1. Tuliskan cara memancarkan Distress Alert dan Message bila
kapal dalam keadaan bahaya dan sangat membutuhkan bantuan segera
1.May day 3x
2.This is …….. (ship name) 3x
3.Call sign …..
4.Position: Lat …. Long…..
5.Kind of Distress ….
6.Kind of Help
7.Other information
2. Apa yg saudara ketahui tentang Track Line Search non
return
Track Line Search Non Return adalah salah satu cara
pencarian korban yg dilakukan oleh SAR yg dilaksanakan dengan pola satu kali
lintasan pencarian
3. Apa yg saudara ketahui tentang istilah Short Form
SHORT FORM adalah berisi suatu imformasi yang harus
dikim oleh suatu kapal untuk memperoleh pertolongan berisi:
-nama kapal
-call sign
-mmsi
-posisi kapal
-jenis bahaya
-jenis pertolongan yang dibutuhkan
-imformasih lainnya yang diperlukan
4. Apa landasan hukum
operasional secara umum dari kegiatan SAR
SOLAS 1974 Bab V Aturan 15
Ø Pencarian dan Pertolongan (SAR)
a.Setiap negara Konvensi harus telah membuat
peraturan tentang pengawasan terhadap pantai-pantainya
b. Pengaturan ini hrs sudah termasuk operation,
penempatan dan pengawasan terhadap peralatan keselamatan di laut
c. Setiap negara Konvensi harus menyediakan informasi
yang berhubungan dengan peralatan pertolongan
d. Kapal-kapal penumpang yang melayari route tetap
harus ada perencanaan untuk mengadakan kerjasama
5. Meliputi apa saja kegiatan SAR yang saudara ketahui
a.
Cara
pelaksanaan opersasi pencarian dan penyelamatan
b.
Penggunaan
fasilitas dan sistem komunikasi yang ada
c.
Tindakan
yang diambil bersama : Kantor koordinasi, Rescue atau Sub Koordinasi Rescue
(CRS/SCRS)
d.
Metode
penyiagaan kapal dilaut / pesawat terbang
e.
Tugas
dan kewenangan personil yang ditugaskan dalam operasi pencarian dan
penyelamatan
f.
Penyiagaan
perlengkapan termasuk cadangan
g.
Metode
perolehan informasi penting dalam operasi SAR (NTM/BPI, Ramalan Cuaca, Kondisi
laut)
h.
Metode
perolehan bantuan yang mungkin diperlukan meliputi :
- Kapal
- Pesawat terbang
- Personil
- Peralatan
i. Metode membantu kapal penyelamat untuk : bertemu
dengan yang dalam keadaan darurat : kapal / pesawat terbang
6. Kapal saudara akan
menolong kapal lain persiapan2 apa saja yg harus saudara lakukan
1) PersiapanMenggantungkan tali pada lambung kapal sedikit di atas
permukaan air.
2)
Menyiapkan mesin derek
beserta dengan sling-sling muatan, jala-jala muatan, platform untuk mengangkat
korban dari air.
3)
Menyiapkan tali-tali
buangan, tangga-tangga dan jala-jala penyelamat pada kedua sisi lambung kapal.
4)
Menyiapkan sebuah
inflatable liferaft (bilamana perlu dikembungkan terlebih dahulu).
5)
Menyiapkan tenaga yang
peralatan medis.
6)
Menyiapkan alat-alat pelempar tali.
7. Dalam emergency procedure ada beberapa alarm signal yg
harus dibunyikan. Jelaskan masing2 alarm di bawah ini:
a. Fire situation
- Bunyikan general alarm bell secara terus menerus
- Perintahkan semua crew berkumpul di muster station
- Pastikan lokasi kebakaran
- Tutup semua ventilasi2 udara & pintu 2 kedap air
- Persiapkan alat alat pemadam untuk mengatasi
kebakaran
- Release CO 2 jika perlu
- Standbay radio VHF channel 16 untuk komunikasi
- Peersiapkan Distress alert untuk dipancarkan
b. Abandon ship situation
-
Bunyikan
general alarm 7 (tujuh) kali pendek diikuti 1 (satu) panjang secara terus
menerus
-
Berkumpul
di Emergency Station dengan mengenakan pakaian hangat dan life jacket
-
Nakhoda
memerintahkan semua Crew siap di posisis sekoci masing-masing
-
Komandan
sekoci memeriksa jumlah orang dan barang / dokumen yang dibawa kemudian
melapaoran pada Nakhoda
- Nakhoda
memerintahkan persiapan penurunan sekoci sampai Nakhoda memerintahkan untuk
meninggalkan kapal dan menurunkan sekoci
-
Setelah
sekoci mengapung diatas air dan siap maka segera menjahu kapal
8. Meliputi apa saja Komunikasi SAR? Jelaskan
a.
Identitas
kapal (Nama Kapal dan Call Sign)
b.
Posisi
kapal (lintang dan Bujur)
c.
Jenis
bahaya dan bantuan apa yang dikehendaki / diharapkan
d.
Keterangan-keterangan
lain yang berkaitan dengan operasi SAR seperti : Haluan, Kecepatan, jumlah
orang yang ada di kapal, jumlah orang yang hilang/meninggal dunia, macam-macam
muatan bahaya yang ada, tindakan-tindakan yang telah diambil oleh Nakhoda dan
lain-lain
e.
Juga
penting untuk disertakan, yaitu :
- Cuaca disekitarnya, kecepatan dan arah angin,
keadaan laut, keadaan penglihatan, bahaya-bahaya navigasi
- Saat Abandonship
- Jumlah dan macam-macam alat keselamatan jiwa di
laut yang dapat digunakan
9. Apa yang harus dilakukan bila saudara sebagai Nakhoda mendengar panggilan
bahaya dari kapal lain sesuai SOLAS ’74 BAB V aturan 10
Regulation V/10, annex 3 SOLASD 1974: maka
batas Tanggung jawab seorang nakhoda untuk member
pertolongan kepada kapal lain yg mengalami marabahaya adalah sebatas kemampuannya dgn
mempertimbangkan keselamatan kapal, crew kapalnya, dan lingkungan dimana
kapalnya berada.
Batas tanggung jawab nakhoda:
1. Ia harus segera
berlayar dgn kecepatan penuh guna memberikan bantuan, waktu menerima signal
2. Bila diputuskan untuk
tdk memberikan bantuan maka harus dicatat dalam log book tentang alasannya
3. Nakhoda kapal yg sedang
dalam bahaya mempunyai hak mengajukan permintaan kepada beberapa kapal yg telah
memutuskan member bantuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar