Anda dalam
keadaan berlayar di samudera Pasifik, di atas lintang 200 dan anda
masuk di daerah fog (kabut).
Jelaskan :
a.Bagaimana
anda membedakan bahwa anda berada di daerah air mass fog atau frontal fog ?
Berada di daerah Air
Mass Fog
Jika di dareah tersebut banyak terdapat sekelompok udara
yang memiliki diameter udara 100 – 1000 km atau memiliki skala Synoptic serta
memiliki sifat / karakteristik yang homogen, terjadi sore/malam/dini
hari/pagi,Letaknya hanya beberapa puluh meter hingga beberapa km, Mudah hilang.
Frontal Fog
Jika di daerah tersebut terjadi fog yang tidak mengenal
tempat dan tidak mengenal waktu,
memiliki luas ratusan – seribu km2 dan visibility dapat
mendekati nol, Terjadi setiap saat, Sulit hilang.
b.Apa
perbedaannya antara air mass fog dengan frontal fog
Perbedaannya:
Air mass fog:
-terjadinya
waktu-waktu tertentu yaitu sore, malam, dini hari atau pagi hari
-mudah hilang
-hanya beberapa
jam
-diameternya
hanya beberapa puluh meter hingga ratusan meter umumnya 2 km
-terjadi di
daerah tertentu
Frontal Fog:
-Terjadinya tidak
mengenal waktu
-tidak
mudah/sulit hilang
-lebih dari 24
jam
-diameternya
sampai ratusan kilometer
-terjadi di atas
lintang 200 LU/LS
c.Menurut
anda lebih bahaya mana antara air mass fog dengan frontal fog, penjelasan anda
beri argumentasi.
Antara Air Mass
Fog dengan Frontal Fog yg lebih berbahaya adalah Frontal Fog karena:
1.Visibilty mendekati nol
2.Luas daerah
terjadunya ≥ 100 km
3.Terjadinya
setiap saat, tdk mengenal waktu
4.terjadi ≥ 24 km
Apa yang anda ketahui tentang :
a.Wave
Adalah gelombang yg disebabkan oleh local
wind. Local wind adalah wind yg dipengaruhi oleh keadaan setempat dan
diameternya hanya sampai beberapa kilometer saja. Yg termasuk local wind adalah
gusty wind/squal wind, sea breze, land breze, anabatic wind dsb.jika kecepatan
angin 10 knot atau lebih maka pada wave terjadi wite cape/hourse
b.Swell
Swell atau alun adalah gelombang yg
disebabkan oleh angin umumnya general wind yaitu angin yg berskala synoptic
(100 – 1000 km), yg termasuk general wind yaitu angin yg berskala sinoptik (100
– 1000 km) yg termasuk general wind : trade wind, monsoon wind, geos tropic
wind, gradient wind misalnya kita berlayar tdk ada angin tapi gelombangnya
tinggi.
b.Untuk
keselamatan pelayaran, lebih bahaya mana antara wave dan swell. Jelaskan
argumentasi anda.
Lebih berbahaya
swell : Karena swell mempunyai puncak gelombang-gelombang yang tumpul dengan
periode yang pada umumnya besar, sehingga berpengaruh sangat besar pada keadaan
setabilitas kapal melintang atau membujur.
Sedangkan wave :
gelombang yang masih dipengaruhi oleh angin yang memiliki puncak-puncak
gelombang yang berbentuk runcing dan memiliki periode yang umumnya kecil.
Dua buah
kapal dalam keadaan berlayar, kapal A masuk di daerah Trough sedangkan
kapal B masuk di daerah Ridge.
a.Jelaskan
pengertian dari Trough dan Ridge !
Trough adalah suatu daerah berbentuk garis dimana daerah tersebut
mempunyai tekanan udara lebih rendah dgn daerah sekitanya.
Pola anginnya:
pada daerah trough merupakan daerah pembelokan angin , untuk diutara equator
pembelokan anginnya adalah counter clock wise, untruk selatan equator anginnya
berbelok clock wise. Karena di daerah trough anginnya berbelok cyclonic maka
daerah tersebut disebut juga daerah shear line.
Ridge adalah suatu daerah berbentuk garis dimana di daerah tersebut
mempunyai tekanan udara yang lebih tinggi dari daerah sekitarnya.
Pola anginnya: di
utara equator anginnya clock wise/berbelok searah jarum jam dan di selatan
equator anginnya counter anginnya counter clock wise /berbelok berlawanan jarum
jam.
b.Lebih
bahaya mana antara daerah Trough dengan daerah Ridge untuk pelayaran. Jelaskan
argumentasi anda !
Antara daerah
Trough dengan daerah ridge yang lebih bahaya adalah daerah Trough untuk
pelayaran, karena pada daerah Trough umumnya mempunyai pola cuacanya buruk,
biasanya thunder storm dan gelombang tinggi, maka jika berlayar mendekati
daerah trough harus hati2 karena cuacanya buruk dan gelombang tinggi.
Sedangkan pada
daerah ridge umumnya pola cuacanya adalah baik karena tekanan udaranya hampir
merata/perbedaannya tidak terlalu besar maka anginnya tidak terlalu kuat dan
cuacanya baik.
Surface chart/Surface chart analysis
a.Di dalam pelayaran
anda mendapatkan surface chart/surface chart analysis/ weather fax. Jelaskan
manfaat surface chart/surface chart analysis/ weather fax bagi pelayaran anda !
manfaat surface chart/surface chart analysis/ weather fax
bagi pelayaran adalah untuk
mengetahui kondisi angin dan keadaan cuaca yg terjadi disekitar kita.
b.Mengapa di daerah tropis hanya dilakukan stream line
analysis. Jelaskan
Di daerah tropis hanya dilakukan stream
line analysis karena:
1.hasil analisa stream line sudah dapat
menunjukan pola angin yg terjadi dan dapat juga menunjukan cuaca yg terjadi.
2.sedangkan tekanan udara di daerah tropis
selisihnya tidak besar, sebagai contoh selisih tekanan antara Medan dgn
Jayapura yg jaraknya +/- 2500NM sedangkan selisih tekanan udara tdk sampai 3
Hpa, sehingga pressure gradient force sangat kecil dan ini mengakibatkan
gerakan tdk kuat. Sehingga hasil analisa isobar tdk dapat menunjukan kondisi
angin dan cuaca yg terjadi.
c.Mengapa di atas lintang 20 derajat hanya dilakukan analysis isobar
Karena dgn analisa isobar maka dapat
diketahui arah dan kecepatan anginnya serta kondisi cuaca yg terjadi sehingga
pada daerah ini tdk perlu lagi dilakukan analisa stream line.
Titik beku air laut sama atau tidak dengan air sungai dan apa penyebabnya.
Jelaskan.
Titik beku air laut tidak sama dengan air
sungai karena Dalam hal ini titik beku air laut tergantung dari salinitas.
Jalannya salinitas hampir linear.
a. Air dengan kadar garam 0, mempunyai
titik beku 0,0C.
b. Air dengan kadar garam 35 mempunyai
titik beku -1,9C
Jelaskan:
a.Apa
pengertian dari pada Trough, dan bagaimana pengaruhnya terhadap
pelayaran. Jelaskan !
Trough adalah suatu daerah berbentuk garis dimana daerah tersebut
mempunyai tekanan udara lebih rendah dgn daerah sekitanya.
Pola anginnya:
pada daerah trough merupakan daerah pembelokan angin , untuk diutara equator
pembelokan anginnya adalah counter clock wise, untruk selatan equator anginnya
berbelok clock wise. Karena di daerah trough anginnya berbelok cyclonic maka
daerah tersebut disebut juga daerah shear line.
pola cuacanya
buruk, biasanya thunder storm dan gelombang tinggi, maka jika berlayar
mendekati daerah trough harus hati-hati karena cuacanya buruk dan gelombang tinggi.
b.Apa
pengertian dari pada ITCZ,dan dimanakah posisi ITCZ pada tgl 13 September 2010
ITCZ (Inter
Tropical Convergence Zone) adalah merupakan daerah pertemuan antara kedua trade
wind yaitu trade wind dari utara dan dari selatan equator. Daerah ini
merupakan daerah yg sangat buruk dan
merupakan daerah awal mula terjadinya tropical cyclone/typhoon/hurricane. ITCZ
terjadi di daerah cuaca buruk (terlambat 1 – 3 bulan di belakang matahari)
c.Jelaskan
pengaruhnya ITCZ terhadap pelayaran !
Pengaruhnya ITCZ
terhadap pelayaran adalah merupakan daerah cuaca buruk karena merupakan daerah
awal mula terjadinya Tropical cyclone.
Jika
anda berlayar di daerah mTk. Maka jelaskan :
a.Stabilitas
udaranya, serta jelaskan argumentasi anda!
mTk =maritime tropical cold air mass/ massa
udara dingin suatu massa udara dikatakan massa udara dinginjika massa udara
tersebut mempunyai temperature udara lebih rendah dari temperaturpermukaan yang
dilaluinya
stabilitas udaranya : stable air, oleh
karena mempunyai temperature < dari pada temperature permukaan maka udara
tersebut melepaskan dinginnya temperature naik kerapatannya turun udara menjadi
ringan .
b.Awan jenis apa yang terjadi dan bagaimana
cuacanya. Beri argumentasi penjelasan anda.
Awan yang terjadi
adalah bentuk stratus atau disebut trough forit cloud
Terjadi squal
winddan menimbulkan sea wave serta terjadi
hujan , aman bagi pelayaran.
Jelaskan tentang inversion
layer dan apa pengaruhnya terhadap pertumbuhan awan. Jelaskan !
-Inversion
layer yaitu suatu lapisan dimana perubahan temperatur terhadap ketinggian
dengan nilai rata – rata 1oC setiap 100 meter kenaikan tinggi.
-Pengaruhnya
terhadap awan adalah apabilah temperatur makin naik maka awan naik lagi tiap 1o
C untuk 100 meter kenaikan tinggi
Tropical Revolving Storm :
a.Apa yang anda ketahui mengenai Tropical
Revolving Storm ?
Tropical
Revolving Storm adalah suatu
system tekanan udara rendah yg berskala synoprtic, terjadi pada masa udara
tropis, pola anginnya cyclonic, cuaca dan gelombangnya buruk.
b.Sebelah
tenggara Philipina terdapat Badai Tropis “Betty”, Badai Tropis tersebut
bergerak ke arah Barat Laut, kemudian melintasi kepulauan Philipina. Maka pada
saat Badai Tropis tersebut berada di kepulauan Philipina intensitasnya akan
meningkat atau menurun. Jelaskan
argumentasi jawaban anda !
Pada saat
badai tropis BETTY berada di kepulauan philipina maka intensitasnya akan
menurun karena berada di daratan dan dataran tinggi yang meliputi bukit-bukit
dan pegunungan yang memiliki tekanan suhu yang rendah dan bervariasi, dan pada
saat setelah melewati daratan dan berada dipermukaan laut yang tekananya
homogen maka tropical revolving storm akan menguat kembali.
Jelaskan pengertian di bawah
a.Virga
Tetes-tetesan
air yang turun sampai di permukaan bumi yang jatuh dari berbagai macam awan .
b.Rain
Tetes-tetesan
air dan atau kristal-kristal es yang jatuh dari awan jenis stratus nimbus yang
sampai di permukaan bumi.
c.Showers
Adalah tetes-tetes air dan atau
Kristal-kristal es yang jatuh dari awan jenis cumulus (Comuliform clouds) dan
sampai ke permukaan laut maupun daratan.
Anda
berlayar dari A ke C melalui B
Pada tgl 13 September, jam 07.00 Local Time Anda berlayar
dari A ke C melalui B dan anda berada di A yang mempunyai posisi 300
Lintang Utara dan 1450 Bujur Timur, haluan kapal anda 3250/15
knots dan mendapatkan relative wind 2400/20 knots.
Pertanyaan :
a.Garis
PQ merupakan daerah apa, jelaskan cuaca yang terjadi di daerah PQ.
PQ merupakan daerah/garis
trough karena daerah tsb mempunyai tekanan udara lebih rendah dari sekitarnya.
Di garis AB juga berimpit dgn shear line
yaitu merupakan daerah pembelokan angin yg cyclonic utara equator
arahnya clock wise.
Cuaca yg terjadi di daerah PQ
adalah: bad weather (Thunder storm):
-Gusty/squal wind, rata2
kecepatan 25 – 45 kts kadand2 bisa ≥ 100 kts.
-Shower, lightning dan thunder
-kadang2 dapat terjadi
waterspout dgn diameter 50 – 100 meter, dgn kecepatan max 130 kts (kecepatan
ini berjarak ± 13 m di center)
Wind: -General wind: true wind, geostropic wind,
gradient wind, dll
-Local wind: gusty/squall wind
Wave -Swell wave = swell = ada, karena ada general
wind
-Sea wave = wave = ada, pada saat
terjadi
gusty/squall wind
Squall wind ≠ squall line
b.Tentukan besar true wind (geostrophic wind) yang
terjadi di C, jika C mempunyai lintang 450 Lintang Utara.
Diketahui : C = 998 – 996 = 2 Hpa..... n = 1,1 cm
R = 1004 – 1002 = 2
Hpa......n = 1.3 cm.....(Vg)R= 20 knts
(Vg)C = (∆p/n) C
= 2/1.1
(Vg)R = (∆p/n) R 2/1.3
(Vg)C = 2 x 1.3
x (Vg)R
1.1 2
= 1.3
x 20
1.1
= 23.6
knots
c.Tentukan gelombang yang terjadi di C
Gelombang yang terjadi di C :
-Swell : ada besarnya tergantung dari angin umum besarnya bisa mencapai 24
knots
-Sea wave: ada pada saat terjadi gusty wind/ squall wind
-Combination wave
Jelaskan
persamaan dan perbedaannya ITCZ, DOLDRUM, dan EQUATORIAL TROUGH. Dari ke 3
macam tersebut, mana yang paling membahayakan bagi pelayaran ?
Persamaan yaitu ITCZ, DOLDRUM dan EQUATORIAL TROUGH
adalah merupakan daerah yang mempunyai tekanan relatif rendah ( low pressure)
Perbedaaannya
-ITCZ ditinjau dari cuacanya yaitu merupakan daerah cuaca buruk
-DOLDRUM diyijau dari anginnya yaitu variable dan light wind atau angin
kecil
-EQUATORIAL TROUGH ditinjau dari pressurenya yaitu merupakan daerah low
pressure
yang paling berbahaya bagi pelayaran adalah ITCZ karena
merupakan awal terjadinya tropical
cyclon/ typhoon / hurricane
Jelaskan mengenai TORNADO,
sifat/kharakteristik dari pada TORNADO,
TORNADO merupakan sebutan secara international dari
puting beliung yg ada diatas daratan sedangkan di atas air/lautan disebut
WATERSPOUT.
Sifat/kharakteristik
dari pada Putting Beliung:
1.Diameter atau
garis tengah antara 50 – 100 meter, di USA antara 100 – 200 meter
2.Kecepatan angin
maksimum sekitar 130kts, di USA dapat mencapai 200 kts dan berjarak 13 meter
dari pusatnya/center
3.Lamanya hanya
beberapa menit (2 – 3 menit)
Anda
berlayar dari A ke C melalui B
Pada tgl 13 September Anda berlayar dari A ke C melalui B
dan anda berada di A di 200 Lintang Selatan dan 1090
Bujur Timur, pada jam 07.00 Local Time haluan kapal anda 1500/15
knots dan mendapatkan relative wind 2500/15 knots, temperatur udara
– 050C dan dew point – 110C.
Pertanyaan :
a.Garis PQ merupakan daerah apa ? Bagaimana
cuacanya ? dan bagaimana pengaruhnya terhadap pelayaran anda ?
Garis PQ adalah merupakan daerah Ridge yaitu
suatu daerah berbentuk garis, dimana di daerah tsb mempunyai tekanan udara
lebih tinggi dari daerah sekitarnya. Anginnya berbelok anti cyclonic, cuaca
karena anti cyclonic sehingga cuacanya baik, gelombang hanya swell wave.
Pengaruhnya terhadap pelayaran adalah relatif
aman untuk berlayar di daerah Ridge (garis PQ)
b.Tentukan besar true wind (geostrophic wind) yang terjadi di C
Kecepatan angin di C =
(vg)C = (∆P/n)C
(vg)A (∆P/n)A
(vg)C = (1020-1018) / 4
15 (1014-1012) / 6
(vg)C = 2 / 4
15 2 / 6
(vg)C = (2 / 4 x
6 / 2) 15
( vg )C = 22,5 knots
c.Tentukan
gelombang yang terjadi di C
Gelombang yang terjadi di C :
1.Swell wave:
swell ada besarnya tergantung dari angin umum (true wind, geostrophic wind /
gradient wind, monsson wind, trade wind, dan lain2)
2.Sea wave: wave
tidak ada karena tidak ada gusty/squall wind
d.Tentukan tinggi dasar awan yang terjadi di A
T = -050C
Td = -110C
H = 120 x ( T – T )
= 120 x {-05 – (-11)}
= 120 x 6 = 720
meter
Jadi tinggi dasar awan di A adalah 720 meter.
Jelaskan
:
a.Pressure
gradient force
Adalah gaya yang
timbul akibat adanya perbedaan tekanan antara dua tempat secara horizontal.
Proses terjadinya:
1.Energy/panas yang sampai
ke permukaan tidak sama disebabkan karena posisi matahari terhadap bumi selalu
berubah atau energy/panas yang sampai kepermukaan bumi sama tetapi permukaan
bumi tidak sama .
2.Ini semua menyebabkan
temperature permukaan tidak sama, sehingga temperature udara diatas permukaan
juga tidak sama
3.Ini mengakibatkan
tekanan udara diatas permukaan tidak sama
4.Maka terjadi pressure
gradient force, yang arahnya dari high pressure ke low pressure.
b.Coriolis
force
Adalah gaya yang timbul akibat rotasi bumi , dibelahan
bumi utara arah gaya adalah ke kanan dari arah gerakan partikel atau angin,
sedangkan dibelahan bumi selatan arahnya ke kiri dari arah gerakan partikel/
angin.
Gaya coriolis merupakan gaya yang menyebabkan terjadinya gerakan
udarayang tidak lurus sebagaimana seharusnya sebagai contoh terjadinya tropical
cyclone yang mana lintasannya tidak pernah mendekati equator melainkan
parabolic menjauhi equator.
c.Bagaimana
hubungannya antara pressure gradient, coriolis force, dengan wind (baik arah
maupun kecepatan anginnya).
Gradient force adalah gaya yg timbul akibat perbedaan
tekanan udara secara horizontal, gaya ini menyebabkan terjadinya gerakan udara
atau angin jika selisih tekanan udara semakin besar maka pressure gradient force
semakin besar dan kecapatan angin semakin besar dan kecepatan angin semakin
kuat.
Coriolis force adalah gaya yg timbul akibat rotasi bumi
di belahan bumi utara arah gaya adalah ke kanan dari arah gerak partikel atau
angin sedangkan di belahan bumi selatan arahnya ke kiri dari arah gerak
partikel atau angin. Gaya corioli merupakan gaya yg mentebabkan terjadinya
gerakan udara yg tdk lurus sebagaimana seharusnya sebagai contoh terjadinya
tropical cyclone yg mana lintasannya tdk pernah mendekati equator melainkan
parabolik menjauhi equator.
Jelaskan pengertian di bawah :
a.Proses adiabatic
Suatu proses dimana tekenan dan volume udara
dalam atmosfer berubah-ubah tanpa adanya penambahan atau pengurangan energi
atau panas dalam atmosfer sehingga terjadi perubahan suhu udara.
b.Isobar tertutup
Adalah garis – garis isobar yang ujung
–ujungnya saling bertemu,isobar yang demikian kita temui di pressure system (
low, high ).
c.Temperature Lapse Rate
Adalah
gradient temperatur udara secara vertikal = grafik yang menunjukkan perubahan
temperatur udara secara vertikal.
Tiga buah
kapal dalam keadaan berlayar (A,B,dan C). Kapal A pada posisi 200N/1450E,mendapat
cuaca baik(sky clear); Kapal B pada posisi 200N/1500E,
mendapat cuaca fog; Kapal C pada posisi 450N/1500E.
Mendapat cuaca thunderstorm.
Pertanyaan:
a.Jelaskan
mengapa Kapal A dan Kapal B mendapat cuaca yang tidak sama,pada hal kedua kapal
tersebut pada lintang yang sama.
Karena pada saat itu
pengaruh sinar matahari tidak sama terhadap 3 tempat itu juga salinitas
serta kedalaman laut yang tidak sama menyebabkan perbedaan suhu dan tekanan
yang berakibat juga pada pergerakan udara yang berbelok seperti garis shear
yang tidak sama di latitudenya.
b.Jelaskan
mengapa Kapal B dan Kapal C mendapat cuaca yang tidak sama,pada hal kedua kapal
tersebut pada bujur yang sama.
Karena pada saat itu
pengaruh sinar matahari tidak sama terhadap 2 tempat itu juga salinitas
serta kedalaman laut yang tidak sama menyebabkan perbedaan suhu dan tekanan
yang berakibat juga pada pergerakan udara yang berbelok seperti garis shear
yang tidak sama di longitudenya.
Jelaskan alur pikir proses terjadinya cuaca
!
1.Matahari sebagai sumber energy terbesar
2.Radiasi matahari tidak memerlukan energy
3.Energy matahari akan maksimum sampai ke permukaanbumi
pada saat posisi matahari tegak lurus dengan permukaan bumi
4.Energy/ panas yang sampai kepermukaan
bumi tdak sama karena posisi matahari
terhadap bumi selalu berubah –ubah atau energy yang sampai ke permukaan bumi
tidak sama karena struktur permukaan bumi yang tidak sama yang berupa lautan
dan daratan/ benua
5.Hal tersebut menyebabkan temperature
permukaan bumi dan tyekanan udara diatas permukaan bumi juga tidak sama
sehingga menyebabkan cuaca disuatu tempat akan berbeda dengan tempat lain.
Jelaskan pengertian di bawah :
a.Convergence line
Adalah berbentuk garis, dimana pada daerah
tersebut terjadi gerakan udara naik / keatas ( berskala synoptic ) udara naik
disebabkan dua hal:
1.Merupakan daerah pertemuan angin
2.Secara horizontal kecepatan angin
berkurang, cuaca yang terjadi umumnya buruk sepanjang garis tersebut, yaitu
dapat terjadi:
-Shower
-Gusty wind / squal (kecepatan rata-rata
25-45knots)
-Kadang-kadang disertai water spout/
tornado/ putting beliung
-Gelombang tinggi
b.Shear line
Adalah daerah belokan angin yang cyclonic,
untuk utara equator adalah counterclockwise dan untuk selatan equator adalah
clockwise. Daerah ini merupakan daerah cuaca buruk
-Shower
-Gusty wind / squal (kecepatan rata-rata
25-45knots)
-Kadang-kadang disertai water spout/
tornado/ putting beliung
-Gelombang tinggi
c.Thunderstorm
Adalah suatu kejadian dimana terdapat kilat
( lighting) , Guntur, hujan ( precipitation) dan angin kencang tiba-tiba (
gusty wind/ squal wind) yang menjadi satu dan terjadi bersamaan, penyebabnya
adalah awan Cumulonimbus (Cb)
Jelaskan pertanyaan di bawah :
a.Bilamanakah energi akan maksimum
dipermukaan bumi ?
Jika posisi
matahari tegak lurus dengan permukaan bumi
b.Berapakah kecepatan radiasi matahari ?
Kecepatan
radiasi matahari = 300.000 Km/sec
Tiga buah kapal dalam keadaan berlayar (A,B,dan C). Kapal
A pada posisi 150N,1450E,mendapat cuaca baik(sky clear);
Kapal B pada posisi 150N,1500E. Pada jam 07.00 local time
melakukan pengamatan atau observasi dengan hasil sebagai berikut :
Kapal
|
Posisi
|
Haluan
|
Visibility
|
Relatif
Wind
|
Temperature
|
Dew
point
|
A
|
150N,1450E
|
0900/17
kt
|
30
km
|
0900/
12 kt
|
140C
|
030C
|
B
|
150N,1500E
|
1800/15
kt
|
600
meter
|
1200/
12 kt
|
120C
|
100C
|
C
|
250N,1500E
|
1200/12
kt
|
100
meter
|
0600/
20 kt
|
-040C
|
-
040C
|
Pertanyaan
:
a.Tentukan tinggi dasar awan yang akan terjadi
!
Tinggi dasar awan di A:
H = 120 x (T – Td)
= 120 x (14 –
03)
= 120 x 11 =
1320 meter
Tinggi dasar awan di A adalah 1320 meter
Tinggi dasar awan di B:
H = 120 x (T – Td)
= 120 x (12 –
10)
= 120 x 2 = 240
meter
Tinggi dasar awan di B adalah 240 meter
Tinggi dasar awan di C:
H = 120 x (T – Td)
= 120 x (-04 –
(-04)
= 120 x 0 = 0
meter
Tinggi dasar awan di C adalah 0 meter
b.Tentukan
salah satu true wind yang dialami oleh salah satu kapal (A atau B atau C)
True wind yg dialami kapal B adalah kapal B haluan = 1800/15
kts, relative wind = 1200/12 kts
b2 = a2 + c2 – 2 . a . c
Cos 900
= 142 + (-4)2 – 2 . 14
. (-4) . 0
= 196 + 16 – 0
= 212
b2 = 212.......b = √212
b = 14,6 knots
a2 = b2
+ c2 – 2 . b . c Cosα
196 = 212 + 16 –
2. 14,6 . (-4) . Cosα
196 = 228 + (116,8
Cosα)
Cosα = 228 – 196 = 0,27397
116,8
α =
74.10
Jadi true wind yg
dialami oleh kapal C adalah = 74.10
(1200 – 74,10) + 1800 =
225,90 / 14,6 knots
c.Berapa
lamakah waktu yang diperlukan oleh radiasi/cahaya matahari sampai dipermukaan
bumi ?
waktu yg diperlukan sampai ke permukaan bumi adalah 9,3
menit dengan jarak 15 juta Km
Berdasarkan
soal di atas.Tentukan ketinggian
temperatur 00C di atas kapal masing-masing, jika RH di A 62%, RH di
B 100% dan RH di C 98%.
Berdasarkan soal di atas jika true wind yang
dialami oleh masing2 kapal dapat menimbulkan swell wave. Maka tentukan tinggi
swell wave yang dialami oleh masing2 kapal.
Tinggi swell wave di kapal A:
Haluan = 0900/17kts
Relative wind = 0900/12kts
= 289 + 144 - 0
= 433
= 20 kts
Hs = 0.0212 V2 = 0.0212 (10.4)2 = 2.3 meter
Hx = 1.87 x Hs = 1.87 x 2.3 = 4.3 meter
Jadi tinggi swell wave kapal A adalah 2.3 meter dan maximum 4.3 meter.
Tinggi swell
wave di kapal B:
Haluan = 1800/15kts
Relative wind = 1200/12kts
True wind = 152
+ 122 – 2.(15).(12).Cos 90
= 225 + 144 - 0
= 369
Relative wind
= 19 kts = 19 x 0.52 m/sec = 9.88 m/sec
Hs = 0.0212 V2
= 0.0212 (9.88)2 = 2 meter
Hx = 1.87 x Hs
= 1.87 x 2 = 3.74 meter
Jadi tinggi
swell wave kapal B adalah 2 meter dan maximum 3.74 meter.
Tinggi swell
wave di kapal C:
Haluan = 1200/12kts
Relative wind = 0600/20kts
True wind = 202
+ 122 – 2.(20).(12).Cos 90
= 544
= 23 kts
Relative wind
= 23 kts = 23 x 0.52 m/sec = 11.96 m/sec
Hs = 0.0212 V2
= 0.0212 (11.96)2 = 3 meter
Hx = 1.87 x Hs
= 1.87 x 3 = 5.61 meter
Jadi tinggi
swell wave kapal C adalah 3 meter dan maximum 5.61 meter.
cos 90 dapat darimana mas??
BalasHapus