Jelaskan apa yg dimaksud dengan :
Precautionary Area
Jawab
Suatu
daerah dlm alur pelayaran yg membutuhkan perhatian khusus yg disebabkan heavy
traffic misalnya Crossing traffic area .
Area tobe avoided
Jawab
Area tobe Avoided
yaitu daerah-daerah yang harus dihindari oleh semua kapal atau daerah khusus
untuk kapal-kapal tertentu.
Alasan
adanya ketentuan ini yaitu adalah informasi-informasi yang tertera dalam
Additional Information
no
go area
Jawab
Daerah2
yg tdk boleh di layari sehubungan dgn kedalaman & bahaya2 navigasi lainnya.
Inshore traffic zone :
Jawab
Daerah
lalu lintas dekat pantai yaitu daerah tertentu antara daratan yg berbatasan dr
sebuah TSS dgn pantai yg berbatasan yg digunakan utk lalu lintas pantai.
Coastal & Estuarial water :
Jawab
Perairan
pantai & muara2 yg digunakan sbg alur lalu lintas kpl.
Vessel traffic control:
Jawab
Tanda
utk memberi informasi tentang :
-Titik2
pelaporan.
-Pergerakan
kpl2 yg keluar masuk/berada disekitar traffic.
-Bahaya
navigasi Sekitar traffic
-Pekerjaan
laut sekitar traffic
-Kedalaman
traffic yg dpt menggangu pelayaran.
aborts
and contingency
Jawab
-Abort:
Bagaimana
baiknya perencanaan, biasanya perlu di perbaiki dgn adanya perubahan yg
terjadi. Rencana pelayaran hrs mempertimbangkan situasi “Point of No Return”
“.Pertim-bangan2 yg diambil utk pembatalan point of no return :
1.
Gangguan pd alat navigasi.
2.
Gangguan pd mesin.
3.
Tdk tersedianya tug boat.
4. Keadaan lain yg tdk aman bila di paksakan
masuk.
-Contigency :
Tindakan
lanjutan setelah adanya pelayaran atau Jika ada kegagalan dr rencana yg dibuat semula hrs sudah dibuat rencana
pemecahan / contingency yg meliputi :
-Route alternative.
-Safe anchorage.
Waiting area.
-Emergency berth.
parallel indexing
jawab
merupakan suatu cara yg akan menentukan suatu
metode di radar/peta utk memeriksa apakah kpl berada pd haluan yg aman utk
melewati objek/ benda tetap (yg berada dihaluan yg akan dilewati pd jarak yg di
inginkan).
Maksimum batas jarak yg di perbolehkan utk kpl keluar masing2 dr garis
haluannya,namun masih berada di daerah aman (masih di daerah Paralel Indexing)
PARALLEL INDEX
Jawab
suatu
metode yg sangat berguna dlm hal memonitor perkembangan jalannya kpl dlm
hubungan dgn rancangan pelayaran
margin of safety
margin of safety
jawab
-batas
daerah yg aman yg dpt dilalui atau dilayari
sebuah kpl.
-Batas
daerah aman/garis lurus diluar no go area.
-Merupakan
space jika kpl terlambat merubah haluan.
-Penempatan
margin of safety tergantung dr:
*Ukuran
kpl:
*Akurasi
system navigasi yg digunakan
*Situasi
arus setempat.
-Daerah yg dibatasi margin of safety di sebut safe
water area
neap
tide
jawab
air
pasang yg rendah pd waktu bulan ¼ pertama & ¼ terakhir
heading
lines
Jawab
garis
haluan di peta yg hrs dikemudian
ranges
of light
Jawab
-adalah jarak nampak suar yg tergantung dr :
-tinggi mata/ tinggi suar,
-kekuatan pijar ( suar kuat / lemah.
-keadaan cuaca.
Plan changes
Jawab
Rencana
perubahan yg dibuat dalam pelayaran dan telah disetujui oleh nakhoda dan di
beritahukan kepada seluruh anggota tim anjungan
SUAR KUAT.
Jawab
Suatu
suar yg daya tampaknya yg dlm cuaca terang ,jarak nampaknya hanya di batasi
oleh jarak geografis
SUAR LEMAH.
Jawab
Suar
yg kekuatannya sama dgn jarak pijar suar tsb,dgn patokan tinggi mata 5 meter.
WAY POINT
Jawab
Suatu
titik di peta yg bukan saja utk merubah haluan tetapi juga utk merubah status
yg telah di rencanakan
-BOSV
-Change
Speed
-Pilot
Embarkation Point
-Anchore
Station
SAFE WATER,
Jawab
Daerah2
& perairan yg aman yg di batasi Safety Margin utk di layari /dilewati oleh
kpl2 . Daerah dimana kpl dpt menyimpang dgn aman atau
daerah2 tsb dikelilingi/diba tasi dg Margin Safety
Tidal
window
jawab
UKC g memngkinkan pada sebuah kapal
untk melewai satu alur sungai hanya pada saat pasang tinggi
Safe Water
jawab:
-daerah2 dimana kapal dpt menyimpang
dgn aman
-daerah2 tsb di kelilingi/dibatasi
dgn margin of safety
Distance of Danger
jawab
jarak aman kapal dalam malaksanakan
pelayaran, tergantung dari: sarat kapal, keadaan arus pasang surut, kepadatan
lalulintas
Master Night Order
jawab
order
dari master yg berisikan perintah2 master kepada para perwira jaga dalam
melaksanakan jaga navigasi pada malam hari
Wheel House Poster
jawab
poster
yg ada dianjungan yg berisikan data2 kapal pada saat
kapal
berputar 3600
Traffic area
Jawab
Perhatian
perairan lintasan ferry dan kosentrasi kapal ikan
Leading lines
Jawab
Garis
untuk menjaga kapal agar tetap berada di track
Wheel
Over Point.( WOP ),
Jawab
Titik
dimana kita mulai mengambil ancang2 merubah haluan sebelum kita sampai pd titik
A/C
THE POINT OF NO RETURN.
Jawab
Titik dimana batas kpl dpt kembali
ke haluan semula.
CONTINGENCIES PLANNING,
Jawab
Tindakan2
apabila kpl melewati posisi The Point Of No Return al :
-Route2
Alternatif
-Mencari
tempat2 berlabuh jangkar yg aman.
-Mencari
daerah2 tunggu.
-Dermaga2
tempat sandar darurat.
PRIMARY AND SECUNDARY POSITION FIXING,
Jawab
Cara2 dlm penentuan posisi yg akan digunakan,
Misalnya apabila kpl berada jauh dr daratan (laut lepas) menggunakan
GPS(Primer) & Loran C (Sekunder).Dlm perairan antar pulau/dekat daratan fungsi Loran C diganti dgn Radar
Fix.Sedangkan pd perairan terbatas peran GPS diganti dgn Radar & Visual.
OCEAN AND OPEN WATER TRACK,
Jawab
adl dlm membuat track pelayaran samudera dg
memakai peta skala kecil, track lingkaran besar & composite track hrs
dihitung atau diperoleh dr great circle chart.
Under kell clearance
Jawab
adalah jarak bebas aman dr
lunas kpl dg dasar laut. Dlm kondisi2 tertentu apabila UKC kurang dai 10% dr
sarat terdalam maka kecepatan perlu dikurangi utk mengurangi squat sbg akibat
berkurangnya sarat kpl.
TSS (Traffic Separation Scheme)
Jawab
Yaitu Bagan pemisah lalu
lintas kpl2 dgn arah berlawanan atau hampir berlawanan didaerah/perairan2
sempit yg padat lalulintasnya, & telah disyahkan oleh IMO.
Sistem pelampungan cardinal
Jawab
Adalah system pelampungan yg
menunjukan bahaya di laut dgn menetapkan sector aman yg boleh di layari.
Transit
jawab
sebuah garis dipeta dimana seorang
pengamat dapat meliat 2 objek berbeda dala satu garis yg secara cepat dapat
memberikan tuntutan kepada perwira jaga tentang posisi kapalnya.
Ships weather routeing
jawab
adalah: route2 yg dianjurkan yg disesuaikan dgn
keadaan cuaca pd route yg akan dilalui.
Jelaskan tentang
hal2 yg hrs diperhatikan pd
a. rancangan pelayaran utk daerah
pantai.(Route Coastal Navigation)
jawab
- peta yg up to date
- sailing directions and
pilot books
- tide table
- list of light
- system penentuan posisi
yg akurat
- alat Bantu penetuan
posisi yg cukup
-system pelaporan ke
otoritas setempat
b.rancangan pelayaran utk daerah samudera. (Route Ocean Navigation)
jawab
jawab
-ocean passage for the
word
-Routing chart
-tidal stream atlase
-meteorology and oceanografi data weather and ice
forecast
-load line chart
-system penetuan posisi
-load line chart
-system penetuan posisi
Data apakah yg
dapat anda peroleh pada buku/publikasi
Berikut ini:
Ocean Passage for the World
Jawab
Keterangan2 &
perhatian2 yg bersangkutan dg route2 pelayaran dilaut (route samudera) utk kpl2
sesuai dg kekuatan mesin kpl tsb pd musim2 tertentu.Buku ini juga dilengkapi
peta2 angin & arus dr berbagai tempat didunia, selain itu ada juga
keterangan2 yg berguna bagi seorang navigator dimana keterang-an2 tsb tdk
ditemukan dlm pilot book.
Pilot Card
jawab
-diterbitkan dalam 12 jilid/thn
-berisikan data2 cuaca :Arah dan
kekuatan angin, Presentase hujan, Pembagian daerah, Jejak pejalanan typon/cylon dsb, Batas hanyut gunung2 es,
Haluan2 yg dianjurkan.
Admiralty Tide Table
Jawab
Terdiri dari 3 jilid:
1.Eropa waktu yg digunakan GMT/UTC
2.Atlantik dan India waktu yg
digunakan local time
3.Pasific, waktu yg digunakan local
time
Berisikan:
-Ramalan pasang surut setiap hari
utk pelabuhan utama
-mengenai table arus pasang surut
Perbedaan waktu dan tinggi serta
tetapan harmonic.
Sailing Direction
Jawab
Adalah ,Memberikan
Informasi kepada Navigator tentang keterangan2 umum utk setiap daerah2 yg
dilengkapi dgn nomor petanya.
Guide to port
Entry
Jawab
Utk mempermudah para navigator mengetahui
segala sesuatu (informasi) mengenai pelabuhan yg akan di masuki terutama
pelabuhan yg baru pertama kali akan dimasuki.
Ocean Passage to port entry
Jawab
yaitu buku yg berisi
keterangan2 & perhatian2 yg
bersangkutan dgn rute2 pelayaran dilaut (rute samudra) bagi kpl2 sesuai
dgn kekuatan mesin kpl tsb yg dpt dikategorikan sbb
-High
power vsl = spd diatas 14 knots
-Medium power vsl = spd 11 – 14 knots.
-3 .Low power vsl =spd
dibawah 11 knots.
-Yg dianjurkan route2
pelayaran samudra pd musim2 tertentu.
Kapal berlayar dari pelabuhan teluk bayur ke laut merah
melalui One and half degree channel dan minicoy light
a.terangkan bagaimana cara mendapatkan data dari target2
tersebut
jawab
Data2 tsb bisa di dapat pada buku navigasi seperti Port
Guide of Entry, Pilot/Sailing Direction, NEMEDRI (North European and
Mediterranean Routing Instruction)
b.hal2 apa yg harus diperhatikan jika pada saat melewati
target2 tsb di gunakan Plotting Sheet
jawab
hal2 yg harus diperhatikan adalah perubahan lintang
bertumbuh
Kapal anda berlayar dari Singapore menuju Amsterdam via Suez
dalam kondisi Full Loaded, sehingga harus mengisi FO dan FW di Djibouti dan Valeta
(malta). Di kapal tdk tersedia peta rencana pelabuhan Djibouti dan I Valetta
direncanakan kapal iikat ke darat dgn cara Mediteraniean Moor
a.Persiapan2 apa yg harus anda lakukan sebagai nakhoda
sebelum kapal berangkat dari Singapore
jawab
-pastikan bahwa
semua peta & penerbitan nautis tersedia & telah dikoreksi sampai NTM
terakhir yg diterima dikpl.
-memeriksa
navigational warning yg disiarkan utk daerah pelayaran yg akan dilalui.
-perhatikan
ramalan cuaca terakhir & pertimbangan keadaan laut & alur yg akan
ditemukan selama pelayaran.
-berikan
pengarahan kpd perwira navigasi tentang jalur yg akan ditempuh & pastikan
bahwa ia mengerjakan rencana pelayaran tsb dgn lengkap.
-pastikan
bahwa rencana pelayaran ini dicatat didlm voyage planning abstract mencakup dr
dermaga ke dermaga
a.Jelaskan dg baik apa yg
dimaksud dgn rancangan pelayaran itu hrs meliputi “Kade ke Kade”
Jawab
Hal ini berarti rencana pelayaran tsb dibuat mulai dr kpl tsb
meninggalkan kade yakni saat olah gerak
sampai kpl tsb olah gerak & sandar di kade pelabuhan tujuan.
b.Hal2 apa saja yg
diperhatikan dalam pembuatan Voyage Planning Abstrack
jawab
-Metode
penentuan posisi kpl (Visual, Radar, Loran, Decca, Satnav)
-Draft
kpl.
-Min
Engine.
-Track,Speed,Ditance.
-U.K.C,Estimete
(Date,Time).
-Course,Current,Ships
name.
-Date
prepared,Way point.
Dalam pembuatan rancangan pelayaran saudara harus
memperhitungkan kemungkinan kapal harus membatalkan pelayaran ( aborts). Jika
hal ini terjadi, harus dilakukan tindakan contingency. Sebutkan tindakan-tindakan
dimaksud dan sebutkan pula alasan-alasan sehingga suatu pelayaran terpaksa
dibatalkan.
Jawab
-Tindakan2 contigency yg dilakukan:
1.rute2 alternatif
2.tempat2 berlabuh yg aman
3.daerah2 tunggu
4.dermaga2/tempat berlabuh darurat
-alasan2 untuk membatalkan suatu pelayaran:
1.menyimpang dari garis pendekatan
2.gagalnya atau rusaknya mesin
3.Rusaknya instrument
4.tidak tersedianya kapal tunda atau
dermaga
5.situasi berbahaya di darat/ddi
pelabuhan
6.setiap situasi yg dianggap
berbahaya untuk melanjutkan pelayaran
Waktu mengumpulkan data dlm Appraisal Stages, di jumpai
istilah berikut: Jelaskan
a.Corange Line (dalam Cotidal Chart)
jawab
Corrange Line Adalah :Garis Yang ditarik melalui
tempat-tempat yang LATA airnya ( Range )
sama Besarnya
b.nemedri (dalam route Book)
jawab
b.nemedri (dalam route Book)
jawab
Nemedri (North European & mediteranian Routing
Instruction)
-berisi tentang route2 terbaik yg disarankan untuk diikuti
dalam pelayaran yg bebas dari bahaya ranjau
-meliputi daerah Eropa bagian utara dan laut tengah dan akan
ditiadakan setelah situasi ranjau sudah mengijinkan
c.Wind Rose (dalam Pilot Chart)
jawab
Gambar yang ada / tertera di
Routering Chart untuk menunjukkan
kekuatan angin arus dan tekanan udara di tempat itu.
d.Astronomical argument (ATT)
jawab
Argument2 dr benda angkasa (matahari & bulan) utk menghitung nilai
pasang surut (S2, M2, O1, K1)
Sebuah kapal tanker brmuatan penuh Crude Oil draft 8.6 meter
akan masuk pelabuhan Palembang, radar kapal kurang berfungsi hanya mencapai
radius 12 mil
a.terangkan bagaimana cara terbaik mendekati Tg.buyut pilot
station dgn kondisi kapal seperti itu
jawab
1.periksa posisi kapal dalam interval dan pastikan bahwa
haluan sudah benar
2.lakukan parallel indexing dan hidupkan echo sounder
3.beritahu kamar mesin untuk M/E stand by untuk olah gerak
kapal dan kecepatan kapal dalam
kecepatan yg aman
4.kemudi pada manual
5.kapal melapor pada Tg.Buyut pilot station
6.lakukan pengamatan/look out dgn baik
b.Di manakah dapat dieroleh data pasang surut dan arus
pasang surut di sungai musi kaitannya dgn UKC yg terbatas
jawab
data pasang surut dapat di peroleh pada buku Admiralty Tide
Table atau buku daftar Pasang Surut yg diterbitkan oleh Oceanografi Indonesia
Tindakan berhati2 yg hrs dilakukan jika :
a.menggunakan plotting sheets dgn latitude tertentu:
jawab
jenis proyeksi peta yg
digunakan yg berhubungan dgn lintang
bertumbuh
b.memindahkan posisi kpl dari peta satu ke peta
lain, yg berbeda skalanya.
Jawab
a. jika posisi dinyatakan dgn
baringan atau jarak:
1.ukur jarak dipeta I dgn
skala lintang dgn cra yg sama ukur dipeta II
2. gambarkan baringan yg sama dipeta
I pd petaII
3. perpotongan jarak dgn
garis baringan dipeta II adalah posisi kpl yg telah dipindahkan
b. bila posisi kpl dinyatakan dgn lintang &
bujur. tentukan lintang & bujur pd peta I, pindahkan ke peta II, ini
dilakukan jika tdk ada benda baringan.
Ketika kapal berlayar dari Cape Town menuju New York dgn
lingkaran besar (great circle) Route kapal akan mendekati 2 pulau yaitu Sint
Helena an Ascension di Atlantic Ocean.
a.Jelaskan dimana anda bisa mendapatkan data2 dari kedua
pulau itu
jawab
-kita mendapatkannya di guide to
port entry dan di sailing direction / kepanduan bahari.
- utk mendapatkan keterngan daftr
pasang surut dapat dilihat di admirality
tide tible
b.Jika di kapal tidak ada peta rencana (plan Chart) dari
kedua pulau tsb bagaimana cara anda melayari dgn aman
jawab
Dgn cara menggunakan Teknik parallel indexing merupakan
cara yg akan menentukan suatu metode di radar untuk memeriksa apakah kapal
berada pada haluan yg aman untuk
melewati Pulau Sint Helena dan Ascension. Cara membuatnya di radar:
1.buat/tarik suatu index melalui
Echo dari suatu objek tetap yg menyinggung lingkaran jarak variable (VRM) yg
besarnya sama dengan jarak yg di inginkan
2.garis index akan berada sejajar
dgn track di muka bumi di mana kapal akan ikuti dan dipertahankan untuk
melewati pada jarak yg aman.
a.Sebutkan beberapa stages/tahap secara berurutan dlm menyusun
rancangan pelayaran.
jawab
1.Penilian/pekiraan/penaksiran
-pengumpulan semua informasi uk pelayaran
-mengumpul peta2 dan buku2 navigasi
-mengumpul data2 cuaca (angin, arus dsb
2.Perencanaan
-memplot haluan yg akan dilayari
-menentukan titik2 peubahan haluan
-ETA setiap merubah haluan
3.Pelaksanaan
-keandalan alat2 navigasi
-perkiraan waktu tiba
-menentukan posisi
4.Pemantauan
-pemantauan tetap dan berkesinambungan dalam menentukan
posisi
-pergunakan beberapa alat pengecekan posisi
b.Sebutkan (cukup 5buah) terbitan navigasi (publication Navigation)
yang perlu dipelajari untuk menyusun rencana pelayaran .
jawab
1.catalog peta
2.Chart folio
3.almanak nautika
4.pilot/sailing direction
5.dafttar2: daftar suar, daftar pasang surut, daftar arus
pasang, ilmu pelayaran, pelampung dan rambu2, isyarat radio, daftar jarak,
daftar ranjau
Ship’s Routeing
a.Apa tujuan dan
alasannya diadakan “Ship’s Routing” (pengendalian kapal)
Jawab
Untuk
meningkatkan keselamatan navigasi di daerah2 pelayaran yg:
-Padat lalu-lintas kapal-kapalnya
-Merupakan pertemuan kapal2.
-Kebebasan bergerak kapal terkendala karena ruangan
laut yg terbatas.
-Banyak terdapat rintangan2 navigasi.
-Terbatas kedalaman airnya atau
kondisi2 cuaca yg tidak menguntunggkan
b.Sebutkan beberapa (cukup 3 macam) di sertai sketsanya
sebagai system imlementasi ships routeing system yg anda ketahui
jawab
1 TSS
2 Precaution Area
3 Roundabouts
Bilamana ship routing system itu digunakan ?
Jelaskan.
jawab
-ship routing system digunakan:
1. pada siang dan malam hari dalam
cuaca apapun,
2.di perairan bebas es atau dlm
kondisi es ringan dimana tdk memerlukan Olah Gerak luar biasa atau bantuan kpl pemecah es
3.digunakan utk semua kpl kecuali
dinyatakan lain.
Jelaskan apa yg saudara ketahui tentang”Ships Routing” ?
Jawab :
Ships
routing yaitu suatu sistem pengendalian kapal dimana IMO bertanggung jawab
untuk menetapkan & merekomendasikan tindakan pada tingkat international di
dalam memasuki daerah2 pelayaran seperti TSS
Aturan IMO yang
manakah, yang harus dipatuhi oleh kapal-kapal yang berlayar diperairan
Internasional, sehubungan dengan Traffic Separation Scheme (TSS).
Jawab
Aturan
10 dari colreg 1972 berlaku untuk semua kapal di dalam atau di dekat sebuah TSS
Aturan
10b prosedur dalam alur lalulintas
Kap
yg menggunakan bagan pemisah lalulintas harus:
1.berlayar
di alur lalulintas yg sesuai dgn arah lalulintas umum untuk alur itu
2.sepanjang
dapat dilaksanakan menjauh garis pemisah/daerah pemisah
3.umunya
memasuki/meninggalkan alur lalulintas di ujung alur tetapi jika sedang
mmemasuki atau meninggalkan dari samping sebaiknya harus sedemikian rupa
sehingga membentuk sudut sekecil2nya terhadap arah lalulintas
c.Apa yg dimaksud dgn area to be avoided dan apa alasan
adanya ketentuan ini
jawab
Area tobe Avoided
yaitu daerah-daerah yang harus dihindari oleh semua kapal atau daerah khusus
untuk kapal-kapal tertentu.
Alasan
adanya ketentuan ini yaitu adalah informasi-informasi yang tertera dalam
Additional Information
Bila berlayar
dialur pelayaran sempit yang berarus kencang kemungkinan saudara harus merubah
haluan sebelum sampai pada posisi belok (altered course). Jelaskan dengan baik
semua tindakan yang saudara lakukan!
Jawab
1.periksa posisi kapal dalam interval dan pastikan bahwa
haluan sudah benar
2.lakukan parallel indexing
3.kemudi pada manual
4.perhatikan arah arus dan kecepatan arus
5.lakukan pengamatan sebelum kapal merubah haluan
Jelaskan singkat maksud istilah di bawah ini:
a.Astronomical argument (ATT)
jawab
Argument2 dr benda angkasa (matahari & bulan) utk
menghitung nilai pasang surut (S2, M2, O1, K1)
b.Chinpacs (Route Book)
jawab
Buku yg memberikan keterangan mengenai rute2 yg dilalui agar berlayar dgn
aman
c.Mean High Water Interval
(Cotidal Chart)
jawab
Peta yg memberikan keterangan tentang letak titik amphidromi berikut
rangkaian amphidromi sistimnya
d.Arc of Measurement (Great
circle chart)
jawab
Tempat kedudukan dr titik2 dr garis tegak lurus pd derajah2
yg ditarik dr point of tangency
e.Geographical Range (List of
lights)
jawab
Jarak suar apabila besarnya dibatasi/ tergantung oleh
lengkungan bumi, tinggi penerangan & tinggi penilik
a.Dari peta laut diperoleh data suar L adalah Fl (2) w
15 sec 81m 23m.
Ditanyakan: Suar L termasuk suar kuat atau suar lemah
dan hitunglah computed visibility suar L bagi penilik di kapal yang mempunyai
tinggi mata 16 meter diatas air.
Jawab:
Suar L Merupakan strong linght dng tinggi mata 16 m jarak tampak suar
FL (2) W 15 SEC 81 m 23 M h=16 m H= 81 m
d = 2.08 ( √ H + √ h )
Suar L Merupakan strong linght dng tinggi mata 16 m jarak tampak suar
FL (2) W 15 SEC 81 m 23 M h=16 m H= 81 m
d = 2.08 ( √ H + √ h )
= 2.08 (√ 81 + √ 16
)
= 2.08 ( 9+ 4 )
= 27,04 .
Jadi max jarak tampak suar 27,04 mile .
Jadi max jarak tampak suar 27,04 mile .
b. Jelaskan singkat disertai contohnya mengapa yg ingin
di capai dalam membuat rancanan pelayaran adalah least time route dan bukan
least distance saja
Jawab
Karena dengan mencapai least time
distance akan di capai pula least time route dengan demikian akan menghemat
bahan bakar,menghindari demurage,lay days dsb.Sehingga pelayaran tsb akan
efisien dan ekonomis.
Dlm
system pelampung IALA Region A
a.Apa
yg dimaksud dgn bahaya baru & bagaimana ketentuan yg mengenai penandaannya?
Jawab
BAHAYA BARU adalah Bahaya yg baru ditemukan &
belum terdpt dlm dokumen nautis ketentuan penandaannya :
-Merupakan duplikat dr tanda yg semestinya
dipasang
-Bila dipasang racon, maka hrs menggunakan isyarat danger
area
b.Apakah fungsi tanda khusus dan berikan contoh (cukup 3
keadaan) dimana tanda khusus di pasang
jawab
Fungsi tanda khusus dalam sistem ini yaitu : seorang
navigator dapat menentukan tanda bahaya navigasi dan sisi mana yang harus
dilewati yang aman bagi pelayaran. Penjelasan maksud khusus di sini, karena
dalam sistem pelampungan IALA Region A mengenal 5 jenis pemerkahan tanda
pelampung yang berbeda dan tanda puncak yang dapat mengartikan masing-masing
sistem itu.
contoh keadaan khusus yang ditandai dengan tanda khusus:
1.Pemerkahan kordinal
2.Pemerkahan lateral
3.Pemerkahan bahaya terpencil
4.Pemerkahan jalur pelayaran aman
5.Pemerkahan dengan arti yang
istimewa
c.Sebutkan suar2 mana yg tdk di atur dalam system
pelampungan IALA
jawab
pelampung khusus sepeti:
1.menandai daerah karantina
2.menandai daerah berbahaya
3.menadandai daerah berlabuh jangkar, dsb
kpal anda akan berlayar dari pelabuhan Tg.Priok tujuan
Singapor ada 3 route yg dapat di pilih yaitu selat Bangka, selat gaspar, dan
selat karimata.
a.Jelaskan persiapan peta dalam menetapkan salah satu route
tsb
jawab
Cara persiapkan peta laut yang
akan digunakan:
-Cari dalam catalog peta dimana
terdapat nomor2 peta BA sesuai dgn
route yg akan dilalui.
-Di situ terdapat nomor-nomor peta yang
akan digunakan
-Peta diurut dari tempat
tolak sampai tempat tujuan
-Peta yang akan digunakan sudah dikoreksi sampai NTM yg terakhir.
-Tarik garis halauan satu persatu yang
akan digunakan
-Atur peta dari pelabuhan pertama ke bawah
sampai peta-peta di tempat tujuan
b.Jika diputuskan nanti untuk memilih berlabuh di Singapore
Eastern road atau Western road jelaskan kaitanya dgn Monsoon
jawab
a.Apa yang
membedakan perencanaan pelayaran di Ocean dan Near Coastal?
Jawab
perbedaan perencanaan pelayaran di
Ocean dan Near Coastal :
-Kualitas dan
kuantitas persyaratan navigasinya
-Jarak tempuh
untuk bernavigasi
-Sumber-sumber
informasi untuk navigasi yang diperlukan
-Dalam navigasi
samudra diperlukan pengamatan berita cuaca yang seksama, karena memiliki
kemungkinan mengalami gangguan cuaca buruk dalam bernavigasi
b.Apa yg harus diperhatikan dalam perencanaan
pelayaran pada waktu malam hari.
Jawab
-Under keel
clearence yang cukup sepanjang pelayaran
-Jarak aman dari
bahaya navigasi
-Posisi merubah
halauan yang aman (terkontrol radar / visual)
-Melewat bagan
pemisah dengan aman
-Jarak tampak
lampu suar / body yang akan dilewati
-Penerbitan
navigasi yang up to date
Utk keselamatan kpl waktu melayari alur sempit, perlu dilakukan Parallel
index Tracking dgn bantuan radar
a.Jelaskan apa yang dimaksud dengan teknik paralel
indexing
jawab
Teknik parallel indexing merupakan
cara yg akan menentukan suatu metode di radar untuk memeriksa apakah kapal
berada pada haluan yg aman untuk
melewati objek/benda tetap
b.Bagaimana cara pembuatan paralel indexing dengan
monitor
jawab
1.buat/tarik suatu index melalui
Echo dari suatu objek tetap yg menyinggung lingkaran jarak variable (VRM) yg
besarnya sama dengan jarak yg di inginkan
2.garis index akan berada sejajar
dgn track di muka bumi di mana kapal akan ikuti dan dipertahankan untuk
melewati pada jarak yg aman
c. Tunjukan dgn gambar.
jawab
Dibuat/tarik suatu index melalui echo di radar dari
suatu objek tetap yg menyinggung lingkaran jarak variable(VRM). Yg besarnya
sama dgn jarak yg diinginkan.
c.Apakah paralel idexing dapat menentukan posisi fix ?
Jelaskan jawaban Saudara.
Jawab
Parallel indexing tidak menentukan posisi fix karena cara I
ni tdk akan mengganti atau meniadakan
perlunya penentuan posisi secara fix I peta interval waktu yg teratur
Yg dimaksud dgn:
a. Automatic Identification System (AIS)
jawab
Adalah alat yg
digunakan u/ mendeteksi kpl lain secara otomatis diamana kpl lain tsb hrs
mempunyai AIS ( dlm keadaan ON )
Data yg didapat :
-Nama & call sign (MMSI)
-Posisi ( Lintang/bujur )
-Haluan/kec,/jarak ( max range 24 mill )
Ship particular & jenis kpl
b. Leading Lights (ketika masuk/ keluar perairan)
jawab
Adalah Garis
penuntun yg sering ditunjukan dipeta2
yg merupakan garis track utk diikuti,
& utk memastikan bahwa kpl telah bebas dr bahaya dgn mengamati penuntun dlm
satu garis. Maka navigator dpt
menjamin bahwa kpl berada dlm track yg direncanakan.
c. Wind Rose ( dlm pilot chart )
jawab
adalah Suatu symbol pd pilot chart yg menunjukan
arah & kekuatan angin. Dimana merupakan suatu pedoman yg terdpt dlm peta
petunjuk ( terdiri dr 12 lembaran lepas yg masing2 u/ tiap bulan ) yg umumnya
memberikan data2 cuaca tiap bulan tsb yg dibuat berdasarkan data2 tahunan
sebelumnya.
Berikan penjelasan dengan singkat tentang :
a.Apakah yg dimaksud dgn Passage planning itu
jawab
adalah rencana pelayaran yg
menyangkut penilaian, perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan untuk satu pelayaran yg aman dari kade ke
kade.
b.Apa tujuan dari passage planning tsb
jawab:
- Memperkecil resiko kesalahan navigasi .
- Koordinasi antar bridge team utk keamanan pelayaran .
- Koordinasi antar bridge team utk keamanan pelayaran .
- mengembangkan semua informasi penting untuk pelayaran yg
akan dilayari
- Setiap ada perubahan harus diinformasikan ke bridge team
c.Keuntungan apakah yang diperoleh dgn dibuatnya
perencanaan pelayaran yg matang sebelum kapal bertolak ke laut
Jawab:
-Setiap perwira dinas jaga dpt selalu
mengenali daerah2 bahaya dan langkah2 mengatasinya
-Perwira dinas jaga harus selalu
bersiap (stanby) dan memperhatikan data2 penting derah g dilalui
-data2 dpt dinilai lebih efektif
memakai daftar periksa (check list)
-Penentuan posisi tdk memerluka waktu
lama dan pengamatan yg lebih dapat dipertahankan
-Penambahan personil jaga dpt
diperlakukan dlm waktu yg tepat dan cukup
-Kemungkinan yg membatalkan
keberangkatan dari rencana yg telah dgariskan dgn cepat di ketahui
-wktu istirahat dpt direncanakandgn
lebih efektif
d.pada waktu pembuatan perencanaan pelayaran ada hal2 yg
perlu diperhitungkan oleh perwia navigasi sehubungan dgn route yg akan dilayari
jelaskan tentang hal2 yg perlu diperhitungkan tsb.
jawab
Hal2
yg diperhatikan adalah faktor2 dr dlm kpl & dr luar kpl,& akan di pilih
:
a)Ocean
Navigation
-
peta yg up to date
-
sailing directions and pilot books
-
tide table
-
list of light
-
system penentuan posisi yg akurat
- alat Bantu penetuan
posisi yg cukup
-system pelaporan ke
otoritas setempat
b)Coastel Navigation:
-ocean passage for the
word
-Routing chart
-tidal stream atlase
-meteorology and oceanografi data weather and ice
forecast
-load line chart
-system penetuan posisi
Tujuannya adalah :Tiba dgn waktu sesingkatnya di tujuan dgn keadaan aman.
-load line chart
-system penetuan posisi
Tujuannya adalah :Tiba dgn waktu sesingkatnya di tujuan dgn keadaan aman.
a.Apakah yg hrs
diperhatikan dlm menganalisa route suatu pelayaran
jawab
-UKC yg cukup sepanjang pelayaran
-Jarak aman dgn bahaya.
-Posisi merubah haluan yg terkontrol radar/ visual
-saat mengganti peta tdk ditempat kritis.
-melewati bagian pemisah lalu lintas.
-jarak nampak lampu2.
-Kecepatan aman sepanjang
route.
-ikut menjaga lingkungan
Laut.
-melewati tempat hrs
melapor, channel fhv, pilot station , tempat tug menjemput.
-hambatan &
pemecahan.
b.System navigasi apakah yg utama yg
digunakan & cadangan.
jawab
-adanya peta2 &
penerbitan yg up to date
-keadaan peralatan yg
ada.
-garis batas kesalahan yg
ditoleril.
-perlunya catatan khusus.
-pemilihan route samudra
( great circle, komposit track atau ram line
-pimilihan route samudra
utk menghindari cuaca buruk & daerah es.
a.Apakah yg dimaksud dgn publikasi navigasi
jawab
buku2 dan bahan2 penting yg diterbitkan dan disiapkan khusus
untuk membantu seorang navigator diatas kapal dlm melayarkan kapalnya dgn
aman/seelamat
b.sebutkan dan jelaskan sekurang2nya 10 publikasi navigasi
yg diperlukan.
Jawab
1.catalog peta
2.Chart folio
3.almanak nautika
4.pilot/sailing direction
5.dafttar2: daftar suar, daftar pasang surut, daftar arus
pasang, ilmu pelayaran, pelampung dan rambu2, isyarat radio, daftar jarak,
daftar ranjau
6.peta2
khusus (pilot Chart, Peta Cuaca, Peta arus, Peta Variasi)
7.Notice to Marine (berita pelaut)
8.Berita peringatan
navigasi
9.NEMEDRI (North European and Mediterranean Routing
Instruction)
10.Ocean Passage for the Word.
Sebutkan
latar belakang mengapa kita menganggap perlu membuat perencanaan utk suatu
pelayaran.
jawab
-Diperlukan cara utk
mengurangi resiko kesalahan navigasi.
-Diperlukan pendukung the
bridge team utk memastikan bahwa kpl dilayarkan dgn aman dr dermaga ke dermaga.
-Jika ada perubahan
selama pelayaran, telah disiapkan contingency plan, yg telah diberitahukan
& dimengerti oleh team anjungan.
-Pelayaran perlu
direncanak sebelumnya dgn mempergunakan semua informasi penting.
Dalam penyusunan
suatu rancangan pelayaran kita harus melihat terjadinya pasang surut sehubungan
dengan kedalaman perairan dan draft kapal.
Yang ditanyakan :
Yang ditanyakan :
a.Apa penyebab
pasang
jawab:
Akibat adanya gaya tarik bulan & matahari
terhadap bumi, serta akibat adanya rotasi bumi maka terutama dilautan terjadi
gelombang pasang surut dengan panjang yang sangat besar. Gelombang pasang surut
ini menyebabkan perubahan pada tinggi permukaan air dan juga pada arus pasang
surut.
b.Apa yang
dimaksud dengan :
-Tidal stream
Jawab
Arus yang menglir pada waktu pasang atau surut.
-Hight water
Jawab
Kedudukan air pada waktu gerakan naik telah
berhenti, dan gerakan belum mulai.
-Slack water
Jawab
Kedudukan air pada waktu Pergantian dari gerakan naik ke gerakan turun
atau sebaliknya.
-Neap tide
Jawab
Air pasang yang rendah dan air surut yang tertinggi yang trjadi pada
waktu bulan ¼ pertama dan ¼ terakhir.
-Spring tide
Jawab
Air pasang tertinggi atau surut terendah yang terjadi pada waktu bulan
purnama dan bulan baru.
Chart datum
(muka surutan dipeta)
jawab
jawab
suatu permukaan khayalan dalam
menentukan kedalaman laut yg tercatat dipeta, dan tertera pada judul peta tsb.
MHWS (Mean high
water spring):
Jawab
tinggi rata-rata air tinggi dalm 24 jam saat jarak pasang terbesar
tinggi rata-rata air tinggi dalm 24 jam saat jarak pasang terbesar
SQUAT
Jawab
Pengaruh yg timbul dlm alur pelsayaran sempit dikarenakan speed kpl yg
cepat shg Under Clearance nya mengecil,karena kpl cenderung mencari keadaan
seimbang shg kpl ngesot.
Uraikan isi
singkat dan manfaat buku-buku navigasi yang tersebut dibawah ini :
a.Ocean Passage
for the world.
Jawab
-terdiri
dari 2 jilid
-berisi
:
1.route2
pelayaran di laut dan di lengkapi dgn peta2 yg menggambarkan angin dan arus di
berbagai tempat di dunia
2.keterangan2
lain yg tdk terdapat dalam buku kepanduan bahari
b.Navigational
Warning.
Jawab
-Pengumuman2
melalui radio (broadcast) berisi peringatan2 terhadap bahaya navigasi/keamanan
pelayaran yg ditujukan kepada kapal2
-diprakarsai
oleh Negara maritime: Indonesia (hydroindonesia), antlantik timur dan laut
tengah (Naveam), atlantik barat (hydrolant), samudera pasifik bagian timur
(hydropac)
c.Sailing
Direction.
Jawab
-terdiri atas 43 jilid setiap 10 thn
-berisi
pengetahuan umum untuk setiap daerah seperti:
1.perhatian
terhadap NTM
2.perhatian
ukuran dan satuan yg di pakai
3.keterangan
tentang peta laut penerbitan navigasi
4.keterangan
terperinci tetang:
*flora
fauna, perdagangan, mata uang, station radio, galangan kapal , pemerintah
*Dermaga,
fresh water, bahan bakar, system pelampung, hama tikus dsb
a.Jelaskan apa yang dimaksud dengan “gejala Squat” serta jelaskan pula apa yang harus diperhatikan oleh Nahkoda / mualim jaga sehubungan dengan squat ini
jawab
Yang dimaksud dengan squat adalah; penyebab dari penurunan
yang sejajar & penambahan draft yang besarnya tergantung dari bentuk kapal,
kecepatan, kedalaman alur & lebar alur.
Hal2 yang harus diperhatikan nakhoda & perwira kapal
adalah;
- Besarnya penambahan sarat yang terjadi.
- Mengurangi kecepatan.
- kondisi kapal seperti; bentuk kapal, kecepatan kapal,
kedalaman & lebar alur pelayaran
b.Sebutkan / tuliskan
rumus-rumus untuk menghitung besarnya Squat masing-masing untuk :
- Channel
- Open Water
Jawab
- Channel
2 Cb x V2
100 ( meter )
- Open water
2 Cb x V2
100 ( meter )
Cb = Coefisien block
V
= Kecepatan kapal
Dlm system pelampungan I.A.L.A
a.Apa yg dimaksud dgn Bahaya terpencil serta sebutkan
tanda puncak warna serta bentuknya
jawab
Suatu tanda yg didirikan atau dilabuhkan diatas sebuah bahaya terpencil yg
mempunyai perairan yg dpt dilayari.
-Tanda puncak 2 bola bersusun tegak
-Warna; hitam dengan satu
atau lebih jalur
-Merah lebar mendatar.
-Bentuk; menara atau
batang Suar; warna putih,
-Lama;cerlang dalam kelompok Gp.Fl.(2)
b. System ini menggunakan 5 macam
tanda yg bisa dipakai secara gabungan sebutkan masing2 beserta kegunaannya
jawab
-Tanda lateral; dipakai dlm
hubunganya dgn arah pelayaran convensional. Umumnya utk mem batasi alur2 yg
baik yaitu sisi lambung kiri & kanan dari jalur yg hrs diikuti.
-Tanda Kardinal; dipakai dlm
hubunganya dgn kompas pelaut yg mana menunjukkan alur pelayaran yg aman.
-Tanda bahaya terpencil; menunjukkan suatu
tanda yg didirikan diatas sebuah bahaya terpencil yang mempunyai perairan yang aman/ dpt
dilayari disekelilingnya.
-Tanda peraiaran aman; menunjukkan disitu
terdapat perairan aman disekelilingnya ( misal; tanda2 pemisah ).
-Tanda2 bahaya khusus; menunjukkan/
menyatakan daerah didalam dokmen nautis.
Kpl berlayar pada malam
hari tiba2 melihat dihaluan pelampung suar Qk Fl (3) 10 Sec.
a.pelampung suar apakah
ini
jawab
System
pelampungan cardinal sector timur.
b.jikaHs anda utara
tindakan apa yg dilakukan
jawab
Kapal
merubah haluan ke kanan & melewati pelampung tsb pada sisi lambung kiri dgn
jarak aman.
Dalam pelayaran, kapal akan merubah haluan sejati dari 0000
ke 0450, jika suar yg terletak di pulau A di baring tepat melintang
di lambug kanan pada jarak 5 mil.
a.Jelaskan kapan anda mulai merubah haluan (WOP), tunjukan
dgn gambar
jawab
Menentukan Turn Bearing
yaitu suatu titik pada jenis halauan yang ditetapkan untuk membaring obyek di
peta laut yang dipergunakan untuk menentukan kemudi di putar ke halauan yang
baru.
1.Kapal dengan
halauan 000o akan merubah halauan 045o ke kanan, maka
data dari ATC (Available Turning Circle)
2.Perpanjang
garis halauan = AB buat garis tegak lurus ^ AB yang memotong garis
halauan yang baru (045o) dari titik C tarik garis ^
dengan perpanjangan halauan semula di titik D.
3.Dari titik D
diukur advance ke arah berlawanan dengan garis halauan sampai di titik E.
4.Titik E adalah
posisi dimana kemudi di putar dan baringan A sebagai turn
b.Jika lalulintas ramai tindakan berjaga2 apakah yg harus
anda lakukan
jawab
Jika lalu lintas ramai,
tindakan berjaga-jaga harus dilakukan
1.Buka VHF
Channel 16 untuk berkomunikasi dengan kapal lain
2.Kemudi
otomatis diganti dengan kemudi tangan
3.Lakukan
pengamatan dengan radar dan secara visual
4.Jika ragu-ragu
panggil nakhoda
5.Lakukan
baringan untuk menentukan posisi kapal secara berkala
6.beritahu kamar
mesin untuk mesin stanby
Ketika sedang berlayar ditengah laut malam hari dgn HS = 180º tiba2
tepat dihaluan nampak sebuah pelampung suar Qk Fl
a. Tanda apakah pelampung suar ini
jawab
adalah system cardinal sector utara
b. apakah tindakan yg perlu dilakukan
jawab
merubah haluan kekiri
atau kekanan
Ketika sedang berlayar ditengah laut malam hari dgn HS = 090º tiba2
tepat dihaluan nampak sebuah pelampung suar Qk Fl
a. Tanda apakah pelampung suar ini
jawab
adalah system cardinal sector Utara
b. apakah tindakan yg perlu dilakukan
jawab
merubah haluan ke
kiri karena bahaya ada di sebelah kanan bouy.
a.Apa g di maksud dgn keterangan No Go Area dalam peta dan
lankah apa yg harus anda lakukan dalam kaitan tugas anda membuat rncanan
pelayaran
jawab
-daerah yg tdk boleh di datangi berkaitan dgn kedalaman dan
bahaya navigasi
-luasnya dapat berubah akibat air pasang surut
b.Apa yg dimaksud dgn Area to be Avoided dan apa alsannya
ketentuan ini di adakan
jawab
Area tobe Avoided
yaitu daerah-daerah yang harus dihindari oleh semua kapal atau daerah khusus
untuk kapal-kapal tertentu.
Alasan adanya ketentuan ini yaitu adalah informasi-informasi
yang tertera dalam Additional Information.
c.Apa yg dimaksud dgn Tidal window dalam daerah pasang surut
dan apa tujuannya
jawab
periode2 aman untuk
melewati perairan pasang surut.
Tujuannya adalah untuk mengetahui perkiraan waktu pada saat
melewati perairan pasang surut tsb dgn
memperhitungkan UKC kapal
d.Sebutkan pertimbangan2 yg anda pergunakan dalam menentukan
kedekatan (distance off) garis haluan kapal anda terhadap bahaya navigasi kiri
kanan track
jawab
1.Sarat kapal
2.keadaan cuaca: angin, kabut, hujan dsb
3.keadaan arus dan arus pasang surut
4.kepadatan lalulintas
Terangkan apa yg dimaksud dgn
a.sistem pelampungan cardinal
jawab
system pelmpungan yg menunjukan bahaya di laut dgn
menetapkan sector aman yg boleh dilayari
b.Geographical Range (List of
lights)
jawab
Jarak suar apabila besarnya dibatasi/ tergantung oleh
lengkungan bumi, tinggi penerangan & tinggi penilik
c.Traffic Separation Scheme (TSS)
jawab
perairan/alur dimana lebar yang
dapat di layari < 2mil atau alur2 yg di batasi karena draught kapal serta
kedalamn air
Jelaskan
hal2 atau keadaan yg dpt dikategorikan sbg “critical
navigation”
jawab
1.navigasi dlm jarak pandang terbatas.Maksudnya : navigasi didlm cuaca menghalangi jarak
pandang sampai 3 mil atau kurang.
2.navigasi didlm cuaca buruk. Maksudnya : navigasi dgn keadaan laut & cuaca berkekuatan angin
lebih dr skala beaufort 6 & tinggi ombak lebih dr 5 mtr.
3.navigasi didlm alur sempit, perairan yg ramai & “traffic separation schemes”. Maksudnya : navigasi didaerah laut atau pelabuhan
dimana terdpt keadaan yg dimaksud diatas.
4.Dlm
TSS.Dlm hal2 diatas hrs di tulis dlm Log book
a.Apa tindakan mualim jaga bila kapal akan
memasuki daerah tampak terbatas
jawab
1.Beritahu
nakhoda
2.membunyikan
isyarat kabut
3.menjalankan
RADAR
4.memberitahu
masinis jaga utk menyiapkan M/E utk olah gerak.
5.memanggil
juru mudi jaga ke anjungan sbg “look out”
6.menyalakan
lampu2 navigasi
7.mengambil
baringan RADAR terhadap kpl2 lain
8.siapkan
VHF channel 16 & mendengarkan informasi navigasi dr kpl lain.
b.Apa yang dimaksud dengan “ Alur Pelayaran Sempit”
(NARROW CHANNEL)
jawab
adalah alur2 di mana lebar yg dpt
dilayari adalah < 2mil atau alur2 yg di batasi karena drught kapal serta
kedalaman air.
c.Jelaskan persiapan2
berlayar dlm “cuaca buruk”
jawab
-laporkan kepada nakhoda
-lapor
ke kamar mesin utk engine stand by
manuver
-kecepatan & haluan hrs di adjust
-nakhoda
& perwira jaga memantau ramalan cuaca dr radio, weather fax. Navtex, dll
-kemudi
di robah dr auto ke manual
-pastikan semua perlengkapan di deck sudah
diamankan & terikan dgn baik termasuk pintu2 kedap air & manhole
-pastikan kedua jangkar sudah masuk diulup &
terikat dgn baik
-semua barang2 yg bergerak di kabin,di dapur & mess room di ikat dgn
baik
d. apakah tindakan
Perwira apabila masuk pada daerah kabut
jawab
-Laporkan
ke Nakhoda.
-Bila
hrs mengurangi kecepatan beri tahu kamar mesin.
-Mengaktifkan
seluruh alat2 bantu Navigasi al :Radar,Arpa,VHF, Fog Signal.
-Kemudi
Manual.
-Menghidupkan
lampu2 Navigasi.
-Menentukan
posisi secara berkala,
-Menempatkan
pengamat.
-Bila berlayar di pantai menggunakan peta skala
besar.
a. Rancangan pelayaran disesuaikan dgn type/phase nav. Yg
akan dialami (samudra, pantai, alur pelayaran /pelabuhan). Jelaskan secara
singkat pokok perbedaan ciri rancangan Pelayaran tsb ?
jawab
1.Rancangan Pelayaran Samudra:
-Memiliki
kuantitas/kualitas persyaratan navigasi kurang tinggi
-Perhatian
dgn saksama ocean passage for the world (routing chart, tidal steam, meteo
& ocean, ice forecast)
-Peta
yg digunakan skala besar
2.Rancangan Pelayaran pantai:
-Kuantitas/kualitas
persyaratan navigasi cukup tinggi
-Perlu
diadakan analisa rute yg menyangkut kedlman air, UKC, pasang-surut, objek2
penentuan posisi, berita navigasi, lebar alur.
-Peta
yg digunakan hrs up to date & skala yg kecil.
3.Rancangan Alur pelayaran:
-Kualitas/kuantitas
persyaratan navigasi sangat tinggi
-Peta
hrs up to date dgn NTM terakhir & peta yg skala besar
-Perahtikan
segala info dr VTS
b. Apa tujuan yg akan di capai/ diperoleh dgn membuat
rancangan pelayaran ?
jawab
-utk
meminimumkan resiko kesalahan bernavigasi
-utk
mendukung the bridge team
-pelayaran
yg akan ditempuh telah direncanakan sebelumnya
-jika
ada perubahan team anjungan dpt diberitahukan selama pelayaran.
c. Dlm membuat ranc. Navigasi, disamping menandai peta,
perlu dibuat sebuah catatan anjungan (Bridge Note Book) sebutkan catatan
anjungan.
Jawab
-Informasi mengenai bahaya2 yg perlu di perhatikan oleh navigator dlm
melaksanakan tugas jaga.
-Informasi ttg bahaya baru yg blm di terbitkan oleh NTM.
-Informasi mengenai hub. Komunikasi ke pilot station atau radio pantai
-Informasi penting lainnya yg berhubungan dgn ke- selamatan pelayaran
Sebutkan minimal 10 (sepuluh kegiatan yg terdapat didlm check list tentang bridge & navigational
equipt. Sebelum kpl berlayar ( OHN to ER ).
jawab
1.Test steering gear.
2.Test telegraph.
3.Test navigation light.
4.Check gyro compass
5.Synchronies time with ER.
6.Test radio equipment
7.Check / test main engine.
8.Check gyro repeater.
9.Test angin suling
10.Test Navigation equipment
a.jelaskan gejala2 akan
terjadi badai putar tropical
jawab
-Tekanan udara di bawah normal
-Penyimpangan angin dari keadaan rata-rata dan kekuatannya
-Kecepatan alun yang merambat ke segala arah
-Awan-awan cirrus dan cirro cumulus menuju ke satu titik di
langit
b.Apakah yg dimaksud dgn:
a.dangerous semi circle (DSC)
jawab
Setengah lingkaran yang berbahaya bagi kapal-kapal yang
terperangkap di dalamnya, karena kapal-kapal tersebut sulit melarikan diri dari
siklon tropis
b.navigable semi circle (NSC)
jawab
Sektor setengah lingkaran dari siklon tropis yang kurang
berbahaya bagi kapal-kapal yang terperangkap di dalamnya karena kapal masuk
dapat melepaskan diri dari sektor tersebut walaupun agak sukar
c.track
jawab
lintasan dari badai
putar tropik
d.vertex
jawab
tempat badai putar tropic
berbelok
Jelaskan secara singkat isi dari pada publikasi2
navigasi berikut:
NTM :
jawab
-publikasi2 baru dr peta2, buku2 terbitan baru
-koreksi
utk peta2 BA, Australia, New Zealand, P&T
-koreksi
utk sailing direction, ALRS, ALL,
-Navigational
warning
Ocean passage for the world,
jawab
-Keterangan2 & perhatian yang berhubungan dgn
Route2 pelayaran di laut ( Route samudera ) Bagi Kpl sesuai dgn kekuatan mesin
kpl tsb yg Dpt dikategorikan:
*High power vessel: kecepatan ≥14 knots
* Medium power vessel: kec > dari 11< 14 knt
*Low power vessel: Kec < 11 knots.
Yang dianjurkan route2 pelayaran samudra pd Musim
tertentu. Peta angin, arus, dr berbagai Tempat di dunia.
Navigational Warning
jawab
Tentang peringatan akan adanya bahaya2 navigasi yg ditujukan kepada kpl
melalui radio yg diprakarsai oleh negara yg bersangkutan. Cara lain melapor kpd
satu badan, lalu badan ini menyiarkan secara luas ke kpl2, misalnya :
-NAVEAM : utk daerah atlantik timur termasuk laut utara & Baltik.
-HYDROLANT : utk daerah Atlantik Barat.
-HYDROPAC : utk daerah Pasifik bagian timur.
a.Kegitan apa saja yg harus dilakukan sebelum kapal berlayar
(12jam sebelum bertolak) sehubungan dgn Steering gear test
jawab
-Check oli hydrolik sistim
-check emergency steering
-test kemudi ke kiri dan ke kanan
-check repeater dan master pilot
-check lampu indikator
b.Apakah yg dimaksud dgn Emergency steering drills. Jelaskan
dgn singkat
jawab
latihan di atas kapal untuk mencoba/mengecek/membiasakan
kesiapan peralatan dan crew yg berhubungan keadaan emergency yg membutuhkan
kesiapan dan kesiagaan dalam pengoperasian emergency steering gear di atas
kapal.
Jelaskan mengapa:
a.kapal yg berlayar di perairan dangkal dianurkan memiliki
UKC >10% draught sedangkan di laut utara di anjurkan >20%
jawab
karena di laut utara mempunyai gelombang/alun yg besar
sehingga pada saat kapal berada di lembah gelombang/alun squatnya besar
sehingga dapat membahayakn kapal
b.Kapal yg berpapasan /bersilangan/penyusulan di perairan
dgn kapal lain berada close quarter situasion >3mil, sedangkan di laut lepas
>5 mil
jawab
karena kapal di perairan dgn kecepatan aman pada saat
berpapasan/bersilangan/penyusulan daya isap dan daya tolak lebih kecil karena
kecepatan kapal kecil sedangkan kapal di laut lepas dengn kecepatan full speed
daya isap lebih besar dari pada daya tolak karena kecepatan kapal besar
Terangkan dgn singkat pengertian data didlm NTM berikut ini
a. * P (preliminary)
jawab
suatu perubahan atau koreksi thd peta dimana
koreksi tsb sifatnya sedang dilaksanakan / berlangsung & tetap, misalnya:
pengembangan suatu pelabuhan, penempatan atau
pemisahan pipa/kabel bawah laut.
* T ( temporary ) :
Jawab
suatu koreksi thd peta dimana sifat koreksi tsb
adalah sementara, misalnya : daerah latihan perang, penempatan buoy2 pembatas
dr suatu reklamasi, & operasi pengerukan ( biasanya ditulis dg pensil )
b. Navigational Warning
jawab
adalah berisi peringatan2 navigasi penting bagi
kpl yg berlayar pd daerah/wilayah, dimana peringatan navigasi dipancarkan
melalui:
-stasiun radio pantai
-inmarsat C
-Navtex
a.Kegiatan apa saja yg
dilakukan oleh navigator dalam appraisal stages untk menyusun suatu rancangan
pelayaran
Jawab
-mengumpulkan
semua informasi untuk pelayaran
-mengumpulkan
peta2 dan buku2 navigasi
-mengumpul
data2 cuaca seperti angin, arus dsb
b.Apa fungsi appraisal stages dalam penyusunan
rancangan pelayaran ?
jawab
-Utk
memberikan dukungan kpd team di anjungan dlm mempersiapkan suatu pelayaran agar
kpl aman berlayar di antara pelabuhan2/dr dermaga ke dermaga.
-Agar
kpl dpt tiba dgn selamat dgn waktu sesingkat2nya.
c.Sebutkan stages
lainnya yang menyusul stage Appraisal.
jawab
-Perencanaan (Planning)
-Pelaksanaan (Execution)
-Pemantauan (Monitoring)
Sebuah kapal direncanakan akan bunker di LAS PALMAS, CANARY
ISLAND dalam pelayaran Cape Town ke
London
a.Terangkan bagaimana cara anda mendapatkan data2 pelabuhan
tsb
jawab
-kita mendapatkannya di guide to port entry dan di sailing
direction / kepanduan bahari.
- utk mendapatkan keterngan daftr
pasang surut dapat dilihat di admirality
tide tible
b.dalam pelayaran itu akan dilalui pulau Sint Helena
dan ASCENSION, dimana tidak ada peta
rencana (plan Chart) pulau2 itu. Bagaimana cara anda dapat melewati dgn aman.
Jawab
Dgn cara menggunakan Teknik parallel indexing merupakan
cara yg akan menentukan suatu metode di radar untuk memeriksa apakah kapal
berada pada haluan yg aman untuk
melewati Pulau Sint Helena dan Ascension. Cara membuatnya di radar:
1.buat/tarik suatu index melalui
Echo dari suatu objek tetap yg menyinggung lingkaran jarak variable (VRM) yg
besarnya sama dengan jarak yg di inginkan
2.garis index akan berada sejajar
dgn track di muka bumi di mana kapal akan ikuti dan dipertahankan untuk
melewati pada jarak yg aman.
Jelaskan hal2 yg
harus saudara perhaikan bila kapal saudara berlayar di alur pelayaran sempit
dan dangkal
Jawab
1. sarat kpl.
2. keadaan cuaca:
angin, kabut hujan dsb.
3. keadaan arus &
arus pasang surut.
4. keadaan
lalu-lintas.
Jelaskan masing2 Rancangan pelayaran
jika kpl melayari:
a.
dipelabuhan / alur pelayaran
jawab
memiliki kwalitas & kwantitas
persyaratan navigasi yg tinggi sekali
b.Hal yg hrs di perhatikan utk RANPEL daerah pantai :
jawab
-Petunjuk2/rekomendasi di dlm sailing direction
-Sarat
kpl sehubungan dgn dlm dalamnya air yg ada
-Pengaruh
daripada squat akibat dgn adanya UKC yg ada pada air dangkal
-Pasang
surut & arus
-Cuaca,keadaan
khusus pd daerah tsb,yg cenderung mengakibatkan terbatasnya pandangan.
-Alat2
navigasi yg tersedia & tingkat keakuratan daripada masing2.
-Metode2
yg di gunakan utk menentukan posisi kpl scra fix
-Siang atau malam hari kpl akan melewati tempat2
berbahaya
-Keadaan lalu lintas laut saat berpapasan .
c.Rancangan
pelayaran utk daerah lautan/ samudra
Jawab
-Penempatan orang sbg pengamat hrs di beri
prioritas
-Hrs
selalu di adakan close monitor berita2 navigasi yg di siarkan oleh NAVAREA,
HYDROLANT, HYDROPAC.
-Perubahan
cuaca setempat hrs di monitor & hrs di lakukan pemeriksaa secara regular.
-Hrs
ikut berpartisipasi dlm sistim pelaporan sesuai recomendasi yg ada .
-Posisi kpl hrs di tentukan secara berkala
-Kesalahan2 baik pedoman gyro & pedoman magnet
hrs di lakukan scr berkala .
-Radar hrs siap di gunakan
Sbg navigator, anda diminta menyiapkan peta2 laut & publikasi, utk
pelayaran Indonesia-Eropa melalui terusan Suez.
a. Bagaimana Cara menetapkan peta laut yg akan digunakan:
jawab
-Dpt
mencarinya dalam Catalog Chart dimana Terdapat nomor2 peta BA sesuai dgn route
yg Akan dilalui.
-Peta diurut dr tempat tolak smp tempat tujuan
-Peta yg akan digunakan sudah dikoreksi
-Sampai NTM yang terakhir.
b.Jika dlm pelayaran tsb
akan singgah dijibouty & malta bagaimana cara anda mendapatkan data
pelabuhan tsb:
jawab
-Kita
dpt mendaptkanya di guide to port entry juga di saiing direction/kepanduan
bahari.
-Utk
mendapatkan keterangan mengenai pasang
surut dpt dilihat di Admiraty tide table.
Tempat tolak A dan tempat tiba B keduanya
dilintang utara dan terletak pada sebuah lingkaran besar. Bagaimana cara mengukur
jarak AB dipeta lingkaran besar dengan memakai delta (D
) lintang. Jelaskan secara singkat disertai dgn sketsa
Jawab
Cara mengukur nya dgn rumus :
Cos a = Cos(lt1–lt2)–Coslt1xCoslt2xSinVer∆ bu
Dimana :
a : Jarak
menurut lingk. Besar antara tempat tolak – tempat tiba
lt1 : Lintang tolak
lt2 : Lintang tiba
∆Bu : ∆ bujur antara tempat tolak – tempat tiba
Nilai a atau Cos a dicari dgn daftar VIII ilmu pelayaran,
spt halnya mencari nilai sin th (lt1 = lintang & lt2 = Zawal)
Utk term 1 jika lt1 senama lt2 ambil lt1-lt2 atau lt2 – lt1
Sedang utk lt1 tdk senama lt2 ambil lt1 + lt2
Sketsa:
Kpl akan berlayar dr cape
town ke new york dgn lingkaran besar(great circle)
a. Jelaskan Cara anda mengukur jarak dipeta
proyeksi gnomonic
antara 2 tempat tsb
jawab
Kita dpt menggunakan rumus:
Cos a =cos(lt 1- lt 2) – CosLt 1 x CosLt2 x Sin V Δ Bujur.
b. Terangkan mengapa lengkungan lingkaran besar selalu menghadap ke katulistiwa.
Jawab
-Karena lingkaran besar
membelah bumi menjadi 2 bagian yg sama besar yaitu U & S
-Pada Khatulistiwa jauh =
Simp
-1ºΔ bu = 1º ltg
a.Hal-hal apakah
yang perlu diperhitungkan sebelum menggunakan ship’s Routring.
Jawab
1.kedalaman peta
2.kemungkinan terjadinya perubahan dasar laut sejak survey
terakhir
3.pengaruh2 cuaca dan panas surut pada kedalaman air yg ada
b.Berikan daerah-daerah yang harus dihindari dalam “
ships Routering”
jawab
1.deep water routes
2.traffic separation scheme
3.precautionery areas
4.inshore traffic zone
5.daerah2 yg harus dihindari oleh
kapal tertentu sehubungan dgn kelasnya, ukurannya, muatanya dsb biasanya
terdapat di buku2 kepanduan bahari (Pilot Book) berikut acuan2 yg diperlukan
pada peta2. karena:
-dareah tsb tidak di survey dgn cukup
-diperlukan pengetahuan setempat untuk berlayar di daerah
tsb.
c.Hal apa saja yg dapat diberikan oleh Trafic Center dari
VTS
jawab
Memberikan beberapa
jasa2 spt informasi utk kpl2 yg beroperasi didaerahnya tentang waktu tiba,
tempat sandar, berlabuh jangkar, & waktu berangkat dr kpl2 lain maupun
rincian dr bahaya2 navigasi cuaca & port operation. Jg menangani informasi
tentang tempat2 naik & turunnya pandu & penegakkan peraturan2 setempat.
a.sebutkan faktor2 yg prlu diperhitngkan dan dipertimbangkan
dalam menentukan taktik pelaksanaan (execution) rancangan pelayaran
jawab
1.Keandalan dan kondisi peralatan navigasi kapal
2.perkiraan waktu tibapada titik kritis utk ketinggian dan
aliran air pasang
3.kondisi metereologi khususnya di daerah yg diketahui
sering di pengaruhi oleh periode daya tampak rendah
4.melewati titik2 bahaya di siang hari lawan malam hari
5.kondisi lalulintas khususnya pada titik2 pusat navigasi.
b.bagaimana pelaksanaan eksecution stage itu
diwujudkan/direalisasikan
jawab
yaitu dgn car melakukan pemantauan/monitoring secara ketat
dan berkesinambungan terhadap kemajuan kapal sepanjang jalur yg direncanakan untuk keselamatan pelayaran.
a.Berikan penjelasan dgn singkat tentang funsi
peralatan/data berikut ini:
-Rudder indicator
Jawab
Suatu alat petunjuk anjungan yang menunjukkan
pergerakan daun kemudi disimpangkan ke kiri atau kanan pada derajat yang
dikehendaki.
-Rate of turning
-Rate of turning
Jawab
Suatu petunjuk/ indikator yang menunjukkan kapal mulai
bergerak/ membelok setelah kemudi digerakkan ke kiri atau ke kanan pada derajat
yang di ijinkan.
-available of turning cicle
Jawab
Adalah kemampuan putar suatu kapal bilamana kemudi diberi
cikar kanan/ kiri, keterangan ini bisa dilihat Whell house poster, dimana
isinya mengenai kemampauan kapal berlayar dalam keadaan kosong/ sarat muatan
dan keterangan terkait lainnya
-engine revolution (RPM)
Jawab
Adalah petunjuk/ indikator yang menunjukkan perputran
mesin pada waktu mesin digerakkan (jumlah putaran mesin per menit).
b.hal2 tentang apa yg tercantum pada required Boarding
arrangementns for pilot sesuai dgn International maritime Pilot association.
Jelaskan dgn singkat
jawab
Hal-hal yang tercantum antara lain :
-Ketentuan panjang tangga pandu yang pada lambang
bebas tidak lebih dari 9 m.
-STANCHION HAND HOLD – diameter minimum 12 mm berdiri
pada posisi sejajar pada jarak 120 cm dengan ketinggian 70 – 80 cm, tali
terbuat dari manila rope, tali pegangan tangkap diameter minimum 28 mm,
spreader panjang minimum 120 cm dengan jarak max 8 anak tangga.
-Panjang anak tangga minimum 40 cm dengan jarak 30 –
38 cm, didekat tangga pandu pada main deck ditempatkan pelampung yang
dilengkapi dengan lampu dan tangga permanen yang berdiri di Bulk Walk.
-Pada malam hari harus ada penerangan yang mengarah ke
depan (menyinari tangga pandu)
-Pada lambung timbul didepan tangga pandu ada cat
putih merah dengan lebar/ panjang max 0,5 ...... m.
Kapal anda full container dgn susunan container 4 tier on
deck berlayar dari Newyork ke Neworleans. Dari radio navigational warning dan
weather fax di dapat data adanya Gale di gulf mexico.
a.Persiapan2 apa yg perlu dilakukan sehubungan dgn Route
kapal dan muatan container
jawab
Untuk Route Kapal:
-selalu memperhatikan ramalan cuaca yg diterima melalui:
radio, faximile cuaca, navtex, atau VHF
-bila dapat dilaksanakan nakhoda mempertimbangkan untuk
mengambil jalur lain guna menghindari cuaca buruk
Untuk muatan container:
-Pastikan bahwa semua perlengkapan di deck sudah diamankan
dan diikat dgn baik
-lashing muatan dikencangkan bila perlu
b.Tindakan apa yg dilakukan nakhoda jika ternyata kapal
sudah berada di daerah cuaca buruk
jawab
-lapor
ke kamar mesin utk engine stand by
manuver
-kecepatan & haluan hrs di adjust
-nakhoda
& perwira jaga memantau ramalan cuaca dr radio, weather fax. Navtex, dll
-kemudi
di robah dr auto ke manual
-pastikan semua perlengkapan di deck sudah
diamankan & terikan dgn baik termasuk pintu2 kedap air & manhole
-pastikan kedua jangkar sudah masuk diulup &
terikat dgn baik
-semua barang2 yg bergerak di kabin,di dapur & mess room di ikat dgn
baik
-Beritahu crew bahwa kapal menghadapi cuaca buruk
kapal anda akan singgah mengisi air tawar dan bahan bakar di
pelabuhan lorenco marques (Mozambique) dalam peayaran dari Tg.Priok ke Cape
town
a.Persiapan apa yg perlu anda lakukan sebelum berangkat dari
tg priok ke cape town
jawab
-pastikan
bahwa semua peta & penerbitan nautis tersedia & telah dikoreksi sampai
NTM terakhir yg diterima dikpl.
-memeriksa
navigational warning yg disiarkan utk daerah pelayaran yg akan dilalui.
-perhatikan
ramalan cuaca terakhir & pertimbangan keadaan laut & alur yg akan
ditemukan selama pelayaran.
-berikan
pengarahan kpd perwira navigasi tentang jalur yg akan ditempuh & pastikan
bahwa ia mengerjakan rencana pelayaran tsb dgn lengkap.
-pastikan
bahwa rencana pelayaran ini dicatat didlm voyage planning abstract mencakup dr
dermaga ke dermaga
b.jelaskan pada publikasi mana anda bisa mendapatkan data2
tentang Landfall, angin, arus, pasang surut di pelabuhan tsb
jawab
data2 tersebut di dapat pada publication :
-Pilot/Sailing Direction
-Pilot Chart/Routering Chart
-Tide Tables
-Tidal Stream Tables
Jelaskan tentang
tindakan2 yg hrs dilakukan, apabila saat kpl berlayar terjadi :
a. Gyro compass failure
jawab
-Lapor
ke nakhoda.
-Check
posisi & jam.
-Gunakan kemudi manual
dgn menggunakan standar kompas
-Informasikan ke KKM,
mesin siap utk olah gerak
-Lapor ke head office utk
perbaikan segera di pelabuhan
-Tulis di log book.
b.Steering gear
failure.
jawab
-Segera
lapor ke nakhoda bunyikan emergency alarm.
-Segera
lapor ke KKM/ Kamar mesin.
-Check
posisi dan jam kejadian.
-Jika perlu pancarkan
berita keselamatan sehubungan dgn keadaan kpl posisi agar kpl lain dpt
menghindar.
-Utk
malam hari nyalakan lampu tiga lampu merah putih merah bersusun vertical, siang
hari naikkan dua kerucut disela oleh satu bola hitam.
c.Main engine Failure.
jawab
-Segera
lapor Nakhoda.
-Segera
lapor KKM/ k. mesin
-Check
posisi dan jam
-Siapkan
jangkar
-Jika
perlu pancarkan berita segera utk kpl di sekitar
-Utk
malam hari nyalakan lampu dua lampu merah bersusun vertical, siang hari naikkan
dua bola2 hitam
a.Rancangan
pelayaran disesuaikan dengan type / phase Navigasi yang akan dialami (samudera,
pantai, alur pelayaran/pelabuhan). Jelaskan secara singkat pokok perbedaan ciri
rancangan pelayaran tersebut
jawab
Perbedaan pokok antara rancangan pelayaran pada navigasi samudra (ocean navigation) dan navigasi pantai adalah pada :
Perbedaan pokok antara rancangan pelayaran pada navigasi samudra (ocean navigation) dan navigasi pantai adalah pada :
-Kwantitas dan kwalitas
persyaratan navigasinya
-Jarak yang ditempuh untuk
navigasi
-Sumber-sumber informasi
untuk navigasi yang diperlukan (publikasi navigasi)
-Khususnya untuk navigasi
samudra memerlukan pengamatan berita cuaca yang seksama karena memiliki
kemungkinan yang lebih besar mengalami cuaca buruk di dalam bernavigasi di
banding navigasi pantai (Coastal Navigation)
b.Apa tujuan yg
akan di capai/diperroleh dgn membuat rancangan pelayaran itu
jawab
Tujuan yang akan dicapai / diperoleh dalam membuat rancangan pelayaran adalah :
Tujuan yang akan dicapai / diperoleh dalam membuat rancangan pelayaran adalah :
“Untuk dapat melayarkan kapal
secara aman dari dermaga ke dermaga dengan memperhitungkan kapal-kapal dan
lingkungan setiap saat”.
Dengan cara menghindari hal-hal
atau kesalahan-kesalahan yang tidak terdeteksi yang dapat menyebabkan
kecelakaan pada navigasi kapal.
c.Dalam membuat
rencana navigasi (planning) disamping menanda peta, perlu dibuat sebuah catatan
anjungan (Brige Note Book). Sebutkan isi catatan anjungan tsb
jawab
Isi dari catatan anjungan
(Bridge Note Book) adalah “Hal-hal yang berhubungan dengan keselamatan navigasi
di luar daripada rancangan pelayaran yang sudah dibuat”.
Misal : Perkembangan berita cuaca, -Navigational Warning, Alat-alat navigasi yang sedang dijalankan / dioperasikan di anjungan dll.
Misal : Perkembangan berita cuaca, -Navigational Warning, Alat-alat navigasi yang sedang dijalankan / dioperasikan di anjungan dll.
a.Bagaimana
anda memiliki peta dan terbitan navigasi utk suatu pelayaran internasional
jawab
Cara memiliki peta & Publikasi :
-Lihat pada Katalog Peta No. Peta yg dibutuhkan.
-Untuk penerbitan peta & publikasi terbaru lihat pada NTM
-Bila peta & publikasi utk suatu
pelayaran Intr. Tdk tersedia diatas kpl ajukan permintaan ke Agen.
b.Bagaimana
anda memiliki ocean track yg terbaik,
apa kriterianya
jawab
Ocean Track yg terbaik :
-Gunakan Great Circle chart
-Gunakan Ocean Passage for the World
-Gunakan Routering Chart
-Gunakan Tidal Stream Atlas
-Gunakan Loadline chart
-Gunakan Meteorological dan
Oceanografi data, weather & Ice forecast.
c.Jelaskan
dgn singkat cara menentukan Primary dan Secondary Position Fixing dlm suatu
pelayaran Internasional
jawab :
Cara menentukan primary dan
secondary position fixing pelayaran internasional adalah misalnya apabila kpl
jauh dari daratan (laut lepas) menggunakan GPS (primer) dan LORAN-C (sekunder).
dalam perairan antar pulau/dekat daratan fungsi LORAN-C di ganti dengan radar
fix. Sedangkan pada perairan terbatas peran GPS di ganti dengan radar dan
visual
Sebagai navigator anda di minta
menyiapkan peta2 laut dan publikasi untuk pelayaran Indonesia – Eropa melalui
terusan Suez.
a.Jelaskan cara anda menetapkan peta2 laut
yg akan digunakan
jawab
Cara persiapkan peta laut yang
akan digunakan:
-Cari dalam catalog peta dimana
terdapat nomor2 peta BA sesuai dgn
route yg akan dilalui.
-Di situ terdapat nomor-nomor peta yang
akan digunakan
-Peta diurut dari tempat
tolak sampai tempat tujuan
-Peta yang akan digunakan sudah dikoreksi sampai NTM yg terakhir.
-Tarik garis halauan satu persatu yang
akan digunakan
-Atur peta dari pelabuhan pertama ke bawah
sampai peta-peta di tempat tujuan
b.Jika dalam pelayaran tsb akan singgah
di Jibouti dan Malta, bagaimana cara anda mendapatkan data pelabuhan2 tsb.
Jawab
-kita mendapatkannya di guide to port entry dan di sailing
direction / kepanduan bahari.
- utk mendapatkan keterngan daftr pasang surut dapat dilihat
di admirality tide tible
a.Dalam rancangan pelayaran
apa kah
yg dimaksud persingkatan dan
dalam hal bagaimana
nilai persingkatan akan semakin besar.
jawab
a.Persingkatan
adalah selisih jarak menurut loxodrom dan jarak menurut lingkaran besar
antara dua tempat tertentu, persingkatan
akan semangkin besar apabila :
- tempat tolak dan tempat tiba terletak pada lintang2 yag lbh tinggi
dan senama.
- haluan loxdrom jauh mendekati 90º.
- jauh sepanjang loxodrom semakin besar.
b.Kapal berlayar mengikuti ling karan
besar pada lintang 30ºS kecepatan
kapal 15 knot nilai konvergency diambil = 1º ditanyakan : berapa
kali kapal perlu
merubah haluan dalam
24 jam , agar kapal praktis dpt
dianggap berlayar mengikuti
lingkaran besar.
Jawab :
C= ∆ bu x sin lint.
1= ∆bu x sin 30º
∆ bu = 1/sin 30º = 1/0.5 = 2
jarak = 2 x 60 mile =
120 mile
bila speed 15 knots
maka peruba han haluan dilakukan
setiap
120/15= 8 jam
jadi dalam 1hari ( 24
jam) dilaku kan perubahan haluan
24/8=3x
kapal berlayar dari A (26ºU 10ºB) mengikuti composit track tanpa
melampaui jajar CD menuju B diketahui lintang C = 30ºU dan terletak lebih
Dibarat dari posisi D yg mempunyai bujur 170ºB lingkaran besar DB memotong equator
di E.
a.tentukan posisi E dan haluan kapal di E.
b.Hitunglah posisi C
jawab:
a. posisi E adalah :
lintang E = 00º 00
bujur E = bjr.D +
90º = 170 B + 90 = 260º B
jadi =
360 – 260 = 100º T
posisi E =( 00º 00 U - 100º T)
Haluan kapal di E = 90 – lint V(Lint.D ) = 90 – 30 =S 60 B.
tg.cp tg.60 0,86375
b.cos.p = tg.ap
tg.63,5
p= 30º 16.8’
bujur c= bujur a + sudut apc =
10 00 B + 30 16.8= 40 16.8 B
jadi pos C = 30º 00’
U/40º 16.8’ B
Grs
haluan yang ditetapkan melalui posisi k yang dalam cotidal chart mempunyai data mhwi= 3 jam 24 mnt dan msr 2,1
mtr. diketahui cotidal chart ini terkait dgn standart port P yang
mempunyai mhwi = 4jam 12 mnt dan msr =
4.2 mtr, ktrngan pasang standart
port p pada hari itu:
time
= 02,04 07,56 14.03
20.15
hgth
= 3.4 0.8 4.0 0.7
ditanyakan:
waktu hw dan lw tinggi air hw dan lw di k hari itu.
Jawab:
-
Waktu HW di k = waktu hw distdr
Port + (mhwi k – mhwi strdr P )
= 14.03 + (3.24 – 4.12 )= 13.15
- waktu LW di k = wkt lw di stdr
p
+(mhwi k – mhwi stdr P )
= 20.15 +( 3.24 – 4.12 ) = 19.27
- tinggi H di k = tinggi lw stdr
p x msr.k/ msr stndr P
= 4.0x2.1/4.2 = 2 mtr
- tinggi lw di
k = tinggi lw di std P x
msr k / msr P
= 0.7 x 2.1/4.2 = 0.35 mtr
Navigasi
Coastal Waters :
a.Tentukan nilai computed visibility suar Gp. F1 (3) W 15 sec 100m 24M,
dimana kpl anda yg mempunyai tinggi 9 mtr diatas air. Jelaskan jawaban anda dgn
perhitungan.
Jawab
Jarak geografis (d) = 2.08 (√H+√h)
= 2.08 ( √ 9 + √ 100 )
= 2.08 ( 3 + 10 )
= 2.08 x 13
= 27.04 mil
Jarak geografis
: 27.04 mil.
Jarak dipeta
: 24.0 mil
Dikatakan strong light/penerangan yg
kuat dimana jarak geografis > jarak dipeta
(27.04 > 24).
b.Jelaskan arti tingkatan tersebut
disertai gambar prilaku suar tsb !
jawab
Suar Gp.Fl (3) W 15sec 100m 24M artinya : Group suar
yg memiliki cerlang putih sebanyak 3 kali dalam interval waktu 15 detik. Suar
tsb memiliki ketinggian konstruksi 100 mtr dr permukaan laut serta jarak tampak
lampu suar pd cuaca cerah adalah 24 mil.
Dari peta laut diperoleh data suar m adalah Fp Fl (2) w 15 sec 64m 24m.
a.Suar m termasuk suar kuat atau suar lemah ? Jelaskan
jawaban Saudara.!
b.Berapa nilai
computed visibility suar M bagi penilik di kapal yang mempunyai tinggi mata 9
meter diatas air.
Jawab:
Jarak geografis: 2,08 (√H + √h)
Jarak max = 2,08 (8 + 3) = 22,9 mil
Jarak geografi : 2,08 (√H + √h)
= 2,08 (8
+ 2,23) = 21,3 mil
(patokan TM = 5 M)
jarak geografis= 21,3 mil
jarak dipeta = 24 mil
selisih jarak= 24 – 21,3 = 2,7 mil
<0,5
*Suar tsb digolongkan suar kuat
Sebuah kpl dgn draft 9.6 m berlabuh jangkar dipelabuhan
“LIVERPOOL” menanti air pasang.
Pada jam berapakah kpl tsb dapat melew Chart datum : 5.0 m
data dari ATT adalah terlampir grafik pelabuhan LIVERPOOL dibawah ini
05
50 7.5
X 12 43 2.5
199.. 18 34 7.6
Jawab.
HW = 18.34 7.6
LW =
12.43 2.5
Range =
5.1
Draft kapal 9.6 m
Kedalaman di peta 5.0 m
UKC 0.6 m
Kedalaman pasang 4.0 m
Kapal bisa lewat
jam 14.50
Jadi ambang
sungai dgn aman dgn ketentuan : keel clearance : 0.6 m
Garis
haluan yg ditetapkan melalui pos K dalam codital chart, data K :MHWI= 4 jam 43
men.& mSR= 1.6 m
dit. Data
cotidal Chart terkait dgn standar port P yg mempy. MHWL = 5 jam 18 men. &
MSR= 3.6 m,
Ket: pasang
standar port hari itu sbb
Time : 02.04
07.58 14.03
20.15
Height :
3.4 0.8 4.0
0.7
Dit; wkt
& tinggi air HW/LW di K hr ?
Jawab:
-
Wkt HW di K = 14.03 (5j 18m – 4j 43m)
= 14.03 – 00.35 =
13.28
-
Tinggi air HW di K = 1.6 + 4
=
5.6 mtr
-Waktu LW di K = 20.15 – 00.35
= 19.40
Data ATT 21 April 2001 sebagai berikut :
Times :
05.35 11.20 16.40 22.31
Heights
(meter) : 5.2 1.0
5.8 0.8
Ditanyakan
:
a.Tinggi air pada jam 14.00 hari itu
Jawab:
Duration: 14.00 – 11.20 = 02.40
16.40
– 11.20 = 05.20
02.40 =
0,5
05.20
Range = 5,8 – 1,0 = 4,8
= 0,5 x 4,8
= 2,4
= 2,4 + 1,0
= 3,4 mtr
*Tinggi air mendekati jam 14.00 = 3,4 mtr
b.Hari itu sebuah kapal S dengan sarat 5.5
meter dan menginginkan UKC 0,5 meter akan melewati tempat dangkal D menurut
peta mempunyai kedalaman 3 meter. Hitunglah jam berapa S paling cepat dapat
melewati D setelah tengah hari.
Jawab:
= 3.0 – 1.0 X (16.40 – 11.20)
5.8 – 1.0
= 2.0 X (05.20)
4.8
= 2 Jam 13 menit (2.22 jam)
Jadi kpl S paling cepat dpt melewati
D setelah tengah hari adalah jam
12.20 + 2.13 = 13.33
Data admiralty / tide tables tgl. 20 oct
20xx di X sbb :
Time:03.05 10.20
15.45 20.15
Hght : 5.2
1.2 5.8 0.8
a. Hit. Tinggi air mendekati jam
.13.00 di X …!
Jawab:
13.00 – 10.20 x 4.6 = 2.26 mtr
15.45 – 10.20
Jadi kedalaman air jam 13.00 :
1.2 + 2.26 = 3.46
mtr.
b. Kpl K dgn draft 5.5 mtr. dgn UKC 0.5 mtr akan
melewati X yg mempunyai kedalaman 3.0 mtr.
Dit. Jam berapa kpl.K paling
cepat melewati X setelah tengah hari.
Jawab:
Kedalaman air yg dibutuhkan :
5.5 + 0.5 = 6.0 mtr.
Jd perobahan air yg dibutuhkan
6.0 – 3.0 = 3.0 mtr.
3.0 – 1.2 x
(13.00-10.20 ) = 02.07 j
3.46- 1.2
jadi kpl K lewat pada jam :
10.20
+ 02.07 = 12.27 Hrs
Kapal berlayar mengikuti lingkaran besar
pada bintang + 45 0U. Nilai konvergensi diambil =10.
jika kecepatan kapal 10,5 knot, berapa kali kapal harus merubah haluan dalam 24
jam
Jawab
Diketahui :
K = 10 K
= ∆ Bu x Sin lt
lt = 450 U 1 = ∆ Bu x Sin 450
Speed = 10.5 knots
∆BU = 10 : 0.70710 → 1.4 = 8.4 mill
∆BU = 84 = 8 jam
Speed 10.5
Jadi dlm 24 jam kpl merubah haluan sebanyak 8/24 = 3 kali
Kpl
akan berlayar menurut “lingkaran besar” dr Manado ke Sanfransisco (USA)
posisi Manado : 02-00 U / 125-00 T
Posisi San fransisco : 37-44 U/ 122- 40 B
Hitunglah;
a. Haluan tolak
b. Jarak lingkaran Besar & persingkatan
c. letak Vertex
jawab
L1 = 02-00 U / 125-00
T / Lbt = 120
L2 = 37-44 U / 122-40
B / Lbt = 2448
∆Li= 35-43 ∆bu
112-20 / ∆lb =2328
a. haluan tolak
Hoàcotg Ho = ( tg L2 – tg L1
) x cos L1
sin ∆bu tg ∆bu
=(tg37º 44 - tg 02º 00) x cos02-00
sin112-20 tg112-20
= (0.77335 – 0.03492
)
0.92499 2.43422
= (0.83606 + 0.01434) x0.99939
Cotg Ho = 0.8504 x 0.99939 = 0.84988
Ho =
49º 38’ 22” = U 049 T
b. jarak lingkaran besar
cos
a
=cos(L1–L2)–CosL1xCosL2x
sinver ∆bu
=cos35-43-cos
02º00xcos37-44x(1-cos112-20)
= 0.1191 – 0.99939 x 0.79105 x 1.37999
= 0.81191 – 1.09097= - 0.27906
=
106º 12 = 6372 mil
- Tg H = ∆bu = 6740 = 2.89519
∆Lb 2328
Tg H = 2.89519
H = 70º 56.7
Jauh
menurut Lox (V) = ∆li x sec H
= 2143 x 3.06302 (V) = 6564 mil
Persingkatan = V – a
= 6564 –
6372= 192 mil
c. letak vertex
cos
Lv = cos L1 x cos L2 x sin ∆bu x cosec a
=cos02º00xcos37º44xsin112º20xcosec
106º12
=0.99939x0.79087x0.92499x1.04135
=0.76133
Lv=
40º 25.1
Cos ۸3 = cotg lv x tg L1
= 1 x tg
02-00
tg40-25.1
= 1.17423 x 0.03492
Cos ۸3 = 0.04100
۸3 = 87º 39
Bv = (125-00 + 87º
39) -
360
= 147º 21.1
Jadi letak vertex = 40-25.1U
/ 147-21.1B
Kpl akan berlayar menurut
lingkaran besar dr New York ke Cape town.
Posisi New York : 40-30
U/ 074-10 B
Pos. Cape Town : 33-50 S/
018-15 T
Hitunglah :
a. jarak lingkaran besar
b. berapa besar prsingkatan
c. tentukan letak vertex
Jawab
L1 = 40º30 U / 074º10 B / Lbt = 2662
L2 = 33º50 S /
018º15 T / Lbt = 2159
∆Li= 74º20 ∆bu=92º25 / ∆lb
= 4821
a. jarak lingkaran besar
cos
a
=cos(L1–L2)–CosL1xCosL2xsinver
∆bu
=cos74º20-cos40º30xcos33º50x (1-cos 92º25)
= 0.27004 – 0.76041 x 0.83066 x 1.04217
= 0.27004 – 0.65828
=
- 0.38824 = 112º 50.7 = 6771 mil
b. Besar Persingkatan
Tg H = ∆bu = 5545 = 1.15018
∆Lb 4821
Tg H = 1.15018
H = 48º 59.7
Jauh
menurut Lox (V) = ∆li x sec H
= 4340 x 1.52410=
6615 mil
Persingkatan = V – a
= 6771 – 6615= 156 mil
c. letak vertex
cos
Lv = cos L1 x cos L2 x sin ∆bu x cosec a
=cos40º30xcos33º50xsin92º25xcosec
12º59.7
=0.76041x0.83066x0.99911x1.08632
=
0.68555
Lv=
46º 43.2
Cos ۸3 = cotg lv x tg L1
= 1 x tg
40º 30
tg46º43.2
= 0.94169 x 0.85408
Cos ۸3 = 0.80428
۸3 = 36º 27.5
Bv = (074º 10 + 36º 27.5) = 110º 37.5
Jadi letak vertex = 46º 43.2 U / 110º
37.5 B
Data ATT 15 januari 2007 sebagai
berikut :
Times
|
05:15
|
11:15
|
16:30
|
21:45
|
Height
|
5,8 mtr
|
1,2 mtr
|
6,4 mtr
|
0,6 mtr
|
a. Tinggiair pada pukul 14:00 hari itu ?
b. Kpl dgn draft 5,0mtr menghendakiUKC 0,5mtr akan melewati
t4 dankal D menurut peta mempunyai kedalaman 3 mtr Hitunglah : jam brapa kpl
tsb paling cepat dpt melewati daerah dangkal tsb ?
jawab
interpolasi tinggi pd
daftar ATT dgn argument
waktu : 2,45 x 5,2 =
2,72 mtr
5,15
Tinggi air pd pukul 14:00
= 1,2 + 2,72 = 3,2 mtr
Tinggi draft + UKC = 5,0 + 0,5 = 5,05 mtr
D yang di inginkan = 5,05 – kedalamn air di peta
= 5,05 – 3 0 = 2,05 mtr
Interpolasi waktu pada daftar dengan argument tinggi air yang diinginkan :
0,85
x
02:45 = 00:51:33
2,72
Waktu yang inginkan : 11:15
+ 00:51:33 = 12:06:33
Jadi pada jam
12:06:33 kapal dapat melewati daerah tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar