1. OPEN MOOR : sistim berlabuh dengan 2 (dua) jangkar haluan, dimana
arus dan angin satu arah dan sangat kuat.
Alasannya
:
-
bila arus dari arah yang tertentu dan
tidak dapat berubah.
Kerugiannya
:
-
kemungkinan besar kapal lain akan
tersangkut rantainya
-
olah gerak susah
-
waktu berangkat lama.
Gambar
:
2.
Uraikan OG yang digunakan untuk
menyelamatkan " Orang jatuh ke laut
dengan cara “Scharnow Turn “ sebutkan syarat-syarat yang harus dipenuhi pada cara tersebut
(dengan gambar)
Jawab:
Misalnya
kita sedang berhaluan utara. Kalau ada orang jatuh kelaut disisi kanan. Kemudi
cikar kanan. Setelah haluan berubah 240˚dari haluan semula, kiri cikar. Pada
saat kapal berhenti berputar dan kapal mulai berputar ke kiri, lihat haluannya
umpamanya 270˚ artinya 30˚ angle
Setelah
haluan berlawanan dengan haluan +30˚ = ± 210º (180 + 30), kanan cikar saat kapal
stop bergerak lalu melakukan olah gerak untuk menolong korban yang jatuh ke laut.
3.
Sebuah kapal yang sedang sandar pada dermaga A, bermaksud utk dipindahkan sandar
kanan di B.
Jelaskan
tahap-tahap pelaksanaan olah geraknya.
Jawab :
Jawab :
1. Bila
tidak ada bantuan tunda dan kapal dianggap sandar kiri.
2. Buka
buritan dengan spring depan, lalu mundur setengah / penuh sesuai kebutuhan.
3. Oleh pengaruh mesin mundur dan pukulan arus
diburitan kanan, maka kapal mendapatkan posisi 3
4.
Stop mesin maju pelan dan sandar kanan sejajar dermaga, mesin mundur, stop
haluan kekanan kirim tali.
4. Apabila
gejala-gejala yang timbul bagi kapal yang berlayar tidak tepat pada suatu alur yang sempit dan
dangkal, hukum apakah yang menimbulkan gejala-gejala tersebut dan apa inti dari hukum tersebut serta bagaimana cara-cara untuk mengatasi gejala-gejala yang dimaksud ?
Jawab
:
-
Timbul gejala Bank Effect dr hukum Bernoulli, inti hukum
Bernoulli
, media mengalir melalui pipa dan mengalami penyengetan, maka tekanan &
kecepatan bertambah.
ara mengatasinya :
Bila
menyusul sisi kanan lalu
Buritan
kanan terhisap ketepi
Sehingga haluan kekiri maka
1.Kemudi
cikar kanan
2.Mesin
tambah kekuatannya
3.Bila
perlu jangkar kiri letgo 1.5 x kedalaman air
5.
Jelaskan persiapan peralatan serta tahap-tahap pelaksanaan olah gerak kapal untuk menaikkan
seorang pilot (pandu) pada malam hari, secara (dengan gambar)
Jawab
:
1. Nyalakan
lampu pandu.
2. Nyalakan
lampu deck & lampu sorot kelokasi tangga.
3. Siapkan
tangga pandu dengan jarak dari air sesuai permintaan pandu.
4. Dengan
combination ladder jika kapal free board ≥ 9mtr
5. Siapkan
pelampung dengan safety lamp , safety line.
6. Perwira
jaga jemput pandu dilengkapi handy talky.
.
-
Kapal bergerak dengan kecepatan aman sesuai dengan permintaan pandu
-
kapal bergerak ke titik “Pilot boarding point”.
- Kapal diarahkan untuk menempatkan boat pandu dibawah angin sesuai arahan pandu dengan hati-hati terhadp traffic
di sekitarnya.
-
Kapal siap terima pandu dengan selamat dengan seorang perwira siap di tangga pandu
siap memberi bantuan & pertolongan yang dibutuhkan dan lakukan komunikasi
keanjungan (ke nakhoda).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar