Kamis, 09 November 2017

soal meteorologi dan oceanografi

Anda dalam keadaan berlayar di samudera Pasifik, di atas lintang 200 dan anda masuk di daerah fog (kabut).
Jelaskan :
a.Bagaimana anda membedakan bahwa anda berada di daerah air mass fog atau frontal fog ?
Berada di daerah Air Mass Fog
Jika di dareah tersebut banyak terdapat sekelompok udara yang memiliki diameter udara 100 – 1000 km atau memiliki skala Synoptic serta memiliki sifat / karakteristik yang homogen, terjadi sore/malam/dini hari/pagi,Letaknya hanya beberapa puluh meter hingga beberapa km, Mudah hilang.
Frontal Fog
Jika di daerah tersebut terjadi fog yang tidak mengenal tempat dan tidak mengenal waktu,  memiliki luas ratusan – seribu km2 dan visibility dapat mendekati nol, Terjadi setiap saat, Sulit hilang.
b.Apa perbedaannya antara air mass fog dengan frontal fog
Perbedaannya:
Air mass fog:
-terjadinya waktu-waktu tertentu yaitu sore, malam, dini hari atau pagi hari
-mudah hilang
-hanya beberapa jam
-diameternya hanya beberapa puluh meter hingga ratusan meter umumnya 2 km
-terjadi di daerah tertentu
Frontal Fog:
-Terjadinya tidak mengenal waktu
-tidak mudah/sulit hilang
-lebih dari 24 jam
-diameternya sampai ratusan kilometer
-terjadi di atas lintang 200 LU/LS
c.Menurut anda lebih bahaya mana antara air mass fog dengan frontal fog, penjelasan anda beri argumentasi.
Antara Air Mass Fog dengan Frontal Fog yg lebih berbahaya adalah Frontal Fog karena:
1.Visibilty mendekati nol
2.Luas daerah terjadunya ≥ 100 km
3.Terjadinya setiap saat, tdk mengenal waktu
4.terjadi ≥ 24 km

Apa yang anda ketahui tentang :
a.Wave
Adalah gelombang yg disebabkan oleh local wind. Local wind adalah wind yg dipengaruhi oleh keadaan setempat dan diameternya hanya sampai beberapa kilometer saja. Yg termasuk local wind adalah gusty wind/squal wind, sea breze, land breze, anabatic wind dsb.jika kecepatan angin 10 knot atau lebih maka pada wave terjadi wite cape/hourse
b.Swell
Swell atau alun adalah gelombang yg disebabkan oleh angin umumnya general wind yaitu angin yg berskala synoptic (100 – 1000 km), yg termasuk general wind yaitu angin yg berskala sinoptik (100 – 1000 km) yg termasuk general wind : trade wind, monsoon wind, geos tropic wind, gradient wind misalnya kita berlayar tdk ada angin tapi gelombangnya tinggi.
b.Untuk keselamatan pelayaran, lebih bahaya mana antara wave dan swell. Jelaskan argumentasi anda.
Lebih berbahaya swell : Karena swell mempunyai puncak gelombang-gelombang yang tumpul dengan periode yang pada umumnya besar, sehingga berpengaruh sangat besar pada keadaan setabilitas kapal melintang atau membujur.
Sedangkan wave : gelombang yang masih dipengaruhi oleh angin yang memiliki puncak-puncak gelombang yang berbentuk runcing dan memiliki periode yang umumnya kecil.

Dua buah kapal dalam keadaan berlayar, kapal A masuk di daerah Trough sedangkan kapal B masuk di daerah Ridge.
a.Jelaskan pengertian dari Trough dan Ridge !
Trough adalah suatu daerah berbentuk garis dimana daerah tersebut mempunyai tekanan udara lebih rendah dgn daerah sekitanya.
Pola anginnya: pada daerah trough merupakan daerah pembelokan angin , untuk diutara equator pembelokan anginnya adalah counter clock wise, untruk selatan equator anginnya berbelok clock wise. Karena di daerah trough anginnya berbelok cyclonic maka daerah tersebut disebut juga daerah shear line.
Ridge adalah suatu daerah berbentuk garis dimana di daerah tersebut mempunyai tekanan udara yang lebih tinggi dari daerah sekitarnya.
Pola anginnya: di utara equator anginnya clock wise/berbelok searah jarum jam dan di selatan equator anginnya counter anginnya counter clock wise /berbelok berlawanan jarum jam.
b.Lebih bahaya mana antara daerah Trough dengan daerah Ridge untuk pelayaran. Jelaskan argumentasi anda !
Antara daerah Trough dengan daerah ridge yang lebih bahaya adalah daerah Trough untuk pelayaran, karena pada daerah Trough umumnya mempunyai pola cuacanya buruk, biasanya thunder storm dan gelombang tinggi, maka jika berlayar mendekati daerah trough harus hati2 karena cuacanya buruk dan gelombang tinggi.
Sedangkan pada daerah ridge umumnya pola cuacanya adalah baik karena tekanan udaranya hampir merata/perbedaannya tidak terlalu besar maka anginnya tidak terlalu kuat dan cuacanya baik.

Surface chart/Surface chart analysis
a.Di dalam pelayaran anda mendapatkan surface chart/surface chart analysis/ weather fax. Jelaskan manfaat surface chart/surface chart analysis/ weather fax bagi pelayaran anda !
manfaat surface chart/surface chart analysis/ weather fax bagi pelayaran adalah untuk mengetahui kondisi angin dan keadaan cuaca yg terjadi disekitar kita.
b.Mengapa  di daerah tropis hanya dilakukan stream line analysis. Jelaskan
Di daerah tropis hanya dilakukan stream line analysis karena:
1.hasil analisa stream line sudah dapat menunjukan pola angin yg terjadi dan dapat juga menunjukan cuaca yg terjadi.
2.sedangkan tekanan udara di daerah tropis selisihnya tidak besar, sebagai contoh selisih tekanan antara Medan dgn Jayapura yg jaraknya +/- 2500NM sedangkan selisih tekanan udara tdk sampai 3 Hpa, sehingga pressure gradient force sangat kecil dan ini mengakibatkan gerakan tdk kuat. Sehingga hasil analisa isobar tdk dapat menunjukan kondisi angin dan cuaca yg terjadi.
c.Mengapa di atas lintang 20 derajat hanya dilakukan analysis isobar
Karena dgn analisa isobar maka dapat diketahui arah dan kecepatan anginnya serta kondisi cuaca yg terjadi sehingga pada daerah ini tdk perlu lagi dilakukan analisa stream line.

Titik beku air laut sama atau tidak dengan air sungai dan apa penyebabnya. Jelaskan.
Titik beku air laut tidak sama dengan air sungai karena Dalam hal ini titik beku air laut tergantung dari salinitas. Jalannya salinitas hampir linear.
a. Air dengan kadar garam 0, mempunyai titik beku 0,0C.
b. Air dengan kadar garam 35 mempunyai titik beku -1,9C

Jelaskan:
a.Apa pengertian dari pada Trough, dan bagaimana pengaruhnya terhadap pelayaran. Jelaskan !
Trough adalah suatu daerah berbentuk garis dimana daerah tersebut mempunyai tekanan udara lebih rendah dgn daerah sekitanya.
Pola anginnya: pada daerah trough merupakan daerah pembelokan angin , untuk diutara equator pembelokan anginnya adalah counter clock wise, untruk selatan equator anginnya berbelok clock wise. Karena di daerah trough anginnya berbelok cyclonic maka daerah tersebut disebut juga daerah shear line.
pola cuacanya buruk, biasanya thunder storm dan gelombang tinggi, maka jika berlayar mendekati daerah trough harus hati-hati karena cuacanya buruk dan gelombang tinggi.
b.Apa pengertian dari pada ITCZ,dan dimanakah posisi ITCZ pada tgl 13 September 2010
ITCZ (Inter Tropical Convergence Zone) adalah merupakan daerah pertemuan antara kedua trade wind yaitu trade wind dari utara dan dari selatan equator. Daerah ini merupakan  daerah yg sangat buruk dan merupakan daerah awal mula terjadinya tropical cyclone/typhoon/hurricane. ITCZ terjadi di daerah cuaca buruk (terlambat 1 – 3 bulan di belakang matahari)
c.Jelaskan pengaruhnya ITCZ terhadap pelayaran !
Pengaruhnya ITCZ terhadap pelayaran adalah merupakan daerah cuaca buruk karena merupakan daerah awal mula terjadinya Tropical cyclone.

Jika anda berlayar di daerah mTk. Maka jelaskan :
a.Stabilitas udaranya, serta jelaskan argumentasi anda!
mTk =maritime tropical cold air mass/ massa udara dingin suatu massa udara dikatakan massa udara dinginjika massa udara tersebut mempunyai temperature udara lebih rendah dari temperaturpermukaan yang dilaluinya
stabilitas udaranya : stable air, oleh karena mempunyai temperature < dari pada temperature permukaan maka udara tersebut melepaskan dinginnya temperature naik kerapatannya turun udara menjadi ringan .
b.Awan jenis apa yang terjadi dan bagaimana cuacanya. Beri argumentasi penjelasan anda.
Awan yang terjadi adalah bentuk stratus atau disebut trough forit cloud
Terjadi squal winddan menimbulkan sea wave serta terjadi  hujan , aman bagi pelayaran.

 Jelaskan tentang inversion layer dan apa pengaruhnya terhadap pertumbuhan awan. Jelaskan ! 
-Inversion layer yaitu suatu lapisan dimana perubahan temperatur terhadap ketinggian dengan nilai rata – rata 1oC setiap 100 meter kenaikan tinggi.
-Pengaruhnya terhadap awan adalah apabilah temperatur makin naik maka awan naik lagi tiap 1o C untuk 100 meter kenaikan tinggi
Tropical Revolving Storm :
a.Apa yang anda ketahui mengenai Tropical Revolving Storm ?
Tropical Revolving Storm adalah suatu system tekanan udara rendah yg berskala synoprtic, terjadi pada masa udara tropis, pola anginnya cyclonic, cuaca dan gelombangnya buruk.
b.Sebelah tenggara Philipina terdapat Badai Tropis “Betty”, Badai Tropis tersebut bergerak ke arah Barat Laut, kemudian melintasi kepulauan Philipina. Maka pada saat Badai Tropis tersebut berada di kepulauan Philipina intensitasnya akan meningkat  atau menurun. Jelaskan argumentasi jawaban anda !
Pada saat badai tropis BETTY berada di kepulauan philipina maka intensitasnya akan menurun karena berada di daratan dan dataran tinggi yang meliputi bukit-bukit dan pegunungan yang memiliki tekanan suhu yang rendah dan bervariasi, dan pada saat setelah melewati daratan dan berada dipermukaan laut yang tekananya homogen maka tropical revolving storm akan menguat kembali.
Jelaskan pengertian di bawah
a.Virga
Tetes-tetesan air yang turun sampai di permukaan bumi yang jatuh dari berbagai macam awan .
b.Rain
Tetes-tetesan air dan atau kristal-kristal es yang jatuh dari awan jenis stratus nimbus yang sampai di permukaan bumi.
c.Showers
Adalah tetes-tetes air dan atau Kristal-kristal es yang jatuh dari awan jenis cumulus (Comuliform clouds) dan sampai ke permukaan laut maupun daratan.

Anda berlayar dari A ke C melalui B
Pada tgl 13 September, jam 07.00 Local Time Anda berlayar dari A ke C melalui B dan anda berada di A yang mempunyai posisi 300 Lintang Utara dan 1450 Bujur Timur, haluan kapal anda 3250/15 knots dan mendapatkan relative wind 2400/20 knots.
Pertanyaan :
a.Garis PQ merupakan daerah apa, jelaskan cuaca yang terjadi di daerah PQ.
PQ merupakan daerah/garis trough karena daerah tsb mempunyai tekanan udara lebih rendah dari sekitarnya. Di garis AB juga berimpit dgn shear line  yaitu merupakan daerah pembelokan angin yg cyclonic utara equator arahnya clock wise.
Cuaca yg terjadi di daerah PQ adalah: bad weather (Thunder storm):
-Gusty/squal wind, rata2 kecepatan 25 – 45 kts kadand2 bisa ≥ 100 kts.
-Shower, lightning dan thunder
-kadang2 dapat terjadi waterspout dgn diameter 50 – 100 meter, dgn kecepatan max 130 kts (kecepatan ini berjarak ± 13 m di center)
Wind: -General wind: true wind, geostropic wind,
                    gradient wind, dll
          -Local wind: gusty/squall wind
Wave -Swell wave = swell = ada, karena ada general
                     wind
          -Sea wave = wave = ada, pada saat terjadi
                    gusty/squall wind
          Squall wind ≠ squall line
b.Tentukan besar true wind (geostrophic wind) yang terjadi di C, jika C mempunyai lintang 450 Lintang Utara.
Diketahui : C = 998 – 996 = 2 Hpa..... n = 1,1 cm
R = 1004 – 1002 = 2 Hpa......n = 1.3 cm.....(Vg)R= 20 knts

(Vg)C = (∆p/n) C  = 2/1.1
(Vg)R = (∆p/n) R     2/1.3
(Vg)C = 2  x  1.3 x (Vg)R
1.1   2
                                      = 1.3 x 20
                                         1.1
                                      = 23.6 knots
 c.Tentukan gelombang yang terjadi di C
Gelombang yang terjadi di C :
-Swell : ada besarnya tergantung dari angin umum besarnya bisa mencapai 24 knots
-Sea wave: ada pada saat terjadi gusty wind/ squall wind
-Combination wave 

Jelaskan persamaan dan perbedaannya ITCZ, DOLDRUM, dan EQUATORIAL TROUGH. Dari ke 3 macam tersebut, mana yang paling membahayakan bagi pelayaran ?
Persamaan yaitu ITCZ, DOLDRUM dan EQUATORIAL TROUGH adalah merupakan daerah yang mempunyai tekanan relatif rendah ( low pressure)
Perbedaaannya
-ITCZ ditinjau dari cuacanya yaitu merupakan daerah cuaca buruk
-DOLDRUM diyijau dari anginnya yaitu variable dan light wind atau angin kecil
-EQUATORIAL TROUGH ditinjau dari pressurenya yaitu merupakan daerah low pressure
yang paling berbahaya bagi pelayaran adalah ITCZ karena merupakan awal terjadinya  tropical cyclon/ typhoon / hurricane

Jelaskan mengenai TORNADO, sifat/kharakteristik dari pada TORNADO,
TORNADO merupakan sebutan secara international dari puting beliung yg ada diatas daratan sedangkan di atas air/lautan disebut WATERSPOUT.
Sifat/kharakteristik dari pada Putting Beliung:
1.Diameter atau garis tengah antara 50 – 100 meter, di USA antara 100 – 200 meter
2.Kecepatan angin maksimum sekitar 130kts, di USA dapat mencapai 200 kts dan berjarak 13 meter dari pusatnya/center
3.Lamanya hanya beberapa menit (2 – 3 menit)

Anda berlayar dari A ke C melalui B
Pada tgl 13 September Anda berlayar dari A ke C melalui B dan anda berada di A di 200 Lintang Selatan dan 1090 Bujur Timur, pada jam 07.00 Local Time haluan kapal anda 1500/15 knots dan mendapatkan relative wind 2500/15 knots, temperatur udara – 050C dan dew point – 110C.
Pertanyaan :
a.Garis PQ merupakan daerah apa ? Bagaimana cuacanya ? dan bagaimana pengaruhnya terhadap pelayaran anda ?
Garis PQ adalah merupakan daerah Ridge yaitu suatu daerah berbentuk garis, dimana di daerah tsb mempunyai tekanan udara lebih tinggi dari daerah sekitarnya. Anginnya berbelok anti cyclonic, cuaca karena anti cyclonic sehingga cuacanya baik, gelombang hanya swell wave.
Pengaruhnya terhadap pelayaran adalah relatif aman untuk berlayar di daerah Ridge (garis PQ)
b.Tentukan besar true wind (geostrophic wind) yang terjadi di C
Kecepatan angin di C =
(vg)C = (∆P/n)C
(vg)A     (∆P/n)A
(vg)C = (1020-1018) / 4
 15       (1014-1012) / 6
(vg)C = 2 / 4
  15       2 / 6
(vg)C   = (2 / 4 x 6 / 2) 15
( vg )C = 22,5 knots

c.Tentukan gelombang yang terjadi di C
Gelombang yang terjadi di C :
1.Swell wave: swell ada besarnya tergantung dari angin umum (true wind, geostrophic wind / gradient wind, monsson wind, trade wind, dan lain2)
2.Sea wave: wave tidak ada karena tidak ada gusty/squall wind
  
d.Tentukan tinggi dasar awan yang terjadi di A
T = -050C    Td = -110C
H = 120 x ( T – T )
    = 120 x {-05 – (-11)}
   = 120 x 6 = 720 meter
Jadi tinggi dasar awan di A adalah 720 meter.

Jelaskan :
a.Pressure gradient force
Adalah gaya yang timbul akibat adanya perbedaan tekanan antara dua tempat secara horizontal.
Proses terjadinya:
1.Energy/panas yang sampai ke permukaan tidak sama disebabkan karena posisi matahari terhadap bumi selalu berubah atau energy/panas yang sampai kepermukaan bumi sama tetapi permukaan bumi tidak sama .
2.Ini semua menyebabkan temperature permukaan tidak sama, sehingga temperature udara diatas permukaan juga tidak sama
3.Ini mengakibatkan tekanan udara diatas permukaan tidak sama
4.Maka terjadi pressure gradient force, yang arahnya dari high pressure ke low pressure.
b.Coriolis force
Adalah gaya yang timbul akibat rotasi bumi , dibelahan bumi utara arah gaya adalah ke kanan dari arah gerakan partikel atau angin, sedangkan dibelahan bumi selatan arahnya ke kiri dari arah gerakan partikel/ angin.
Gaya coriolis merupakan gaya yang menyebabkan terjadinya gerakan udarayang tidak lurus sebagaimana seharusnya sebagai contoh terjadinya tropical cyclone yang mana lintasannya tidak pernah mendekati equator melainkan parabolic menjauhi equator.
c.Bagaimana hubungannya antara pressure gradient, coriolis force, dengan wind (baik arah maupun kecepatan anginnya).
Gradient force adalah gaya yg timbul akibat perbedaan tekanan udara secara horizontal, gaya ini menyebabkan terjadinya gerakan udara atau angin jika selisih tekanan udara semakin besar maka pressure gradient force semakin besar dan kecapatan angin semakin besar dan kecepatan angin semakin kuat.
Coriolis force adalah gaya yg timbul akibat rotasi bumi di belahan bumi utara arah gaya adalah ke kanan dari arah gerak partikel atau angin sedangkan di belahan bumi selatan arahnya ke kiri dari arah gerak partikel atau angin. Gaya corioli merupakan gaya yg mentebabkan terjadinya gerakan udara yg tdk lurus sebagaimana seharusnya sebagai contoh terjadinya tropical cyclone yg mana lintasannya tdk pernah mendekati equator melainkan parabolik menjauhi equator.
  
Jelaskan pengertian di bawah :
a.Proses adiabatic
Suatu proses dimana tekenan dan volume udara dalam atmosfer berubah-ubah tanpa adanya penambahan atau pengurangan energi atau panas dalam atmosfer sehingga terjadi perubahan suhu udara.
b.Isobar tertutup
Adalah garis – garis isobar yang ujung –ujungnya saling bertemu,isobar yang demikian kita temui di pressure system ( low, high ).
c.Temperature Lapse Rate
Adalah gradient temperatur udara secara vertikal = grafik yang menunjukkan perubahan temperatur udara secara vertikal.

Tiga buah kapal dalam keadaan berlayar (A,B,dan C). Kapal A pada posisi 200N/1450E,mendapat cuaca baik(sky clear); Kapal B pada posisi 200N/1500E, mendapat cuaca fog; Kapal C pada posisi 450N/1500E. Mendapat cuaca thunderstorm.
Pertanyaan:
a.Jelaskan mengapa Kapal A dan Kapal B mendapat cuaca yang tidak sama,pada hal kedua kapal tersebut pada lintang yang sama.
Karena pada saat itu  pengaruh sinar matahari tidak sama terhadap 3 tempat itu juga salinitas serta kedalaman laut yang tidak sama menyebabkan perbedaan suhu dan tekanan yang berakibat juga pada pergerakan udara yang berbelok seperti garis shear yang tidak sama di latitudenya.
b.Jelaskan mengapa Kapal B dan Kapal C mendapat cuaca yang tidak sama,pada hal kedua kapal tersebut pada bujur yang sama.
Karena pada saat itu  pengaruh sinar matahari tidak sama terhadap 2 tempat itu juga salinitas serta kedalaman laut yang tidak sama menyebabkan perbedaan suhu dan tekanan yang berakibat juga pada pergerakan udara yang berbelok seperti garis shear yang tidak sama di longitudenya.

Jelaskan alur pikir proses terjadinya cuaca !
1.Matahari sebagai sumber energy terbesar
2.Radiasi matahari tidak memerlukan energy
3.Energy matahari akan maksimum sampai ke permukaanbumi pada saat posisi matahari tegak lurus dengan permukaan bumi
4.Energy/ panas yang sampai kepermukaan bumi  tdak sama karena posisi matahari terhadap bumi selalu berubah –ubah atau energy yang sampai ke permukaan bumi tidak sama karena struktur permukaan bumi yang tidak sama yang berupa lautan dan daratan/ benua
5.Hal tersebut menyebabkan temperature permukaan bumi dan tyekanan udara diatas permukaan bumi juga tidak sama sehingga menyebabkan cuaca disuatu tempat akan berbeda dengan tempat lain.
Jelaskan pengertian di bawah :
a.Convergence line
Adalah berbentuk garis, dimana pada daerah tersebut terjadi gerakan udara naik / keatas ( berskala synoptic ) udara naik disebabkan dua hal:
1.Merupakan daerah pertemuan angin
2.Secara horizontal kecepatan angin berkurang, cuaca yang terjadi umumnya buruk sepanjang garis tersebut, yaitu dapat terjadi:
-Shower
-Gusty wind / squal (kecepatan rata-rata 25-45knots)
-Kadang-kadang disertai water spout/ tornado/ putting beliung
-Gelombang tinggi
b.Shear line
Adalah daerah belokan angin yang cyclonic, untuk utara equator adalah counterclockwise dan untuk selatan equator adalah clockwise. Daerah ini merupakan daerah cuaca buruk 
-Shower
-Gusty wind / squal (kecepatan rata-rata 25-45knots)
-Kadang-kadang disertai water spout/ tornado/ putting beliung
-Gelombang tinggi
c.Thunderstorm
Adalah suatu kejadian dimana terdapat kilat ( lighting) , Guntur, hujan ( precipitation) dan angin kencang tiba-tiba ( gusty wind/ squal wind) yang menjadi satu dan terjadi bersamaan, penyebabnya adalah awan Cumulonimbus (Cb)

Jelaskan pertanyaan di bawah :
a.Bilamanakah energi akan maksimum dipermukaan bumi ?
Jika posisi matahari tegak lurus dengan permukaan bumi
b.Berapakah kecepatan radiasi matahari ?
Kecepatan radiasi matahari = 300.000 Km/sec

Tiga buah kapal dalam keadaan berlayar (A,B,dan C). Kapal A pada posisi 150N,1450E,mendapat cuaca baik(sky clear); Kapal B pada posisi 150N,1500E. Pada jam 07.00 local time melakukan pengamatan atau observasi dengan hasil sebagai berikut :
Kapal
Posisi
Haluan
Visibility
Relatif Wind
Temperature
Dew point
A
150N,1450E
0900/17 kt
30 km
0900/ 12 kt
140C
030C
B
150N,1500E
1800/15 kt
600 meter
1200/ 12 kt
120C
100C
C
250N,1500E
1200/12 kt
100 meter
0600/ 20 kt
-040C
- 040C

  
Pertanyaan :
a.Tentukan tinggi dasar awan yang akan terjadi !
Tinggi dasar awan di A:
H = 120 x (T – Td)
   = 120 x (14 – 03)
   = 120 x 11 = 1320 meter
Tinggi dasar awan di A adalah 1320 meter
Tinggi dasar awan di B:
H = 120 x (T – Td)
    = 120 x (12 – 10)
   = 120 x 2 = 240 meter
Tinggi dasar awan di B adalah 240 meter
Tinggi dasar awan di C:
H = 120 x (T – Td)
    = 120 x (-04 – (-04)
    = 120 x 0 = 0 meter
Tinggi dasar awan di C adalah 0 meter
b.Tentukan salah satu true wind yang dialami oleh salah satu kapal (A atau B atau C)
True wind yg dialami kapal B  adalah kapal B haluan = 1800/15 kts, relative wind = 1200/12 kts
b2 = a2 + c2 – 2 . a . c Cos 900
    = 142 + (-4)2 – 2 . 14 . (-4) . 0
    = 196 + 16 – 0
    = 212
b2 = 212.......b = √212
b  = 14,6 knots
a2 =  b2 + c2 – 2 . b . c Cosα
196  = 212 + 16 – 2. 14,6 . (-4) . Cosα
196  = 228 + (116,8 Cosα)
Cosα = 228 – 196  = 0,27397
                 116,8
    α    =  74.10
Jadi  true wind yg dialami oleh kapal C adalah = 74.10
(1200 – 74,10) + 1800 = 225,90 / 14,6 knots
c.Berapa lamakah waktu yang diperlukan oleh radiasi/cahaya matahari sampai dipermukaan bumi ?
waktu yg diperlukan sampai ke permukaan bumi adalah 9,3 menit dengan jarak 15 juta Km

Berdasarkan soal  di atas.Tentukan ketinggian temperatur 00C di atas kapal masing-masing, jika RH di A 62%, RH di B 100% dan RH di C 98%.

Berdasarkan soal di atas jika true wind yang dialami oleh masing2 kapal dapat menimbulkan swell wave. Maka tentukan tinggi swell wave yang dialami oleh masing2 kapal.
Tinggi swell wave di kapal A:
Haluan = 0900/17kts     Relative wind = 0900/12kts
True wind =    172 + 122 – 2.(17).(12).Cos 90
                 =    289 + 144 - 0
                  =    433
                 =    20 kts
True wind = 20 kts = 20 x 0.52 m/sec = 10.4 m/sec
Hs = 0.0212 V2 = 0.0212 (10.4)2 = 2.3 meter
Hx = 1.87 x Hs = 1.87 x 2.3 = 4.3 meter
Jadi tinggi swell wave kapal A adalah 2.3 meter dan maximum 4.3 meter.
Tinggi swell wave di kapal B:
Haluan = 1800/15kts     Relative wind = 1200/12kts
True wind =    152 + 122 – 2.(15).(12).Cos 90
                 =    225 + 144 - 0
                 =    369
                 =    19 kts
Relative wind = 19 kts = 19 x 0.52 m/sec = 9.88 m/sec
Hs = 0.0212 V2 = 0.0212 (9.88)2 = 2 meter
Hx = 1.87 x Hs = 1.87 x 2 = 3.74 meter
Jadi tinggi swell wave kapal B adalah 2 meter dan maximum 3.74 meter.
Tinggi swell wave di kapal C:
Haluan = 1200/12kts     Relative wind = 0600/20kts
True wind =    202 + 122 – 2.(20).(12).Cos 90
                 =    400 + 144 - 0
                 =    544
                 =    23 kts
Relative wind = 23 kts = 23 x 0.52 m/sec = 11.96 m/sec
Hs = 0.0212 V2 = 0.0212 (11.96)2 = 3 meter
Hx = 1.87 x Hs = 1.87 x 3 = 5.61 meter
Jadi tinggi swell wave kapal C adalah 3 meter dan maximum 5.61 meter.

1 komentar: