Kamis, 16 November 2017

Soal dan Jawab Management Transportasi dan Ekonomi

MNG TRANS AND EKONOMI

1.       Diket : Muatan = 800 tues, freight = 3 jt, potongan 2%, total biaya variable= 1.342 jt, biaya tetap/hari=150 jt, hari ops= 1,5 hari muat, i hari di laut, 2,5 hari bongkar .Dtanya : - laba ops , -QBEP , -laba ops bila muatan 840 teus, b/var=1.420 jt
Jawab :
Pendapatan freight kotor = 800 x 3 jt  = 2.400       Untuk 840 teus :   840 x 3 = 2.520     
Potongan pendapatan    = 2%x 2.400  =       48 –                              2% x 2520  =       50.4 -
Pendapatan freight bersih                     = 2.352                                                      = 2.469.6
Total biaya variable                                = 1.342-                                      b / var    = 1.420 -
Laba kontribusi ( CM )                            = 1.010                                               CM = 1.409,6
Biaya tetap ( 1.5+1+2.5) hari  x 150 jt =    750  -                                             FC  =     750 -
Laba ops                                                   =     260 jt                              LABA OPS   =  299.6 JUTA           
** jadi laba ops = Rp. 260 juta.
CM / TUES = 1000 / 800 = 1.25 jt / teus
QBEP = FIX COST ( FC ) / (CM/TEUS )
           = 750 / 1.25  =  600 teus
*** jadi QBEP = 600 teus.

2.       Diket :  total freight kotor  = 550 jt, potongan = 2 % , Var cost = 276 jt , Fix cost diluar beban charter = 10 jt/hari , Fix Cost pemilik kapal = 20 jt/hari , waktu ops = 6 hari. Ditanya : kalo owner ingin laba 20%, berapa biaya charter per hari untuk pencharter?? Hitung CM dan laba ops ???
Jawab :
Feight kotor                           =   550
Potongan 2% x 550              =     11 –
Freight bersih                       =     539
Tot b/var                               =     276 –
Laba kontribusi ( CM )        =     263 jt..................**** jadi CM = 263 jt.
****Bila ingin laba 20 % maka ;
6 hr x 20 % = 120 % x 20 jt = 24 jt / hari. Maka biaya charter per hari oleh pencharter adl : 24 jt / hari.

FC  :  charter 6 x 24      =  144 jt
         FC lainnya 6 x 10 =    60 jt
Total biaya tetap          =  204 jt
****laba ops = CM – FC = 263 – 204 = 59 juta.

3.       Diket : Cargo DWT = 15.000 ton , bale space = 22.074 m3 , cargo load factor = 90 %, freight bersih rata2 = 200 rbu/ton, biaya var = 120 rb / ton , biaya tetap = 880 jt /hari
Di tanya ;  QBEP , kalo muatan SF 1.76 m3/Mton, BS = 2% , apakah load factor tsb dapat di muat semua???
Jawab :
****QBEP = FC / P-VC  =  800 / ( 0.2 – 0.12 ) = 11.000 tons
*** jumlah muatan pada LF 90% = 15.000 – ( 15.000 x  90 %) = 13.500 ton.
        Space yg terpakai pada SF 1.76 m3/mton = 13.500 t x 1.76 m3/mt = 23.760 m3, sedangkan bale space hanya 22.074 m3 jadi tidak seluruh muatan dapat di muat.

4.       Di ket : FC = 10 jt , biaya premi asuransi P&I = 4 jt , b/overhead = 7.5 jt, b/penyusutan = 8.5 jt , waktu ops = 6 hari, freight bersih = 2.5 jt/tues , biaya var = 1.6 jt / teus , di tanya : QBEP
Jawab :
Baiya tetap / hari = ( 10 + 4 + 7.5 + 8.5  ) = 30 jt , total FC = 6 hari x 30 = 180 jt
*** QBEP = FC / ( P-VC ) = 180 / ( 2.5 – 1.6 ) = 200 TEUS.

5.       Diket ; container ship kapsitas 400 teus , cargo 350 teus , feight bersih = 700 jt , tot VC = 385 , CM= 315 , FC 261 , Laba ops = 54.
Ditanya : berapa teus agar dapat laba ops 90 jt??
Jawab :
CM / TEUS = 315 / 350 = 0.9 jt / teus.

Q.A =(  FC + A ) / ( CM / TEUS ) = (261 + 90 ) / (0.9 / TEUS ) = 390 TEUS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar