Kamis, 09 November 2017

Soal S.A.R

1.  Tuliskan cara memancarkan Distress Alert dan Message bila kapal dalam keadaan bahaya dan sangat membutuhkan bantuan segera
1.May day 3x
2.This is …….. (ship name) 3x
3.Call sign …..
4.Position: Lat …. Long…..
5.Kind of Distress ….
6.Kind of Help
7.Other information

2.  Apa yg saudara ketahui tentang Track Line Search non return
Track Line Search Non Return adalah salah satu cara pencarian korban yg dilakukan oleh SAR yg dilaksanakan dengan pola satu kali lintasan pencarian

3.  Apa yg saudara ketahui tentang istilah Short Form
SHORT FORM adalah berisi suatu imformasi yang harus dikim oleh suatu kapal untuk memperoleh pertolongan berisi:
-nama kapal
-call sign
-mmsi
-posisi kapal
-jenis bahaya
-jenis pertolongan yang dibutuhkan
-imformasih lainnya yang diperlukan

4.  Apa landasan hukum operasional secara umum dari kegiatan SAR
SOLAS 1974 Bab V Aturan 15
Ø  Pencarian dan Pertolongan (SAR)
a.Setiap negara Konvensi harus telah membuat peraturan tentang pengawasan terhadap pantai-pantainya
b.  Pengaturan ini hrs sudah termasuk operation, penempatan dan pengawasan terhadap peralatan keselamatan di laut
c.  Setiap negara Konvensi harus menyediakan informasi yang berhubungan dengan peralatan pertolongan
d.  Kapal-kapal penumpang yang melayari route tetap harus ada perencanaan untuk mengadakan kerjasama

5.  Meliputi apa saja kegiatan SAR yang saudara ketahui
a.   Cara pelaksanaan opersasi pencarian dan penyelamatan
b.  Penggunaan fasilitas dan sistem komunikasi yang ada
c.   Tindakan yang diambil bersama : Kantor koordinasi, Rescue atau Sub Koordinasi Rescue (CRS/SCRS)
d.  Metode penyiagaan kapal dilaut / pesawat terbang
e.  Tugas dan kewenangan personil yang ditugaskan dalam operasi pencarian dan penyelamatan
f.   Penyiagaan perlengkapan termasuk cadangan
g.  Metode perolehan informasi penting dalam operasi SAR (NTM/BPI, Ramalan Cuaca, Kondisi laut)
h.  Metode perolehan bantuan yang mungkin diperlukan meliputi :
-  Kapal
-  Pesawat terbang
-  Personil
-  Peralatan
i.    Metode membantu kapal penyelamat untuk : bertemu dengan yang dalam keadaan darurat : kapal / pesawat terbang

6.  Kapal saudara akan menolong kapal lain persiapan2 apa saja yg harus saudara lakukan
1)  PersiapanMenggantungkan tali pada lambung kapal sedikit di atas permukaan air.
2) Menyiapkan mesin derek beserta dengan sling-sling muatan, jala-jala muatan, platform untuk mengangkat korban dari air.
3) Menyiapkan tali-tali buangan, tangga-tangga dan jala-jala penyelamat pada kedua sisi lambung kapal.
4) Menyiapkan sebuah inflatable liferaft (bilamana perlu dikembungkan terlebih dahulu).
5) Menyiapkan tenaga yang peralatan medis.
6) Menyiapkan alat-alat  pelempar tali.

7. Dalam emergency procedure ada beberapa alarm signal yg harus dibunyikan. Jelaskan masing2 alarm di bawah ini:
a.   Fire situation
-  Bunyikan general alarm bell secara terus menerus
-  Perintahkan semua crew berkumpul di muster station
-  Pastikan lokasi kebakaran
-  Tutup semua ventilasi2  udara & pintu 2 kedap air
-  Persiapkan alat alat pemadam untuk mengatasi kebakaran
-  Release CO 2 jika perlu
-  Standbay radio VHF channel 16 untuk komunikasi
-  Peersiapkan Distress alert untuk dipancarkan
b.  Abandon ship situation
-  Bunyikan general alarm 7 (tujuh) kali pendek diikuti 1 (satu) panjang secara terus menerus
-  Berkumpul di Emergency Station dengan mengenakan pakaian hangat dan life jacket
-  Nakhoda memerintahkan semua Crew siap di posisis sekoci masing-masing
-  Komandan sekoci memeriksa jumlah orang dan barang / dokumen yang dibawa kemudian melapaoran pada Nakhoda
- Nakhoda memerintahkan persiapan penurunan sekoci sampai Nakhoda memerintahkan untuk meninggalkan kapal dan menurunkan sekoci
-  Setelah sekoci mengapung diatas air dan siap maka segera menjahu kapal

8.  Meliputi apa saja Komunikasi SAR? Jelaskan
a. Identitas kapal (Nama Kapal dan Call Sign)
b. Posisi kapal (lintang dan Bujur)
c. Jenis bahaya dan bantuan apa yang dikehendaki / diharapkan
d. Keterangan-keterangan lain yang berkaitan dengan operasi SAR seperti : Haluan, Kecepatan, jumlah orang yang ada di kapal, jumlah orang yang hilang/meninggal dunia, macam-macam muatan bahaya yang ada, tindakan-tindakan yang telah diambil oleh Nakhoda dan lain-lain
e. Juga penting untuk disertakan, yaitu :
- Cuaca disekitarnya, kecepatan dan arah angin, keadaan laut, keadaan penglihatan, bahaya-bahaya navigasi
-  Saat Abandonship
-  Jumlah dan macam-macam alat keselamatan jiwa di laut yang dapat digunakan

9.  Apa yang harus dilakukan bila saudara sebagai Nakhoda mendengar panggilan bahaya dari kapal lain sesuai SOLAS ’74 BAB V aturan 10
Regulation V/10, annex 3 SOLASD 1974: maka batas Tanggung jawab seorang nakhoda untuk member pertolongan kepada kapal lain yg mengalami marabahaya  adalah sebatas kemampuannya dgn mempertimbangkan keselamatan kapal, crew kapalnya, dan lingkungan dimana kapalnya berada.
Batas tanggung jawab nakhoda:
1.  Ia harus segera berlayar dgn kecepatan penuh guna memberikan bantuan, waktu menerima signal
2.  Bila diputuskan untuk tdk memberikan bantuan maka harus dicatat dalam log book tentang alasannya
3.  Nakhoda kapal yg sedang dalam bahaya mempunyai hak mengajukan permintaan kepada beberapa kapal yg telah memutuskan member bantuan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar