EVALUASI PEMBELAJARAN
KOMPAS DAN SISTEM KEMUDI – ANT I
Petunjuk :
1. Pilihlah
jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X)
2. Jawaban
yang benar x 2 = nilai anda
3. Norma kelulusan Passed ≥ 70,
Failed < 70
1. Konvensi Internasional SOLAS 1974
diratifikasi oleh R.I berdasarkan Keputusan Presiden R.I No.
a. No. 60/1986
b. No. 65/1980
c. No. 72/1974
2. Chapter V SOLAS 1974 mengatur tentang
a. CARRYING OF DANGEROUS GOODS
b. SAFETY OF NAVIGATION
c. Semuanya benar
3. Sesuai Regulation 19 Chapter V SOLAS
disyaratkan semua kapal ukuran 500 GT atau lebih, wajib dilengkapi dengan
a.
Sebuah Magnetic Standard Compass dan cadangan
b.
Sebuah Gyro Compass dan repeaters
c. Semuanya benar
4. Tempat-tempat di bumi yang mempunyai nilai
variasi sama disebut
a. ISOGONE
b. AGONE
c. ISOLOGONE
5. Pernyataan berikut ini benar, kecuali
a.
Compass error is the algebraic sum of deviation and
variation
b.
Deviation is the difference between the compass heading
and the magnetic heading
c.
Variation is the difference between the compass heading
and the magnetic heading
6. Terdapat jenis-jenis magnet yaitu
a.
Magnet Alam dan Magnet Buatan
b.
Magnet Elektro
c.
Semuanya benar
7. Garis yang menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai
variasi 00 disebut
a.
Antigone
b.
Isologone
c.
Agone
8. The difference between the magnetic heading and the true heading, is
called
a.
Compass error
b.
Deviation
c.
Variation
9. Nahkoda wajib memperhitungkan penunjukkan magnetic
compass, jika kapal
a.
CARRYNG CARGOES WHICH HAVE MAGNETIC PROPERTIES
b.
USING ELEKTROMAGNETIC LIFTING APPLIANCES TO LOAD OR
DISCHARGE
c.
Semuanya benar
10. Kegunaan
sebuah kompas dikapal adalah untuk
a.
Menunjukkan arah haluan
b.
Menunjukkan arah lampu suar
c.
Semuanya salah
11. Magnetisme
yang timbul jika kapal berada dipelabuhan mengarah pada satu haluan disebut
magnetisme sementara, atau
a.
Magnetisme permanen
b.
Magnetisme remanen
c.
Magnetisme transient
12. Berikut
ini antara lain adalah alat untuk menimbal pedoman, kecuali
a.
Batang FLINDERS
b.
Batang stiffeners
c.
Bola-bola besi lunak
13. The
algebraic sum of deviation and variation is the following, except
a.
Cargo error
b.
Compass error
c.
Salah tunjuk
14. Kesalahan
yang dapat terjadi pada Gyro Compass adalah
a.
Kesalahan balistik dan kesalahan konstant
b.
Kesalahan ayunan
c.
Semuanya benar
15. Magnetic
compasses should be adjusted when
a.
THEY ARE FIRST INSTALLED
b.
THEY BECOME UNRELIABLE
c.
Semuanya benar
16. Prinsip
kerja pedoman gasing, bahwa gasing dapat berputar bebas pada poros
a.
SPINNING AXIS
b.
HORIZONTAL AND VERTICAL AXIS
c.
Semuanya benar
17. Repeater
Gyro Compass antara lain terdapat di pesawat ini, kecuali
a.
Auto Gyro Pilot
b.
Radar and Course recorder
c.
Lifeboat compass
18. Ruangan
disekelililng magnet dimana pengaruh magnet tersebut berlaku, disebut
a.
Electromagnet
b.
Medan magnet
c.
Gaya magnet
19. Kesalahan
compass disebut
a.
Compass adjuster
b.
Compass error
c.
Compass repeater
20. Besarnya nilai variasi tergantung dari
a.
Tempat dan waktu
b.
Lintang dan bujur
c.
Haluan dan kecepatan
21. Besarnya
nilai deviasi tergantung dari
a.
Haluan kapal
b.
Kecepatan kapal
c.
Haluan dan kecepatan
22. Penunjukkan
Gyro Compass bisa berubah karena
a.
Kapal mengoleng dan mengangguk
b.
Fluktuasi tegangan listrik
c.
Semuanya salah
23. Alat
penunjuk gerakan kemudi di kapal disebut
a.
Rudder stock indicator
b.
Rudder blade indicator
c.
Rudder angle indicator
24. Nilai
variasi di mawar pedoman pada peta tertulis “ALMOST STATIONERY”, artinya nilai
variasi setiap tahun
a. Nyaris tetap
b. Bertambah
c. Berkurang
25. Compass error tidak sama dengan
a.
Salah tunjuk
b.
Gyro Compass error
c.
Sembir
26. Hukum
COULUMB tentang magnetisme menyebutkan bahwa
a. Kutub tak senama saling tarik menarik
b.
Kutub senama saling menolak
c.
Semua benar
27. Persiapan
untuk menimbal pedoman
a.
ALL LIFE BOATS ARE SWING IN
b.
ALL DERRICKS BOOM ARE DOWN
c.
Semuanya benar
28. Daftar
deviasi berisi nilai deviasi pada
a.
Setiap arah haluan kapal
b.
Setiap keadaan ROLLING dan PITCHING
c.
Kapal yang sedang DOCK
29. Perubahan
nilai deviasi pedoman jika kapal berlayar dengan haluan yang sama lebih dari 12
jam disebut
a.
DEGAUSING ERROR
b.
RETENTIVE ERROR
c.
Semuanya benar
30. Poros
suatu gasing yang berputar cepat yang terpasang bebas dalam 3 bidang, salah
satu ujungnya akan menunjuk salah satu titik tetap diangkasa
a.
Hukum gasing I
b.
Hukum gasing II
c.
Hukum gasing III
31. Semi
automatic corrector pada gyro Sperry dipakai untuk mengoreksi
a.
Lintang dan kecepatan
b.
Haluan dan jauh
c.
Semuanya benar
32. Garis
yang melalui tempat-tempat yang inklinasinya sama disebut
a.
SOKLIN
b.
ISOKLIN
c.
ISO DINAC
33. Pernyataan
berikut ini benar, kecuali
a.
Magnetisme permanen adalah magnetisme yang di
induksikan didalam besi keras
b.
Magnetisme transien adalah magnetisme yang di
induksikan didalam besi lunak
c.
Magnetisme remanen adalah magnetisme yang di induksikan
didalam besi keras sekali
34. Sesuai penempatannya pedoman magnet
dikapal adalah
a. STANDARD COMPASS
b. STEERING COMPASS
c. Semuanya benar
35. Alat pencatat haluan kapal disebut
a. Course detector
b. Course recorder
c. Course regulator
36. Test
kemudi kapal pada waktu ” ONE HOUR NOTICE TO ENGINE ROOM”,antara lain adalah
a.
Rudder angle indicator untuk mengetahui respon daun
kemudi
b.
Kedudukan kemudi di anjungan dan steering gear
c.
Semuanya benar
37. Jika
kompas ditempatkan di darat, maka akan dipengaruhi oleh
a.
Magnetisme bumi
b.
Magnetisme besi kapal
c.
Magnetisme remanen
38. Jika
kompas ditempatkan di laut, maka akan dipengaruhi oleh
a.
Magnetisme bumi
b.
Magnetisme besi kapal
c.
Semuanya benar
39. Bernavigasi
diperairan terbuka dimana secara terus menerus, kapal memakai benda-benda
daratan disekitarnya, disebut
a.
DEAD RECKONING
b.
PILOTING
c.
CELESTIAL NAVIGATION
40. INLAND
WATERWAY adalah perairan
a.
Sempit, muara sungai
b.
Canal, sungai
c.
Semuanya benar
41. Bernavigasi
dilintang tinggi (daerah kutub) sulit dilakukan karena
a. Penggunaan magnetic compass
didekat kutub-kutub magnet akan sulit
b. Gyro compass juga cenderung
kehilangan gaya-gaya dari kutub bumi yang dapat menyebabkan kekeliruan
c. Semuanya benar
42. Pada
Navigation Accuracy, posisi paling memungkinkan (most probable position) untuk
1 (satu) standar deviasi adalah
a.
68%
b.
95%
c.
99,7%
43. Persyaratan
mesin kemudi utama jika digerakkan dari 35o disisi kanan
ke 35o disisi kiri atau sebaliknya pada kecepatan penuh dalam
waktu maksimal
a.
28 detik
b.
30 detik
c.
60 detik
44. Emergency
Steering Gear harus mampu dikemudikan dari 150 disatu sisi ke 150
disisi lain dengan kecepatan
setengah atau 7 knots dalam waktu
a.
28 detik
b.
30 detik
c.
60 detik
45. Sesuai
dengan kontruksinya salah satu jenis daun kemudi adalah semi berimbang dengan
pengaturan
a.
80% dibelakang
rudder stock
b.
70% dibelakang
rudder stock
c.
100% dibelakang rudder stock
46. Peralatan
mesin kemudi kapal yang seharusnya tidak digunakan lagi adalah
a.
Mesin kemudi listrik
b.
Mesin kemudi uap
c.
Mesin kemudi elektro hidrolik
47. Ada
3 gaya yang bekerja ketika kapal maju dan kemudi disimpangkan kekanan/kiri maka
salah satu gaya yang mempercepat gerakan kapal membelok adalah
a.
Gaya hambatan W
b.
Gaya kemudi P
c.
Gaya pendorong S
48. Perubahan
dari AUTO PILOT ke HAND STEERING pengemudian kapal atau sebaliknya harus bisa
dilakukan dalam waktu
a.
3 detik
b.
5 detik
c.
10 detik
49. WHEEL
OVER POINT ketika kapal merubah haluan adalah titik dimana
a.
Kemudi mulai dibelokkan
b.
Kemudi ditahan
c.
Kemudi ditengah-tengah
50. Tombol yang ada pada AUTO PILOT
antara lain
a. Pengatur cuaca ( WEATHER ADJUSTMENT
)
b. Pengatur kemudi ( RUDDER ADJUSTMENT
)
c. Semuanya benar
pak, bisa kirim soal-soal NKPI dan kunci jawabannya ke email sya?
BalasHapusJawabanya pak
Hapusada jawabannya ga
HapusJawabannya mana
BalasHapus