1. Terangkan
mengapa di dlm
“International Code for the safe carriage of grain in bulk 1994”, terdapat
ketentuan sebagai berikut :
a.
Larangan
berlayar dengan palka yang memuat kurang dr 10% berat maksimum muatan yg
diijinkan pada palka tersebut.
b.
Kondisi
muatan penuh yang diijinkan adalah sama atau lebih besar dari 90% bobot mati
kapal.
Jawab :
A. karena
apabila muatan kurang dari 10% dari berat maksimum muatan, maka muatan curah
itu akan bergeser/ runtuh, jika
kapal mengalami senget sampai 23°, akan senget dan membahayakan stabilitas
kapal dan kemungkinan besar kapal akan terbalik.
B. kondisi
muatan diijinkan 90% atau lebih bobot mati kapal karena pengaruh pergeseran
muatan tidak terlalu besar/ free
surfacenya kecil sehingga tidak membahayakan stabilitas kapal.
2. Jelaskan hal-hal
yang harus dilakukan jika :
a.
Akan
memuat container di kapal yang bukan kapal container.
b.
Ketika
berlayar dilaut terdapat muatan-muatan berat (heavy
lift cargo) yang
bergeser dan membahayakan kapal.
Jawab :
A. - Container
yang dimuat diatas dek /ditutup palka ditempatkan membujur kapal
- Penempatan container tidak boleh
melebihi lebar kapal
- Container harus dipadat dan dilashing
dengan baik agar tidak mengganggu personil yang bekerja diatas dek
- Container tidak boleh membebani dek atau
tutup palka melebihi kekuatannya
- Bagian bawah Container diberi papan yang
tebalnya cukup utk meratakan beban
B. -Merubah haluan
dan mengurangi kecepatan guna mencegah vibrasi
- Memperhatikan integritas kapal
- Pemadatan&pelashingan
kembali muatan, memberi baji-baji bila muatannya bulat.
- Mengarahkan kapal
menuju tempat brlindung jika keadaan cuaca makin buruk
3. Sesuai”Code of Safe practice for carrying timber deck cargoes
1991”, jelaskan apa yang dimaksud dengan ;
a.
HOG Lashing c.WIGGLE
b. Wire rope Lashing
d.Independent Lashing
Jawab :
A. HOG
lashing adalah lashingan yang dipasang di tier kedua atau ketiga dari susunan
kayu di dek yang diikat pada stanchion di lambung
kapal, untuk memperkencang susunan kayu tersebut
B. Wire
rope Lashing sebagai tambahan dari lashingan rantai,
dibagian paling atas dari kanan ke kiri, di hubungkan dengan turn buckle/ Spanscroef
C. WIGGLE
adalah tali kawat dipasang diatas susunan kayu dengan beberapa snatch blocks, turnbuckle menghubungkan wire dari
atas ke wiggle wire agar ikatan kencang
D.
Independent lashing adalah system pelashinganyg dilakukan mengikuti panjang muatan tsb
Independent lashing adalah system pelashinganyg dilakukan mengikuti panjang muatan tsb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar