Tidak seorangpun dikapal boleh
menandatangani document muatan kecuali:
a.Anda mempunyai wewenang untuk
melakukam itu
b.anda memahami semua yg tertulis
di dalam document
c.Anda mengetahui bahwa semua
pernyataan di dalam document itu benar
Terangkan mengapa hal2 tsb di atas
perlu di lakukan
Jawab
Hal2 tsb merupakan suatu prinsip yg harus dipegang oleh
seorang mualim jaga dalam penandatangan document muatan agar tidak terjadi
kesalahan dalam menandatangani dokumen muatan. Dan jika seorang mualim jaga
diminta menandatangani dokumen penting maka mintalah petunjuk dari nakhoda atau
mualim-I, jika mereka tidak ada di atas kapal
anda cukup menulis “FOR RECEIPT ONLY”
Sebuah kapal container menerima
cargo booking list sbb:
“20 TEUs OPEN-TOP CONTAINER FCL”
a.Jelaskan artinya data tsb
jawab
data tsb berarti: kapal akan di muat dengan Container ukuran
20 feet yang mana container tersebut bagian atasnya terbuka dan ditutup dgn
terpal dan seluruh barang yang ada dalam container tsb dgn satu tujuan.
b.terangkan pula maksudnya, jika
shipper meminta Stowage pada Tier 86 dan Row 10
jawab
TIER 86 dan ROW 10 artinya bahwa container tsb harus di muat
di atas deck pada tier ke tiga dan di susun pada sebelah kiri pada susunan yg
ke lima.
Sebuah kapal tanker akan memuat
minyak kelapa sawit di semua tankinya
a.Jelaskan cara membersihkan tangki
untuk memuat minyak kelapa sawit
jawab
pembersihan dgn menggunakan air laut panas/dingin memakai
pompa butterwoth yg dimasukan melalui deckcell setiap tanki, pompa akan
berputar dengan tekanan tinggi sehingga membersihkan dinding2 tanki, air dalam
tanki di pompa lalu di buang ke laut sambil kapal berlayar hingga seluruh tanki
bersih. Lakukan moping pada setiap tanki.
b.Apa yg dimaksud dgn “Tightnees
test certificate”
jawab
Tightnees test certificate adalah test kekedapan tanki yang
dilakukan oleh surveyor dengan menggunakan Hydro test (test dgn air) atau Air
test (test dgn udara bertekanan)
c.Apakah pipa2 heating coil harus
terpasang jelaskan
jawab
kapal tanker yg memuat minyak kelapa sawit di semua tankinya
harus terpasang pipa2 heating coil yg di aliri dengan uap (steam) agar muatan
tetap dalam keadaan cair di musim dingin dan pemanasan dilakukan sedikit demi
sedikit agar muatan tdk hangus, setibanya kapal dipelabuhan bongkar tepat pada
suhu yg dikehendaki
Sebuah kapal barang berada di
Bangkok untuk di charter memuat beras dgn tujuan Surabaya
-NOTICE OF READNESS (NOR) tendered
jam 10.00 hari kamis tanggal 9 september dan accepted jam 12.00 hari yang sama.
-ON-HIRE survey dilakukan oleh
INDEPENDENT surveyor setibanya kapal di dermaga dan di dalam charter party
tertera data tentang LAYDAYS, WWDSHEXUU, DEMURAGE dan DESPATCH
-Started loading jam 14.00 di lima
palka dgn 1 gang buruh/palka diketahui kemampuan buruh muat beras adalah
30T/gang hour, mereka bekerja 3 shift/hari @8 jam
Ditanyakan:
a.Jelaskan pengertian NOR tendered
dan accepted tsb
jawab
pengertian NOR tendered dan accepted adalah nota dari pihak
kapal /pengangkut/nakhoda yg diberikan kepada penerima/pencharter/pengirim/agent
di pelabuhan muat/bongkar yg menerangkan bahwa kapal telah tiba dipelabuhan dan
tlah siap untuk bongkar/memuat.
Tendered maksudnya kapal telah siap (alat bongkar/muat dalam
posisi siap)
Accepted maksdnya kapal sudah berlabuh atau bertempat dalam
pelabuhan atau daerah2 berlabuh tempat muat/bongkar walau mungkin diluar daerah
pelabuahn.
b.Terangkan maksud LAYDAYS,
WWDSHEXUU, DEMURAGE dan DSPATCH
jawab
-LAYDAYS yaitu; kelonggaran
atau tenggang waktu yg diberikan kepada kapal untuk memulai
pemuatan/pembongkaran, dimana pencharter dpt melakukan bongkar/muat membayar
biaya ekstra
-WWDSHEXUU (Weather
Working Days Sunday Holiday Excepted Unless Use) atinya hari kerja dgn cuaca
baik hari minggu dan hari libur tidak dihitung sebagai hari kerja
-DEMURAGE yaitu pencharter
gagal memenuhi waktu yg telah disetujui maka pemilik kapal berhak uang sebagai
demurrage (denda)
-DSPATCH yaitu
kecepatan bongkar/ muat muatan dimana waktunya lebih cepat dari waktu yg
ditentukan dalam charter party
c.Hitung kemampuan muat beras dalam
satu hari
jawab
kemampuan muat beras dalam satu
hari :
30T/gang hour x 8 jam x 3shift =
720 ton/hari
Pada
penanganan peti kemas di kapal container, jelaskan arti terminology:
a.Full
Container Load (FCL)
jawab
FCL (Full Container Load):
-Di isi oleh satu shipper dan
ditujkan utk satu cinsigne
-Kapal tidak bertanggung jawab
kalau ada yg rusak/hilang
-Di muat sendiri dan di bongkar
sendiri
b.less
Than Container Load ( LCL)
jawab:
B.LCL (Less Than Container Load)
-Di isi oleh beberapa shiper dan
ditujukan utk beberapa consigne
-Kapal bertanggung jawab atas
kerusakan/kehilangan
-Muatan dimuat/dibongkar dalam
keadaan terbuka
Terangkan gunanya dokument muatan
berikut ini:
a.Notice of Readinese pada charter
kapal
jawab
NOR berguna untuk menghitung waktu yang terpakai di pelabuhan
dan untuk keperluan bongkar muat karena dalam system charter di tetapkan waktu
maksimal untuk bongkar muat sehingga terdapat terminology demmurage and
dispatch money.
b.Cargo outturn Report pada
pembongkaran muatan di pelabuhan
jawab
Cargo outturn report berguna untuk mengetahui muatan yg di
bongkar dan keadaan muatan waktu di bongkar seperti:
-jumlah muatan yg utuh dan jumlah muatan yg rusak
-jumlah muatan yg tercecer/sisa yg dapat dikumpulkan
(Sweeping)
-jumlah muatan yang kurang atau lebih
-jumlah muatan yg masih menjadi masalah (belum jelas)
c.Tracer pada tuntutan ganti rugi
(claim)
jawab
Tracer pada tuntutan ganti rugi (Claim) berguna untuk melakukan
pengusutan apabila ada claim akibat adanya kekurangan atau kelebihan
pembongkaran muatan pada suatu pelabuhan dengan disertai data merkah, nomor
konosemen, macam dan jenis muatan.
Berdasarkan Konvensi Inernational
SOLAS 74 Consolidated 09, IMDG Code menjadi mandatory:
a.Hal2 apa yg diatur dalam IMDG
Code
jawab
IMDG Code mengatur
-Prosedur permuatan
-Klasifikasi muatan berbahaya
(dibagi menjadi 9 klass)
-Pengemasan muatan
-Pemberian lebel / merkah
-Dokumen – dokumen muatan
berbahaya
-Syarat-syarat pemadatan muatan
berbahaya.
b.Jelakan gunanya MSDS (Material
safety Data sheet) pada setiap jenis barang berbahaya
jawab
kegunaan MSDS
(Material safety Data sheet) pada setiap jenis barang berbahaya adalah
lembar data keselamatan material barang berbahaya berisi hal2 yg harus
diperhatikan pada waktu menangani muatan tsb
c.Terangkan apa artinya IBC dan INF
code yg menjadi satu pengaturan dalam IMDG Code
jawab
-IBC Code
(international bulk chemical code) adalah peraturan international untuk
konstruksi dan perlengkapan dari kapal2
yg membawa chemical secara curah di dalam tanki
-INF Code (International Irradiated
Nuclear Fuel code) merupakan aturan
international utuk kostruksi dan perlengkapan kapal2 yg membawa nuklir seperti
Plutonium and High revel Radioactive wastes on board ships. yg ditetapkan oleh
MSC diatur dalam chaper VII SOLAS 74 part D.
Berikan pengertian tentang B/L pada
pengangkutan container ini:
a.Ocean B/L
Jawab:
-untuk pengapalan FCL to FCL
-dilaksanakan oleh
shipper/wakilnya maupun yg dikerjakan oleh Freight forwader
b.Combined B/L
Jawab
-untuk pengapalan
door to door service
-dilaksanakan beberapa perusahaan pengangkutan
c.House B/L
Jawab:
-dilaksanakan oleh beberapa perusahan eksportir kecil dan
diserahkan kepada shipper untuk di-stuff
-tujuannya untuk mendapatkaan Ocean B/L
a.Jeaskan keuntungan dari kapal
tanker kimia yg tangkinya dilapisi dgn stainless steel
jawab
-mencegah muatan terkontaminasi karena proses pengkaratan
-kebersihan muatan
-memudahkan pencucian tanki dan pembebasan gas
-memdahkan pemeriksaan
-meningkatkan keselamatan
b.terangkan gunanya “Double Hull”
pada konstruksi kapal tanker sebagaimana diatur dlm konvensi MARPOL Annex 1
regulation 13
jawab
-untuk menjaga/melokalisir muatan bila terjadi kebocoran
pada tangki muatan
-digunakan untuk pengoperasian ballast
Pada penanganan muatan minyak di
kapal tanker, jelaskan apa yg dimaksud dgn:
a.Inert gas System
jawab
IGS adalah suatu system untuk menurunkan kadar oksigen pada
saat dan setelah bongkar muatan minyak sehingga kemungkinan terjadinya ledakan
berkurang, inert gas (gas lembam) biasanya didapat dari gas bekas dari ketel
uap yg mengandung kadar oksigen kurang dari 5% dipompakan ke dalam tangki dan
tidak boleh lebih dari 8%.
b.Crude oil washing
jawab
COW adalah suatu system pencucian tanki dengan menggunakan
sisa2 minyak lama (crude oil) yang ada di dalam tanki.
Berikan pengertian istilah berikut:
a.FOB (Free on Board)
jawab
FOB adalah
-penjual melakukan penyerahan barang2 bila barang itu
melewati pagar kapal di pelabuhan pengapalan
-pembeli wajib menanggung semua biaya dan resiko atas
kehilangan atau kerusakan barang mulai dari titik itu.
-penjual mengurus formalitas ekspor
b.CIF (Coast insurance and freight)
jawab
CIF adalah
-penjual melakukan penyerahan barang2 bila barang melewati
pagar kapal di pelabuhan pengapalan.
-Penjual wajib membayar semua biaya dan ongkos angkut
-pembeli menangung semua biaya tambahan dan resiko atas
kehilangan atau kerusakan barang.
c.FAK (Freight All Kinds)
jawab
FAK adalah
-freight atau tarif yang sama untuk semua jenis barang yang
masuk kedalam petikemas dgn tidak memandang nilai dari komoditas
-biasanya untuk perjalanan jarak yg dekat
d.Carriage and insurance paid to
(CIP)
jawab
CIP adalah
-penjual menyerahkan barang kepada pengangkut yg ditunjuknya
sendiri
-penjual wajib membayar ongkos angkut
-penjual wajib menutup asuransi terhadap resiko kerugian dan
kerusakan atas barang yg menimpa pembeli selama barang dalam perjalanan
e.Full Loaded Weight Capacity (FWC)
jawab
FWC adalah:
sebuah peti kemas yg diisi sesuai kapasitas dan volumenya
Pada penanganan barang berbahaya
jelaskan singkat isi dari:
a.MSDS (Material safety data sheet)
jawab
MSDS: lembar data
keselamatan material barang berbahaya berisi hal2 yg harus diperhatikan pada
waktu menangani muatan tsb
b.MFAG (medical first aid guide)
jawab
MFAG: pedoman
pertolongan pertama kecelakaan (P3K) yg diakibatkan oleh barang2 berbahaya
sebagai standar yg di pakai oleh IMO/WHO/ILO. MFAG memberikan informasi umum
tentang pengaruh racun yg mungkin yg di temui pada kecelakaanyg berhubungan dgn
barang berbahaya
a.Sebukan kegiatan yg dilakukan
pada terminal container, CFS (Container Freight Station) dan CY (Container
yard)
jawab
kegiatan yg dilakukan pada:
-Terminal container: tempat bongkar muat kapal container
-CFS: tempat pengisian muatan ke dalam container (stuffing)
-CY : Lapangan penumpukkan container yg akan dimuat
dibongkar ke/dari kapal
b.Sebutkan biaya yg termasuk dalam
THC (Terminal handling charges) di terminal container
jawab
Biaya yg termasuk dalam THC (Terminal handling charges) di
terminal container adalah biaya handling FCL container di pelabuhan atas
kegiatan:
1.menerima petikemas dari kapal
2.Marshalling
3.Stacking and restacking
4.menyerahkan kepada consignee
5.menerima peti kemas dari shipper
6.menyerahkan petikmas ke kapal
Container may be fumigated for
the following reason:
a.When empty of cargo – to
destroy residual infestation from previous cargo
b.When stuffed – to fumigate a
particular cargo
terangkan maksudnya keterangan
ini
jawab
a)
Ketika muatan kosong – untuk menghancurkan sisa sisa
muatan dari muatan sebelumnya.
b)
Ketika di kemas –untuk membersihkan kotoran muatan.
a.Jelaskan singkat sistim Crude Oil
Washing pada pembersihan tanki di kapal pengangkut minyak mentah
jawab
COW adalah tank cleaning kapal dgn menggunakan sisa2 minyak
lama yg ada dlm tanki yg sudah dipanaskan, minyak disemprotkan ke dalam tanki
dgn menggunakan pompa butterworth yg berputar dan bergerak naik turun secara
otomatis/manual, pompa di beri tekanan 4psi selanjutnya minyak di pompa ke slop
tank
b.Terangkan gunanya double hull
pada konstruksi kapal tanker sebagaiaman di atur dalam konvensi Marpol annex 1
regulation 13.F
jawab
-Untuk mengantisipasi apabila terjadi kebocoran dari salah
satu tanki muatan, tidak langsung tumpah kelaut sehingga tidak menyebabkan
pencemaran
-Apabila terjadi tubrukan atau gesekan dari luar kapal tidak
langsung terjadi kebocoran karena masih ada satu sisi lapisan tanki yg menahan
-Konstruksi membujur kapal akan lebih kuat
a.sebutkan sedikitnya tiga fungsi
utama Bill of loading (B/L)
jawab
Fungsi utama B/L adalah
1.sebagai tanda terima muatan dan bukti tentang jumlah dan
kondisi muatan
2.sebagai Document of title dimana bisa diperjualbelikan
seperti surat berharga lainnya, muatan hanya diserahkan kepada pemegang B/L di
pelabuhan bongkar
3.Sebagai bukti perjanjian pengangkutan laut (Contract of
affreightment), pengangkutan muatan dari satu pelabuhan ke pelabuahan lain
b.Original B/L dibuat rangkap dua,
satu untuk Shipper satu untuk consigne dgn ketentuan one for all, all for one,
jelaskan maksudnya
jawab
“One for All, All for One” artinya apabila satu sudah
digunakan maka yg lain tidak berlaku lagi dgn tujuan untuk menghindari penyalahgunaan B/L oleh pihak2
tdk bertanggung jawab.
Terangkan artinya istilah penganan
muatan kapal berikut ini:
a.Delivery ex Quay (DEQ)
jawab
DEQ adalah:
-penjual menyerahkan barang di atas dermaga atas kewenangan
pembeli
-belum di urus formalitas impornya
-semua biaya dan resiko dengan pengangkutan barang sampai ke
pelabuhan dan pembongkaran barang sampai di atas dermaga menjadi tanggungan
penjual
b.Delivery ex Ship (DES)
jawab
DES adalah:
-penjual menyerahkan barang di atas kapal atas kewenangan
pembeli
-belum di urus formalitas impornya
-semua biaya dan resiko dengan pengangkutan barang sampai ke
pelabuhan tujuan (muatan belum di bongkar)
menjadi tanggungan penjual
c.Delivary duty Paid (DDP)
jawab
DDP adalah:
-Penjual menyerahkan barang2 kepada pembeli namun belum di
bongkar dari kapal yg baru datang di pelabuhan bongkar
-sudah di urus formalitas impornya
-penjual menangung semua biaya dan resiko yg terkait dgn
pengangkutan barang sampai ke pelabuhan tujuan termasuk bea masuk, pajak2 dan
biaya2 lainya yg diperlukan di pelabuhan tujuan.
a.jika dalam kegiatan muat bongkar
di suatu pelabuhan stevedore membuat kesalahan hingga mengakibatkan kerusakan
terhadap kapal langkah2 apa yg harus dilakukan oleh nakhoda
jawab
yang harus dilakukan Nakhoda adalah membuat “Stevedore
Damage Report” yang memat tentang laporan kerusakan terhadap kapal yg dilakukan
oleh stevedore sebagaimana yg tertuliss dalam buku P&I Guiedlines tentang
Pratical Notes for Ship’s Personel
b.Terangkan pula apa yg dimaksud
dgn Affidafits
jawab
Affidafits adalah kerusakan muatan disebabkan oleh kesalahan
pihak stevedore dalam kegiatan bongkar muat dan mendapat pengakuan dari
stevedore setelah diadakan survey bersama dan di tandatangani oleh mualim jaga
dan stevedore
Pada gas tanker gas diangkut dalam
bentuk cair terdiri 3 kategori, jelaskan sifat masing2 kategori tsb
a.LPG (Liquified Petroleum Gas)
jawab
LPG termasuk dalam cargo kelas II yg mempunyai sifat tidak
berwarna, tidak beracun dan sangat mudah terbakar
b.LNG (Liquified Natural gas)
jawab
LNG termasuk dala cargo kelas II yg bersifat beracun dan sangat
mudah terbakar. Komposisinya methan 65% - 100%, Ethane 0% - 16%
c.Gas kimia yg dicairkan
jawab
Gas kimia yg dicairkan termasuk cargo kelas II yang bersifat
beracun, dapat menimbulkan iritasi dan mudah terbakar.
Berikan penjelasan singkat penangan
peti kemas di pelabuhan dgn criteria
a.FCL/FCL (House to House)
jawab
a.FCL/FCL (House to House)
jawab
-pelayaran bertanggung jawab sejak dari container yard di
pelabuhan muat sampai dgn container yard di pelabuhan bongkar
-kewajiban shipper adalah pick up empty container (MT),
stuffing, dan haulage container ke CY
-kewajiban consigne adalah mengambil peti kemas dari CY,
haulage, unstuffing, dan repositioning MT container ke depot
b.LCL/LCL (Pier to Pier)
jawab
pelayaran bertanggung
jawab sejak barang diterima dari shipper di container freight station(CFS) di
pelabuhan muat sampai dgn barang diserahkan ke consignee dari CFS dipelabuhan
bongkar
c.Door to Door
jawab
-pelayaran bertanggung jawab sejak barang di terima (place
of receipt) sampai dgn barang di serahkan di gudang consignee (place of
delivery)
-penerimaan/penyerahan barang yg terjadi di luar pelabuhan
sehingga transportas darat sebelum dan sesudah transportasi laut tanggung jawab
pelayaran.
Jelaskan mengapa perlu dilakukan
a.trimming muatan curah di kapal
bulk carrier
jawab
hal ini dilakukan utk mencegah
terjadinya sudut runtuh & free surface permukaan muatan apabila kpl
mengalami oleng yg bsr & hal ini akan mengakibatkan pengurangan nilai GM
& akan terjadi kemiringan pd sisi pergeseran muatan.
b.lashing muatan logs (kayu
gelondongan) di atas deck dikapal log
carrier
jawab
hal ini perlu dilakukan utk
kepentingan stabilitas kpl, jika tdk dilaksana kan pelasingan maka muatan
diatas deck akan bebas bergerak apabila terkena ole ngan, hal ini dpt
mengakibatkan GM positif menjadi GM negatif & dpt membahayakan kpl
c.Crude oil washing pada kapal VLCC
daan ULCC
jawab
-mengurangi kemungkinan polusi dgn mengurangi proses
pembersihan tanki
-mengurangi waktu dan biaya untuk membersihkan tanki
-mengurangi pengerukan endapan minyak dgn cara manal
-menambah jumlah cargo yg bias di bongkar dan jumlah cargo
yg bisa dimuat
-mengurangi proses
pengkaratan dari tanki
Di kapal tanker apa yg dimaksud
dgn:
a.ISGOTT (International Safety
guide for oil tanker and terminal)
jawab
ISGOTT: pedoman
yg diterbitkan oleh OCIMF yg pada dasarnya mengatur tatacara keamanan operasi
kapal tanker, tindakan pencegahan kecelakaan serta penjelasan teknis mengenai
minyak dan alat pengangkutnya.
b.Crude Oil Washing (TSSP= tanker
safety and pollution prevention 1978)
jawab
COW adalah
mencuci tanki menggunakan sisa2 minyak lama yg ada di tanki
c.Inert Gas System
jawab
IGS adalah suatu
system untuk mempertahankan kadar oksigen yg rendah dalam tanki sehingga
mencegah kemungkinan terjadinya kebakaran.
Terangkan singkat perbedaan antara:
a.Kegiatan stripping dan stuffing
container di CFS
jawab
-stripping istilah Amerika untuk mengeluarkan muatan/barang
dari dalam petikemas
-Stuffing merupakan istilah untuk mengisi atau memasukan
muatan/barang ke dalam kontainer
b.Revenue ton dan measurement ton
pada perhitungan biaya muatan
jawab
-Revenue ton adalah suatu ukuran unuk menentukan
freight/uang tambang dgn pertimbangan antar berat dan volume dan barang
-Measurement ton adalah suatu ukuran muatan dgn perhitungan satu
measurement ton sama dengan 40 cubic feet
c.Dead freight dan back freight
pada uang tambang
jawab
-Dead freight adalah uang tambang yg diminta oleh pemilik
kapal kepada charter jika charter tdk dpt memenuhi ruang muat sesuai apa yg
dipetanya dan sudah disediakan oleh pemilik kapal. Dan kerugian bagi si penyewa
kapal (ruangan) dimana pemilik kapal berhak untuk menarik seluruh tambang
meskipun pencharter gagal mencari muatan untuk memenuhi kontrak
-Back freight adalah uang tambang untuk muatan berlebih (an
carried cargo) yg tidak dapat di bongkar di tempat tujuan tetapi teerpaksa di
bawah kapal untuk di bongkar di tempat lain
Dari
kegiatan kapal2 di pelabuhan diperoleh data2 tsb, jelaskan
a.Kapal
A mengalami LONG HATCH di palkaIII
karena WINCH pada palka tersebut rusak selama 24 jam
jawab
kapal A mengalami muatan yg
melebihi dari panjang palka III karena winch mengalami kerusakan selama 24 jam
b.Kapal
B sedang menjalani “OFF HIRE SURVEY” karena baru selesai dicharter untuk
mengangkut beras dari Bangkok ke jakarta
jawab
Kapal B sedang disurvey oleh
surveyor untuk off hire yang carterannya mengangkut beras dari bangkok
c.Kapal
C mengalami gangguan pada kompas magnetnya karena memuat STEEL CONSTRUCTION yg
diletakan melintang dan membujur kapal
jawab
Kapal C mengalami gangguan pada
kompas magnetnya karena adanya pengaruh medan magnet transien yg disebabkan
oleh muatan steel construksi yg diletakan melintang dan membujur
Pada waktu muat bongkar heavy lift
cargo menggunakan boom berat kapal, kemiringan kapal yang akan terjadi dapat di
hitung terlebih dahulu. Jelaskan di sertai gambar.
Jawab
Ketika muatan berat terangkat dari dermaga, beban seolah2
berpindah ke ujung block berat, maka titik G akan naik ke G1 dimana:
GG1 = W x h
∆ + W
W=berat muatan
∆ = berat benaman kapal
H = jarak titik gantung block dari G kapal
Karena beban berada di laur bidang simetri (center line)
maka G1 bergeser ke G2 dmana
G1G2 = W x d
∆ + W
d = jarak ayun boom berat keluar center line (out reach)
di dalam segitiga MG1G2 akan terjadi sudut ᾳ dimana:
Tg ᾳ = G1G2 ᾳ = di dapat
G1M
Jelaskan dgn gambar cara melashing,
shoring, blocking dan chocking untuk muatan2:
a.Steel plate dalam bentuk roll
b.Over Height cargo
c.Muatan di dalam peti kemas
d.muatan pipa2
jawab
cara melashing muatan:
tali kawat di pasang melingkar roll steel plates yg beratnya kadang mencapai
10 ton, ujungnya di ikat pada cleat di deck dgn sackles, sedang ujung lainnya
di kencangkan dgn turn buckles, pada muatan vehicles, pemasangan lasingan
seperti ini di tambah banyak lagi shoring (kayu block sebagai ganjal),
coming/chocking (penyangga kayu) yg dikencangkan pakai keq (baji)
gambar
Steel plate dalam
bentuk roll
Over height cargo
Muatan di dalam peti
kemas
Lashing muatan
pipa-pipa
a.sebutkan resikonya jika shipper
memberikan LOI (Letter of Indemnity) sebagai ganti foul B/L, karena ada remaks
muatan rusak di mates receipt
jawab
resikonya adalah shipper akan menanggung claim karena kondisi
dan keadaan barang yang tertera pada konosemen tidak sesuai dgn kondisi dan
keadaan barang yg di bongkar di pelabuhan bongkar
b.Terangkan bagaimana anda
menyikapinya
jawab
-nakhoda membuat notice of protes
Memberikan surat claim kepda si pemilik barang/pencharter
c.Tindakan apa yg harus dilakukan
seorang mualim jaga jika diminta menandatangani dukumen muatan yg tdk
dimengerti isinya maupun bahasanya
jawab
minta petunjuk sama nakhoda atau mualim 1 jika mereka tidak
di kapal maka cukup menulis “OR RECEIPT ONLY”
a.Terangkan prosedur tank cleaning
menggunakan butterworth pump hingga free gas di kapal tanker yg akan menerima
muatan dgn grade lebih tinggi
jawab
adalah dgn cara
-butterworth dimasukan melalui deckcell pada setiap tanki
-pompa tankcleaning di jalankan dgn tekanan tinggi sehingga
dapat memutarkan butterworth sehingga pada dinding tanki dapat di siram
-air dalam tanki di pompa dgn menggunakan pompa cargo dan di
simpan pada slop tank
-hal ini dilakukan sampai tanki benar2 bersih
b.Jelaskan isi dari dokumen muatan
“Notice of Readiness” dan “tanker time sheet”
jawab
-Notice of readiness: pemberitahuan/pernyataan bahwa kapal
tiba di pelabuhan muat/bongkar dan kapal telah siap melaksanakan muat/bongkar
sesuai yg diorder
-Tanker time sheet: surat yg menerangkan perincian waktu
untuk melaksanakan pemuatan/pembongkaran yg ditandatangani oleh agent dan
nakhoda
c.Jelaskan pula gunanya penerapan
Inert Gas System (IGS) di kapal tanker
jawab
Guna penerapan Inert Gas System (IGS) di kapal tanker adalah
untuk mencegah bahaya kebakaran dan ledakan dalam tanki2 muatan dgn cara
memasukan gas lembam sehingga kadar oksigen dalam tanki turun ±8%
Sebutkan bedanya beban pemilik
kapal (ships Owner) pada jenis2 charter berikut ini
a.Time charter
a.Time charter
Jawab
Beban pemilik kapal (ship owner) pada time charter adalah
Biaya awak kapal (gaji dan makanan) dan minyak pelumas
b.Voyage charter
jawab
Beban ship owner pada Voyage charter adalah
-biaya operasi kapal
-biaya awak kapal (gaji dan makanan)
-perhatikan kontrak, BBM, FIOST, FILO atau LIFO
c.Bareboat charter
jawab
Beban ship owner pada bareboat charter adalah tidak ada
(nil), jadi semua biaya dibebankan pada pencharter karena yg di sewa hanya
kapalnya.
Jelaskan gunanya dokumen muatan
berikut
a.Delivery order yang dimiliki
Consignee
jawab
-surat pengantar untuk menuruni barang dari kapal atau
gudang.
-Dokumen ini diberikan oleh pengangkut setelah menerima B/L
asli
-merupakan nota untuk mengambil barang
-Delivery order dapat juga diperjualbelikan
b.Bill of Loading (B/L) atau konosemen bagi pemilik muatan
jawab
-sebagai bukti kepemilikan barang
-Dapat diperdagangkan
-sebagai resi (tanda terima) muatan oleh pengangkut terhadap
shipper.
c.Cargo stowge paln bagi
stevedoring company
jawab
-sebagai gambaran susunan muatan di dalam palka yg
diperlukan untuk merencanakan pembongkaran dgn cepat
-sebagai bukti muatan telah dimuat dgn cara yg benar
Pada pengangkutan bahan kimia di
kapal chemical tanker terdapat dua petunjuk IMO, jelaskan isi petunjuk masing2
a.The BCH Code
jawab
The BCH Code (Bulk Chemical code): aturan konstruksi dan
perlengkapan dari kapal2 yg mengangkut muatan chemical berbahaya secara curah
di dalam tanki
b.The IBC Code
jawab
The IBC Code (the International Bulk Chemical code) adalah
aturan internasioanl untuk konstruksi dan perlengkapan kapal2 yg membawa
chemical dlm bentuk curah yg ditetapkan oleh MSC
Stowage principle dalam penanganan
dan pengaturan muatan adalah “Safety of Ship and crew” dan “Safey of the cargo
itself”.
Terangkan kedua prinsip tsb hingga
jelas maksudnya
Jawab
-“Safety of Ship and crew”: keselamatan kapal dan anak buah
kapal lebih difokuskan kepada aspek kapal dan manusia
-“Safey of the cargo itself”: keselamatan muatan itu sendiri
teerdiri dari the cargo stow (pemadatan muatan), During the voyage (selama
pelayaran), dan check list (daftar pengecekan)
Sehingga dapat disimpulkan bahwa prinsip2 yg penting berada
dalam wilayah tanggung jawab shipper dan carrier, di mana muatan itu berada
dintangan pengangkut relative lebih lama dgn resiko yg lebih besar, baik
pengaruh kondisi internal kapal maupun eksternal kapal seperti cuaca, ombak,
perairan dll.
Sebuah kapal LOG Carrier dgn 2
plaka akan memuat kayu gelondongan sebagai berikut
a.4000 T kayu Magrove yg kulitnya
mengandung bahan beracun dan bersifat FLOATER
b.1000 T kayu maghoni yg sangat
berat dan bersifat SINKER
jelaskan bagaiaman cara
penanganannya dan pengaturan kedua muatan tsb
jawab
-cara penanganan kayu mangrove yang kulitnya mengandung
bahan beracun adalah dengan cara difumigasi dgn menggunakan H2S
(Sulphur/Belerang), HCN (Hydrogen/Yanide)
-cara pengaturan muatan: Kayu maghoni yg sangat berat dan
bersifat sinker di muat lebih dulu di dalam palka setelah itu baru kayu
mangrove yg bersifat floater di muat
kedalam palka di atas kayu maghoni.
Terangkan persiapan2 yg harus
dilakukan untuk memuat barang berat (heavilift cargo) menggunakan boom berat
kapal sehubungan dengan:
a.Perhitungan senget kapal yg
mungkin terjadi pada waktu muatan terangkat dari dermaga
b.perhitungan stabilitas kapal (GM,
TRIM dan Deck Load capacity)
c.Persiapan Dunnage (ganjal) serta
perhitungan SWL batang pemuat
jawab
1.Gunakan sling uatan yg berkekuata putus (Breaking streght)
sesuai dgn berat muatan
2.SWL batang pmuat hars sesuai termasuk shackle, block,
cargo runners dan hook
3.Deck Load Capacity tiak trlampui, termasuk pemasangan
dunnage dan lashing
4.menjaga stabilitas kapal
jika terjadi kerusakan muatan
dan harus dicatat dalam B/L sering terjadi hal berikut “Master are some times
urged to sign clean bills of lading against a letter of indemnity, the golden
rule is that master must never accept such letter of indemnity as the courts
have regarded this practice as collution between the shipper and the carrier to defraud the consignee”
Terangkan bagaimana seorang nakhoda
mengatasi hal ini
Jawab
Nahkoda harus membuat Note
of Protest sebagai bentuk perlindungan
terhadap carrier dan sebagai bukti
dengan mencantumkan mate’s receipt dan
letter of indemnity dari shipper.
Terangkan
bagaimana cara mengurangi terjadinya resiko:
a.Free
surface Effect di kapal bulk
jawab
Dgn melakukan trimming pada setiap palka, karena untuk
menghindari terjadinya pergeseran muatan maka akan terjadi free surface
permukaan muatan sehingga akan beresiko GM akan mengecil dan kapal akan miring
pada sisi pergeseran muatan maka akan menimbulkan bahaya.
b.Hogging
and Sagging pada penataan muatan
jawab
Dalam melakukan pemuatan harus
sesuai dgn rencana pemuatan yg telah di buat dan telah di setujui oleh shipper
(diwakili oleh surveyor atau loading master) dan pihak kapal. Dimana penataan
muatan di atur sedemikian sehingga tidak menimbulkan hogging dan sagging.
c.Tekanan
yg besar digeladak atau di atas tutup palka dari muatan berat (Heavy lift
cargo)
jawab:
-berikan penyangga
-di beri dunnage/papan pengalas
agar beban muatan di bagi keseluruh bidang geladak
-muatan di lashing
Sebuah kapal container mempunyai
carrying capacity 1050 TEUS. Pada bulan desember akan berlayar dari tanjung
priok – Belawan menuju Amsterdam via terusan Suez. Berangkat dari tanjung priok
sudah ada muatan 820TEUS dan FO 200 ton dan FW 120 ton dan sarat rata2 68dm.
Dik: Tg.priok – Belawan 2 hari,
Belawan – Suez 14 hari, Selama di Suez ½ hari dan Suez – Amsteerdam 9 hari (6
hari didaerah Summer, dan 3 hari di daerah winter) di laut DCFO = 25 ton, sedangkan
di pelabuhan = 5 ton. Sedangkan DCFW = 15 ton dilat dan dipelabuhan. Dan akan
memuat container lagi di Belawan selama 2 hari. 1TEU container dianggap
memiliki MGW (Maximum Gross Weight) = 20 ton, Summer Draft = 82 dm, TPC = 20
ton, Setiba di Ijmuiden Amserdam di harapkan masih sisa FO dan FW untuk 3 hari.
Ditanyakan:
a.Hitung berapa TEUS container
dapat di muat lagi dibelawan
b.Apakah remaining capacity
container dapat terisi penuh, jelaskan
c.Berapa FO dan FW harus di isi
Belawan
jawab
Tg.Priok
Penyelasaian:
S.DWT = 1050 TEUS x 20 ton/cont = 21 000 ton
T/W Corr = 1/48 x 680 x 20 ton = 283
S.DWT = 21 000
ton S.DWT = 21 000 ton
T.Corr = 283 ton W.Corr = 283 ton
T.DWT = 21 283 ton W.DWT = 20 717 ton
C.FO dan FW di isi di belawan:
- konsumsi:
|
Fuel Oil
|
Fresh Water
|
||
Arr.Amstedam
|
3 hari x 5 ton
|
15ton
|
3 hari x 15 ton
|
45 ton
|
Amsrdam – ttk X
|
3 hari x 25 ton
|
75 ton
|
3 hari x 15 ton
|
45 ton
|
Titik X - Suez
|
6 hari x 25 ton
|
150 ton
|
6 hari x 15 ton
|
90 ton
|
Suez
|
½ hari x 5 ton
|
2.5 ton
|
½ hari x 15 ton
|
7.5 ton
|
Suez - Belawan
|
14 hari x 25 ton
|
350 ton
|
14 hari x 15 ton
|
210 ton
|
Selama di belawan
|
2 hari x 5 ton
|
10 ton
|
2 hari x 15 ton
|
30 ton
|
Belawan – Tg.Priok
|
2 hari x 25 ton
|
50 ton
|
2 hari x 15 ton
|
30 ton
|
TOTAL
|
652.5 ton
|
|
457.5 ton
|
Total consumsi FO =
652.5 ton
FO dep. Tg Priok = 200
ton
FO di isi di belawan =
452.5 ton
Total consumsi FW
= 457.5 ton
FW dep. Tg priok = 120 ton
FW di isi di belawan =
337.5 ton
Jadi total bunker di belawan:
FO = 452.5 TON
dan FW = 337.5 TON
b.Container yg dapat dimuat di Belawan :
W. DWT = 20 717 ton (ttk X merupakan W.DWT)
FO dep.belawan (sesudah bunker) = 592.5 ton
Pemakaian FO Belawan – ttk
X =
502.5 ton
Sisa = 90 ton
FW dep.belawan (sesudah bunker) = 397.5ton
Pemakaian FW Belawan – ttk
X = 307.5 ton
Sisa = 90 ton
Bobot muatan = 20 717 ton – (90 ton + 90 ton)
= 20 537 ton
Jumlah container berangkat dari belawan =
20 537 ton = 1027 TEUS
20 ton
Container dari Tg.priok = 820 TEUS
Container yg dimuat di belawan:
1027 TEUS – 820 TEUS = 207 TEUS
Jadi jumlah container yg dimuat di belawan = 207 TEUS
b.Remaining capacity container:
Carrying capacity = 1050 TEUS
Jumlah container dep.belawan =
1027 TEUS
Container tidak dapat di muat = 23 TEUS
Jadi remaining capacity container tidak dapat terisi penuh.
Pada bulan desember sebuah kapal
VLCC degan summer DWT = 218 344 ton, LOA = 327 m akan mengangkut minyak mentah
dari Persian Gulf ke Tokyo Jepang
melalui laut Banda dgn lama pelayaran 15 hari di daerah Tropis, 6 hari di
daerah Summer, dan 4 hari di daerah Winter. Data2 kapal: Sarat rata2 sebelum
muat = 4.00 m, Summer draft = 19.507 m, TPC rata2 = 150 ton, DCFO = 125 ton,
da, DCFW = 50 ton. Total cargo tank capacity = 265 136.1 m3 terdiri dari center
tanks = 146 563.5 m3 dan wing/slop tanks = 122 572.6 m3. Setibanya di Tokyo
disyaratkan masih tersisa FO dan FW untuk 3 hari. Hitung:
a.Berapa ton minyak mentah yg dpt
diangkut sesuai dgn sarat yg diizinkan (Bj minyak = 0.96)
b.Berapa % total volume tanki yang
dapat di isi minyak mentah tsb.
Jawab
Persian Gulf
Penyelasaian:
Summer DWT = 218 344
ton
Summer drat = 19.507 m = 1950.7 cm
S – W corr = 1/48 x 1950.7 = 40.6 cm
Winter draft = 1950.7 – 40.6 cm = 1910.1 cm
Konsumsi dari Pesrsian ke titik X :
FO = 21 hari x 125 ton = 2 625 ton
FW = 21 hari x 50 ton = 1 050 ton
Total = 3 675 ton
Sinkage = 3675 ton / 150 ton = 24.5 cm
Draft Dep.persian = 1910.1 cm + 24.5 cm = 1 934.6 cm
Draft sebelum muat =
400 cm
Selisih = 1 534.6 cm
Bobot = 1534.6 cm x 150 ton = 230 190
ton
Total konsumsi FO = (15+6+4+3) x 125 ton= 3500
ton
Total konsumsi FW=(15+6+4+3) x
50 ton = 1400 ton
Bobot muatan = 225.290 ton
Jadi Crude Oil g dapat dimuat sesuai dgn sarat yg diizinkan
(Bj minyak = 0.96):
225 290 ton x 0.96 = 216278.4 ton
b.Total voume tanki yg dpt
di isi :
216 278.4 ton
x 100% = 81.6%
265 136.1 ton
Sebuah kapal cargo mempunyai
geladak antara yg masih kosong brukuran 21.35 m x 13.7 m x 3.7 m akan di penuhi
dgn aman oleh muatan:
a.Kuningan SF = 0.5 BS = 5% freight
= US$ 52.5 perweight ton
b.Melamin SF = 0.7 BS = 2.5%
freight = US$ 50 perwight ton
c.Fine cotton SF = 2 BS = 2.5%
freight = US$ 55 perwght ton
Hitung:
a.Berat dan tinggi masing2
muatan (DLC tidak diketahui)
b.Total freight
jawab
Dihitung nilai density masing masing:
Kuningan SF : 0.5
density :1/0.5:2
Melamin SF : 0.7
Density : 1/0.7: 1,43
Cotton SF : 2 Density : 1/2: 0.5
Muatan mulai yg terkecil
D cotton : Da: 0.5
D melamin : Db: 1.43
Dkuningan : Dc: 2
Nilai DLC : H/1.4 ( Karena DLC tdk Diketahui)
: 3.7/1.4
: 2.64
ton/M2 ( Nilai 1.4 adalah std SF)
Measurement ton dihitung 40 Cuft : 1.143 cbm
HC : C-(h x da) = 2.64 – ( 3.7 X 0.5 )
(dC +dB) ( 2-1.43) + (2-0.5)
: 2.64 –
1.85 = 0.79 = 0.38 M
0.57 + 1.5
Sisa tinggi palkah = 3.7 M – 0.38 m = 3.32 M
DLC terpakai muatan C = 0.38 x DC
= 0.38 x 2 = 0.76 T/M2
Sisa DLC = 2.64T – 0.76 T = 1.88 T
HB =sisa
DLC –( sisa tinggi x DA)
DB-DA
=1.88-( 3.2x0.5)
1.43-0.5
=1,88-1.66 = 0.24M
0.93
Sisa tinggi muatan A= 3.7-0.38-0.24= 3.08M
a.Berat muatan
A(cotton)= 21.35x13.7x3.08x0.975=768.5T
1.143
Freight =768.5xUS$55=US$42.268
b.berat muatan B(melamin) =
21.35x13.7x0.24x0.975 =97.8T
0.7
Freight =97.8xUS$50=US$4.890
c.berat muatan C(kuningan)=21.35x13.7x0.38x0.95=211.2T
0.5
Freight =211.2xUS$52.5 =US$11.088
Pada bulan desember sebuah kapal
Bulk carrier dgn kapasitas memiliki grain capacity:
# 1 = 2 919 m3, # 2 = 3 577 m3, # 3
= 3 607 m3, # 4 = 3 607m3, # 5 = 3 603 m3,
# 6 = 3 539 m3.
Akan memuat jagung curah SF = 1.4
dari makasar ke Osaka jepang dgn lama perjalanan 4 hari di daerah tropic, 4
hari di daerah summer, dan 2 hari didaerah winter. Diketahui LOA = 159.4 m
sarat rata2 sebelum muat di makasar = 4.0 m dgn FO = 200 ton, dan FW = 150 ton.
DCFO di laut = 25 ton dan dipelabuhan = 10 ton. Sedangkan DCFW di laut dan
dipelabuhan = 20 ton. Waktu muat 4 hari di pelabuhan makasar dan setibanya di
Osaka diminta masih ada sisa FO dan FW untuk 3 hari.
Summer DWT = 16 546 ton, summer
draft = 8.98 m, TPC pada S draft = 27.6 ton. Hitung:
a.Berapa ton jagung yg dapa dimuat
b.Apakah total capacity 6 palka tsb
dapa dipenuhi! Jelaskan
c.berapa ton FO dan FW harus diisi
secukupnya di makasar
jawab
Makasar
(4 hari)
Summer DWT = 16546 ton
T/W corr = 1/48 x 898 x 27.6 ton = 516.35 ton
S.DWT = 16 546 ton S.DWT = 16 546 ton
T.Corr =
516.35 ton W.Corr = 516.35 ton
T.DWT = 17 062.35
ton W.DWT = 16 029.65 ton
c.FO dan FW yg di isi di makasar:
|
Fuel Oil
|
Fresh Water
|
||
Arr.Osaka
|
3 hari x 10 ton
|
30 ton
|
3 hari x 20 ton
|
60 ton
|
Osaka – ttk X
|
2 hari x 25 ton
|
50 ton
|
2 hari x 20 ton
|
40 ton
|
Titik X - Makasar
|
8 hari x 25 ton
|
200 ton
|
8 hari x 20 ton
|
160 ton
|
Makasar
|
4 hari x 10 ton
|
40 ton
|
4 hari x 20 ton
|
80 ton
|
TOTAL
|
320 ton
|
|
340 ton
|
Total consumsi FO = 320 ton
FO sebelum muat di makasar = 200
ton
FO di isi di makasar = 120 ton
Total consumsi FW
= 340 ton
FW sebelum muat di makasar = 150
ton
FW di isi di makasar = 190 ton
Jadi total bunker di belawan:
FO = 120 TON
dan FW = 190 TON
a.Jumlah jagung g dapat di muat di makasar:
S.draft = 8.98 m = 898 cm
S/W corr= 1/48 x 898 = 18.71 cm
W draft = 898 – 18.71 = 880.29 cm
Konsumsi FO & FW dari titik X – Makasar :
FO: (8 hari x 25) + (4hari x 10) = 240 ton
FW: 12 hari x 20 ton = 240 ton
Jumlah =
480 ton
Summer draft =
27.6 ton
17.4 cm
Draft se sudah muat:
880.29 + 17.4 = 89.7 cm
Draft sebelum muat: = 400 cm
Selisih draft = 497.7 cm
Bobot yang bisa di tambah: 497.7cm x 27.6 ton =13 736.5 ton
Total bunker di makasar FO&FW = 480 ton
Berat muatan = 13 256.5 ton
Volume muatan jagung (SF=1.4) = 13 256.5 x 1.4
=
18 559.1m3
Jadi muatan jagung yg dapat di muat adalah 18 559.1m3
b.capasitas 6 palka :
Grain Capacity 6 # =
20 852 m3
Muatan jagung = 18 559.1 m3
Selish = 2 292.9 m3
BS = 2 292.9 m3 x
100%
20 852 m3
= 11%
Sebuah kapal container mmpunyai
carrying capacity = 960 TEUS pada bulan desember akan berlayar dari tanjung
priok gn sarat rata2 = 70 dm, membawa muatan container 700 TEUS dan dikapal
sudah ada FO = 200 ton, FW = 150 ton. Pelayaran Tg.Priok – Singapore = 1 hari,
Singapore – los Angles melalui North Pacific Ocean selama 17 hari. (3 hari di daerah
tropic, dan 10 hari di daerah summer dan sisanya di daerah winter). Diketahui :
Summer draft = 96 dm, DCFO = 25 ton di laut dan 5 ton dipelabuhan, DCFW di laut
dan dpelabuhan = 12 ton. Pemakaian FO dan FW selama disingapore diabaikan,
sedagkan tiba di LosAngles masih harus tersisa FO dan FW unttuk 3 hari. 1 TEUS
container mempunyai MGW = 20 ton.
Ditanyakan:
a.Berapa teus container dapat
dimuat lagi di Singapore
b.Apakah remaining capacity
container dapat terisi penuh. Jelaskan
c.Berapa FO dan FW harus di isi di
Singapore
jawab
Tg.Priok
Penyelasaian:
S.DWT = 960TEUS x 20 ton/cont = 19 200 ton
T/W Corr = 1/48 x 960 x 26 ton = 520 ton
S.DWT = 19 200
ton S.DWT = 19 200 ton
T.Corr =
520 ton W.Corr =
520 ton
T.DWT = 19 720 ton W.DWT = 18 680 ton
C.FO dan FW di isi di belawan:
Konsumsi:
|
Fuel Oil
|
Fresh Water
|
||
Arr.Los Angles
|
3 hari x 5 ton
|
15ton
|
3 hari x 12 ton
|
36 ton
|
Los Angles – ttk X
|
4 hari x 25 ton
|
100 ton
|
4 hari x 12 ton
|
48 ton
|
Titik X – Singapore
|
13 hari x 25 ton
|
325 ton
|
13 hari x 12 ton
|
156 ton
|
Singapore – Tg. Priok
|
1 hari x 25 ton
|
25 ton
|
1 hari x 12 ton
|
12 ton
|
TOTAL
|
465 ton
|
|
252 ton
|
|
Rob arr. Tg priok
|
200 ton
|
|
150 ton
|
|
Selisih
|
265 ton
|
|
102 ton
|
Jadi jumlah bunker di Singapore :
FO = 265 ton FW
= 102 ton
a.jumlah container yg dapat di muat di Singapore:
W. DWT = 18 680 ton (ttk X merupakan W.DWT)
FO dep.Singapore =
440 ton
Pemakaian FO Singapore – ttk
X =
325 ton
Sisa FO di titik X
=
115 ton
FW dep.Singapore
= 400 ton
Pemakaian FW Singapore – ttk
X = 260 ton
Sisa = 140 ton
Bobot muatan = 18 680
ton – (115 ton + 140 ton)
= 18 425 ton
Jumlah container berangkat dari Singapore =
18 425 ton = 921 TEUS
20 ton
Container dari Tg.priok
= 700 TEUS
Container yg dimuat di Singapore:
921 TEUS – 700 TEUS = 221 TEUS
Jadi jumlah container yg dimuat di belawan = 221 TEUS
b.Remaining capacity container:
Carrying capacity =
960 TEUS
Jumlah container dep.Singapore = 921 TEUS
Container tidak dapat di muat = 39 TEUS
Jadi remaining capacity container tidak dapat terisi penuh.
Sebuah kapal barang memiliki 4
tangki tinggi (Deep tanks) dgn kapasitas sbb:
Deep tank palka III kanan = 960 cbm
dan kiri = 960 cbm. Deep tank palka IV kanan = 1112 cbm dan kiri = 1112 cbm.
Tinggi deep tank palka III 10.52m dan deep tank palka IV = 11.44 m. kapal akan
memuat Latex (2045 ton) Bj= 0.92 dan Crude Palm Oil (Bj= 0.84) dgn suhu muat 350C
dan suhu bongkar nanti di eropa = 550C pemuaian diperhitungkan 0.1%
setiap 10 sedangkan latex Ullagenya = nol. Dan tdk pelu di panaskan.
Hitung:
a.Ditangki manakah akan di muat
Latex dan Palm Oil
b.Berapa ton Palm Oil dapat dimuat
c.Berrapa Ullage muatan Palm Oil di
masing2 tanki pada waktu muat
Jawab
a.Latex dan palm Oil akan di muat pada tangki:
Jumlah muatan LATEX = 2045 ton
muatan latex tiap tanki = 2045 ton / 2 = 1022.5 ton
Bj Latex = 0.92 maka:
untuk tangki palka III kanan = 960 cbm x 0.92 =883.2ton
untuk tangkipalka IV kanan = 1112cbm x 0.92=1023.0ton
Jadi muatan Latex dapat dimuat pada tangki palka IV dan
crude Palm Oila di muat pada tangki palka III
b.Jumlah Palm Oil yg dapat dimuat pada tanki palka III:
Deep tangki palka III volume tangki = 960 cbm
Misalkan volume palm oil = X, maka:
Volume ullage = (55-35) x 01% x X
= 20 x 0.1% x X
= 0.02X cbm
Volume tangki = Volume minyak + Volume Ullage
960 = X
+ 0.02X
960 = 1.02X
X = 960/1.02 = 941 cbm
Volume Ullage = 960 – 941 = 19 cbm
Jadi Tinggi Ullage = 19/960 x 10.52m = 0.2 m = 20 cm
b. Jumlah Palm Oil yg dapat dimuat:
941 cbm x 0.84 = 790.4 ton (untuk 1 tanki)
Jadi jmlah Palm oil yg di muat pada tangki palka III:
790.4 ton x 2 tanki = 1580.8 ton
Pada bulan desember sebuah kapal
container mempunyai carrying capacity = 1224 TEUS berangkat dari pelabuhan
TG.priok ke Keelung dgn sarat rata2 = 68.0 dm. di kapal sudah ada muatan
container sebanyak 1020 TEUS Tujuan Los Angles FO= 300 on dan FW = 200 ton.
Pelayaran Tg.Priok – keelung 3 hari di daerah tropic dan 1 hari di daerah
summer, sedangkan dari kelung – LosAngles
3 hari di summer, dan 9 hari di winter. Kapal akan berada di keelung
selama 2 hari untuk muat container tujuan los angles di minta masih tersedia
persediaan FO dan FW selama 3 hari.
Di ketahui:
a.Brapa TEUS konainer bisa dimuat
lagi di keelung
b.Berapa ton FO dan FW harus di isi
dikeelung
c.Apakah container carryng capacity
terpenuhi. Jelaskan
jawab
Tropic Tg.Priok
C.FO dan FW di isi di Keelung:
Konsumsi:
|
Fuel Oil
|
Fresh Water
|
||
Arr.Los Angles
|
3 hari x 10 ton
|
30ton
|
3 hari x 20 ton
|
60 ton
|
Los Angles – ttk X
|
9 hari x 32 ton
|
288 ton
|
9 hari x 20 ton
|
180 ton
|
Titik X – Keelung
|
3 hari x 32 ton
|
96 ton
|
3 hari x 20 ton
|
60 ton
|
Keelu ng port
|
2 hari x 10 ton
|
20 ton
|
2 hari x 20 ton
|
40 ton
|
Keelung – Tg. Priok
|
4 hari x 32 ton
|
128 ton
|
4 hari x 20 ton
|
80 ton
|
TOTAL
|
562 ton
|
|
420 ton
|
|
Rob arr. Tg priok
|
300 ton
|
|
200 ton
|
|
Selisih
|
262 ton
|
|
220 ton
|
Jadi jumlah bunker di keelung :
FO = 262 ton FW
= 220 ton
a.jumlah container yg dapat di muat di Singapore:
W. DWT = 24 040 ton (ttk X merupakan W.DWT)
FO dep.Keelung =
414 ton
Pemakaian FO Keelung – ttk
X = 96 ton
Sisa FO di titik X
= 318 ton
FW dep.Keelung
= 300 ton
Pemakaian FW Keelung – ttk
X = 60
ton
Sisa = 240 ton
Bobot muatan = 24 040
ton – (318 ton + 240 ton)
= 23 482 ton
Jumlah container berangkat dari Keelung =
23 482 ton = 1174 TEUS
20 ton
Container dari Tg.priok
= 1020 TEUS
Container yg dimuat di Keelung:
1174 TEUS – 1020 TEUS = 154 TEUS
Jadi jumlah container yg dimuat di belawan = 154 TEUS
b.Remaining capacity container:
Carrying capacity =
1224 TEUS
Jumlah container dep.Singapore = 1174 TEUS
Container tidak dapat di muat = 50 TEUS
Jadi remaining capacity container tidak dapat terisi penuh.
Sebuah kapal memiliki
berat benaman 10000T, GM = 1m dalam keadaan miring 80 ke kanan. Akan
memuat beras sebanyak 500 ton ditempatkan 10 m dikiri bidang simetris dan
sisanya 10 m di kanan bidang simetris kapal .Hitung pembagian muatan dikanan
dan di kiri bidang simetris agar kapal tegak? (tg 80 = 0,141)
Jawab
GG1 =GM x Tg 8
= 1 x
0.141
= 0.141
W
|
C.L
|
MoP
|
MoS
|
10000
|
0.141
|
|
1410
|
X
|
10
|
|
10 X
|
500 - X
|
10
|
5000 – 10 X
|
|
total
|
5000 – 10 X
|
1410 + 10 X
|
Agar kapal tegak maka:
MoP = MoS
5000 – 10X = 1410 +
10X
5000 – 1410 = 10X + 10X
20X = 3590
X = 3590 / 20
X = 179.5 ton
Jadi muatan di kanan = 179.5 ton
Muatan di
kiri =
500 – 179.5 = 320.5 ton.
Jika ada waktu silahkan mamprir ke https://www.alvinburhani.net/menghitung-stabilitas-tongkang/
BalasHapus