Senin, 20 November 2017

tanya jawab olah gerak kapal (part2)


1.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan syncronisme, serta tindakan dalam praktek untuk mengurangi timbulnya syncronisme:

Jawab :
Synchronisme adalah periode olengan yang seirama dengan periode ombak, sangat berbahaya karena kapal dapat terbalik (capsize).
  
   * synchrinisme terjadi bila posisi kapal melintang terhadap ombak dalam waktu yang cukup lama.
   * bahaya yang terjadi kapal dapat terbalik.
   * cara mengatasinya merubah haluan dan kurangi speed.

2. Faktor-faktor apakah yang harus diperhitungkan agar dalam teknik pengendalian dan olah gerak memutar kapal di suatu perairan sempit dapat berlangsung secara effectif, effisien dan aman, jelaskan mengapa demikian!
Jawab :
-          Sifat olah gerak kapal.
-          Arah arus dan angin
-          Draft kapal
-          Panjang kapal
-          Bentuk kapal
-          Kekuatan mesin induk.

Faktor-faktor tersebut diatas sangat mempengaruhi kemampuan olah gerak kapal dalam alur pelayaran sempit

3. Jelaskan jangkar sebelah manakah yang harus digunakan bagi kapal yang akan berlabuh jangkar didekat gosong (karang) dengan angin kencang seperti pada gambar 






Jangkar yang digunakan adalah jangkar yang berlawanan dari Gosong tersebut, dimana pada saat kapal merewang tidak membuat sudut yang besar sehingga kapal tidak menyentuh gosong.
  

4. Jelaskan tahap-tahap olah kapal yang akan melepas dari dua pelampung dengan angin kencang tegak lurus pada lambung kiri untuk kemudian berangkat dengan lambung kanan







Keterangan:
  1. Lepas tali-tali belakang, kapal akan hanyut menghadap angin ke posisi 2
  1. Mesin maju pelan untuk mengurangi ketegangan pada tali depan & melepaskan tali depan.
  2. posisi 3 kemudi cikar kiri & mesin maju, maka angin berada di lambung kanan & kapal meninggalkan bui.
 5. Sama atau berbedakah teknik pengendalian dan olah gerak kapal “ Baltic Moor “ dengan  Mediterranean Moor “ Jelaskan jawaban anda dengan gambar sketsa

Jawab:
1. Mediterranean moor:
    adalah kapal sandar di dermaga dimana panjang dermaga tidak cukup




Keterangan:
 1. Pos.1. slow ahead, letgo starboard anchor.
 2. Pos.2. Stop , half astern, letgo port anchor.
 3. pos.3. Stop check chain and send stern line.

  
2. Baltic moor :







Keterangan:
1. Maju pelan letgo jangkar & mesin mudur.
2. Stop kawat ambil slek, mundur kedarat.
3. Stop mesin tali kirim kedarat
      



       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar