Senin, 23 Oktober 2017

contoh soal ekonomi pelayaran

Contoh Soal Ekonomi Pelayaran
1.
Uraikan maksud dari Biaya Tetap dan Biaya Variabel dan berikan contohnya
Jawab :

  1. Biaya Tetap yaitu :
     Biaya yang dikeluarkan dalam suatu periode dalam jumlah yang tetap adalah biaya yang tidak terpengaruh dengan pengoprasian kpl/ tdk berubah2 walaupun brg yg diambil berubah
    Contohnya : Gaji ABK, Biaya Bahan Bakar, Biaya Air Tawar, Biaya Permakanan, Biaya Asuransi, Biaya penyusutan, Biaya agent, Biaya administrasi, Biaya ATK, Biaya pakaian seragam ABK, dan lain - lain.

  1. Biaya Variabel yaitu :
Biaya yang berubah - ubah sehubungan dengan pengopersian kapal/ dikeluarkan berdasarkan produksi atau volume
Contohnya : Biaya perawatan kapal, biaya persediaan suku cadang, biaya pelabuhan dan stevedoring, biaya pengobatan, biaya survey / konsultan, biaya supervise perawatan, biaya perjalanan, biaya administrasi berdasarkan jumlah muatan bongkar muat dan lain-lain.

2.
Uraikan maksud dari BOL dan BOTL dan berikan contoh2nya :
Jawab :
  1. BOL ( Biaya Operasi Langsung) ialah :
Biaya-biaya yg ditanggung langsung oleh kapal.
Contohnya : Biaya bahan bakar, pelumas, air tawar, Biaya perbekalan / permakanan, Biaya perawatan, Gaji , honor, biaya asuransi & biaya penyusutan, biaya survey dan supervise kapal yang bersangkutan.

  1. BOTL ( Biaya Operasi Tdk Langsung ) ialah :
Biaya - biaya perusahaan juga masuk dalam tanggungan kapal adalah biaya yang dibebankan oleh  kapal.
Contohnya : Biaya pelabuhan termasuk biaya bongkar muat, biaya keagenan / perwakilan perusahaan, pajak, Biaya charter, biaya kesehatan, biaya pendapatan, dana pensiun

3.
Perusahaan pelayaran meminjam uang sebesar Rp. 150 M untuk pembayaran kapal dan akan dikembalikan dalam tempo 20 tahun. Pendapatan perusahaan setiap tahun Rp. 15 M dan pajak 20%.
Ditanyakan Pay Back Time

Jawab :
-          Dana                              = Rp. 150,0 M
-          Pendapatan/thn          = Rp.   15,0 M
-          Penyusutan 150/20     = Rp.     7,5 M
-          Pendapatan kotor        = Rp.     7,5 M
-          Pajak 20%                     = Rp.     1,5 M
-          Pendapatan bersih       = Rp.      6,0 M


     
      Pay back time =       150      = 11,1 dibulatkan 12 tahun
                                     ( 7,5 + 6 )

      Maka Full Profit = 20 – 12 = 8 tahun.


4.



Adapun Tugasnya adalah sebagai berikut :

  1. Pemegang saham atau pemilik kapal
  2. Direktur Utama (Dirut) sebagai Pimpinan Perusahaan dan bertanggung jawab kepada pemegang saham
  3. Direktur Usaha (Dir-Usaha) berfungsi sebagai pimpinan pemasaran dan operasi armada dan bertugas mencari muatan dan merencakan schedule kapal-kapal
  4. Direktur Armada (Dir-Armada) berfungsi menyediakan armada dan bertugas memelihara armada untuk siap operasi.
  5. Direktur Keuangan (Dir-Keu) berfungsi mengatur keuangan perusahaan kedalam dan keluar perusahaan dan bertugas mengurus uang masuk dan uang keluar serta mebuat anggaran perusahaan sehingga setiap orang dalam perusahaan mengikuti anggaran perusahaan.
  6. Direktur Umum dan Personalia (Dir-Pum) bertugas mengurus urusan umum dan personalia perusahaan dan bertugas mengendalikan hal-hal yang umum seperti administrasi.
  7. Sekretaris, bertugas mengurus administrasi Direksi dan bertugas mengatur acara-acara Direksi terutama Dirt.
  8. Satuan Pengawas Intern (SPI), bertugas mengendalikan aktifitas ditiap-tiap Direktorat dan bertugas memeriksa dan mengawasi aktivitas tiap-tiap Direktorat yang disesuaikan dengan anggaran perusahaan, apabila terjadi penyimpangan maka merupakan masalah yang diserahkan ke Dirut, dan disertai saran pemecahan masalah.
  9. Perencanaan dan Pengembangan (Rindang) bertugas membuat perencanaan perusahaan dan mengembangkan perusahaan.

-  Top Down sebagai arus informasi dari Top Management sampai dengan kebawah Lower Management dan Kewenangan dari Top Down yaitu  : memberikan peraturan, instruksi dan edaran yang disampaikan ke Middle management dan lower management

Bottop Down sebagai arus informasi dari Lower Management hingga keatas (Top Management)
Kewenangannya melaksanakan pekerjaan, membuat laporan pelaksanaan ke middle management dan middle management menganalisa dan melaporkan ke top management, membuat saran dan usulan ke top managament via middle management.

5.
Uraikan Pendapatan Nasional dari angkutan laut dan keringan apa saja yang dapat diberikan perusahaan pelayaran tersebut.

Jawab :
-          Pendapatan Nasional dari angkutan laut yaitu :
-          Alur pelayaran
-          Pendapatan kapal
-          Navigasi
-          Jasa pelayanan
-          Jasa Pandu dan jasa labuh

Keringan yang diperlukan oleh perusahaan pelayaran dari pemerintah yaitu :
      - Adanya subsidi dari pemerintah dan kemudahan dalam surat - surat. (Pajak, Bea        Cukai, Imigrasi dan Port pacility )

6.
Jelaskan maksud profit demand dan supply dan berikan contohnya
Jawab :

Demand adalah : Hukum permintaan. (makin murah harga maka volume makin tinggi adalah makin mahal harga maka volume makin rendah)

Faktor – faktor yang mempengaruhi Demand yaitu :
  1. Pertumbuhan penduduk
  2. Kebutuhan masyarakat
  3. Export / Import
  4. Pembangunan Nasional Industri dan Pertanian
  5. Pertumbuhan Ekonomi Nasional
  6. Kesejahteraan Penduduk

Supply adalah : Hukum penawaran (makin rendah dapat volume yg rendah a/ sebaliknya)
Faktor – factor yang mempengaruhi Supply yaitu :
  1. Kesedian Kapal
  2. Ekonomi Nasional / Perbankan
  3. Politik Nasional
  4. Ketahanan Nasional – Keamanan
  5. Jaminan





7.
Jelaskan maksud Liner Service dan Tramping Service dan terangkan keterikatan masing - masing
Jawab :

  1. Liner Service (pelayaran tetap) yaitu :
Pelayaran yang mempunyai route tetap dan teratur sehingga jadwal keberangkatan dan ketibaan dapat diketahui dan tariff angkutan dapat dibuat standart serta mempunyai syarat - syarat perjanjian angkutan yang tetap dan berlaku umum.
  1. Tramping Service (pelayaran tramping) yaitu :
Pelayaran bebas dan tidak terikat dengan norma - norma yang tetap.
Permainan tariff sangat berkopentensi dan usaha - usaha tramping dapat dijalankan dengan biaya - biaya rendah.

8.
Terangkan kewajiban dari Ship’s Owner dan Charterer
Kewajiban Ship’s Owner :
  1. Semua biaya operasional kapal
  2. Semua biaya Crew
Kewajiban Charterer
  1. Biaya bongkar / muat sesuai perjanjian dalam kontrak
  2. Biaya bahan bakar dan air tawar
9.
Diketahui kapal A,B dan C mempunyai data sebagai berikut :
Pendapatan A       = Rp.10,0M             B = Rp.12,0 M       C = 16,0M
Muatan A             = 20.000 Ton           B = 30.000 Ton      C = 40.000 Ton
Biaya Tetap A      = Rp.1,0 M              B = 2,0 M               C = Rp.1,0 M
Biaya Variabel A = Rp. 100.000/Ton   B = 200.000/Ton   C = 100.000/Ton
Ditanyakan :
a)      BEP A,B dan C
b)      Grafik A,B dan C

Jawab :

a)      BEP A, cari Freight = Pendapatan / Muatan = 10 M/20.000 = Rp. 500.000
Px = a + bx
500.000x = 1M + 100.000x
400.000x = 1M                                                                  
x = 2500 Ton
BEP dalam Ton       = 2500 Ton
BEP dalam Rupiah = 2.500 x Rp.500.000 =   Rp.1,25M  




                













b)      BEP B, cari Freight = Pendapatan / Muatan = 12 M/30.000 = Rp. 400.000
Px = a + bx
400.000x = 2M + 200.000x                                                   
200.000x = 2M







x = 10.000 Ton   
BEP dalam Ton      = 10.000 Ton                                             
BEP dalam Rupiah = 10.000 x Rp. 400.000    = Rp. 4 M








c)      BEP C, cari Freight = Pendapatan / Muatan = 16 M/40.000 = Rp. 400.000
Px = a + bx
400.000x = 1M + 100.000x
300.000x = 1M
x = 3.333,33 Ton
BEP dalam Ton      = 3.333,33 Ton
BEP dalam Rupiah = 3.333,33 x Rp. 400.000 = Rp.1.333.332.000




10.
Gambarkan organisasi perusahaan pelayaran dan uraikan tugas2 tiap Direksi

















Adapun Tugasnya adalah sebagai berikut :

  1. Pemegang saham atau pemilik kapal
  2. Direktur Utama (Dirut) sbg Pimpinan Perusahaan & bertanggung jawab kepada pemegang saham
  3. Direktur Usaha (Dir-Usaha) berfungsi sebagai pimpinan pemasaran & operasi armada & bertugas mencari muatan & merencakan schedule kapal2
  4. Direktur Armada (Dir-Armada) berfungsi menyediakan armada & bertugas memelihara armada untuk siap operasi.
  5. Direktur Keuangan (Dir-Keu) berfungsi mengatur keuangan perusahaan kedalam & keluar perusahaan & bertugas mengurus uang masuk dan uang keluar serta mebuat anggaran perusahaan sehingga setiap orang dlm perusahaan mengikuti anggaran perusahaan.
  6. Direktur Umum & Personalia ( Dir-Pum) bertugas mengurus urusan umum & personalia perusahaan & bertugas mengendalikan hal2 yg umum seperti administrasi.
  7. Sekretaris, bertugas mengurus administrasi Direksi & bertugas mengatur acara2 Direksi terutama Dirt.
  8. Satuan Pengawas Intern (SPI), bertugas mengendalikan aktifitas ditiap2 Direktorat & bertugas memeriksa & mengawasi aktivitas tiap2 Direktorat yg disesuaikan dgn anggaran perusahaan, apabila tjd penyimpangan maka merupakan masalah yg diserahkan ke Dirut , dan disertai saran pemecahan masalah.
  9. Perencanaan & Pengembangan (Rindang) bertugas membuat perencanaan perusahaan & mengembangkan perusahaan.

- Top Down sebagai arus informasi dari Top Mgt s/d kebawah Lower Mgt dan Kewenangan dari Top Down yaitu  : memberikan peraturan, instruksi & edaran yg disampaikan ke Middle management dan lower management

Bottop Down sebagai arus informasi dari Lower Mgt hingga ke atas (Top Mgt)
Kewenangannya melaksanakan pekerjaan, membuat laporan pelaksanaan ke middle mgt & middle mgt menganalisa & melaporkan ke top mgt, membuat saran & usulan ke top mgt via middle mgt.


11.
Susunlah anggaran 1 tahun yang dibagi dalam triwulan yang berbanding I= 20%, II= 25%, III= 25%, IV= 30%.
Data pertahun :
1. Pemasukan     Muatan      = Rp. 16M
                            Keagenan   = Rp.  6M
                            Charterer    = Rp.  8M

2. Pengeluaran   BOL            = Rp. 6M
                            BOTL         = Rp. 4M
                   Pengeluaran lain = Rp. 2M
3. Pajak = 20% pertahun
Ditanyakan : Laba bersih tiap Triwulan

Jawab :

U R A I A N
1 Tahun
Trw. I
20 %
Trw. II
25 %
Trw. III
25 %
Trw. IV
30 %
1) Pemasukan
a. Muatan
b. Keagenan
c. Charterer

16,0M
6,0M
8,0M

3,2M
1,2M
1,6M

4,0M
1,5M
2,0M

4,0M
1,5M
2,0M

4,8M
1,8M
2,4M
      Jumlah
30,0M
6,0M
7,5M
7,5M
9,0M
2) Pengeluaran
BOL
BOTL
Pengeluaran lain

6,0M
4,0M
2,0M




     Jumlah
12,0M





Laba Kotor
Pajak 20%

18,0M
3,6M




Laba Bersih
14,4M








Tidak ada komentar:

Posting Komentar