PSIKOLOGI PRIBADI
1.
Tuliskan pendekatan – pendekatan yang tergolong Pra – ilmiah dalam memahami
kepribadian seseorang :
1) chirologi
2) astrologi
3) phrenologi
4) grafalogi
2.
Stuktur kepribadian menurut psiko analistis (Freud) adalah
5) aspek biologis /das es.
Merupakan
sistim yg original didalam kepribadian, dari aspek inilah kedua aspek lain
tumbuh.
Aspek
ini dibawa sejak lahir termasuk insting dan naluri.
6) aspek psikologis /das ich
aspek
psikologis dari pada kepribadian dan timbul karena kebutuhan organisme utk berhubungan
dg dunia nyata secara baik.
7) aspek sosialogis/das uber ich
aspek
sosialogi kepribadian, merupakan wakil dari nilai2 tradisional serta cita2
masyarakat sebagaimana ditafsirkan orang tua kepada anaknya yg dimasukkan
diajarkan dg berbagai perintah dan larangan
karean itu aspek ini merupakan kesempurnaan dari pada kesenangan dan
dapat disebut sebagai aspek moral kepribadian.
3.Tuliskan
sedikitnya empat (4) methode yg digunakan dalam psikologi
8) eksperimen.
9) observasi.
10) sejarah kehidupan.
11) wawancara.
4.Tuliskan karakteristik apa saja yg terpenting untuk
diperhatikan yg mengekspresikan kepribadian seseorang :
12) sikap social.
13) cara pembawaan diri.
14) temperamen.
15) penampilan fisik.
16) kecerdasan dan kemampiuan.
5.Lingkungan apa saja yg cukup dominan mempengaruhi corak
perilaku seseorang , sebutkan
17) lingkungan keluarga
18) lingkungan masyarakat
19) lingkungan tempat tinggal
20)
lingkungan
teman sebaya
1.Psikologi
kepribadian mempelajari manusia sebagai suatu kesatuan yg unik, serta
mempelajari tipe – tipe kepribadian.
(Benar)
2.Methode psikotes
mempunyai kelemahan yaituh tidak bisa dilakukan oleh masyarakat awam. (salah).
3.Sebagai
mahluk moral manusia bisa membedakan baik dan buruk dan senantiasa selalu
berbuat baik. (benar)
4.Kepribadian
itu unik artinya setiap pribadi bisa saja sama dengan pribadi lain.
(salah)
5.Konvergensi
lebih mementingkan pengaruh lingkungan.
(salah).
6.Bila
seseorang merubah dirinya sendiri agar sesuai dg lingkungan maka ia melakukan
penyesuaian diri yg bersifat aloplastis. (salah)
7.Proses integrasi
pengalaman ke dalam kepribadian yg makin lama makin dewasa disebut proses
pembentukan identitas diri.
(benar)
8.Tipologi
berdasarkan konstitusi tubuh dari Sheldon tergolong pra – Ilmiah. (salah)
9.Dewasa
secara social ditandai oleh kemampuan,
berpikir secara logis dan mempunyai perencanaan untuk masa yg akan datang. (salah)
10.Super ego menurut
S.Freud dalam psiko analisis berisi nafsu dan insting yg menjadi sumber energi
psikis. (salah)
1.Jelaskan
bagaimana terbentuknya (perkembangan) kepribadian menurut teori Nativisme,
Empirisme dan Konvergensi dan berikan iustrasi dg contoh – contoh.
2.Kepribadian yg dewasa ditandai oleh kedewasaan secara
intelektual, emosi, social dan rohani serta kedewasaan sesuai jasmani, jelaskan
tanda –tanda (cirri – cirri) kedewasaan tersebut.
Kedewasaan Jasmani
-
pertumbuhan tinggi dan berat badan
optimal menurut ukuran masing2.
-
Ukuran, berat, kekuasaan, keterampilan
dan koordinasi bagian2 tubuh cukup sesuai dg ukuran dan jenis kelaminnya.
-
Alat2 reproduksi juga mengalami
pertumbuhan.
Kedewasaan Intelektual :
-
individu mampu berpikir secara matang dan
logis.
-
Mempunyai pertimbangan yg tepat utk
rencana masa depannya.
Kedewasaan Emosional
-
mampu mengungkapkan perasaan secara tepat
dalam situasi yg tepat pula terhadap obyek atau orang yg semestinya.
-
Dapat mengendalikan perasaan shg
pengungkapannya tidak mengganggu perkembangan dirinya sendiri atau melukai
orang lain.
Kedewasaan social
-
tahu memilih apa yg harus diperbuat atau
apa yg tidak harus diperbuat dalam situasi yg berlainan-lainan.
-
Ambil bagian dalam kegiatan bersama yg
beraneka ragam dan mempelajari keahliannya utk masing2 kegiatan.
-
Sadar akan tanggung jawabnya terhadap
orang lain supaya dapat hidup bersama secara harmonis.
Kedewasaan rohani
-
mampu menerima kekuasaan TUHAN dalam
segala hal, baik yg menyenangkan maupun yg tidak menyenangkan.
-
Menyadari bahwa ada banyak agama didunia
shg tidak merendahkan agama lain.
-
Menghormati, tidak mengabaikan dan mau
bekerja secara wajar dengan orang2 yg
beragama lain.
1.1.
Jelaskan apa psikologi itu dan jelaskan pula manfaat mempelajari
ilmu psikologi :
Psikologi
adalah : ilmu pengetahuan
yg mempelajari tentang tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungan.
Manfaat mempelajari Psikologi :
- Kita
sebagai manusia individu
Sebagai
manusia individu, seperti halnya kita mempelajari ilmu2 lain yaituh tiap2
pengetahuan itu mempunyi nilai2 :
1. Material : menambah ilmu, dari yg belum tahu
menjadi tahu.
2. Formal : dapat mempelajari cara hidup kita,
mengubah tujuan hidup yg kurang benar.
3. Praktis : dapat kita praktekkan dalam
kehidupan sehari2.
- Kita
sebagai manusia social
Manusia
hidup membutuhkan orang lain , dimana kita saling mengerti satu sama lain
karena sifat manusia itu berbeda2 dengan saling mengerti maka akan tercapi
hubungan pergaulan yang baik.
1.2. Jelaskan cabang2 ilmu psikologi
1.
TEORITIS :
-
UMUM
-
KHUSUS : a. PSIKOLOGI PERKEMBANGAN :
-
Psikologi
Anak
-
Psikologi
Pemuda
-
Psikologi
Dewasa
-
Psikologi
Orang Tua
b. PSIKOLOGI KEPRIBADIAN
c. PSIKOLOGI PENDIDIKAN
d. PSIKOLOGI SOSIAL
e. PSIKOLOGI DEFERANSIAL
-
Psikodiaknostik
-
Psikopatologi
3. TERAPAN :
-
PSIKODIAKNOSTIK
-
PSIKOLOGI KLINIS dan BIMBINGAN PSIKOLOGI
-
PSIKOLOGI PERUSAHAAN
-
PSIKOLIGI PENDIDIKAN.
1.3. Jelaskan metode2 yg digunakan dalam
Psikologi :
1.
EXPERIMEN
-
Biasanya dilakukan dilaboraturium.
-
Eksperimter harus menguasai situasi (bisa menimbulkan atau menghilangkan
situasi kehendaknya).
2. OBSERVASI
- Dilakukan pegamatan
terhadap situasi yg sudah ada, yg spontan dan tidak dibuat2 (alamiah)
- Hasil pengamatan kemudian
disimpulkan
- kepentingan dan minat
pribadi peneliti harus dijauhkan agar
hasilnya obyektif.
3. SEJARAH KEHIDUPAN
Disusun
melalui :
- Pembuatan
buku harian
- R
ekontruksi biografi
Dikumpulkan
dulu data, setelah itu disusun biografi.
Data
didapat melalui : - Auto anamnesti
- Allo
anamnesti
4. WAWANCARA
jenis2
wawancara :
-
wawancara bebas
-
wawancara terarah
-
wawancara terbuka
-
wawancara tertutup
5.
ANGKET
-
angket merupakan wawancara tertulis (daftar pertanyaan)
-
jawaban tertulis
-
jenis : terbuka dan tertutup
-
kelemahan : tidak dapat mengekspresikan wajah, perasaan, dll
-
kelebihan: daya jangkaunya luas
6.
PEMERIKSAAN PSIKOLOGIS (PSIKOTEST)
-
menggunakan alat psikodiagnotis
-
kuntungan : hemat waktu,. Dapat mengungkapkan data yg tidak dapat dilakukan dg
cara lain, dapat dilakukan secara manual.
- kelemahan : tidak dapat digunakan secara luas
(ahlinya saja)
1.4.
jelaskan manusia sebagai makhluk pribadi, social dan makluk moral ;
1.5. jelaskan apa itu kepribadian itu, serta
jelaskan karakteristik2 yg terpenting yg mengekspresikan kepribadian :
Kepribadian
adalah organisasi dinamis
dari sistem2 psikofisik yang menentukan cara penyelesaian, diri yg unik (khas)
dari individu tsb terhdap lingkungannya.
Karakteristk2
yg terpenting untuk mengamati kepribadian adalah :
1. Penampilan Fisik:
Gendut,
kurus, tinggi, tampan, rapi, kuyu, kusut dsb
- temperamen
:
suasana
hati yg cenderung menetap pemurung, pemarah, periang dsb
- kecerdasan
& kemampuan
- arah
minat & pandangannya mengenai nilai2
- sikap
social : kecendrungan tingkah laku terhadap obyek tertentu.
- kecendrungan2
dalam motivasinya.
- cara
pembawaan diri :sopan santun, banyak bicara, kritis, mudah bergaul dsb.
- kecendrungan
patologis (kecendrungan2 yg mengarah ke sakit)
2.1. kepribadian yg dewasa ditandai oleh
kedewasaan secara jasmani, intelektual, emosi, moril dan rohani. Jelaskan
tanda2 kedewasaan tersebut :
1. Jasmani : bentuk tubuh yg
proposional yaituh tinggi badan sesuai dengan berat.
- Intelektual
: mampu berpikir sehat punya perencanaan ke depan, rasional, logis
- Emosi :
tandanya apabila seseorang dapat mengungkapkan rasa/emosi dg cara yg
tepat, obyeknya tepat, saat tepat. Tanpa merugikan diri sendiri dan
lingkungan.
- Rohani :
cirri utama : mampu menerima takdir, entah takdir baik maupun buruk.
Setiap orang mempunyai keyakinan yg berbeda2.
2.2. Jelaskan
pembentukan kepribadian menurut teori Nativisme, empirisme dan konvergensi,
berikan contohnya masing2. teori mana yg sekarang banyak digunakan :
NATIVISME
: seluruh kehidupan
manusia perkembnagan ditentukan oleh potensi2 yg dibawa sejak lahir.
Contoh
:
EMPIRISME
: jiwa manusia waktu lahir
bagaikan kertas putih yg bersih yg belum ditulisi akan menjadi apa manusia itu
kelak tergantung pada pengalaman2 yg mengisinya.
Contoh
:
KONVERGENSI
: bakat dan pengaruh
lingkungan (pengalaman) sama2 mempunyai pengaruh dalam perkembangan kehidupan
manusia.
Lingkunagn
ada pengaruhnya terhadap perkembnagan seseorang dalam batas2 pembawaan yg ada.
Cotoh
;
Teori
yg sekarang banyak digunalkan adalah KONVERGENSI.
3.1. jelaskan lingkungan apa saja yg dominan mempengaruhi corak
perilaku :
a.
Pengalaman Umum : pengaruh kebudayaan .
b.
Pengalaman Khusus : dialami individu sendiri.
3.2. jelaskan tripologi menurut temperamen dari
KANT
1.
TEMPERAMEN SANGUINIS (DARAH DINGIN)
-
sifat mudah
&kuat menerima kesan.
-
Segala
sesuatu pada suatu waktu dipandang penting tetapi sebentar kemudian tidak
dipikirkan lagi.
-
Sering
menjanjikan tetapi jarang menepati karna apa dijanjikan tak dipikirkan secara
dalam bisa atau tidak.
-
Dalam
pergaulan peramah dan periang.
-
Bukan penakut
tetapi bersalah sukar bertobat menyesal tetapi lekas lenyap.
2.
TEMPERAMEN MELANCHOLIS (DARAH BERAT)
- segala yg
bersangkutan dg dirinya penting & selalu disertai dg perhatiannya terutama
tertuju pada kesukarannya.
- Tidak mudah
janji karena tidak menepati janji sangat merisaukan jiwanya menyebabkan dia
kurang percaya & tidak mudah menerima keramahtamahan orang lain.
-
Kurang dapat
melihat kesenangan orang lain.
3. TEMPERAMEN CHOLERIS (DARAH PANAS)
-
lekas
terbakar tetapi lekas padam atau tenang tanpa membenci .
-
tindakan2
cepat tapi tidak konstan
- selalu sibuk tetapi dalam kesibukannya lebih
suka memerintah dari pada kerjakan
sendiri
- nafsu utama mengejar kehormatan, sibuk dimana
orang banyak & suka dipuji secara terang2.
- suka bermurah hati & melindungi tetapi
bukan sayang pada orang lain tetapi diri sendiri untuk dapat penghargaan.
- berpakaian selalu cermat & rapi supaya
dia nampak lebih cndikia drpd sebenarnya.
4. TEMPERAMEN PHLEGMATIS (DARAH DINGIN)
- lambat menjadi panas (tidak malas) tetapi
panasnya lama
- tidak mudah marah
- darah yg dingin tak pernah dirisaukan.
- cocok untuk tugas2 ilmiah.
3.3.
jelaskan tripologi berdasarkan nilai kebudayaan dari E.SPRANGER
no
|
Nilai kebudayaan
|
type
|
Tingkah laku dasar
|
1
|
Ilmu pengetahuan
|
mc. ekonomi
|
Berpikir
|
2
|
ekonomi
|
mc.ekonomi
|
Bekerja
|
3
|
kesenian
|
mc.estetis
|
Menikmati keindahan
|
4
|
keagamaan
|
mc.agama
|
Memuja
|
5
|
kemasyarakatan
|
mc.sosial
|
Berbakti/berkorban
|
6
|
Politik/kenegaraan
|
mc.kuasa
|
Ingin berkuasa
|
3.4.
jelaskan pendekatan-pendekatan yg bersifat pra ilmiah dalam mempelajari
kepribadian :
1. Chirologi
(ilmu gurat2 tangan)
Bahwa gurat2 tangan itu tidak ada yg sama
satu sama lain mengenai perbedaan gurat2 tangan tsb maka kita dapat mengenal
perbedaan sifat klas orangnya.
2. Astrologi
atau ilmu perbintangan
Adanya pengaruh kosmis terhadap manusia
pada waktu seseorang dilahirkan dia ada dalam posisi tertentu terhadap benda2
angkasa, bila dapat mengenal tsb akan dapat mengenal perbedaan sifat khas atau
gaya.
3. Phrenologi
(ilmu tentang tengkorak)
Bahwa tiap2 fungsi atau kecakapan itu
masing2 mempunyai pusat di otak jikalau salah satu atau lebih dari kecakapan
itu keadaannya luar biasa maka pusatnya diotak itu pun luar biasa besarnya.
4. Grafalogi
(Ilmu tentang tulisan tangan)
Segala gerakan yg dilakukan oleh manusia
itu merupakan ekspresi dari pada kehidupan jiwanya.
5. Phisiognomi
(Ilmu tentang wajah)
Memahami kepribadian ata dasar keadaan
wajahnya, keyakinan bahwa ada hubungan antara keadaan wajah dan kepribadian.
6. Onychologi
(ilmu tetang kuku)
Kepribadian seseorang atas dasar keadaan
kuku2nya, kuku diujung jari itu
mempunyai hubungan yg erat dg susunan syaraf dg cabang2nya yg terhalus berujung
dipuncak jari , warna serta bentuk kuku dapat dipakai sebagai landasn utk
mengenal kepribadian seseorang.
Jelaskan
metode metode yg digunakan dalam phisikologi adalah :
1. METODE EXPERIMEN.
- Biasanya dilakukan dilaboratorium.
- Experimen harus menguasai situasi.
2. METODE OBSERVASI.
- Dilakukan pengamatan terhadap situasi yg
sudah ada,yg spontan & tidak dibuat – buat.
- Hasil pengamatan kemudian disimpulkan.
- Kepentingan & minat pribadi peneliti
harus dijauhkan,agar hasilnya objectiv
3. METODE SAJARAH KEHIDUPAN.
- Disusun melalui :
A.Pembuatan buku harian.
B. Rekontruksi geografi.
- Dikumpulkan dulu data,setelah itu
disusun biografi data,yg didapat
melalui :
A. Auto Anammesis.
B. Alto Anammesis.
4. METODE WAWANCARA.
- Jenis – jenis wawancara :
a. Wawancara bebas.
b. Wawancara terarah.
c. Wawancara tebuka.
d. Wawancara tertutup.
5. METODE ANGKET.
- Angket merupakan wawancara tertulis
- Jawaban tertulis.
JELASKAN APA KEPRIBADIAN SERTA KARAKTERISTIK – KARAKTERISTIK YG
TERPENTING YG MENGEKSPRESI KAN KEPRIBADIAN :
Kepribadian
adalah : kumpulan pembawaan biologis berupa dorongan kecendrung an,selera &
insting yg dicampur dgn sifat &kecendrungan yg didapt melalui pengalam
an
yg terdapat dalam diri seseorang.
Karakteristik
– karakteristik terpenting yg menngekspresikan kepribadian adalah :
a. Penapilan pisik al :gendut,cakap,tinggi,
Dll.
b. Temperamen : suasana hati yg cenderung
menetap contohnya : pemu
Rung,pemarah,periang,dll.
c. Kecerdasan & kemampuan.Misalnya :
Pintar,bodoh,terampil,dll.
d. Arah minat & pandangannya mengenai
nilai – nilai.
e. Sikap sosial
f. Kecendrungan 2x dalam motivasi.
g. Cara pembawaan diri,misalnya :
Sopan,banyak bicara,kritis dll.
JELASKAN PERKEMBANGAN/PERTUM
BUHAN KEPRIBADIAN MENURUT TEORI NATIVISME,EMPRISME & KONVERGENSI :
NATIVISME
: Perkembangan manusia semata – mata ditentukan faktor2x yg sdh adasejak lahir.
EMPIRISME
: Jiwa manusia pada waktu lahir adalah putih,bersih bagaikan kertas putih,akan
apa jadinya kelak tergantung dari pengalaman yg akan mengisinya.
KONVERGENSI
: Kepribadian seseorang pd suatu saat ada;lah produk dari suatu proses yg
dimulai pd saat orang lahir dgn membawa bakat2xnya & berlangsung terus
melalui pengalaman sampai pada saat tertenu
JELASKAN LINGKUNGAN APA SAJA
YG DOMINAN MEMPENGARUHI CORAK PRILAKU :
1. Lingkungan keluarga.
2. Lingkungan sekolah.
3. Lingkungan diluar rumah/diluar keluar ga
& sekolah.
JELASKAN TIPOLOGI MENURUT KANT :
Tipologi
menurut temperamen :
Temperamen
dianggap sbg corak/yg mengandung 2 aspek yaitu :
a.
Aspek Psikologis : Yaitu konstitusi tubuh,
konplek/susunan cairan jasmaniah.
b.
Aspek psikologis yaitu kecendrugan keji
waan yg disebabkan oleh komposisi darah
Temperamen
perasaan .
- Temperamen sanguistis
- Temperamen melankolis
Temperamen
kegiatan
- Temperamen schaleris
- Temperamen Phlegmatic
JELASKAN TIPOLOGI MENURUT E.SPRANGER :
Menurut E.SPRANGER ada 2 macam roh :
1. Roh Subjektiv/individual : terdapat
pada
masing 2x individu manusia.
2. Roh objektiv/supra individual/kebuda
yaan : Roh semua umat manusia
JELASKAN PENDEKATAN YANG : ERSIPAT PRAILMIAH DLM MEPELAJARI KEPRIBADIAN?
1. chirologi: guratan-guratan tangan itu tdk
ada yang sama satu sama yg lain,mengenai guratan-guratan tangan tsbt maka kita
dapat mengenal sipat orang tsb.
2. Astrologi: adanya pengaruh cosmis thdp
manusia pd wakyu seseorang dilahirkan. Dia ada dlm posisi tertentu thdp
benda-benda angkasa, bila dpt mengenal perbedaan tsb akan dpt mengenal sipat.
3. Grapologi: segala gerakan yg dilakukan oleh
manusia itu merupakan ekpresi daripada jiwanya.
4. Phisiognomi: memahami kepribadian atas
dasar keadaan wajahnya keyakinan bahwa ada hub antara keadaan wajah dan
kepribadian.
5.
Phrenologi:
memahami kepribadian atas dasar keadaan tengkoraknya bahwa tiap tiap fungsi atau
kecakapan itu masing-masing mempunyai pusat. Diotak jikalau salah satu atau
lebih dari kecakapan itu , keadaan luar biasa , maka pusatnya di otak itupun
luar biasa.
6.
Onychologi:
memahami kepribadian atas dasar keadaan kukunya,kuku diujng jari itu mempunyai
hub yg erat dgn susunan syaraf, dgn cabang-cabangnya yg terhalus berujung
dipucuk jari, warna serta bentuk kuku dpt dipakai sbg landasan utk mengenal
kepribadian seseorang.
CIRI-CIRI KEDEWASAAN SECARA JASMANI, ROHANI, SOSIAL, EMOSI DAN INTLEKTUAL?
1. ciri-ciri kedewasaan secara jasmani
- pertumbuhan tinggi dan berat badan
optimal menurut ukran masing-masing .
-ukuran,berat,kekuasaan,kemampuan dan
kordinasi bagian-bagian tubuh cukup sesuai dgn ukran dan jenis kelamn.
-alat-alat reproduksi juga berkembang .
2. Ciri-cirikedewasaan secara rohaniadalah
-mampu menerima kekuasaan tuhandlm
segla hal,baik yg menyenangkan maupun yg
tidak menyenangkan.
-Menyadaribahwaadabanyakagama didunia,shg
tdk dpt merendahkan agama lain.
-menghormati,tdk mengabaikan dan mau
bekerjasama secara wajar dgn orang yg beragama lain.
3. Ciri-ciri kedewasaan secara sosial adalah
-tahu memilih apa yg hrs diperbuat atauapa
yg tdk hrs diperbuat dlm situasi yang berbeda-beda.
-sadar akan tanggung jawabnya thdp orang
lain,supaya dpt hidup bersama secara harmonis.
-kesopanan,tutur kat yg baik.
-perhatian thdp orang lain.
-keramahan,kerjasama,pengorbanan perasaan
dan pengetahuan serta kemampuan menyatakan dan melakukan apasaja pd wkt yg
baik.
4. Ciri-ciri kedewasaan emosinal :
- mampu mengungkapkan perasaan secara tepat
dlm situasi yg tepat pula thdp objek atau orang yg semestinya.
- Mampu mengendalikan perasaan sehingga tdk
mengganggu perkembangan dirinya sendiri atau melukai perasaan orang lain.
5. Ciri-ciri kedewasaan secara intlektual:
- Individu mampu berpikir secara matang dan
logis.
- Mempunyai pertimbangan yg tepat utk
Rencana masa depannya.
PSIKOLOGI
Psikologi adalah ilmu
pengetahuan yg mempelajari tingkah laku manusia dlm hubungannya dgn lingkungan.
Tingkah laku 2
jenis :
-Terbuka yaitu yg
dapat langsung diama ti , seperti jalan,makan.
-Tertutup yaitu yg
tdk dapat langsung di amati seperti menghayal,diam,berfikir.
Perbedaan & persamaan
psikologi dgn psikiatri :
a-Perbedaan
:
a.1-.Psikologi;
-mempelajari
tingkah laku manusia pd umumnya.
-berhubungan dgn
orang yg normal.
-ahlinya Psikolog.
a.2-Psikiatri
;
-mempelajari
penyakit jiwa.
-berhubungan dgn
orang yg sakit jiwa
-ahlinya
psikiater.
-mrpkan cabang
ilmu kedokteran.
b-persamaan :
keduanya
mempelajari tingkah laku jiwa manusia.
Ikhtisar
lapangan Psikologi :
1-Teoritis
a-Umum
b-Khusus (p.perkembangan,
p.kepribadian,p.pendidikan,
p.social, p.deferensial)
2-Terapan
p.klinis&bimbingan psikologi,
p.perusahaan, p.pendidikan.
Metode2
dlm lapangan Psikologi :
1.Eksperimen
(percobaan)
-biasanya
dlilakukan di lab., hrs mengua sai situasi (bisa menimbulkan atau menghilangkan
situasi sesuai kehendak)
2-Observasi :
dilakukan
pengamatan thd situasi yg tlh ada, yg spontan& tdk dibuat2., hasil
pengamatan kemudian disimpulkan, kepentingan&minat pribadi peneliti hrs
dijauhkan agar hasil objektif.
3-Sejarah
Kehidupan :
disusun
melalui pembuatan buku harian dan rekonstruksi biografi.
4-Wawancara :
wawancara bebas,
w.terarah, w.terbuka,
w.tertutup.
5-Angket :
angket merupakan
wawancara tertulis, jawaban tertulis, jenis bisa terbuka dan tertutup.
Kelemahan :tdk dpt
mengekspresikan wajah perasaan.
Kelebihan : daya
jangkau luas.
6-Pemeriksaan
Psikologis(psikotest):
menggunakan alat
psikodiagnostic.
Keuntungan : hemat
waktu,dpt ungkap kan data yg tdk dpt dilakukan dgn cara yg lainnya.
Kelemahan : tdk
dpt digunakan secara luas (ahlinya saja).
Manusia
secara Kodrat dibagi dlm :
1-Manusia sbg
makluk sosial yaitu manusia dpt menyesuaikan
dgn lingku ngan &orang lain,tdk bisa hidup tanpa orang lain.
2-manusia sbg
mahluk yg unik (individual) yaitu berbeda satu dgn yg lainnya.
3-manusia sbg
mahluk yg bermoral artinya mampu memilih mana yg baik & mana yg kurang
baik, dan kodratnya unt memilih yg baik.
Kepribadian yaitu
organisasi dinamis dlm diri individu yg terdiri dari sistem2 psiko-fisik yg
menentukan cara penye- suaian diri yg unik (khusus) dari individu tsb thd
lingkungannya.
Hal2 yg pengaruhi Pembentukan Kepribadian :
1-pengalaman umum
yaitu yg dialami oleh tiap2 individu dlm kebudayaan tertentu.pengalaman ini
erat hubungan nya dgn fungsi dan peranan seseorang dlm masyarakat.
2-pengalaman
khusus yaitu yg khusu dialami oleh tiap2 individu itu sendiri.
Karakteristik2 yg
penting dlm mengena li kepribadian seseorang :
1.Penampilan fisik
seseorang yaitu gendut,kurus,tinggi,pendek,tampan.
2-Temperamen yaitu
suasana hati yg menetap&khas pd orang yg bersangku- tan (pemarah,pemurung).
3-Kecerdasan
&kemampuan.
4-Arah minat &
pandangan mengenai nilai2.
5-sikap sosial.
6-kecenderungan2
mengenai nilai.
7-cara2 pembawaan diri(sopan,kaku).
8-kecenderungan
patologis (tanda2 ada- nya kelainan kepribadian).
Tanda2 orang yg
terbelakang mental :
1-Kecerdasannya
sangat terbatas.
2-Ketidakmampuan
sosial, yaitu tdk mampu mengurus diri sendiri,shg selalu memerlukan bantuan
orang lain.
3-arah minat
sangat terbatas pd hal2 ter- tentu yg sederhana saja.
4-perhatiannya
labil,mudah berpindah2.
5-daya ingatnya
lemah.
6-emosinya sangat
miskin&terbatas.
7-Apatis,acuh tak
acuh thd sekitarnya.
Jelaskan
pembentukan kepribadian menurut teori Nativisme,Empirisme, dan konvergensi
serta contoh2nya :
1.Nativisme :
seluruh kehidupan manu- sia perkembangannyaditentukan oleh potensi2 yg dibawa
sejak lahir.
Contoh : setiap
penjahat sejak lahir sdh ada potensi dan berpengaruh thd bentuk tubuh,bentuk
rambutnya ,wajah dsb.
Tokohnya :
Lambroso, Hitler.
2-Empirisme : jiwa
manusia waktu lahir bagaikan kertas putih bersih yg belum ditulis,akan menjadi
apa manusia tsb kelak tergantung pd pengalaman2 yang mengisinya.
Contoh: anak kita
akan menjadi apa kelak tergantung apa yg kita lakukan/ berikan kpd anak kita
tsb.
Tokoh : John Locke
3-Konvergensi :
Bakat & pengaruh lingkungan (pengalaman) sama2 mem- punyai pengaruh dlm
pekembangan kehidupan manusia.Lingkungan ada pengaruhnya thd perkembangan sese-
orang dlm batas2 pembawaan yg ada.
Contoh : anak
kembar yg diberi pendidi kan yg beda serta diasuh oleh orang dan lingkungan yg
berbeda akan punya sifat2 yg berbada
pula.
***Teori yg paling
banyak digunakan saat ini adalah teori KONVERGENSI.
Kunci menjadi
manusia yg seimbang & dewasa :
1-menata pola
kemampuan,tingkahlaku, &kebiasaan.
2-konsekwen
mengikuti pola kemam- puan dlm bertingkah laku dan berjuang unt menjadi orang
yg diinginkan.
3-memahami unsur2
pembentuk kepri- badian yg berkembang.
4-memenuhi
kebutuhan scr seimbang.
5-berusaha
menyesuaikan diri sebaik mungkin.
Kebutuhan2 manusia
:
1.kebutuhan
aktualisasi diri.
2-keb.harga diri.
3-keb. Cinta.
4-keb. Rasa aman
5-keb.fisiologis
(sandang,pangan dsb)
Lingkungan yg
memberikan corak kepri badian :
1-Lingk. Fisik (tanah,air,kondisi
geogra fis) seseorang yg lahir dan dibesarkan di daerah yg tandus&gersang
akan punya kepribadian yg beda dgn orang yg lahir dan besar didaerah yg
subur,sejuk.
2-Lingk.sosial
yaitu lingk.keluarga, lingk.tempat tinggal, lingk.budaya dsb.
Usaha2 yg kita
lakukan unt mencapai cita2 kita :
A-Penyesuaian Diri
:
-1.Alloplastis
dimana lingkungan kita ru bah sesuai keinginan kita.
Missal: kerja
bakti bersihkan got&kali shg tdk banjir jika hujan.
-2.Autoplastis
dimana keinginan/diri kita sendiri kita rubah sesuai dgn lingk.
Contoh:seorang
pasis yg dapat bea siswa unt sekolah di U.K (Inggris) mau tidak mau agar bisa
mengikuti pelajaran dgn baik, ia hrs fasih bhs.inggris, disip- lin waktu dan
unt lulus benar2 mengan- dalkan ilmu yg didapatkannya dlm sklh.
Kriteria
perubahan/penyesuaian diri :
1-Harus sadar.
2-Tanggungjawab
3-hasil sehat /
baik unt diri sendiri dan lingkungannya.
PSIKOLOGI
Pendekatan / teori
pra ilmiah yg pelajari sifat2 manusia (Ntivisme) :
1-Frenologi :
melihat kepribadian seseo rang dgn mengukur tengkorak kpalanya
2-Palmistri :
melihat watak & nasib orang dgn pelajari garis tangannya.
3-Fisionomi :
melihat watak dgn mem pelajari wajahnya.
4-Astrologi :
meramalkan nasib orang dgn memperhitungkan peredaran bintang2.
5-Grafologi : dgn
melihat tulisan tangan
Manfaat
pelajari Psikologi :
a-sbg manusia
individu, seperti halnya kita mempelajari ilmu2 lain yaitu tiap2 pengetahuan
itu mempunyai nilai2:
1-Material:menambah
ilmu,dari yg be lum tahu jadi tahu.
2-Formal: dpt
mempelajari cara hidup kita, mengubah cara hidup kita yg benar
3-Praktis : dpt
kita praktekkan dlm kehidupan kita sehari2.
b-Kita sbg manusia sosial
mznusia hidup
membutuhkan orang lain dimana kita saling mengerti satu sama lain karena sifat
manusia itu berbeda2. dgn saling mengerti maka akan tercapai hubungan pergaulan
yg baik.
Kepribadian yg
dewasa ditandai oleh kedewasaan secara intelektual,emosi, sosial dan rohani
serta kedewasaan se cara jasmani, jelaskan tanda2/ciri2 kedewasaan tsb :
1-Kedewasaan
Jasmani :
--pertumbuhan
tinggi dan berat badan optimal menurut ukuran masing2.
--ukuran,berat,
kekuasaan, ketrampilan dan koordinasi bagian2 tubuh cukup sesuai dgn ukuran dan
jenis kelaminnya –alat2 reproduksi juga mengalami pert- tumbuhan.
2.Kedewasaan
Inteletual :
--individu mampu
berfikir secara logis dan matang.
--mempunyai
pertimbangan yg tepat unt rencana masa depannya.
3.Kedewasaan
Emosional:
--Mampu
mengungkapkan perasaan scr tepat dlm situasi yg tepat pula thd objek atau orang
yg semestinya.
--dpt mengendalikan
perasaan sbg pe-ngungkapannya tdk mengganggu perkembangan dirinya sendiri atau
melukai orang lain.
4.Kedewasaan
sosial :
--Tahu memilih apa
yg hrs diperbuat atau apa yg tdk harus diperbuat dlm situasi yg berlain2an.
--Ambil bagian dlm
mempelajari keah liannya unt masing2 kegiatan.
--Sadar akan
tg.jawabnya thd orang lain supaya dpt hidup secara harmonis.
5.Kedewasaan
Rohani :
5-Kedewasaan
Rohani :
--mampu menerima
kekuasaan TUHAN dlm segala hal,baik yg menyenangkan maupun yg tdk menyenangkan.
--menyadari bahwa
ada banyak agama didunia shg tdk merendahkan agama lainnya.
--menghormati,tidak
mengabaikan dan mau bekerja secara wajar dgn orang2 yg beragama lain.
TIPOLOGI SPRANGER
Pokok2
pikiran spranger :
I. 2 macam
roh ( gest )
a. Roh subjektif / individual
Merupakan
jiwa pribadi orang per orang.
b. Roh objektif / supra individual
Merupakan
jiwa dari kelompok atau massa.
Dalam hal ini
kedudukannya sama namun dlm hal2 tertentu roh objektif lebih tinggi. Contoh
pengambilan keputusan dlm rapat.
II. 6 lapangan nilai / hidup
A.
Lapangan Manusia Individu
:
1.
Lapangan
pengetahuan
2.
Lapangan
Ekonomi
3.
Kesenian
4.
Lapangan
keagamaan
B. Lapangan manusia sbg anggota :
5.
Lapangan
kemasyarakatan
6.
Lapangan
politik
No
|
Nilai kebudayaan
|
Type
|
Tingkah laku dasar
|
1
|
Ilmu pengetahuan
|
Man. Teori
|
Berpikir
|
2
|
Ekonomi
|
Man. Ekonomi
|
Bekerja
|
3
|
Kesenian
|
Man. estetis
|
Menikmati keindahan
|
4
|
Keagamaan
|
Man. Agama
|
memuja
|
5
|
Kemasyarakatan
|
Man.sosial
|
Berbakti/berkorban
|
6
|
Politik
|
Man.kuasa
|
Ingin berkuasa
|
TIPOLOGI S.
FREUD
I. Aspek pokok
kepribadian
a. Biologis / Das es
Merupakan aspek yang sebenarnya
Yang dibawa sejak lahir. Termasuk
Instink.dari aspek inilah kedua
Aspek lainnya timbul.
Fungsinya : Mengejar
keenakan dan menghindari ketidak
enakan.
Caranya :
i.
Reflex
( Bersin, kedip mata dll )
ii.
Proses primer ( orang lapar
membayangkan lapar )
b.
Psikologis
( Das ich / Ego )
Berpegang
pd aspek realitas yg 7annya mencari objek yg tepat.
Mrpkan
aspek spikologis dari kepribadian dan timbul karena kebutuhan organisme unt
berhu bungan dgn dunia nyata secara baik.
Mis.
Pasis lapar tpi karena sedang UAD maka hrs tggu sampai selesai.
c.
Sosiologis/Das uberich /super ego
Sbg aspek moral kepribadian yg
fungsinya menentukan baik atau
buruk , pantas/tidak dll.
Aspek ini juga mrpkan wakil dari
Nilai2 tradisional serta cita2 masya
Rakat sbgmana ditafsirkan orang
tua kpd anaknya yg dimasukkan
dgn berbagai perintah dan larangan.
Karena itu aspek ini mrpkan
kesempurnaan dari pada aspek
kesenangan dan dpt disebut sbg
aspek moral kepribadian.
Dinamika kepribadian( s.freud) :
-instink (hidup
dan mati).
-distribusi
penggunaan energi
-psikis.
-kecemasan /
takut.
Instink adalah
sejumlah energi psikis kumpulan dari semua instink2 yg meru- pakan keseluruhan
daripada energi psikis yg digunakan oleh kepribadian.
Sifat instink :
-sumber : orang
lapar
-tujuan instink :
makan
-objek : makanan
-pendorong &
penggerak : instink
kecemasan ada 3:
-realitas=cemas
akan bahaya yg nyata.
-neoritis=kecemasan
kalau2 instink2 tdk
dpt dikendalikan shg orang akan
berbu- at sesuatu diluar hukum.
-kecemasan moral.
Sumber ketegangan
yg pengaruhi kepribadian :
-proses
perkembangan fisiologis.
-frustasi
-konflik
-ancaman.
Fase perkembangan
(s.freud) :
1.fase oral = 0 –
1 th.
2.fase anal = 1 –
3 th.
3.fase falis = 3 –
5 th
4.fase latent = 5-
12 th
5.fase pubertas =
12 – 20th
6.fase genital
TIPOLOGI W.H.
SHELDON
Berdasarkan
pd struktur (fisik) tubuh manusia --- hampir sama dgn kresmer
Dimensi
Jasmaniah :
1.Komponen
Primer :
a-endomorphy
(lembut,gendut,berat badan relatif rendah).
b-mesomorphy (kokoh,keras,
otot2 kelihatan jelas,tahan sakit).
c-ectomorphy
(jangkung, dada kecil, otot2 ramping tak berkembang.)
2.Komponen
sekunder :
a-displasia (tdk
masuk dlm ke-3 kelompok diatas)
b-gynandromorphy
c-texture.
Komponen Primer
temperamen :
1.Visceretonia :
orangnya tidak
tegang,suka hiburan, tidur nyenyak,bila menghadapi per- soalan butuh orang
lain,gemar makan2.
2.Somatotonia :
gagah,enerjik,
terus terang,lantang, lebih dewasa dari umurnya.
3-Cerebotonia :
ragu2,kurang
berani bergaul dgn orang lain,kurang berani berbicara dgn orang banyak,nampak
lebih muda dari usianya
tidur tidak
nyenyak.
Korelasi
antara hubungan jasmani dan temperamen :
Korelasi + :
-gaji besar maka daya beli besar.
-jabatan
tinggi,gaji besar.
Korelasi - :
-semakin tinggi
suatu tempat semakin kurang kandungan O2 (oksigen).
-semakin tua usia semakin berkurang kemampuan daya ingat.
TIPOLOGI
KRESTCHMER
Konstitusi
tubuh,watak,temperamen
1-Konstitusi adalah keseluruhan sifat2 individual yg
selaras pd keturunan, baik sifat jasmani atau kejiwaan.
2-watak
/karakter adalah
keseluruhan kemungkinan2 bereaksi secara emosio- nal & volisonal seseorang,
yg terbentuk selama hidupnya oleh unsur2 dari dalam dan unsur2 luar didikan&pengalaman.
3-Temperamen adalah bagian daripada kejiwaan yg agaknya
melalui darah secara kimiawi mempunyai korelasi dgn aspek jasmaniah. Temperamen
secara turun temurun tdk dpt dirubah.
Konstitusi
Jasmaniah :
1-Type
Piknis/Stenis
mempunyai ukuran
mendatar lebih d/p keadaan biasa, shg kelihatan lebih pendek,gemuk.
Sifat2 khasnya :
-badan agak
pendek,dada membulat,
leher
pendek&kuat, lengan&kaki agak lemah, kepala agak merosot ke muka
diantara bahu, badan lemah shg urat2 dan tulang2 tak kelihatan nyata.
2-Type
Leptosom
ukuran menengah
lebih dari keadaan biasa,shg tubuh kelihatan jangkung.
Sifat2 khasnya :
Badan langsing
kurus, rongga dada kecil sempit&pipih, lengan&kaki kurus, muka bulat
telur, berat relatif kurang.
3-Type
Atletis :
Ukuran
mendatar&menengah dlm per bandingan
seimbang shg tubuh keli- hatan selaras, type ini merupakan per- paduan antara piknis & leptosom.
Sifat2 khasnya :
Tulang2-otot&kulit
kuat, badan kokoh tegap,tinggi cukup, bahu lebar &kuat, perut kuat,dada
besar&kuat, tengkorak cukup besar&kuat, kepala&leher pendek.
4-Type
Displastis
Konstitusi
Kejiwaan (temperamen)
1.Dementia
Praecox (Schizophrenia) :
golongan ini masih
hidup diantara orang2 lain,tetapi mengubur dirinya sen diri,mereka tdk lagi
suka menghiraukan apa2 yg ada disekitarnya,mereka kehila ngan kontak dgn dunia
luar&seolah2 hidup dgn dirinya sendiri(Autisme).
2-Penderita
Vanis-Depresif (circular)
:
golongan ini sifat
jiwanya selalu beru- bah2 ,merupakan siklus/lingkungan yaitu dari sifat
manis(giat,buas) ke sifat depresif (lemah tak berdaya) kemudian manis lagi
Manusia
berdasarkan Temperamen :
1-Gol. Schizothym
:
sangat sukar
mengadakan kontak dgn dunia sekitarnya,suka mengasingkan diri, ada
kecenderungan kearah autisme, menutup diri sendiri.
2-Gol. Cyclothym :
mudah mengadakan
kontak sekitar,mu dah bergaul,mudah sesuaikan diri dgn orang lain,mudah turut
merasa suka & duka,jiwanya terbuka.
Hubungan
Konstitusi&temperamen:
TIPOLOGI KANT
Dasar
nya :
1.Character
a.dalam arti
Etis
b-character deskriftif
2.Temperamen
a-fisiologis
b-psikologis
Aspek fisiologis :
1.Temperamen
Sanguinis(darah ringan) sifat mudah dan
kuat menerima kesan segala sesuatu pd
suatu waktu dipandang penting ttp sebentar kemudian tidak dipikirkan lagi. sering
menjanjikan ttp jarang menepati karna apa yg dijanjikan tdk dipikirkan secara dlm bisa atau tidak bukan penakut ttp
bila bersalah sukar bertobat,menyesal ttp lekas lenyap.
2.Temprmen
Melancholis (darah berat) segala yg
bersangkutan dgn dirinya penting dan selalu disertai dgn perhatian terutama tertuju pd kesukarannya tdk mudah janji
karena menepati janji sangat merisaukan jiwanya, menyebabkan dia kurang percaya&tdk mudah
menerima keramahtamahan orang lain kurang dpt
melihat kesenangan orang lain.
Aspek Psikologis :
1-Temperamen
Choleris (darah panas) lekas terbakar
ttp lekas padam atau tenang tanpa membenci tindakan2 cepat
ttp tidak konstan selalu sibuk ttp
dlm kesibukannya lebih suka memerintah daripada dikerjakan dikerjakan sendiri nafsu utama
mengejar ehormatan, sibuk dimana orang banyak & suka dipuji secara terang2an berpakain selalu
cermat,rapi agar supaya dia nampak lebih cendikia dari yg sebenarnya.
2-Temperamen
Plegmatis (drh dingin) lambat menjadi
panas(tdk malas) ttp panasnya lama tdk mudah marah darah yg dingin
tak pernah dirisaukan nya-cocok untuk
tugas2 ilmiah
PSIKOLOGI
1.
psikiatri
adalah cabang dari psikologi yaitu ilmu yg mempelajari tingkah laku manusia.
(S)
2.
kelebihan
metode psikotes adalah dpt dilakukan secara klasifikasi. (S)
3.
kepribadian
manusia unik, oleh sebab itu setiap manusia berbeda dgn manusia lainnya. (B)
4.
sbg
mahluk moral manusia mampu membedakan baik dan buruk serta cenderung memilih yg
baik. (B)
5.
keluarga
dan teman sebaya termasuk lingk. Yg cukup dominan mempengaruhi perilaku seseorg.(B)
6.
dlm
penyesuaian diri yg bersifat alloplastis manusia merubah dirinya sendiri agar
sesuai dgn keadaan lingkungan. (S)
7.
empirisme
lebih mengutamakan pengaruh bakat.(S)
8.
proses
pembentukan identitas diri adalah integrasi pengalaman kedlm kepribadian makin
lama makin dewasa. (B)
9.
astrologi
termasuk pendekatan ilmiah dlm mempelajari kepribadian. (B)
10.tipologi W.H Sheldon menggolongkan kepribadian manusia
berdasarkan temperamen. (S)
11.dlm pembentukan kepribadian suatu proses ydimana seseorg
mempunyai dorongan utk sama dgn org lain yg dianggapnya memiliki kelebihan dr
dirinya disebut proses identifikasi
12. yg tergolong pendekatan pra ilmiah dlm mempelajari
kepribadian adalah astrologi
13. kant menggolongkan kepribadian manusia berdasarkan tempramen
14. aspek moral kepribadian menurut psiko analisa dr sigmung
freud adalah pd ego
15. org yg bertemperamen cyclothym bersifat terbuka, mudah
bergaul, dan mudah merasakan suka-duka biasanya org spt ini tubuhnya
bertipe piknik
16. e.spranger menggolongkan kepribadian manusia berdasarkan nilai
kebudayaan
17. sesorg mengubah lingk sekitar menjadi lingkungan yg sehat
dgn usahanya org tsb melakukan penyesuaian diri yg bersifat alloplastis
18. psikilogo kepribadian
: manusia sebagai kesatuan utuh dan keunikan manusia dan tipe dan
jenis kepribadian
19.aspek original kepribadian menurut psikoanalisis dari
S.Freud adalah id (das es)
20.kemampuan mengungkapkan perasaan dalam waktu,cara,dan obyek
yg tepat adalah tanda kedewasaan rohani
21. tuliskan
dua cabang psikologi
1.teoritis
-umum
- khusus :
a.psikologi
anak
-.psikologi
pemuda
-.psikologi dewasa
-.psikologi orang tua
b.psikologi
kepribadian
c.psikologi
pendidikan
d.psikologi
social
e.
psikologi deteransial :
-psikodiaknotik
-psikopatologi
2.terapan
-psikodiasnotik
-psikologi klinis &
bimbingan psikologi
-psikologi perusahaan
-psikologi pendidikan
22.sebutkan empat metode dalam psikologi yaitu:
-metode ekspriment
-metode observasi
-metode sejarah
kehidupan
-metode wawancara
23.struktur kepribadian
menurut psikoanalisa dari Sigmund freud adalah
-aspek biologis
(das es/insting)
-aspek
psikologis(das ich/ego)
-aspek
sosiologis(das uber ich/super ego)
24.kretschmer mengolongkan tubuh manusia dalam 4 tipe
yaitu:
-pilenis atau stenis(pendek
gemuk)
-leptosom(jangkung)
-atletis(perpaduan antara
pilenis dan leptosom)
-displastis(penyimpangan dari
ketiga tipe)
25.yang termasuk pendekatan pra ilmiah dalam mempelajari
kepribadian adalah
-chirologi (ilmu gurat
tangan)
-astrologi(ilmu perbintangan)
-phrenology (ilmu tentang
tengkorak)
-grafology (ilmu tentang
tulis tangan)
-phisiognomi (ilmu tentang
wajah)
-onychology (ilmu tentang
kuku)
26.jelaskan karakter yang penting untuk diperhatikan untuk
mempelajari kepribadian seseorang,jelaskan pula manfaat mempelajari psikologi
kepribadian bagi perwira pelayaran niaga diatas kapal?
Jawab
a.sikap social,cara pembawaan
diri,temprament,penampilan fisik,kecerdasan dan kemampuan.
b.manfaat nya adalah bagi seorang perwira
dikapal,psikologi kepribadian sangatlah penting karena seseorang perwira
mempunyai anak buah harus dapat memahami sifat-sifat dan karakter anak buahnya
yang berbeda-beda sehingga perwira tersebut dapat menempatkan dirinya secara
tepat dan akan menentukan berhasil tidaknya suatu program yang telah
dibuatnya.dengan mengetahui sifat dan karakter dari anak buahnya maka dia akan
lebih dapat mengambil tindakan serta arahan2/order yg tepat terhadap orang yg
tepat sehingga akan memperkecil komflik yg akan terjadi/memperkecil
kesalahpahaman yg timbul.
27.jelaskan bagaimana terbentuknya (perkembangan) kepribadian
menurut teori nativisme,emprisme,dan konvengensi.teori mana yg banyak dianut
jelaskan dengan contoh2nya
jawab
-nativisme :seluruh
kehidupan manusia perkembangan ditentukan oleh potensi2 yg dibawa sejak lahir.
Contoh;
-empirisme : jiwa
manusia waktu lahir bagaikan kertas putih yg bersih belum ditulisi akan menjadi
apa manusia itu kelak tergantung pada pengalaman2 yg mengisinya.
Contoh:
-konvergensi : bakat
dan pengaruh lingkungan (pengalaman) sama 2 mempunyai pengaruh dalam
perkembangan kehidupan manusia.
Lingkungan ada pengaruhnya
terhadap perkembangan seseorang dalam batas2 pembawaan yg ada
Contoh:
Teori yg sekarang banyak
digunakan adalah KONVERGENSI
28.kepribadian dewasa ditandai dengan adanya kedewasaan secara
jasmani,intelektual,social,emosi,dan rohani jelaskan cirinya masing2 dan
jalaskan pula apa yg hrs dilakukan utk mencapai kedewasaan yg seimbang.
Jawab
Kedewasaan jasmani
- pertumbuhan tinggi dan berat badan optimal
menurut ukuran masing2
- ukuran,berat,kekuasaan,ketrampilan dan
koordinasi bgan2 tubuh cukup sesuai dgn ukuran dan jenis kelaminnya
- alat2 reproduksi juga mengalami
pertumbuhan.
Kedewasaan
intelektual
- individu mampu berfikir secara matang dan
logis
- mempunyai pertimbangan yg tepat utk rencana
masa depannya
kedewasaan
emosional
- mampu mengungkapkan perasaan secara tepat
dlm situasi yg tepat pula thd obyek atau org yg semestinya.
- Dpt mengendalikan perasaan sehingga
pengungkapannya tdk mengganggu perkembangan dirinya sendiri atau melukai org
lain.
Kedewasaan social
- tau memilih apa yg hrs diperbuat atau apa
yg tidak hrs diperbuat dlm situasi yg berlainan
- ambil bgan dlm kegiatan bersama yg beraneka
ragam dan mempelajari keahliannya utk masing2 kegiatan
- sadar akan tanggung jawabnya thd org lain
supaya dpt hidup bersama secara harmonis
kedewasaan rohani
- mampu menerima kekuasaan tuhan dlm segala
hal baik yg menyenangkan ataupun yg tdk menyenangkan
- menyadari bahwa ada banyak agama didunia
shg tdk merendahkan agama lain
- menghormati,tdk mengabaikan dan mau bekerja
secara wajar dgn org2 yg beragama lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar