MANAJEMEN TRANSPORTASI
1. Apa
makksud dan tujuan Inpres No.5 th 2005, tentang pemberdayaan Industri Pelayaran Nasional
Jawab:
Maksud Inpres No.5 th 2005:
Maksud Inpres No.5 th 2005:
sebagai wujud kongkrit dukungan politik dan
komitmen Nasional dalam pemberdayaan industri pelayaran nasional
Tujuan
Inpres No.5 th 2005:
Merupakan pemicu atau trigger para menteri
terkait untuk merumuskan kebijakan dan mengambil langkah - langkah kongkrit yang
diperlukan sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing dalam mendukung
pemberdayaan industri pelayaran nasional, sehingga mampu menjadi tuan di negeri sendiri dan dapat bersaing di
pasar global
2. Sektor mana saja yang terlibat dalam Inpres No. 5 th 2005
Jawab:
1. sektor perdangangan
2. sektor keuangan
1. sektor perdangangan
2. sektor keuangan
3.
sektor perhubungan
4. sektor perindustrian
5. sektor energi & sumber daya mineral
6. sektor pendidikan dan latihan
4. sektor perindustrian
5. sektor energi & sumber daya mineral
6. sektor pendidikan dan latihan
3. Uraikan
peran sektor pendidikan dan latihan dalam
rangka perwujudan Inpres No. 5 th 2005.
Jawab:
1. Pengembangan pusat pendidikan dan latihan kepelautan bersetandar Internasional (IMO) oleh pemerintah daerah dan swasta
2. Pengembangnan kerja sama antara lembaga
pendidikan dan pengguna jasa pelaut dalam rangka menghasilkan pelaut bersetandar
internasional (IMO)
4. Sebutkan
bentuk - bentuk
transportasi dengan tipe pelayanannya.
Jawab:
1.
Tramways
atau Street Railways:
terdapat di perkotaan berada di jalan di atas rel bercampur dengan kendaraan lain
terdapat di perkotaan berada di jalan di atas rel bercampur dengan kendaraan lain
2.
Trolly
Bus:
Bus dengan ban digerakan tenaga listrik di atas dan bebas bergerak di jalan pada koridor tertentu
Bus dengan ban digerakan tenaga listrik di atas dan bebas bergerak di jalan pada koridor tertentu
3.
Pipa:
Mengangkut gas atau cairan atau padat cair seperti spurry (partikel batubara)
Mengangkut gas atau cairan atau padat cair seperti spurry (partikel batubara)
4.
Belt Conveyors:
Conveyors adalah alat
mekanik untuk memindahkan bahan padat melalui ban yg terbuat dr karet, kanvas
dan meta biasanya digunakan di pabrik
5. Uraikan
indikator kualitas pelayanan sistem transportasi.
Jawab;
Indicator kualitas pelayanan sistem
Transportasi: kapasitas mencukupi, terpadu, tertib, dan teratur, aman, cepat
dan lancar, selamat, nyaman, murah, efisien.
6. Bagaimana
melakukan konsilidasi muatan (muatan dg penumpang)
Jawab:
Konsilidasi
muatan:
a. Peningkatan (pre-slinging)
b. Penggunaan palet (palletization)
c. Containerization
d. Penggunaan Tongkang
e. Penggunaan Kapal Roro (Roll-On / Roll-off)
a. Peningkatan (pre-slinging)
b. Penggunaan palet (palletization)
c. Containerization
d. Penggunaan Tongkang
e. Penggunaan Kapal Roro (Roll-On / Roll-off)
7. Sebutkan
alasan pemilikan transportasi oleh pemerintah (public) dan oleh swasta
(private)
Jawab:
a. Alasan pemilikan oleh Pemerintah
1). Kebijakan
politik seperti negara sosialis vs kapitalis
2).
Membangun
transportasi membutuhkan aset swasta
3).
Penggunaan
aset negara seperti lahan
4).
Kepelikan
pemerintah lebih ekonomis
5).
Biaya
besar diluar kemampuan suwasta
6).
Sangat
bermanfaat bagi masyarakat
7).
Transportasi
dapat sewaktu waktu untuk
keperluan perang dan darurat
8).
Untk
mengangkut personel & barang negara
9).
Pemerintah
menanggung sebagian dari biaya transportasi selain user
b. Pemilikan
Swata
1.
Kepentingan
pribadi / kelompok / usahanya
2.
Usaha
bisnis transportasi
8. Sebutkan
dampak yang ditimbulkan oleh transportasi terhadap lingkungan
Jawab:
Dampak
transportasi terhadap
lingkungan berkaitan dengan
polusi air, poluis udara, polusi suara, penggunaan lahan dan buangnan zat
padat.
a.
Polusi
air ( hubungan dengan BBM, oli dan lain ke dalam
air), buangan sampah ke Pelabuhan
b. Polusi Udara (emisi gas buang kendaraan ke
udara seperti di perkotaaan)
c.
Polusi
Suara (merusak pendengaran (seperti di sekitar bandara dan di kiri kanan jalan
bebas hambatan / tol
d. Penggunaan lahan
- hindari lahan mengandung flora & fauna
- gunakan lahan tdk produktif
- pertimbangan lokasi terminal
- hindari lahan mengandung flora & fauna
- gunakan lahan tdk produktif
- pertimbangan lokasi terminal
e. Buangan zat padat seperti di jln umum, sangat
membahayakan
9. Uraikan
ruang lalu lintas untuk masing-masing moda transportasi
a.
Transportasi
jalan:
-
Jalan
tanah,batu,aspal, dan jalan beton
-
Jalan satu
arah, 2 arah.
-
Badan jalan,
bahu jalan dan drainase.
-
Kemiringan (
0-4%) Radius.
-
Fungsi jalan
primer (luar kota) dan sekunder (dalam kota)
- Jembatan tetap & tidak tetap (apung).
-
Jalan lokal,
Arteri, cepat (free way ).
b. Transportasi Kereta Api:
-
Jalan baja di
alasi kayu (bantalan).
-
Tekanan
gandar (Axle Load) 10-20 ton
-
Jarak rel =
1.06m – 1.6 m.
-
Perlintasan
KA dgn jalan (level crossing).
-
Kemiringan
terbatas (gradien)1-5 (perbedaan tinggi 1s/d 5m sepanjang 100m)
-
Konstruksi
jembatan KA.
-
Trowongan KA.
-
Fasilitas
signal unutk mengontrol perjalanan KA.
-
Pemilikan
rute KA tergantung biaya konstruksi dan biaya operasi.
c. Transportasi Air / laut.
-
Alur
pelayaran dengan kedalaman tertentu sesuai draft kapal.
-
Terusan
(canal), danau, sungai.
-
Sarana bantu
navigasi/penuntun,rambu.
-
Alur laut
kep.Indonesia, dilayari kapal asing
-
Locks (Alur
pelayaran dgn ketinggian yang berbeda, pelayaran di air terjun).
d. Transportasi Udara
a. Udara terdiri dari troposphere(11 km
dr tanah ).
Stratosphere(diatas 11 km dari tanah bebas kabut, salju, Es dan angin kencang)
b. Air ways = ruang udara antara dua tempat
darat atau air (landing=mendarat dan take off = tinggal landas)
c. Dilengkapi
alat bantu navigasi udara (lampu penuntun di bandara stasiun radio, alat
elekronik membantu landing (1 LS xVLS = instrument landing system dan visual
landing system)
d. Apa
persamaan dan perbedaan antara Time Charter dan Bareboat Charter
A. Time charter :
a)
Penyewaan
kapal dlm keadaan siap belayar/layak laut.
b)
Dilengkapi
awak kapal
c)
Dokumen kapal
tanggung jawab pemilik kapal.
d)
Operasi kapal
tanggung jawab penyewa.
e)
Operasi oleh
penyewa.
B. Bareboat charter.
a) Penyerahan kapal tidak laik laut.
b) Tidak ada awak kapal.
c) Tanpa BB, Air tawar.
d) Tanpa peralatan lepas.
e) Dokumen tanggung jawab penyewa
f) Operasi kapal tanggung jawab penyewa.
g) Operasi oleh penyewa.
10. Sebutkan
prinsip - prinsip
yang dianut dlm penetapan Freight (tarip) pada
jasa trasportasi
A. Transportasi penumpang.
1). Pendapatan penumpang(Active kerja vs
Pensiunan,pegawai tinggi vs pegawai rendah ).
2). Maksud perjalanan (Kerja vs rekreasi /
sekolah )
3). Umur (Dewasa, anak anak, lansia )
4). Perjalanan rombongan vs individu.
5). Perjalanan pergi vs pulang pergi.
6). Bepergian penting vs ibu rumah tangga.
B. Transportasi barang.
1). Nilai barang (mahal vs murah = emas vs
besi).
2). Nilai tambah akibat transportasi.
3). Urgency pengiriman (brg mudah busuk vs
tahan lama ).
4). Pertimbangan sosial – barang untuk yang
kena bencana alam.
C. Fariasi tarif berdasarkan jarak:
1). Jarak perjalanan.
2). jumlah ukuran pengiriman
3). Jumlah tempat tujuan
4). Muatan pergi & Kembali
5). Kondisi yang dibutuhkan barang atau orang.
11. Bagaimana
penetapan tarif pada jasa Transportasi Laut
a. Fix tarif ( Tarif tetap )
Dilakukan pada pasar monopoli = pemerintah
sebagai regulator, menetapkan tarif yang tetap unutk melindungi konsumen.
b. Ceilling tarif (batas atas)
Batas atas tarif yang ditentukan untuk
pasar oligopoli, dgn tujuan melindungi konsumen.
c. Floor tarif ( Batas bawah )
Batas bawah tarif yang
diberlakukan dengan tujuan melindungi perusahaan jasa, agar
tidak ada perusahaan jasa trandportasi yang menjual jasa lebih rendah dari
floor tarif.
d. Internal tarif (Tarif kompetisi)
Tarif dilepas tergantung
pada pasar tetapi masih dalam koridor celling tarif dan floor tarif.
e.Lezies fair tarif (pasar kompetisi).
Pasar kompetisi sempurna,
dimana bebas, pasar banyak dan informasi lengkap.
12. Manfaat
apa saja yg didapatkan dari sistem multimoda
Transportasi
Jawab
:
1). Pelaksanaan pengangkutan lebih cepat,
menekan kerugian jarak dan menghemat modal
2). Hanya menggunakan 1 dokumen angkut.
3). Hanya satu agen penaggung jawab.
4). Mengurangi waktu yang hilang pada transhipment
point.
5). Penurunan harga eksport barang yang pada
saatnya meningkatkan daya saing barang exsport di pasar global.
13. Buatkan
contoh sistem multimoda transport yang dimulai dg mengangkut ikan tuna dan
udang dr Pelabuhan Ambom menuju ke Tokyo.
Jawab :
-
Ikan tuna dan
udang termasuk jenis muatan dingin unutk inin harus di berikan atau di stuff di
container khusus (RF-20).
-
Dari
pelabuhan Ambon muatan harus melalui pelabuhan Jakarta (Tanjung Priok).
-
Dari Tanjung
Priok Transhipment ke kapal tujuan Jepang/Tokyo.
-
Dari Ambon –
Tg.Priok – Tokyo, hanya menggunakan satu dokumen.
14.Uraikan
apa yg dimasksud dg:
a) Time Utility
b) Place Utility
c) Drived Demand
a) Time Utility
b) Place Utility
c) Drived Demand
Jawab :
d.
Time Utility
adalah transportasi memberikan utilitas
waktu kepada/terhadap barang/orang contoh dgn pesawat Ke Batam dpt dipastikan
berangkat pagi, sore kembali (Jakarta-Batam).
e. Place
utility
adalah Transportasi memeberikan tempat atau
wadah terhadap barang dan orang selama dalam pengangkutan.
f.
Drived Demand
adalah bila perokonomian baik, maka
permintaan jasa transportasi meningkat sebaliknya jasa transportasi menurun
apabila ekonomi lesu.
SOAL
KUANTITATIF:
1. Anda
mendapatkan tugas dari perusahaan dimana anda bekerja, yaitu menghitung
kelayakan kapal yang akan dioperasikan dg data sbb:
- Umur ekonomi kapal 7 tahun
- Harga kapal Rp. 20 Milyar
- Biaya operasional pertahun Rp. 1,5 Milyar
- Penerimaan pertahun Rp. 7,5 Milyar
- Salvage Value: 10 %
- Tingkat bunga: 10 % pertahun
- Umur ekonomi kapal 7 tahun
- Harga kapal Rp. 20 Milyar
- Biaya operasional pertahun Rp. 1,5 Milyar
- Penerimaan pertahun Rp. 7,5 Milyar
- Salvage Value: 10 %
- Tingkat bunga: 10 % pertahun
Hitunglah:
a) NPV
b) IRR
c) PBP
d) PI
a) NPV
b) IRR
c) PBP
d) PI
Jawab:
TH
|
B/R
|
C
|
NB
|
DFi=10%
|
PV
|
DFi=25%
|
PV
|
1
|
7.5
|
1.5
|
6.0
|
0.909
|
5.454
|
0.800
|
4.800
|
2
|
7.5
|
1.5
|
6.0 18.0
|
0.826
|
4.956
|
0.640
|
3.840
|
3
|
7.5
|
1.5
|
6.0
|
0.751
|
4.506
|
0.512
|
3.072
|
4
|
7.5
|
1.5
|
6.0
|
0.683
|
4.098
|
0.409
|
2.454
|
5
|
7.5
|
1.5
|
6.0
|
0.621
|
3.726
|
0.327
|
1.962
|
6
|
7.5
|
1.5
|
6.0
|
0.564
|
3.384
|
0.262
|
1.572
|
7
|
7.5
|
1.5
|
6.0
+ 2.0
|
0.513
|
4.104
|
0.209
|
1.672
|
|
52.5
|
10.5
|
44.0
|
|
30.228
|
|
19.372
|
1. NPV = 30.228 – 20.0
= 10. 228
M ---à layak, NPV > 0
a.
IRR = i1
+ NPV+ ( i2 – i1 )
NPV+
- ( NVP- )
NPV- = 19.372 – 20.0 = - 0.628
IRR =
10% + 10.228
( 25% - 10% )
10.228 – ( - 0.628)
=
10% + 10.228 x
15%
10.856
= 10%
+ 14.13%
= 24.13% -----à layak, IRR > 10%
b. PBP =
3 th + ( 20.0 – 18.0 x 12 bulan )
6.0
=
3 th 4 bulan
c. PI = 30.228
20.0
= 1. 511 ----à layak, PI > 0
PT.Cakra Line mengoperasikan
kapal secara Liners Service dengan data operasi sebagai berikut:
- kapasitas kapal : 10.000 ton
- load factor (LF) rata-rata : 95 %
- jarak tempuh pervoyage: 2500 milbuh
- kecepatan kapal : 16 knot
- pelabuhan yang dilayani 2 pelabuhan
- kecepatan bongkar muat di pelaan 20 ton / G / H dg jumlah 4 Gang 16 jam/hari
- kapasitas kapal : 10.000 ton
- load factor (LF) rata-rata : 95 %
- jarak tempuh pervoyage: 2500 milbuh
- kecepatan kapal : 16 knot
- pelabuhan yang dilayani 2 pelabuhan
- kecepatan bongkar muat di pelaan 20 ton / G / H dg jumlah 4 Gang 16 jam/hari
Hitunglah:
a) Produksi kapal pervoyage
b) Produksi kapal pertahun
a) Produksi kapal pervoyage
b) Produksi kapal pertahun
Jawab:
- Time Sea (Sea Voyage) = 2500
=
156.25 jam = 6.51 hari
16
-
Lama bongkar = 95 % x
20,000 = 19,000 =
14.843 hari
20 x 4 x 16 1280
- 1 voyage = 6.51 + 14.843 =
21.353 hari
- Voyage/tahun = 330 = 15.454
voyage = 16 vgye
21.353
a)
Produksi
kapal per voyage: =19,000 x 2500
= 47,500,000 ton/mil
b)
Produksi
kapal per tahun = 47,500.000 x 16
= 760,000,000 ton/mil
2. Hitunglah
bagian yang masih kosong pada tabel berikut ini :
Nama kapal
|
Kapasitas kapal dlm ton
|
LF
( % ) |
Jarak tempuh/ voyage
|
Voyage/th
|
Produksi/th
|
K1
K2
K3
K4
|
10.000
15.000
20.000
25.000
|
90
95
85
80
|
3.000
4.000
3.500
4.000
|
15
20
22
25
|
405.000.000
ton/mil
712.500.000
ton/mil
1.309.000.000
ton/mil
2.000.000.000
ton/mil
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar