01.
Ketika kapal mengolah gerak di URGA SUIDO untuk mengambil pandu, komunikasi VHF
pandu mengatakan “ WE ARE COMING UP TO YOU, PLEASE RIG YOUR PILOT LADDER ON LEE
SIDE ONE METER ABOVE THE WATER
a. jelaskan apa maksudnya komunikasi ini
Jawab :
a. kami menuju kepada anda, silakan pasang
tangga pandu dibawah sisi angin satu meter diatas air
b. tindakan apa yang harus dilakuakn nakhoda
Jawab :
Nakhoda memerintahkan mualim jaga dan ABK
untuk memasang tangga pandu diatas satu meter diatas air dengan segala
kelengkapannya (life bouy dgn safety line,dan life bouy light) dan kapal diolah
gerak sampai dengan didapat sisi yang terlindung dibawah angin
02. Waktu kapal maju dan kemudi disimpangkan kekanan dan
kekiri kpl akan miring kearah yang berlawanan
a. Tunjukan dengan gambar gaya yang terjadi ketika kemudi
disimpangkan ke kanan / kiri
jawab :
b.
jelaskan hubungan dengan “ heel due to turning” dalam stabilitas kapal
jawab:
bila terjadi kemiringan kapal pada waktu
berputar pada stabilitas positip maka titik G kapal berpindah kearah miring kapal
tersebut, sehingga terjadi moment penegak yang dapat menegakkan kapal ke posisi semula.
03. terangkan arti istilah olah gerak berikut ini :
a.
Critical RPM
jawab :
Critical RPM adalah suatu batas dimana putaran mesin
kapal tidak boleh berada di putaran critis tersebut karena dapat mengakibatkan getaran yang cukup
besar pada mesin yang dapat mengakibatkan mesin induk tersebut rusak.Sehingga putaran yg
baik hrs berada di atas atau di bawah putaran kritis tsb.
b.
Apparent Slip
jawab :
perbedaan antara
kecepatan dari arus air yg ditimbulkan oleh baling2 dan kecepatan kpl,
sehubungan dgn titik tetap air
c.
Controllable Pitch Propeller
Jawab :
Daun baling-baling yang dapat diubah-ubah kedudukannya
(jadi seperti baling-baling pesawat terbang). Tetapi arah putarannya tetap saja. Jika mau
mundur hanya mengubah daun baling-baling.
04. sebuah
kapal akan sandar kiri di dermaga, sementara terdapat kapal-kapal lain di dermaga itu,
seperti tampak pada gambar
1. kapal
meluncur ikut arus dengan laju minimal dengan mesin sudah stop
2. lego
jangkar kanan dibantu mundur secukupnya dan tahan ± 2 Ф diair sesuaikan dengan
kedalaman air dipelabuhan
3. kapal berputar oleh arus,dan diam lalu jangkar di hibob
lagi s/d naik
4. kapal sandar kiri melawan arus, membentuk sudut dengan
dermaga; mesin mundur secukupnya, kapal sejajar dermaga dan diam, kirim tali / tros
kedarat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar