Senin, 23 Oktober 2017

Contoh Soal Kompas dan Sistem Kemudi untuk ANT-1

EVALUASI PEMBELAJARAN
KOMPAS DAN SISTEM KEMUDI – ANT I

Petunjuk  :
1.   Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X)
2.   Jawaban yang benar x 2 = nilai anda
3.   Norma kelulusan Passed ≥ 70, Failed < 70                                                                      

                                               
1.   Konvensi Internasional SOLAS 1974 diratifikasi oleh R.I berdasarkan Keputusan Presiden R.I No.
a.      No. 60/1986
b.      No. 65/1980
c.       No. 72/1974

2.   Chapter V SOLAS 1974 mengatur tentang
a.      CARRYING OF DANGEROUS GOODS
b.      SAFETY OF NAVIGATION
c.      Semuanya benar

3.  Sesuai Regulation 19 Chapter V SOLAS disyaratkan semua kapal ukuran 500 GT atau lebih, wajib dilengkapi dengan
a.      Sebuah Magnetic Standard Compass dan cadangan
b.      Sebuah Gyro Compass dan repeaters
c.      Semuanya benar

4.   Tempat-tempat di bumi yang mempunyai nilai variasi sama disebut
a.   ISOGONE
b.   AGONE
c.   ISOLOGONE

5.      Pernyataan berikut ini benar, kecuali
a.      Compass error is the algebraic sum of deviation and variation
b.      Deviation is the difference between the compass heading and the magnetic heading
c.      Variation is the difference between the compass heading and the magnetic heading

6.    Terdapat jenis-jenis magnet yaitu
a.      Magnet Alam dan Magnet Buatan
b.      Magnet Elektro
c.      Semuanya benar

7.    Garis yang menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai variasi 00 disebut
a.      Antigone
b.      Isologone
c.      Agone

8.    The difference between  the magnetic heading and the true heading, is called
a.      Compass error
b.      Deviation
c.      Variation

9.    Nahkoda wajib memperhitungkan penunjukkan magnetic compass, jika kapal
a.      CARRYNG CARGOES WHICH HAVE MAGNETIC PROPERTIES
b.      USING ELEKTROMAGNETIC LIFTING APPLIANCES TO LOAD OR DISCHARGE
c.      Semuanya benar

10.  Kegunaan sebuah kompas dikapal adalah untuk
a.      Menunjukkan arah haluan
b.      Menunjukkan arah lampu suar
c.      Semuanya salah

11. Magnetisme yang timbul jika kapal berada dipelabuhan mengarah pada satu haluan disebut magnetisme sementara, atau
a.      Magnetisme permanen
b.      Magnetisme remanen
c.      Magnetisme transient

12.  Berikut ini antara lain adalah alat untuk menimbal pedoman, kecuali
a.      Batang FLINDERS
b.      Batang stiffeners
c.      Bola-bola besi lunak

13.  The algebraic sum of deviation and variation is the following, except
a.      Cargo error
b.      Compass error
c.      Salah tunjuk

14.  Kesalahan yang dapat terjadi pada Gyro Compass adalah
a.      Kesalahan balistik dan kesalahan konstant
b.      Kesalahan ayunan
c.      Semuanya benar

15.  Magnetic compasses should be adjusted when
a.      THEY ARE FIRST INSTALLED
b.      THEY BECOME UNRELIABLE
c.      Semuanya benar

16.  Prinsip kerja pedoman gasing, bahwa gasing dapat berputar bebas pada poros
a.      SPINNING AXIS
b.      HORIZONTAL AND VERTICAL AXIS
c.      Semuanya benar

17.  Repeater Gyro Compass antara lain terdapat di pesawat ini, kecuali
a.      Auto Gyro Pilot
b.      Radar and Course recorder
c.      Lifeboat compass

18.  Ruangan disekelililng magnet dimana pengaruh magnet tersebut berlaku, disebut
a.      Electromagnet
b.      Medan magnet
c.      Gaya magnet

19.  Kesalahan compass disebut
a.      Compass adjuster
b.      Compass error
c.      Compass repeater

20.  Besarnya nilai variasi tergantung dari
a.      Tempat dan waktu
b.      Lintang dan bujur
c.      Haluan dan kecepatan

21.  Besarnya nilai deviasi tergantung dari
a.      Haluan kapal
b.      Kecepatan kapal
c.      Haluan dan kecepatan

22.  Penunjukkan Gyro Compass bisa berubah karena
a.      Kapal mengoleng dan mengangguk
b.      Fluktuasi tegangan listrik
c.      Semuanya salah

23.  Alat penunjuk gerakan kemudi di kapal disebut
a.      Rudder stock indicator
b.      Rudder blade indicator
c.      Rudder angle indicator

24. Nilai variasi di mawar pedoman pada peta tertulis “ALMOST STATIONERY”, artinya nilai variasi setiap tahun
a.      Nyaris tetap
b.      Bertambah
c.      Berkurang

25.  Compass error tidak sama dengan
a.      Salah tunjuk
b.      Gyro Compass error
c.      Sembir

26.  Hukum COULUMB tentang magnetisme menyebutkan bahwa
a.      Kutub tak senama saling tarik menarik
b.      Kutub senama saling menolak
c.      Semua benar

27.  Persiapan untuk menimbal pedoman
a.      ALL LIFE BOATS ARE SWING IN
b.      ALL DERRICKS  BOOM ARE DOWN
c.      Semuanya benar

28.  Daftar deviasi berisi nilai deviasi pada
a.      Setiap arah haluan kapal
b.      Setiap keadaan ROLLING dan PITCHING
c.      Kapal yang sedang DOCK

29.  Perubahan nilai deviasi pedoman jika kapal berlayar dengan haluan yang sama lebih dari 12 jam disebut
a.      DEGAUSING ERROR
b.      RETENTIVE ERROR
c.      Semuanya benar

30.  Poros suatu gasing yang berputar cepat yang terpasang bebas dalam 3 bidang, salah satu ujungnya akan menunjuk salah satu titik tetap diangkasa
a.      Hukum gasing I
b.      Hukum gasing II
c.      Hukum gasing III

31.  Semi automatic corrector pada gyro Sperry dipakai untuk mengoreksi
a.      Lintang dan kecepatan
b.      Haluan dan jauh
c.      Semuanya benar

32.  Garis yang melalui tempat-tempat yang inklinasinya sama disebut
a.      SOKLIN
b.      ISOKLIN
c.      ISO DINAC

33.  Pernyataan berikut ini benar, kecuali
a.      Magnetisme permanen adalah magnetisme yang di induksikan didalam besi keras
b.      Magnetisme transien adalah magnetisme yang di induksikan didalam besi lunak
c.      Magnetisme remanen adalah magnetisme yang di induksikan didalam besi keras sekali

34.  Sesuai penempatannya pedoman magnet dikapal adalah
a.      STANDARD COMPASS
b.      STEERING COMPASS
c.      Semuanya benar

35.  Alat pencatat haluan kapal disebut
a.      Course detector
b.      Course recorder
c.      Course regulator

36.  Test kemudi kapal pada waktu ” ONE HOUR NOTICE TO ENGINE ROOM”,antara lain adalah
a.      Rudder angle indicator untuk mengetahui respon daun kemudi
b.      Kedudukan kemudi di anjungan dan steering gear
c.      Semuanya benar

37.  Jika kompas ditempatkan di darat, maka akan dipengaruhi oleh
a.      Magnetisme bumi
b.      Magnetisme besi kapal
c.      Magnetisme remanen

38.  Jika kompas ditempatkan di laut, maka akan dipengaruhi oleh
a.      Magnetisme bumi
b.      Magnetisme besi kapal
c.      Semuanya benar

39.  Bernavigasi diperairan terbuka dimana secara terus menerus, kapal memakai benda-benda daratan disekitarnya, disebut
a.      DEAD RECKONING
b.      PILOTING
c.      CELESTIAL NAVIGATION

40.  INLAND WATERWAY adalah perairan
a.      Sempit, muara sungai
b.      Canal, sungai
c.      Semuanya benar

41.  Bernavigasi dilintang tinggi (daerah kutub) sulit dilakukan karena
a.   Penggunaan magnetic compass didekat kutub-kutub magnet akan sulit
b.  Gyro compass juga cenderung kehilangan gaya-gaya dari kutub bumi yang dapat menyebabkan kekeliruan
c.   Semuanya benar

42.  Pada Navigation Accuracy, posisi paling memungkinkan (most probable position) untuk 1 (satu) standar deviasi adalah
a.      68%
b.      95%
c.      99,7%

43.  Persyaratan mesin kemudi utama jika digerakkan dari 35o  disisi kanan  ke 35o disisi kiri atau sebaliknya pada kecepatan penuh dalam waktu maksimal
a.      28 detik
b.      30 detik
c.      60 detik

44.  Emergency Steering Gear harus mampu dikemudikan dari 150 disatu sisi ke 150 disisi lain dengan  kecepatan setengah atau 7 knots dalam waktu
a.      28 detik
b.      30 detik
c.      60 detik

45.  Sesuai dengan kontruksinya salah satu jenis daun kemudi adalah semi berimbang dengan pengaturan
a.      80%   dibelakang rudder stock
b.      70%   dibelakang rudder stock
c.      100% dibelakang rudder stock

46.  Peralatan mesin kemudi kapal yang seharusnya tidak digunakan lagi adalah
a.      Mesin kemudi listrik
b.      Mesin kemudi uap
c.      Mesin kemudi elektro hidrolik

47.  Ada 3 gaya yang bekerja ketika kapal maju dan kemudi disimpangkan kekanan/kiri maka salah satu gaya yang mempercepat gerakan kapal membelok adalah
a.      Gaya hambatan W
b.      Gaya kemudi P
c.      Gaya pendorong S

48.  Perubahan dari AUTO PILOT ke HAND STEERING pengemudian kapal atau sebaliknya harus bisa dilakukan dalam waktu
a.      3 detik
b.      5 detik
c.      10 detik

49.  WHEEL OVER POINT ketika kapal merubah haluan adalah titik dimana
a.      Kemudi mulai dibelokkan
b.      Kemudi ditahan
c.      Kemudi ditengah-tengah

50.  Tombol yang ada pada AUTO PILOT antara lain
a.      Pengatur cuaca ( WEATHER ADJUSTMENT )
b.      Pengatur kemudi ( RUDDER ADJUSTMENT )      
c.      Semuanya benar

4 komentar: