Freight : berat
muatan / weight ton, kubikasi muatan / measurement
ton, nilai muatan sepeti barang berharga, muatan berbahaya, muatan khusus berdasar
kompetensi, freight conference atas dasar kesepakatan beberapa negara (liner serv),
rate agreement atas dasar kesepakatan antara perushn pelayaran // perusahaan pelayaran,
nilai pelayanan, campur tangan pemerintah
FC:
gaji abk, bunker, fw, permakanan, asuransi, penyusutan, atk, agen, seragam abk,
adm kpl
VC:
perawatan kapal, persediaan suku cadang, pelabuhan, stevedoring, supervisi
perawatan, konsultasi, agen / perwakilan & adm berdasar muatan, pandu,
pengobatan, perjalanan, survey
BOL:
bunker, pelumas, fw, perbekalan selama operasi seperti permakanan, sparepart, gaji abk,
perawatan, docking, asuransi, penyusutan, seragam abk&atk, survey dan
supervisi
BOTL: pelabuhan, bongkar / muat,
agen / perwakilan, adm kantor, sewa peralatan & transport, pembebanan sebagian
gaji karyawan dan utang perusahaan, charter, kesehatan, pendidikan, cuti sebelum naik,
pajak pendapatan, dana pensiun abk, serikat buruh, asuransi
Sumber
dana: penerbitan saham, hasil laba dan penyusutan, dana dan
penjualan kapal lama, pinjaman kredit dari: shipyard, antar negara (GtoG), bank
komersial atau lembaga keuangan internasional / regional, pemda, Financing by
Shipping Development Fund in India (FSDI)
Analisa:
Character peminjam / perusahaan seperti nama baik dan ciri, Capacity dari kemampuan
manajemen, Capital / modal yang disiapkan pemilik kapal untuk kejar keuntungan,
Collateral adalah jaminan yang diajukan cukup untuk ganti pinjaman, Conditions yaitu
kemampuan perusahaan merebut pasar / bersaing dengan kondisi perekonomian.
Rasio: test
profitabilitas (diambil dari laba kotor atau bersih yang dihitung dalam prosentase),
likuiditas (kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban jangka pendek, current
ratio = harta lancar / hutang lancar, best ratio = quick asset / hutang lancar),
solvabilitas (kemampuan perusahaan membayar biaya-biaya dan schedule pembayaran kembali
hutang jangka panjang, time interested earned = laba operasi / biaya obligasi), ukuran
keseluruhan (RoI = NI / hak pemegang saham rata-rata kekayaan = laba operasi / modal
kekayaan rata-rata + hutang jangka pajang rata-rata
Supply: jumlah
armada kapal yang tersedia, sistem pembiayaan, jenis kapal yang tersedia, pembangunan
canal, scrapping dan losses, dalam proses pengangkutan harus ada
keamanan, ketepatan waktu berangkat dan tiba, keteraturan jadwal, kenyamanan, kecepatan
pelayanan.
Demand: pertumbuhan
penduduk, pembangunan daerah, perdag exim, industrialisasi, kebutuhan
produk / kep. nasional
Charter:
1.Time, sewa : perton DWT pada summer line, beban pencharter: bunker, pelabuhan,
stevedoring, palka, dunnage, ballast, komisi perantara untuk muatan, claim, sewa
kapal; beban pemilik: awak kapal, reparasi / perawatan, pelumas, survey, asuransi,
depresiasi, overhead 2.Voyage 3.Bareboat, beban pencharter: biaya operasi, reparasi,
survey; beban pemilik: asuransi, depresiasi
Px=a+bx NR-VCàMC-FCàNI
CM/Q=MC/Q
BEP(Q)=FC:CM/Q
CMR=MC/NR BEP(P)=FC/CMR
π/P=%xNR
BEP(Q)=(FC+π/P):CM/Q
MS=NR-BEP(P)
MSR=MS/NR
Tidak ada komentar:
Posting Komentar