi di belawan               =       337.5 ton

Jadi total bunker di belawan:
FO = 452.5 TON   dan  FW = 337.5 TON

b.Container yg dapat dimuat di Belawan :
W. DWT = 20 717 ton (ttk X merupakan W.DWT)

FO dep.belawan (sesudah bunker)     = 592.5 ton
Pemakaian FO Belawan – ttk X         = 502.5 ton
Sisa                                           =  90    ton

FW dep.belawan (sesudah bunker)     =  397.5ton
Pemakaian FW Belawan – ttk X         = 307.5 ton
Sisa                                          =    90    ton

Bobot muatan = 20 717 ton – (90 ton + 90 ton)
                       = 20 537 ton

Jumlah container berangkat dari belawan =
                         20 537 ton  = 1027 TEUS
                              20   ton

Container dari Tg.priok      = 820 TEUS
Container yg dimuat di belawan:
1027 TEUS – 820 TEUS = 207 TEUS

Jadi jumlah container yg dimuat di belawan = 207 TEUS

b.Remaining capacity container:

Carrying capacity = 1050 TEUS
Jumlah container dep.belawan = 1027 TEUS
Container tidak dapat di muat = 23 TEUS

Jadi remaining capacity container tidak dapat terisi penuh.


Pada bulan desember sebuah kapal VLCC degan summer DWT = 218 344 ton, LOA = 327 m akan mengangkut minyak mentah dari Persian Gulf  ke Tokyo Jepang melalui laut Banda dgn lama pelayaran 15 hari di daerah Tropis, 6 hari di daerah Summer, dan 4 hari di daerah Winter. Data2 kapal: Sarat rata2 sebelum muat = 4.00 m, Summer draft = 19.507 m, TPC rata2 = 150 ton, DCFO = 125 ton, da, DCFW = 50 ton. Total cargo tank capacity = 265 136.1 m3 terdiri dari center tanks = 146 563.5 m3 dan wing/slop tanks = 122 572.6 m3. Setibanya di Tokyo disyaratkan masih tersisa FO dan FW untuk 3 hari. Hitung:
a.Berapa ton minyak mentah yg dpt diangkut sesuai dgn sarat yg diizinkan (Bj minyak = 0.96)
b.Berapa % total volume tanki yang dapat di isi minyak mentah tsb.
Jawab
   
                                 
                               Persian Gulf
Penyelasaian:
Summer DWT  = 218 344 ton
Summer drat = 19.507 m = 1950.7 cm
S – W corr = 1/48 x 1950.7 = 40.6 cm
Winter draft = 1950.7 – 40.6 cm = 1910.1 cm

Konsumsi dari Pesrsian ke titik X :
FO       =  21 hari x 125 ton   = 2 625 ton
FW      = 21 hari x 50 ton     = 1 050 ton
Total                =                                    3 675 ton

Sinkage = 3675 ton / 150 ton = 24.5 cm
Draft Dep.persian = 1910.1 cm + 24.5 cm = 1 934.6 cm
Draft sebelum muat                              =    400    cm
Selisih                                        = 1 534.6 cm

Bobot                            = 1534.6 cm x 150 ton = 230 190 ton
Total konsumsi FO = (15+6+4+3) x 125 ton=    3500 ton
Total konsumsi FW=(15+6+4+3) x 50 ton    =   1400 ton
Bobot muatan                            = 225.290 ton
Jadi Crude Oil g dapat dimuat sesuai dgn sarat yg diizinkan (Bj minyak = 0.96):
225 290 ton x 0.96 = 216278.4 ton

b.Total voume tanki yg dpt  di isi :
216 278.4 ton   x 100% = 81.6%
265 136.1 ton
Sebuah kapal cargo mempunyai geladak antara yg masih kosong brukuran 21.35 m x 13.7 m x 3.7 m akan di penuhi dgn aman oleh muatan:
a.Kuningan SF = 0.5 BS = 5% freight = US$ 52.5 perweight ton
b.Melamin SF = 0.7 BS = 2.5% freight = US$ 50 perwight ton
c.Fine cotton SF = 2 BS = 2.5% freight = US$ 55 perwght ton
Hitung:
a.Berat dan tinggi masing2 muatan  (DLC tidak diketahui)
b.Total freight
jawab
Dihitung nilai density masing masing:
Kuningan SF : 0.5      density :1/0.5:2
Melamin SF : 0.7       Density : 1/0.7: 1,43
Cotton  SF : 2            Density : 1/2: 0.5

Muatan mulai yg terkecil
D cotton : Da: 0.5
D melamin : Db: 1.43
Dkuningan : Dc: 2

Nilai DLC : H/1.4 ( Karena DLC tdk Diketahui)
            : 3.7/1.4
            : 2.64 ton/M2 ( Nilai 1.4 adalah std SF)
Measurement ton dihitung 40 Cuft : 1.143 cbm
HC : C-(h x da) = 2.64 – ( 3.7 X 0.5 )
         (dC +dB)       ( 2-1.43) + (2-0.5)
       : 2.64 – 1.85 = 0.79 = 0.38 M
            0.57 + 1.5
Sisa tinggi palkah = 3.7 M – 0.38 m = 3.32 M
DLC terpakai muatan C = 0.38 x DC
                           = 0.38 x 2 = 0.76 T/M2
Sisa DLC = 2.64T – 0.76 T = 1.88 T
HB =sisa  DLC –( sisa tinggi x DA)
                   DB-DA
=1.88-( 3.2x0.5)
   1.43-0.5
=1,88-1.66 = 0.24M
    0.93
Sisa tinggi muatan A= 3.7-0.38-0.24= 3.08M
a.Berat  muatan A(cotton)=                 21.35x13.7x3.08x0.975=768.5T
                1.143
Freight =768.5xUS$55=US$42.268
b.berat muatan B(melamin) =
21.35x13.7x0.24x0.975 =97.8T
            0.7
Freight =97.8xUS$50=US$4.890
c.berat muatan C(kuningan)=21.35x13.7x0.38x0.95=211.2T
                                   0.5
Freight =211.2xUS$52.5 =US$11.088    


Pada bulan desember sebuah kapal Bulk carrier dgn kapasitas memiliki grain capacity:
# 1 = 2 919 m3, # 2 = 3 577 m3, # 3 = 3 607 m3, # 4 = 3 607m3, # 5 = 3 603 m3,  # 6 = 3 539 m3.
Akan memuat jagung curah SF = 1.4 dari makasar ke Osaka jepang dgn lama perjalanan 4 hari di daerah tropic, 4 hari di daerah summer, dan 2 hari didaerah winter. Diketahui LOA = 159.4 m sarat rata2 sebelum muat di makasar = 4.0 m dgn FO = 200 ton, dan FW = 150 ton. DCFO di laut = 25 ton dan dipelabuhan = 10 ton. Sedangkan DCFW di laut dan dipelabuhan = 20 ton. Waktu muat 4 hari di pelabuhan makasar dan setibanya di Osaka diminta masih ada sisa FO dan FW untuk 3 hari.
Summer DWT = 16 546 ton, summer draft = 8.98 m, TPC pada S draft = 27.6 ton. Hitung:
a.Berapa ton jagung yg dapa dimuat
b.Apakah total capacity 6 palka tsb dapa dipenuhi! Jelaskan
c.berapa ton FO dan FW harus diisi secukupnya di makasar
jawab
  
                                      Makasar (4 hari)

Summer DWT = 16546 ton
T/W corr = 1/48 x 898 x 27.6 ton = 516.35 ton

S.DWT  = 16 546    ton            S.DWT = 16 546     ton
T.Corr    =     516.35 ton          W.Corr =      516.35 ton
T.DWT =  17 062.35 ton        W.DWT = 16 029.65 ton

c.FO dan FW yg di isi di makasar:

Fuel Oil
Fresh Water
Arr.Osaka
3 hari x 10 ton
30 ton
3 hari x 20 ton
60 ton
Osaka – ttk X
2 hari x 25 ton
50 ton
2 hari x 20 ton
40 ton
Titik X - Makasar
8 hari x 25 ton
200 ton
8 hari x 20 ton
160 ton
Makasar
4 hari x 10 ton
40 ton
4 hari x 20 ton
80  ton
TOTAL
320 ton

340 ton

Total consumsi FO                  =       320 ton
FO sebelum muat di makasar  =       200 ton
FO di isi di makasar                =       120 ton


Total consumsi FW                 =      340 ton
FW sebelum muat di makasar =      150 ton
FW di isi di makasar               =       190 ton

Jadi total bunker di belawan:
FO = 120 TON   dan  FW = 190 TON

a.Jumlah jagung g dapat di muat di makasar:
S.draft = 8.98 m = 898 cm
S/W corr= 1/48 x 898 = 18.71 cm
W draft = 898 – 18.71 = 880.29 cm

Konsumsi FO & FW dari titik X – Makasar :
FO: (8 hari x 25) + (4hari x 10)           = 240 ton
FW: 12 hari x 20 ton               = 240 ton
Jumlah                                     = 480 ton
Summer draft              =   27.6 ton
                                         17.4 cm

Draft se  sudah muat: 880.29 + 17.4 = 89.7 cm
Draft sebelum muat: = 400 cm
Selisih draft = 497.7 cm

Bobot yang bisa di tambah: 497.7cm x 27.6 ton =13 736.5 ton
Total bunker di makasar FO&FW = 480 ton
Berat muatan = 13 256.5 ton
Volume muatan jagung (SF=1.4) = 13 256.5 x 1.4
                                    = 18 559.1m3
Jadi muatan jagung yg dapat di muat adalah 18 559.1m3

b.capasitas 6 palka :
Grain Capacity 6 #      = 20 852 m3
Muatan jagung            = 18 559.1 m3
Selish               =   2 292.9 m3

BS = 2 292.9 m3  x 100%
        20 852 m3
      = 11%


Sebuah kapal container mmpunyai carrying capacity = 960 TEUS pada bulan desember akan berlayar dari tanjung priok gn sarat rata2 = 70 dm, membawa muatan container 700 TEUS dan dikapal sudah ada FO = 200 ton, FW = 150 ton. Pelayaran Tg.Priok – Singapore = 1 hari, Singapore – los Angles melalui North Pacific Ocean selama 17 hari. (3 hari di daerah tropic, dan 10 hari di daerah summer dan sisanya di daerah winter). Diketahui : Summer draft = 96 dm, DCFO = 25 ton di laut dan 5 ton dipelabuhan, DCFW di laut dan dpelabuhan = 12 ton. Pemakaian FO dan FW selama disingapore diabaikan, sedagkan tiba di LosAngles masih harus tersisa FO dan FW unttuk 3 hari. 1 TEUS container mempunyai MGW = 20 ton.
Ditanyakan:
a.Berapa teus container dapat dimuat lagi di Singapore
b.Apakah remaining capacity container dapat terisi penuh. Jelaskan
c.Berapa FO dan FW harus di isi di Singapore
jawab
 
                                            Tg.Priok

 Penyelasaian:
S.DWT = 960TEUS x 20 ton/cont  = 19 200 ton
T/W Corr = 1/48 x 960 x 26 ton = 520 ton

S.DWT  = 19 200 ton                S.DWT = 19 200 ton
T.Corr    =     520 ton                 W.Corr =      520 ton
T.DWT = 19 720 ton               W.DWT = 18 680 ton

C.FO dan FW di isi di belawan:
Konsumsi:

Fuel Oil
Fresh Water
Arr.Los Angles
3 hari x 5 ton
15ton
3 hari x 12 ton
36 ton
Los Angles – ttk X
4 hari x 25 ton
100 ton
4 hari x 12 ton
48 ton
Titik X – Singapore
13 hari x 25 ton
325 ton
13 hari x 12  ton
156 ton
Singapore – Tg. Priok
1 hari x 25 ton
25 ton
1 hari x 12  ton
12 ton
TOTAL
465 ton

252 ton
Rob arr. Tg priok
200 ton

150 ton
Selisih
265 ton

102 ton


Jadi jumlah bunker di Singapore :
FO = 265 ton        FW = 102 ton

a.jumlah container yg dapat di muat di Singapore:
W. DWT = 18 680 ton (ttk X merupakan W.DWT)

FO dep.Singapore                               = 440 ton
Pemakaian FO Singapore – ttk X       = 325 ton
Sisa FO di titik X                                = 115 ton

FW dep.Singapore                             =  400 ton
Pemakaian FW Singapore – ttk X       = 260 ton
Sisa                                          =  140 ton

Bobot muatan =  18 680 ton – (115 ton + 140 ton)
                         =  18 425 ton

Jumlah container berangkat dari Singapore =
                         18 425 ton  = 921 TEUS
                              20   ton

Container dari Tg.priok      = 700 TEUS
Container yg dimuat di Singapore:
921 TEUS – 700 TEUS = 221 TEUS

Jadi jumlah container yg dimuat di belawan = 221 TEUS

b.Remaining capacity container:

Carrying capacity                    = 960 TEUS
Jumlah container dep.Singapore         = 921 TEUS
Container tidak dapat di muat            = 39 TEUS

Jadi remaining capacity container tidak dapat terisi penuh.



Sebuah kapal barang memiliki 4 tangki tinggi (Deep tanks) dgn kapasitas sbb:
Deep tank palka III kanan = 960 cbm dan kiri = 960 cbm. Deep tank palka IV kanan = 1112 cbm dan kiri = 1112 cbm. Tinggi deep tank palka III 10.52m dan deep tank palka IV = 11.44 m. kapal akan memuat Latex (2045 ton) Bj= 0.92 dan Crude Palm Oil (Bj= 0.84) dgn suhu muat 350C dan suhu bongkar nanti di eropa = 550C pemuaian diperhitungkan 0.1% setiap 10 sedangkan latex Ullagenya = nol. Dan tdk pelu di panaskan.
Hitung:
a.Ditangki manakah akan di muat Latex dan Palm Oil
b.Berapa ton Palm Oil dapat dimuat
c.Berrapa Ullage muatan Palm Oil di masing2 tanki pada waktu muat
Jawab
a.Latex dan palm Oil akan di muat pada tangki:
Jumlah muatan LATEX = 2045 ton
muatan latex tiap tanki = 2045 ton / 2  = 1022.5 ton
Bj Latex = 0.92 maka:
untuk tangki palka III kanan = 960 cbm x 0.92 =883.2ton
untuk tangkipalka IV kanan = 1112cbm x 0.92=1023.0ton

Jadi muatan Latex dapat dimuat pada tangki palka IV dan crude Palm Oila di muat pada tangki palka III

b.Jumlah Palm Oil yg dapat dimuat pada tanki palka III:

Deep tangki palka III volume tangki = 960 cbm
Misalkan volume palm oil = X, maka:
Volume ullage = (55-35) x 01% x X
= 20 x 0.1% x X
= 0.02X cbm

Volume tangki = Volume minyak + Volume Ullage
960  =   X  +  0.02X
960  =  1.02X
X  =  960/1.02 = 941 cbm

Volume Ullage = 960 – 941 = 19 cbm

Jadi Tinggi Ullage = 19/960 x 10.52m = 0.2 m = 20 cm

b. Jumlah Palm Oil yg dapat dimuat:

941 cbm x 0.84 = 790.4 ton (untuk 1 tanki)
Jadi jmlah Palm oil yg di muat pada tangki palka III:
790.4 ton x 2 tanki = 1580.8 ton


Pada bulan desember sebuah kapal container mempunyai carrying capacity = 1224 TEUS berangkat dari pelabuhan TG.priok ke Keelung dgn sarat rata2 = 68.0 dm. di kapal sudah ada muatan container sebanyak 1020 TEUS Tujuan Los Angles FO= 300 on dan FW = 200 ton. Pelayaran Tg.Priok – keelung 3 hari di daerah tropic dan 1 hari di daerah summer, sedangkan dari kelung – LosAngles  3 hari di summer, dan 9 hari di winter. Kapal akan berada di keelung selama 2 hari untuk muat container tujuan los angles di minta masih tersedia persediaan FO dan FW selama 3 hari.
Di ketahui:
a.Brapa TEUS konainer bisa dimuat lagi di keelung
b.Berapa ton FO dan FW harus di isi dikeelung
c.Apakah container carryng capacity terpenuhi. Jelaskan
jawab
  
Tropic               Tg.Priok

C.FO dan FW di isi di Keelung:
Konsumsi:

Fuel Oil
Fresh Water
Arr.Los Angles
3 hari x 10 ton
30ton
3 hari x 20 ton
60 ton
Los Angles – ttk X
9 hari x 32 ton
288 ton
9 hari x 20 ton
180 ton
Titik X – Keelung
3 hari x 32 ton
96 ton
3 hari x 20  ton
60 ton
Keelu ng port
2 hari  x 10 ton
20 ton
2 hari x 20 ton
40 ton
Keelung  – Tg. Priok
4 hari x 32 ton
128 ton
4 hari x 20  ton
80 ton
TOTAL
562 ton

420 ton
Rob arr. Tg priok
300 ton

200 ton
Selisih
262 ton

220 ton

Jadi jumlah bunker di keelung  :
FO = 262 ton        FW = 220 ton

a.jumlah container yg dapat di muat di Singapore:
W. DWT = 24 040 ton (ttk X merupakan W.DWT)
FO dep.Keelung                                 = 414 ton
Pemakaian FO Keelung – ttk X          =   96 ton
Sisa FO di titik X                                = 318 ton

FW dep.Keelung                                =  300 ton
Pemakaian FW Keelung – ttk X          =   60 ton
Sisa                                          =  240 ton
Bobot muatan =  24 040 ton – (318 ton + 240 ton)
                         =  23 482 ton

Jumlah container berangkat dari Keelung =
                         23 482 ton  = 1174 TEUS
                              20   ton
Container dari Tg.priok      = 1020 TEUS
Container yg dimuat di Keelung:
1174 TEUS – 1020 TEUS = 154 TEUS

Jadi jumlah container yg dimuat di belawan = 154 TEUS

b.Remaining capacity container:

Carrying capacity                    = 1224 TEUS
Jumlah container dep.Singapore         = 1174 TEUS
Container tidak dapat di muat            = 50 TEUS

Jadi remaining capacity container tidak dapat terisi penuh.

 Sebuah kapal memiliki berat benaman 10000T, GM = 1m dalam keadaan miring 80 ke kanan. Akan memuat beras sebanyak 500 ton ditempatkan 10 m dikiri bidang simetris dan sisanya 10 m di kanan bidang simetris kapal .Hitung pembagian muatan dikanan dan di kiri bidang simetris agar kapal tegak? (tg 80 = 0,141)
Jawab
GG1 =GM x Tg 8
         = 1  x  0.141
         = 0.141

W
C.L
MoP
MoS
10000
0.141

1410
X
10

10 X
500 - X
10
5000 – 10 X

total
5000 – 10 X
1410 + 10 X

Agar kapal tegak maka:

MoP    =          MoS
5000 – 10X  = 1410 + 10X
5000 – 1410 = 10X + 10X
             20X  =  3590
                 X  = 3590 / 20
                 X  = 179.5 ton

Jadi muatan di kanan = 179.5 ton

       Muatan di kiri   =  500 – 179.5 = 320.5 ton.

1 komentar:

  1. Jika ada waktu silahkan mamprir ke https://www.alvinburhani.net/menghitung-stabilitas-tongkang/

    BalasHapus