1. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan syncronisme, serta tindakan dalam praktek untuk
mengurangi timbulnya syncronisme:
Jawab :
Synchronisme
adalah periode olengan yang seirama dengan periode ombak, sangat berbahaya
karena kapal dapat terbalik (capsize).
* synchrinisme terjadi bila posisi kapal melintang terhadap ombak dalam waktu yang cukup lama.
*
bahaya yang terjadi kapal dapat terbalik.
*
cara mengatasinya merubah haluan dan kurangi speed.
2. Faktor-faktor apakah yang harus diperhitungkan agar dalam teknik pengendalian
dan olah gerak memutar kapal di suatu perairan sempit dapat berlangsung secara effectif,
effisien dan aman, jelaskan mengapa demikian!
Jawab :
-
Sifat olah gerak kapal.
-
Arah
arus dan angin
-
Draft
kapal
-
Panjang
kapal
-
Bentuk
kapal
-
Kekuatan
mesin induk.
Faktor-faktor tersebut diatas sangat mempengaruhi kemampuan olah gerak kapal dalam alur pelayaran sempit
3. Jelaskan jangkar sebelah manakah yang harus digunakan bagi kapal yang akan berlabuh jangkar
didekat gosong (karang) dengan angin kencang seperti pada gambar
Jangkar
yang digunakan adalah jangkar yang berlawanan dari Gosong tersebut, dimana pada saat kapal
merewang tidak membuat sudut yang besar sehingga kapal tidak menyentuh gosong.
4. Jelaskan tahap-tahap olah kapal yang akan melepas dari dua
pelampung dengan angin kencang tegak lurus pada lambung kiri untuk kemudian berangkat dengan lambung kanan
Keterangan:
- Lepas tali-tali belakang, kapal akan hanyut menghadap angin ke posisi 2
- Mesin
maju pelan untuk mengurangi ketegangan pada tali depan & melepaskan tali
depan.
- posisi
3 kemudi cikar kiri & mesin maju, maka angin berada di lambung kanan
& kapal meninggalkan bui.
5.
Sama atau berbedakah teknik pengendalian dan olah gerak kapal “
Baltic Moor “ dengan Mediterranean Moor “ Jelaskan jawaban anda dengan gambar
sketsa
Jawab:
1.
Mediterranean moor:
adalah kapal sandar di dermaga dimana
panjang dermaga tidak cukup
Keterangan:
1. Pos.1. slow ahead, letgo starboard anchor.
3. pos.3. Stop check chain and send stern
line.
2.
Baltic moor :
Keterangan:
1.
Maju pelan letgo jangkar & mesin mudur.
2.
Stop kawat ambil slek, mundur kedarat.
3.
Stop mesin tali kirim kedarat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar