Setiap Nakhoda di kapal akan membuat Standing order
yang wajib ditanda tangani dan di pahami oleh mualim
a. Sebutkan beberapa materi yang ada dalam standing
order
Jawab
-Tugas dan tanggung jawab perwira jaga
-Perwira jaga berada di anjungan 15 menit sblum jam jaga guna memahami
situasi, posisi kpl, haluan dan kecepatan dan kepadatan lalulintas
- Perwira jaga harus familiar dengan perlengkapan anjungan
termasuk alat-alat navigasi
- Perwira jaga harus memberi jarak aman minimal dua mil dengan kapal lain
- Mengamati kesalahan kompas gyro dan magnetic dengan pengambilan benda angkasa sekali tiap jaga.
- Melaksanakan pengamatan keliling yang baik
-Perwira jaga tidak bimbang untuk memanggil nakhoda dalam keadaan mendekati bahaya, cuaca buruk, atau keraguan yg mengancam keselamatan kapal.
b.Terangkan perbedaan Night order dengan Standing order
Jawab:
-Standing order yaitu perintah-perintah nakhoda yang harus dilaksanakan oleh perwira jaga dalam pelaksanaan dinas jaga diatas kapal, yang sifatnya berkesinambungan
-Night order Yaitu perintah nakhoda yang harus dilaksanakan diatas kapal dalam pelaksanaan dinas jaga di anjungan yang sifatnya terbatas dan up to date. Di buat oleh nakhoda setiap harinya dalam tiap pelayaran dari pelabuhan tolak ke tujuan
c.Sebutkan tujuan dari standing order
Jawab:
Tujuan Standing Order adalah agar semua perwira jaga navigasi selalu mematuhi aturan yang dibuat oleh Nakhoda untuk menunjang keselamata, keamanan dan kelancaran operasi kapal
d.Jelaskan mengapa perlu dibuat standing order
- Perwira jaga harus memberi jarak aman minimal dua mil dengan kapal lain
- Mengamati kesalahan kompas gyro dan magnetic dengan pengambilan benda angkasa sekali tiap jaga.
- Melaksanakan pengamatan keliling yang baik
-Perwira jaga tidak bimbang untuk memanggil nakhoda dalam keadaan mendekati bahaya, cuaca buruk, atau keraguan yg mengancam keselamatan kapal.
b.Terangkan perbedaan Night order dengan Standing order
Jawab:
-Standing order yaitu perintah-perintah nakhoda yang harus dilaksanakan oleh perwira jaga dalam pelaksanaan dinas jaga diatas kapal, yang sifatnya berkesinambungan
-Night order Yaitu perintah nakhoda yang harus dilaksanakan diatas kapal dalam pelaksanaan dinas jaga di anjungan yang sifatnya terbatas dan up to date. Di buat oleh nakhoda setiap harinya dalam tiap pelayaran dari pelabuhan tolak ke tujuan
c.Sebutkan tujuan dari standing order
Jawab:
Tujuan Standing Order adalah agar semua perwira jaga navigasi selalu mematuhi aturan yang dibuat oleh Nakhoda untuk menunjang keselamata, keamanan dan kelancaran operasi kapal
d.Jelaskan mengapa perlu dibuat standing order
jawab
standing order yaitu perintah-perintah nakhoda yang harus dilaksanakan
oleh pwa jaga dalam pelaksanaan dinas jaga diatas kapal yang sifatnya
berkesinambungan / terus menerus dan secara tetap.
a.Apakah yang dimaksud dengan manajemen kapal?
Jawab :
Yang dimaksud dengan manajemen kapal adalah : kemampuan atau
ketrampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui
kegiatan-kegiatan di atas kapal dimana dalam pelaksanaannya sangat tergantung kepemimpinan
yang di jalankan dalam menggerakan unsure, intinya adalah manusia.
b.Jelaskan
keterkaitan manajemen kapal dengan ISM Code.
Jawab:
- sama-sama menjamin
keselamatan kpl, menghindari kerusakan lingkungan laut dan harta benda
- sama-sama mberikan petunjuk praktis keselamatan dlm operasi kpl dan lingkungan kerja yg
aman
- sama2 memenuhi peraturan persyratan yg diwajibkan
Sebutkan
dasar hukum pelaksanaan manajemen kpl
Jawab :
- STCW/1978 AMD/1995
- SOLAS/1974 (ISM-CODE)
- ILO
- MARPOL/78 (pencemaran lingkungan)
Sebutkan
pihak2 yg terlibat dlm penyelenggaraan manejemen kpl
Jawab :
-Instansi terkait
(Biro Klasifikasi)
- perusahaan
pelayaran
- Nakhoda
- perwira deck
dan mesin
Audit adalah suatu proses sistimatik dr verivikasi
thd keefektifan jalannya suatu sistim yg telah dirancang, diorganisir &
dilaksanakan secara logis & metodis. Jelaskan fungsi audit pd safety
manajemen sistim bagi suatu perusahaan pelayaran
jawab
jawab
Fungsi Audit adalah utk mengontrol jalannya perusahaan
pelayaran apakah mengalami kemajuan tau kemunduran dlm menjalankan tugasnya
masing2 di setiap instansi / departemen. Dengan adanya audit akan diketahui
setiap kekurangan perusahaan yg hrs ditutup & dibenahi jd sangatlah besar
fungsi dr pd audit baik itu internal maupun external.
Audit dpt dilaksanakan terhadap beberapa aspek dari suatu organisasi perusahaan pelayaran, Aspek-aspek apa saja audit dapat dilaksanakan disuatu perusahaan pelayaran
jawab
Aspek yg hrs di audit dlm perusahaan pelayaran adalah aspek2 yg diaudit didlm perusahaan pelayaran dimana perusahaan pelayaran akan di audit apakah telah memenuhi persyratan2 pengoperasian kpl dgn dari pencemaran lingku ngan & bahkan utk menjadi anggota dari protection and indemnity sebuah perusahaan pelayaran serta armadanya telah lolos audit oleh misal salah satu biro klasifikasi internatio nal (IACS) dgn document of compliance.
Untuk Mengawaki Kpl sumber daya manusia hrs disiapkan dgn perencanaan yg baik, coba anda jelaskan dgn singkat tapi jelas apakah masih di perlukan pelatihan di atas kpl
Audit dpt dilaksanakan terhadap beberapa aspek dari suatu organisasi perusahaan pelayaran, Aspek-aspek apa saja audit dapat dilaksanakan disuatu perusahaan pelayaran
jawab
Aspek yg hrs di audit dlm perusahaan pelayaran adalah aspek2 yg diaudit didlm perusahaan pelayaran dimana perusahaan pelayaran akan di audit apakah telah memenuhi persyratan2 pengoperasian kpl dgn dari pencemaran lingku ngan & bahkan utk menjadi anggota dari protection and indemnity sebuah perusahaan pelayaran serta armadanya telah lolos audit oleh misal salah satu biro klasifikasi internatio nal (IACS) dgn document of compliance.
Untuk Mengawaki Kpl sumber daya manusia hrs disiapkan dgn perencanaan yg baik, coba anda jelaskan dgn singkat tapi jelas apakah masih di perlukan pelatihan di atas kpl
Jawab :
Latihan masih
diperlukan untuk meningkatkan kemampuan dan kwalitas kerja dan tanggung jawab
crew, sehingga SDM yg tersedia dpt di manfaatkan dgn semaksimal mungkin.
Salah
satu tugas seorang perwira jaga adalah mengambil keputusan secara tepat waktu
dan tepat sarana.
a.Jelaskan bagaimana penerapan tugas pengambilan keputusan pd waktu berada dlm resiko tubrukan dgn kpl lain di laut.
a.Jelaskan bagaimana penerapan tugas pengambilan keputusan pd waktu berada dlm resiko tubrukan dgn kpl lain di laut.
Jawab:
- Mengambil tindakan pada waktu yg dini sesuai dgn
aturan colreg.untuk memperkecil bahaya tubrukan .
- Lakukan komunikasi
b. Berikan contoh kasus yang perlu pengambilan
keputusan seorang perwira jaga pada waktu jaga di pelabuhan.
Jawab:
Jika terjadi kebakaran pada kapal
lain yg ada di dekat kapal kita maka perwira jaga harus segera menyiapkan kapal
untuk olah gerak untuk menjauhi kapal yg terbakar tsb.
Untuk mengurangi “running coast”
sebuah kapal banyak Negara yg merubah pangaturan safe manning dgn mengurangi
jumlah crew
a.Sebutkan komponen2 biaya yg
termasuk di dalam running coast kapal
jawab:
-Biaya pemeliharaan (maintenance):
Terdiri dari : biaya docking/repair, store dan spare.
-Biaya awak kapal (crew cost):
terdiri dari : gaji dan over time,
asuransi , pengobatan, diklat, tes kesehatan rekrutmen, termasuk juga untuk
crew cadangan.
-Biaya asuransi:
Terdiri dari : Hull and machinery insurance dan P&I.
b.Jelaskan hubungan antara safe
manning dgn kebijakan pengurangan crew
jawab
hubunganya adalah dalam membuat kebijakan pengurangan crew
harus memenuhi minimum crew yg tercantum pada safe maning certificate yg di
keluarkan oleh bendera kebangsaan.
c.Terangkan tentang konsep Dual
Purpose Crew”
jawab:
Pada waktu berangkat/tiba disuatu pelabuhan nahkoda akan menyerahkan
/mengambil alih tugas jaga laut dari para mualim
Berikan penjelasan kapan hal2 tsb dilakukan
jawab
-pada
waktu berangkat dari pelabuhan nakhoda akan menyerahkan tugas jaga laut pada
mualim jaga setelah bebas dari alur pelabuhan dan dinyatakan aman.
-pada
waktu kapal tiba di pelabuhan nakhoda akan mengambil alih tugas dari mualim
jaga pada saat kurang lebih satu jam kapal tiba di pilot station.
Terangakan gunanya document administrasi dikapal berikut ini:
-Voyage report
Jawab
Voyage
report: untuk mencatat segala kegiatan dan peristiwa diatas kapal dalam satu
voyage
-Vessel’s Despatch report
Jawab:
Vessel’s
Despatch report: untuk mengetahui jumlah sisa waktu yg digunakan dengan jadwal
yg di tentukan.
-Ship’s Invntory list
Jawab
Ship’s
Invntory list : untuk mengetahui data data perlengkapan yg ada di kpl tsb.
-Ship’s Condition arrival/departure
Jawab:
Untuk memenuhi persyaratan dalam proses dalam
pembuatan port clearance,time sheet dan kelancaran operational.
-Derating Certificate
Jawab
Sertifikat yang menerangkan bahwa kapal tersebut bebas dari tikus.
Sertifikat yang menerangkan bahwa kapal tersebut bebas dari tikus.
-Ship’s Accident report
Jawab
Suatu dokumen yang menjelaskan kejadian-kejadian kecelakaan diatas kapal ( berita acara )
Suatu dokumen yang menjelaskan kejadian-kejadian kecelakaan diatas kapal ( berita acara )
-Cargo Damage report
Jawab
Untuk
mendata muatan yang rusak di atas kapal selama muat/bongkar.
Dlm ISM Code disebutkan bahwa Nakhoda harus memotivasi ABK dlm mencermati kebijakan management.
Cara2 apa saja yg dpt ditempuh oleh Nakhoda untuk memotivasi ABK?
Jawab:
-Memberlakukan seadil
mungkin dlm memberikan order-2 kerja tanpa membedakan satu sama lain sesuai
dg jabatannya.
-Memberikan semangat
& memahami pekerjaan umum terhadap ABK.
-Management rasa
sosial yg sama sehingga terjalin human relationship yg baik utk keselamatan
pelayaran.
Motivasi terdiri dari intrinsic dan
ekstrinsik. terangkan bagaimana aplikasinya dikapal.
Jawab.
Secara Intrinsik, melakukan meeting (bermusyawarah)didalam
lingkungan kapal.
Secara ekstrinsik, nakhoda dapat berhubungan dengan owner
yang berhubungan tentang kesejahteraan crew untuk meningkatkan motivasi kerja
crew diatas kapal.
safety culture merupakan isu
terkini tentang keselamatan dari international marite organization.
a.jelaskan apa yg dimaksud dengan
-Safety culture
-Safety culture
jawab
Suatu kegiatan tentang
keselamatan yg hrs ditanamkan & dibudidayakan di atas kpl sbg tindakan utk
mencegah adanya hal-2 yg dpt membahayakan keselamatan kpl & lingkungan
sekitarnya baik itu ancaman dr dlm maupun dr luar kpl
Terangkan hubungan safety culture dgn
pemberlakuan ISPS code 1 juli 2004
jawab
jawab
-Safety Code
sebenarnya sdh merupakan suatu dsr tindakan nyata dr ISPS code (Inter’l Safety
and Ports Facilities Security Code) yg merupakan issu strategis pd dunia
pelayaran yg mempunyai tujuan :
- Maritime Safety (keselamatan pelayaran)
- Protection to The Marine Environment
(perlindungan terhadap lingkungan laut)
-Evasion Culture
jawab:
Ialah suatu tindakan yg di lakukan organisasi utk mengirit pengeluaran yg tak berarti & dpt menimbulkan kemunduran.
jawab:
Ialah suatu tindakan yg di lakukan organisasi utk mengirit pengeluaran yg tak berarti & dpt menimbulkan kemunduran.
-Compliance Culture
jawab:
Ialah suatu tindakan yg di minta utk keleng kapan fasilitas demi kemajuan organisasi.
jawab:
Ialah suatu tindakan yg di minta utk keleng kapan fasilitas demi kemajuan organisasi.
Ketika kapal berlayar,nakhoda dan staf
melakukan inspeksi ruangan-ruangan kapal untuk mencegah resiko penyeludupan dan
penumpang gelap.
Tindakan apa yang perlu dilakukan nakhoda jika
ditemukan
a.Barang terlarang
Jawab
- Mencari identitas pelaku penyeludup barang terlarang:
- Pendataan barang terlarang tersebut
- membuat berita acara
- Setelah tiba dipelabuhan tujuan pelaku dan barang tersebut
diserahkan kepada pihak berwajib.
b.Penumpang gelap didalam Container
Jawab.
- Didata terhadap stow away tsb
- Membuat berita acara terhadap stow away
- Mengevaluasi stow awaytersebut ketempat isolasi yang layak dan diberikan fasilitas sesuai kebutuhan.
- Membuat berita acara terhadap stow away
- Mengevaluasi stow awaytersebut ketempat isolasi yang layak dan diberikan fasilitas sesuai kebutuhan.
- Setelah tiba ditempat tujuan stow away diberikan kepada
pihak yang berwewenang.
a.Disiplin diatas kapal perlu ditingkatkan, cara2 apa yg dapat
dilakukan untuk maksud dan tujuan tsb
jawab:
- Setiap crew harus
melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan mematuhi semua perturan yang
ada
- Membina crew agar
memiliki moral, etika dan kerja sama yang baik.
- Tetapkan sangsi –sangsi
yangmendidik bagi crew yang tidak disiplin dan melanggar peraturan yang telah
ditetapkan sehingga kesalahan yang sama dilakukan oleh crew yang lainnya.
b.Apakah indicator yg mengindikasikan bahwa disiplin disebuah kapal itu
baik
jawab:
- kpl dpt beroperasi dgn baik (lancar)
- hubungan Nakhoda, perwira deck dan mesin serta abk berjalan harmonis
- latihan2 di atas kpl berjalan dgn baik
- adanya kekompakan dan kerja sama
Tidak jarang diketemukan seorang perwira yg akan mlaksanakan tugas jaga
laut di anjungan dalam keadaan tdk fit, kurang istirahat atau mabuk. Jelaskan
hal ini dgn ketentuan chapter VIII SCTW 95 tentang Watckeeping.
a.Drug and alcohol abuse
jawab:
-Perwira/bawahan yang bertugas jaga tidak boleh mengkonsumsi obat2 terlarang & alcohol karena akan berpengaruh langsung pada kebugaran dan kemampuan seseorang untuk melakukan tugas jaga
-Perwira /bawahan yang bertugas jaga tidak boleh melakukan dinas jaga dlm pengaruh obat2 terlarang & alcohol kecuali kemampuannya telah pulih.
-kadar alkohl dlm darah 0,08 %
-Dilarang mengkonsumsi obat2 terlarang alcohol selama dinas jaga dan 4 jam sebelum dinas jaga dilaksanakan.
b. Fatique
Jawab:
Perwira/ bawahan yg berdinas jaga tidak boleh terlambat dlm melaksanakan tugas jaga karena kelelahan akibat kurangnya waktu istirahat.
c.Minimum rest period
jawab:
-minimum rest period bagi perwira / bawahan yg bertugas jaga dalah 10 jam selama perode 24 jam
-Jam jaga dpt dibagi menjadi dua periode diman salah satunya tidak kurang dari 6 jam kecuali dlm keadaan darurat. tetapi tidak boleh berturut turut selama 2 hari dlm periode 7 hari. Dalam periode 7 hari jumlh istirahat tidak boleh kurang dari 70
a.Drug and alcohol abuse
jawab:
-Perwira/bawahan yang bertugas jaga tidak boleh mengkonsumsi obat2 terlarang & alcohol karena akan berpengaruh langsung pada kebugaran dan kemampuan seseorang untuk melakukan tugas jaga
-Perwira /bawahan yang bertugas jaga tidak boleh melakukan dinas jaga dlm pengaruh obat2 terlarang & alcohol kecuali kemampuannya telah pulih.
-kadar alkohl dlm darah 0,08 %
-Dilarang mengkonsumsi obat2 terlarang alcohol selama dinas jaga dan 4 jam sebelum dinas jaga dilaksanakan.
b. Fatique
Jawab:
Perwira/ bawahan yg berdinas jaga tidak boleh terlambat dlm melaksanakan tugas jaga karena kelelahan akibat kurangnya waktu istirahat.
c.Minimum rest period
jawab:
-minimum rest period bagi perwira / bawahan yg bertugas jaga dalah 10 jam selama perode 24 jam
-Jam jaga dpt dibagi menjadi dua periode diman salah satunya tidak kurang dari 6 jam kecuali dlm keadaan darurat. tetapi tidak boleh berturut turut selama 2 hari dlm periode 7 hari. Dalam periode 7 hari jumlh istirahat tidak boleh kurang dari 70
Latihan2 keselamatan yg dilakukan dikapal harus di
catat dlm buku harian kapal
a.Sebutkan latihan2 yg harus dilakukan
jawab:
1.Boat Drill
2.Fire Drill
3.Man Over Boat Drill
4.Marine Pollution Drill
5.Emergency Steering Gear Drill
6.Emergency Grounding Drill
7.SOPEP Drill
b.Terangkan salah satu contoh bagaimana latihan tsb
dilakukan
jawab
Salah satu latihannya
adalah Fire Drill. Prosedur Fire Drill:
1.Meeting dalam
pelaksanaan fire drill
2.Pelaksanaan latihan
-persiapan alat-2
pemadam sesuai dg jenis kebakarannya.
-persiapkan target yg
akan dituju (barang-2 yg bisa menyala).
-Bunyikan alarm
kebakaran.
-Catat waktu
pelaksanaan pemadaman dr pertama alarm dibunyikan sampai selesai pelaksanaan
pemadaman.
3.Evaluasi dr nakhoda
atas hasil dr pelaksanaan latihan pemadaman kebakaran tsb.
Sebuah kapal Indonesia akan
berangkat dari suatu pelabuahan di USA East Coast didapati 4 crew termasuk 1
perwira tidak ada dikapal dan diduga melarikan diri kedarat.
Tindakan apa yang harus dilakukan
oleh nakhoda sdehubungan dengan aspek :
a.Keimigrasian
b.Pengawakan (Ships Manning)
c.Keselamatan ( ISPS Code )
Jawab.
a. Nakhoda
harus membuat berita acara untuk keimigrasian yang menjelaskan telah melarikan
diri 4 crew dan 1 perwira dari kapal.
b.Berdasarkan
kelayakan ships manning jika tidak memenuhi persyaratan nakhoda harus meminta
pergantian crew yang melarikan diri dan menunda keberangkatan kapal sampai crew
penganti dating kekapal.
c. Nakhoda
harus membatalkan keberangkatan kapal karena ditinjau dari segi keamanan kapal,
jumlah crewyang ada tidak mencukupi dalam melkaksanakan tugas keamanan
bersadarkan ISPS Code.
PIRACY AND ARMED ROBBERY sering
terjadi diperairan Indonesia yang dapat mengancam keselamatan kapal dan
crewnya.
a.Tindakan berjaga-jaga apa yang
perlu dilakukan jika kapl berlayar atau berlabuh diperairan seperti itu?
Jawab
Sesuai dengan ketentuan ISPS Code meminta informasi dari
daerah pada port authority setempat apakah daerah tersebut berlaku security
level berapa
Serta pihak kapal harus melaksanakan security level tidak
kurang darisecurity level yang berlaku didaerah setempat dan sebaliknya pihak
kapal melaksanakan satu level melibihi level daerah setempat
b. Jika terjdi perompakan dan perampokjan bersenjata ditengah laut,apa yang harus dilakukan nakhoda?
b. Jika terjdi perompakan dan perampokjan bersenjata ditengah laut,apa yang harus dilakukan nakhoda?
Jawab.
Langkah-langkahnya :
- Mengaktifkan ship security alert
- Tidak melakukan perlawanan yg dapat membahayakan keselamatan jiwa ABK kapal.
- Tidak melakukan perlawanan yg dapat membahayakan keselamatan jiwa ABK kapal.
- Melaksanakan
Prosedur ISPS
Dalam menangani muatan dikapal,
nakhoda tidak jarang dihadapkan pada beberapa kepentingn yang saling
berbenturan,antara lain :
a.Misi mencari keuntungan perusahaan.
b.Pelayanan kpd pelanggan
b.Pelayanan kpd pelanggan
c. Keselamatan pelayaran
Jelaskan bagaimana nakhoda
menyikapi ketiga hal ini.
Jawab.
a. Pihak perusahaan berusaha agar selalu mencari keuntungan
atau kelebihan muatan. Hal ini dapatmengancam keselamatan kapal dan jiwa
manusia dan pihak kapal selalu berusaha agar pemuatan selalu sesuai aturan dan
menjamin keselamatan kapal dan manusia.
b. Pihak perusahaan memberikan
promosi yang baik tentang keadaan kapal. Contohnya speed kapal 15 knot ternyata
speed kapal sebenarnya hanya 12 knot.kapasitas crane dlm promosi SWL 20 Ton
padahal hanya SWL 15 Ton.hal ini yang membuat benturan antara perusahaan dengan
pihak kapal.
c. Pihak perusahaan selalu
meninginkan pemuatan yang melebihi kapasitas muat sesuai ketentuan keselamatan
pelayaran.hal ini dapat menyebabkan keselamatan kapal dan jiwa manusia.
Industri pelayaran tunduk kepada beberapa hkum2 dan
peraturan nasional maupun International.
Sebutkan 3 konvensi IMO yg berkaitan dgn
keselamatan jiwa dan lingkungaan dalam penoperasian kapal
Jawab:
1.COLREG’72
2.SOLAS’74
3.MARPOL’73’69
2.SOLAS’74
3.MARPOL’73’69
Sebuah kapal akan naik Dock untuk
Annual survey sebutkan kegiatan2 yg dilakukan pada waktu dok yg berkaitan dgn
Underwater surveys, load line, hull & machinery, safety construction,
safety equipment serta pengecetan lambung
Jawab:
-Under water survey,kegiatannya antara lain :
Jawab:
-Under water survey,kegiatannya antara lain :
1. Mengukur ketebalan pelat
2. Memeriksa Sea Chest overboard dan filternya
3. Memeriksa sensor echosonder.speedlog.
4. Memeriksa bottom
5. Kondisi kemudi dan baling-baling
6. Kondisi Zinc anoda
- Load line survey,memeriksa kondisi plimsol
mark,garis-garis load line dan draft kapal.
- Hull and
Machinery, Kondisi lambung kapal dan mesin diperiksa.
- Safety equipment, secoki penolong,dewi-dewi,rakit
penolong,portable extighuser,fixed fire
extighuser,emergency fire pump.
Salah satu fungsi manajemen adalah
perencanaan dan penerapannya dikapal antara lain dengan bentuk :
a. Cargo stowage plan/ Container bay plan, Terangkan materi kegiatannya
a. Cargo stowage plan/ Container bay plan, Terangkan materi kegiatannya
Jawab
Membuat tentative plan berdasarkan booking list yang berisikan :
1. Jumlah, sifat, volume, berat,
bentuk, marking dan pelabuhan tujuan.
2. Pemberian warna khusus utk
pelabuhan tujuan agar mudah dlm pembongkaran.
3. Pemuatan hrs selalu mengikuti tentative plan agar didptkan pemuatanyg
baik.
4. Setelah selesai pemuatan baru dibuat final stowage plan.
b. Rancangan pelayaran, Terangkan
materi kegiatannya
Jawab.
Voyage planning dibuat untuk merencanakan suatu pelayaran
dari suatu pelabuhan ke pelabuhan lainnya agar pelayaran terencana dgn baik, selamat dan ekonomis
sampai ke pelabuhan tujuan karena voyage planning dibuat melalui beberapa
tahap2 perencanaan yg baik seperti tahap persiapan, pemilihan rute, perencanaan
dan monitoring.
Walaupun kapal menggunakan jasa pandu pada waktu masuk/keluar perairan didalam buku harian selalu ditulis “UNDER MASTER COMMAND & PILOT ADVICE”
a.Terangkan artinya tulisan tsb
jawab:
UNDERMASTER COMMAND & PILOT ADVICE artinya
komando tertinggi ditangan nakhoda di bantu saran dari pada pandu
b.Siapakah yg paling bertanggung jawab jika terjadi
kecelakaan kapal
jawab
Nakhoda sebagai pimpinan yg bertanggung jawab
diatas kapal
Buatlah sebuah BAR CHART atau flow chart
semua kegiatan itu dlm 4 hari kerja
Jawab:
a.Kapal naik/turun dok
Jawab:
a.Kapal naik/turun dok
- diberikan asistensi tug boat masuk/keluar perairan dok
- Diberikan asistensi tug boat pada
saat naik/turun dok
- Asistensi antar jemput pandu
b.Survey oleh biro klasifikasi
- Plat lambung di UT test
- Diameter rantai jangkar di ukur
- Clearance tongkat kemudi
- Clearance poros baling2
- Crank web deflection
- Clearance axial thrust bearing
- Meger test
- Alat alat keselamatan
- Alat alat pemadam kebakaran
c.Perbaikan dikamar mesin, propeller dan rudder
- Mesin induk general overhauled
- Mesin bantu dan generator general overhauled
- Dilakukan pengukuran crank web deflection
- seluruh pompa, kompressor udara start, botol angin dan cooling system dibuka, diperiksa bagian2nya
- Sea valve & overboard valve agar di skir
- Meger test generator listrik, electro motor dan instalasi listrik lainnya.
- pengukuran clearance axial thrust bearing
- Pengukuran clearance bantalan poros baling baling
- Baling2 di rebalancing
- Daun kemudi & tongkat kemudi diperiksa
d. Perbaikan alat muat bongkar, rantai jangkar dan palka
- Batang pemuat diperiksa SWL
- Cargo block diperiksa jika rusak diganti
- Hatch cover diperiksa kekedapannya
- Palka discrap, diketok dan dicat
- Jangkar dan rantai jangkar dturunkan, dibersihkan dan diukur diameternya.
- Bak rantai dibersihkan, lumpur dibuang dan dicat
e. Pengecatan kapal dan pemeliharaan lainnya.
- Lambung kapal dibawah garis air dari keel, discrap, diwater jet, dicuci air tawar
- Lambung di sweepblast dicat 1xprimer
- Lambung kapal dari keel sampai garis air kosong dicat 2xAC, dicat 2XAF
- Forecastle deck, main deck, poopdeck di chemical, dicuci air tawar, sweepblast dan dicat.
- Draft mark, plimsolmark, ship name, IMO number, poer registry dicat
- Dilakukan pengukuran crank web deflection
- seluruh pompa, kompressor udara start, botol angin dan cooling system dibuka, diperiksa bagian2nya
- Sea valve & overboard valve agar di skir
- Meger test generator listrik, electro motor dan instalasi listrik lainnya.
- pengukuran clearance axial thrust bearing
- Pengukuran clearance bantalan poros baling baling
- Baling2 di rebalancing
- Daun kemudi & tongkat kemudi diperiksa
d. Perbaikan alat muat bongkar, rantai jangkar dan palka
- Batang pemuat diperiksa SWL
- Cargo block diperiksa jika rusak diganti
- Hatch cover diperiksa kekedapannya
- Palka discrap, diketok dan dicat
- Jangkar dan rantai jangkar dturunkan, dibersihkan dan diukur diameternya.
- Bak rantai dibersihkan, lumpur dibuang dan dicat
e. Pengecatan kapal dan pemeliharaan lainnya.
- Lambung kapal dibawah garis air dari keel, discrap, diwater jet, dicuci air tawar
- Lambung di sweepblast dicat 1xprimer
- Lambung kapal dari keel sampai garis air kosong dicat 2xAC, dicat 2XAF
- Forecastle deck, main deck, poopdeck di chemical, dicuci air tawar, sweepblast dan dicat.
- Draft mark, plimsolmark, ship name, IMO number, poer registry dicat
DAILY RUNNING COSTS (DRC) sebuah
kapal sangat diperlukan untuk perhitungan anggaran kapal:
a.Apa yg dimaksud dgn DRC tsb
jawab:
DRC adalah biaya tetap kapal,biaya tersebut tetap
dikeluarkan apakah kapal berlayar atau berlabuh dengan atau tanpa muatan.
b.Terangkan bagaimana cara anda
menghitungnya
jawab:
Kebutuhan biaya-2
selama 365 hari
Operasi
kpl dlm 355 hari dengan asumsi beberapa hari off dalam 1 bulan (misal 20 hari
off dalam 1 tahun)
Maka cara menghitung
DRC = Kebutuhan biaya 365 hari
Operasi kpl dlm 355 hari
Pengoperasian kapal sebagai salah satu dari fungsi
manajement biasanya sudah tertata dgn baik
a.Jelaskan bagaimana cara nakhoda dapat
mengorganisasikan tata kehidupan dikapal agar dapat berjalan baik dan mendukung
keselamatan pelayaran
Jawab:
Di kpl pangkat/ jabatan dan hirarki diberlakukan secara ketat. Seorang
perwira / atasan hrs mampu mengembangkan cara yg sehat dan tepat dlm
mensosialisasikan peraturan, perintah dan teguran kepada bawahan sehingga
bawahan tunduk dan patuh pada perintah, Karena dia sadar bahwa aturan itu
perlu. Atasan juga harus mampu menghargai hasil kerja bawahan sehingga bawahan
bangga telah menjadi bagian penting dari sebuah tim, dimana rasa bangga itu
akan berkembang menjadi loyalitas .
b.Terangkan kaitannya hal ini dgn ‘Human
Relationship’
jawab:
Human Relationship yg baik dapat
menunjang keselamatan pelayaran , akan membuat semua crew merasa puas karena
mereka dihargai, diterima, sebagai bagian penting dari sebuah tim dikapal,
sehingga mereka bangga dan loyal serta tidak ada persaingan yg tidak sehat
antar bagian. Maka tugas operasional kapal akan berjalan baik. Setiap individu
akan mengerjakan tugas dengan senang hati dan melaksanakannya dgn penuh
tanggung jawab dan saling menunjang sehingga hasil yang dicapai optimal.
Uraikan sebab usaha pelayaran di juluki
sebagai the most regulated industry:
Jawab:
- selain tunduk pada aturan Negara bendera juga tunduk pada
port state
- tunduk pada Biro Klasifikasi
- Asuransi laut dan P & I Club
- ITF dan convensi2 international seperti :
IMO,ILO,WHO,Hague Rules, York Antwerp Rules,dll.
Familiarisasi diperlukan bagi awak kapal yg baru
bertugas dikapal
a.Sebutkan ketentuan International yg mengatur
familiarisasi tsb
jawab
berdasarkan STCW 95 meliputi 2 hal:
1.Elementary basic safety familiarization
2.Ship specific ship board familiarization
b.Jelaskan mengapa dan bagaimana kegiatan ini harus
dilakukan
jawab:
Familiarisasi berlaku bagi pelaut yg baru sign on
di atas kapal karena crew baru harus di identifikasi dan diberi pengetahuan apa
yg harus diketahui untuk melaksanakan fungsinya dlm SMS termasuk tanggung
jawab, wewenang dan hubungan kerja
Nakhoda dan mualim I tingkat jawabnya berada pada
“management Level” sehingga di tuntut mampu mengambil keputusan secara tepat
waktu dan tepat sarana:
a.jelaskan bagaimana mualim I mengatur pemeliharaan
kapal dan penanganan muatan
jawab:
-pemeliharaan kapal dgn cara:
1.membuat rencana maintenance dalam 1 tahun yg
diketahui oleh nakhoda
2.mengkoordinasikan rencana maintenance dgn bosun
sebagai pelaksanan
3.harus diadakan buku harian kerja sebagai catatan
kegiatan kerja
4.membuat laporan maintenance dala setiap bulannya,
berikut dokumentasinya
-penanganan muatan dgn cara:
1.mempelajari muatan yg akan dimuat di kapal
2.membuat stowage plan
3.lakukan koordinasi dari pihak kapal dgn pihak
shipper
4.mempersiapkan ruang muat kapal dgn baik
b.Terangkan kapan nakhoda memutuskan meninggalkan
kapal “ABANDON SHIP” waktu keadaan darurat
jawab
Pada saat kondisi kapal sudah tidak bisa di
tanggulangi lagi oleh pihak kapal
Berikan usaha2 yg telah dilakukan oleh
negara2 maju dalam usaha mereka untuk mendorong minat profesi pelaut dan
kendala yg ditemui?
Jawab:
- Gaji Nakhoda dan crew cukup tinggi.
- Safety Equipment sesuai IMO.
- Adanya peraturan cuti.
- Nakhoda dan
staffnya dilibatkan dalam pengambilan keputusan.
Berdasarkan
keentuan Chapter V STCW 95 bagi crew kpl penumpang wajib memilikiketerampilan
crowd management dan crisis management.
a.Jelakan perbedaan kedua management tsb
a.Jelakan perbedaan kedua management tsb
Jawab:
Crowd management
bahwa latihan yg dilakukan secara efektif akan menghasilkan pengoperasian kpl
secara aman karena dlm latihan ini akan mempelajari prosedur2 safety di atas
kapal. Peralatan safety membantu dan mengontrol penumpang dlm emergency.
Krisis management bahwa pelatihan ini diperuntukkan bagi
master, chief engineer, chief officer dan perwira lainnya. Dan setiap orang yg
ditunjuk langsung untuk bertanggung jwb thdp embarkasi/ disembarkasi penumpang
dari atas kapal dan pengamatan thdp muatan yg dimuat di atas kapal.
b.Jelaskan kaitannya manajemen itu
dgn penumpang
jawab:
jawab:
Kaitanya
dengan penumpang yaitu: dengan adanya system management diatas, maka dapat
mengatasi kepanikan penumpang pd saat terjadi kedaan darurat.
c.Terangkan pula komponen2 yg ada di dalam DRC
Jawab:
-Biaya pemeliharaan (maintenance):
Terdiri dari : biaya docking/repair, store dan spare.
-Biaya awak kapal (crew cost):
terdiri dari : gaji dan over time,
asuransi , pengobatan, diklat, tes kesehatan rekrutmen, termasuk juga untuk
crew cadangan.
-Biaya asuransi:
Terdiri dari : Hull and machinery insurance dan P&I.
Jelaskan materi komunikasi yg selalu dilakukan
antara operator kapal dan nakhoda kapal
yg menyangkut hal2 berikut ini:
a.Pelayaran
b.Muatan.
c.Agent
d.Kecepatan dan bahan bakar
e.Kontrak pengangkutan
jawab
a, pelayaran : - operator : meberikan sailing
order, dan nahkoda melaporkan rencana
pelayaran.
b.Muatan : operator memberikan informasi tentang jenisdan jumlah muatan serta tempat bongkar.
c.Agent: operator memberikan nama dan alamat agent dipelabuhan muat dan bongkar.
d. kecepatan dan bahan bakar: operator memberikan
informasi max.konsumsi bahan bakar dan min.speed .
e.kontrak pengangkutan: operator memberikan MOLOO( More or less owner option.)
Sebutkan keuntungan dan kerugian
system LINER dan system TRAMPER dalam pengoperasian yg berkaitan dengan ;
a.Muatan yang diperoleh
Jawab
-sistem linerm
keuntungannya; muatan selalu ada sehingga pihak kapal dapat
membuat perencanaan muatan(stowage plan)
dan muatan dan dapat dimuat dengan full and down.
Kerugiannya;jumlah/berat muatan terkadang lebih
kecil/sedikit dari kapasitas angkut kapal sehingga terjadi broken stowage.
-sistem tramper
keuntungan;pihak pemilik kapal selalu memuat sesuai dengan
kapasitas angkut kapalnya hingga full and down.
Kerugiannya;pihak kapal kurang mendapat informasi mengenai
jenis,kapasitas muatan yang akan diangkut.
b.Pemeliharaan kapal
Jawab
-sistem liner
keuntungannya;dapat dilakukan lebih mudah sesuai dengan
perencanaan dan rute tetap kapal,supply suku cadang lebih mudah.
Kerugiannya;keadaan dirute kapal tersebut tetap.
-sistem tramper
keuntungan;waktu dan perencanaan pemeliharaan kapal dapat
disusun sesuai dengan rute yg akan dijalani
kerugian;supply suku cadang lebih lambat dan kurang
mencukupi
c.Motivasi crew kapal
Jawab
-sistem liner
keuntungannya; crew lebih mudah mengadakan
komunikasi,pertemuan dengan keluarga masing-masing
kerugiannya;waktu kapal sandar dipelabuhan bongkar/muat
lebih cepat.
-sistem tramper
keuntungan;lebih mengetahui pelabuhan2 yg sebelumnya belum
pernah dimasuki,sehingga pengetahuan dan pengalaman crew bisa bertambah.
Kerugian;waktu/komunikasi crew untuk bertemu
keluarga susah diatur dan direncanakan.
Suatu manajemen kpl yg sudah berjalan dgn baik dpt
dilihat dari indikator2 tertentu sebutkan indikator2 tsb
Jawab :
- kpl dpt beroperasi dgn baik (lancar)
- hubungan Nakhoda, perwira deck dan mesin serta abk berjalan harmonis
- latihan2 di atas kpl berjalan dgn baik
- adanya kekompakan dan kerja sama
Human relationship diatas kapal
perlu dijaga dengan baik agar mampu mendukung keselamatan pelayaran.
a.apa yang dimaksud dengan human
relationship
Jawab
Yang dimaksud dgn Human Raltion ship di kapal adalah
hubungan antar crew kapal dalam menjalankan tugas2nya semua crew memiliki
keterkaitan satu sama lain, pimpinan tetap ditangan nakhoda
b.buktikan bahwa human relationship
yg baik akan mendukung keselamatan pelayaran
jawab
hubungan crew dengan crew,perwira dengan perwira,perwira
dengan crew,master dengan perwira yang baik,maka dalam tugas operasional kapal
berjalan dengan baik.dimana semua individu akan mengerjakan tugas dengan senang
hati dan melaksanakan dengan penuh tanggung jawab saling menunjang hingga hasil
yang dicapai optimal
a.Jelaskan bagaimana penerapan
Human Relationship diatas Kapal!
Jawab:
Di kpl pangkat/ jabatan dan hirarki diberlakukan secara ketat. Seorang
perwira / atasan hrs mampu mengembangkan cara yg sehat dan tepat dlm
mensosialisasikan peraturan, perintah dan teguran kepada bawahan sehingga
bawahan tunduk dan patuh pada perintah, Karena dia sadar bahwa aturan itu
perlu. Atasan juga harus mampu menghargai hasil kerja bawahan sehingga bawahan
bangga telah menjadi bagian penting dari sebuah tim, dimana rasa bangga itu
akan berkembang menjadi loyalitas .
b. Disebutkan
bahwa human relationship yg baik dapat menunjang keselamatan pelayaran.
Terangkan!
Jawab:
Human
Relationship yg baik dapat menunjang keselamatan pelayaran , akan membuat semua
crew merasa puas karena mereka dihargai, diterima, sebagai bagian penting dari
sebuah tim dikapal, sehingga mereka bangga dan loyal serta tidak ada persaingan
yg tidak sehat antar bagian. Maka tugas operasional kapal akan berjalan baik.
Setiap individu akan mengerjakan tugas dengan senang hati dan melaksanakannya
dgn penuh tanggung jawab dan saling menunjang sehingga hasil yang dicapai
optimal.
Latihan2 keselamatan harus
dilakukan secara rutin guna melatih ketrampilan Abk jelaskan:
Jawab:
Latihan dilaksanakan secara
rutin tiap2 bulan, agar semua crew diatas kpl benar2 terlatih dan mengerti
menjalankan tugas sesuai dgn muster list jika terjadi musibah.
Jelaskan bagaimana Nakhoda mengatur manajemen dipkl, tentang
hal yg berkaitan dgn :
Jawab:
a. muatan (stowage, penanganan &
dokumen): memberi wewenang kpd mualim I.
b.Crew kapal (akomodasi, konsumsi dan beban kerja) : memberi wewenang kpd chief steward & chief cook.
b.Crew kapal (akomodasi, konsumsi dan beban kerja) : memberi wewenang kpd chief steward & chief cook.
c.alat keselamatan (pelatihan &
pemeliharaan) :memberi wewenang kpd mualim III dibawah pengawasan mualim I.
d.navigasi kapal (instrument, peta, navigasi) : memberi wewenang kpd mualim II.
d.navigasi kapal (instrument, peta, navigasi) : memberi wewenang kpd mualim II.
e.pemeliharaan kpl (perawatan &
perbaikan) :memberi
wewenang kpd mualim I & diteruskan ke bosun sebagai kepala kerja dan
Memberi wewenang kpd c/e diteruskan ke mandor mesin sbg kepala kerja.
Pembuatan
“cargo stowage plan” merupakan wujud dari fungsi perancangan dlm menejemen kpl.
a.
Jelaskan bagaimana cargo stowage plan tsb di buat
jawab:
Membuat tentative plan berdasarkan booking list yang berisikan :
1.Jumlah, sifat, volume, berat,
bentuk, marking dan pelabuhan tujuan.
2.Pemberian warna khusus utk
pelabuhan tujuan agar mudah dlm pembongkaran.
3.Pemuatan hrs selalu mengikuti tentative plan agar didptkan pemuatanyg
baik.
4.Setelah selesai pemuatan baru dibuat final stowage plan.
b.Terangkan hubungan antara
fungsi pengendalian dlm melaksanakan rencana tsb
jawab:
untuk memepermudah mengetahui jumlah dan jenis muatan di dalam palka
sehingga mempermudah pembongkaran di tiap pelabuhan
Untuk Mengawaki Kpl sumber daya manusia hrs disiapkan dgn
perencanaan yg baik, coba anda jelaskan dgn singkat tapi jelas apakah masih di
perlukan pelatihan di atas kpl
Jawab:
Latihan masih diperlukan untuk meningkatkan kemampuan dan kwalitas kerja
dan tanggung jawab crew, sehingga SDM yg tersedia dpt di manfaatkan dgn
semaksimal mungkin.
Untuk membangun kerja sama yg
synergy antara crew kpl seorang nakhoda perlu membangun motifasi. Jelaskan
bagaimana sebaiknya hal tsb di lakukan di kpl
Jawab :
- harus ada
komunikasi yg baik
- aturan dan rencana kerja hrs jelas
- memperhatikan dan menghargai pekerjaan setiap crew
Seorang perwira
jaga di kpl yg sedang berlayar tidak boleh meninggalkan anjungan dgn alasan
apapun, kecuali digantikan oleh perwira kpl lain atau nakhoda.
a. Jelaskan maksud dari ketentuan
chapter VIII STCW 1995 tentang watch keeping arrangement tsb.
Jawab:
Tugas jaga navigasi di anjungan pd saat kpl berlayar harus
dilakukan oleh orang yg mempunyai sertifikat(deck officer) dan tidak boleh
meniggalkan anjungan kecuali digantikan oleh perwira lain atau nakhoda, karena
sebagai perwira navigasi kita hrs beranggapan bahwa bahaya2 navigasi selalu ada
dan yg boleh mengambil keputusan tentang perubahan haluan kpl apabila ada bahaya hanya perwira
navigasi/nakhoda.
b. Kapankah tanggung jawab seorang
mualim di anjungan diambil alih atau diserahkan oleh nakhoda selama kpl
berlayar.
Jawab:
Jawab:
Tugas mualim diambil alih oleh nakhoda :
-Apabila mualim tsb tidak bisa melaksanakan tugasnya
segaimana mestinya.
-Apabila mualim tsb ragu2 dlm mengambil keputusan .
-Apabila memasuki suatu perairan sempit/pelabuhan.
-Pada saat alur pelayaran yg dilewati lalu lintasnya padat.
Untuk
menjaga displin kerja diatas kapal perlu dipelihara hirarki jabatan / perwira
dgn anak buah di kapal.
a.terangkan bagaimana Nakhoda mewjudkan hirarki dan humanrelationship yg baik dikapal
a.terangkan bagaimana Nakhoda mewjudkan hirarki dan humanrelationship yg baik dikapal
Jawab:
Di kpl pangkat/
jabatan dan hirarki diberlakukan secara ketat. Seorang perwira / atasan hrs
mampu mengembangkan cara yg sehat dan tepat dlm mensosialisasikan peraturan,
perintah dan teguran kepada bawahan sehingga bawahan tunduk dan patuh pada
perintah, Karena dia sadar bahwa aturan itu perlu. Atasan juga harus mampu
menghargai hasil kerja bawahan sehingga bawahan bangga telah menjadi bagian
penting dari sebuah tim, dimana rasa bangga itu akan berkembang menjadi
loyalitas .
b.jelaskan bahwa hal ini dapat menunjang
keselamatan pelayaran. Terangkan!
Jawab:
Human Relationship yg baik dapat menunjang keselamatan
pelayaran , akan membuat semua crew merasa puas karena mereka dihargai,
diterima, sebagai bagian penting dari sebuah tim dikapal, sehingga mereka
bangga dan loyal serta tidak ada persaingan yg tidak sehat antar bagian. Maka
tugas operasional kapal akan berjalan baik. Setiap individu akan mengerjakan
tugas dengan senang hati dan melaksanakannya dgn penuh tanggung jawab dan
saling menunjang sehingga hasil yang dicapai optimal.
Teori Maslow menjelaskan tingkat
kebutuhan manusia, jelaskan
Jawab :
Teori maslow menyatakan bhw kebutuhan manusia tersusun dlm suatu hierarki.
Tingkat paling rendah adalah kebutuhan fisiologis dan kebutuhan paling tinggi
adalah aktualisasi diri.
5 kebutuhan tersbut adlh :
1.Kebutuhan fisiologis yaitu kebutuhan rasa lapar, haus dan kebutuhan
seks.
2. Kebutuhan
rasa aman, yaitu kebutuhan akan keamanan dan proteksi dari gangguan fisik
3. Kebutuhan social yaitu kebutuhan kasih saying, rasa memiliki dan dimiliki, penerimaan dan persahabatan
3. Kebutuhan social yaitu kebutuhan kasih saying, rasa memiliki dan dimiliki, penerimaan dan persahabatan
4.
Kebutuhan harga diri yaitu meliputi harga diri internal ( menghormati diri
sendiri ) otonomi, dan usaha mencapai hasil. Harga diri eksternal seperti
status, pengakuan dan perhatian.
5.
Kebutuhan aktualisasi diri yaitu kebutuhan pencapaian potensi seseorang dan
pemenuhan kebutuhan
Terangkan
hubungan teori ini dengan cara anda memotivasi ABK
Jawab :
Berdasar teori ini kita dapat memotivasi ABK dgn baik dimana disesuaikan dgn tingkat kebutuhan, apakah motivasi kita beri berupa kenaikan gaji, atau penghargaan atau motivasi dalam bentuk lain
Mengatur manajemen kpl pada sistem pelayaran liner berbeda dgn sistem pelayaran tramper
Berdasar teori ini kita dapat memotivasi ABK dgn baik dimana disesuaikan dgn tingkat kebutuhan, apakah motivasi kita beri berupa kenaikan gaji, atau penghargaan atau motivasi dalam bentuk lain
Mengatur manajemen kpl pada sistem pelayaran liner berbeda dgn sistem pelayaran tramper
a. Jelaskan dimana letak perbedaannya
Jawab :
pada
pelayaran liner tempat pelabuhan tujuan sudah pasti dan teratur sedangkan pada
pelayaran tramper terdiri dari beberapa pelabuhan tujuan dan tdk tetap/teratur,sehingga route pelayaran
selalu berbda.
b. Terangkan pula dampaknya bagi
crew kpl
Jawab :
untuk pelayaran liner bagi
crew membosankan, pengalaman bagi crew tdk bertambah sedangkan pada pelayaran
tramper bagi crew menyenangkan Karena akan mendapatkan pengalamanbaru.
Disuatu kpl sering terjadi konflik
yg disebabkan olh sempitnya pandangan dan perbedaan kultur seperti
pengelompokan corps deck/mesin atau suku bangsa
a.Jelaskan bagaimana nakhoda
membina perbedaan ini agar tdk berdampak negative
Jawab:
Nahkoda memberikan
arahan seperti pentingnya kerja sama sesama abk baik dek dan mesin, mengadakan
safety meeting setiap bulan dan setiap crew diberi kesempatan untuk
mengeluarkan pendapatnya. Nakhoda harus menunjukkan sikap senasib dan
sepenanggungan . Mengadakan perayaan pesta hari besar bersama.
b. Apa yang perlu dilakukan jika
ini terjadi di kpl yg crewnya multi nasional.
Jawab:
Nakhoda harus
menanggulanginya dgn memberikan peringatan dan pengarahan yg dapat membawa
mereka bersatu. Misalnya harus menggunakan bahasa resmi yg digunakan di kapal
tsb.
Berikan kendala2 dlm
manajemen pelayaran serta contoh dari masing2 kendala :
Jawab:
- Rencana / Program
/ Anggaran
Contoh:Jika anggaran utk maintenance telah habis terpakai,tidak boleh
mengambil dari mata anggaran crew cost.
- Tugas / Wewenang /
Tanggung jawab
Contoh:Tidak boleh
tugasnya luas, Wewenangnya kecil dan tanggung jawabnya kecil.
- Policy / Kebijakan
- Policy / Kebijakan
Contoh:Untuk beberapa hal yg penting telah
ditampung dlm policy sehingga tidak perlu ditanyakan misal setelah setahun
bekerja berhak mendapat cuti.
- Undang2 / Etika /
Moral
Contoh: STCW mensyaratkan
sertifikat2 utk dek, mesin, radio.
Practice of good seamanship.
- Waktu 24 jam
Contoh:Jika sebuah kapal AS mengalami
masalah penting dipelabuhan Indonesia yg harus segera ada keputusan tidak dapat
menunggu sampai kantor di New York buka dgn perbedaan waktu 12 jam oleh
karenanya harus terdapat seorang pejabat dikantor pusat yg selalu dapat
dihubungi dan dapat mengambil keputusan.
Berikan unsur2 dari Time Charter Hire dan
cara menyesuaikan Charter Hire apabila ternyata Charter Hire menurut
perhitungan pemilik kapal lebih tinggi dari harga pasaran?
Jawab:
Unsur2 dari Time Charter Hire:
- Biaya tetap kapal
- Overhead
- Depreciation
- Profit
Cara menyesuaikannya:
Pertama-tama Penyesuaikan profit kalau perlu bahkan
dihilangkan dlm hal resesi yg akan panjang akan mungkin kapalnya bahkan harus
diistirahatkan (Laid Up) dgn demikian pemilik dapat menghemat dlm asuransi dan
crew cost karena apabila kapal dilabuhkan dibagian terlindung selama 30 hari
berturut2 sebagian dari premi asuransi dapat dikembalikan karena kapal tidak
diekspos terhadap resiko2 dan selama diLaid Up awak kapal cukup dgn Skeleton
Crew sambil menunggu pasaran membaik.
Sebagai Nakhoda, langkah apa yg hrs dilakuan jika :
a. Kpl
mengalami kerusakan ditengah laut.
Jawab:
- memberi laporan kpd kantor
pusat, mengenai kerusakan tsb.
- Mengecek posisi kpl regulary
utk setiap pwa jaga
- Apabila memungkinkan utk
letgo jangkar utk perbaikan darurat
- Komunikasi dgn c/e apabila
ada kerusakan mesin dan tindakan/schedule perbaikan yg akan diambil serta brp
lama wktu yg dibutuhkan
- Catat didlm “log book deck
officer
- Menghubungi port authority
terdekat bila diperlukan.
- Memberi tanda vessel not
under command bila malam hari menghidupkan dua lampu merah bersusun vertical,
dan pd siang hari dua bola2 hitam.
b. kapal
terlibat tubrukan dan mengalami kerusakan yg mempengaruhi kelaik lautannya.
Jawab
- Lapor port outhority terdekat.
- Lapor ke P&I.
- Lakukan komunikasi dgn kpl
lawan untuk tidak melakukan OG yg bisa mengakibatkan kpl akan tenggelam.
- memberi laporan kekantor pusat dan
memasukkan laporan kedlm log book
Uraikan arti dari:
Jwb:
-Demurage : denda yg hrs dibayar oleh pencharter kepada pemilik kpl karena melebihi waktu yg
disepakati.
-Despatch
: imbalan yg diberikan pada pencharter karena kpl selesai muat / bongkar lebih
cepat dari jumlah lay days yg di sepakati.
-Reversible laydays : pemilik setuju untuk
memperhitungkan demurrage yg terjadi di
pelabuhan muat dgn dispatch yg mungkin terjadi di pelabuhan bongkar.
- MOLOO (More or Less Owners Option):Istilah ini perlu disisipkan dlm voyage charter utk
menghindari claim dari charterer apabila seluruh muatan yg disepakati tidak
dapat termuat keseluruhan
- WWDSEHEX (UU) : (Weather Working Days Sunday Holiday
Excepted Unless Use) atinya hari kerja dgn cuaca baik hari minggu dan hari
libur tidak dihitung sebagai hari kerja
- Reversible Laydays : pemilik setuju untuk memperhitungkan demurage
yg terjadi di pelabuhan muat dgn despatch yg mungkin akan terjadi di pel.
Bongkar.
- Per
available hatches: sesuai dgn jmlh palka yg dpt bekerja mis. Sebuah kpl
yg palkanya lima,biasanya palka 1 dan 5 adalah paling kecil dan lebih cepat
penuh sehingga kapasitas muat bongkar harus di sesuaikan dgn jumlah palka yg
masih dpt bekerja
- Days
: lay days yg paling menguntungkan bagi pemilik kpl karena semua hari di hitung
meskipun kpl tdk dapat bekerja karena cuaca ataupun hari minggu dan hari Raya.
- WIBON (
Whether in berth or not ) : kpl dpt
mentender notice of readiness sebelum kpl telah mendapat tempat berlabuh atau
belum.
Berikan
syarat yg hrs dipenuhi sebelum sebuah kpl dlm Voyage charter dapat membeikan
notice of readiness.
Jwb :
Pemberitahuan dari pihak kpl bahwa kplnya telah siap dlm
segala hal untuk muat/bongkar setelah mana laydays dapat dimulai dihitung (
palka telah bersih, got2 kering dan alat bongkar muat telah siap digunakan.)
bahwa kpl telah berlabuh dibagian batas2 dari pelabuhan dimana lazimnya
diadakan muat bongkar sehingga NOR dpt di serahkan.
Voyage planning adalah salah satu
wujud penerapan fungsi perencanaan dlm manajemen kpl.
a. Terangkan bagaimana hal ini
dilakukan.
Jawab:
Voyage planning dibuat untuk merencanakan suatu pelayaran
dari suatu pelabuhan ke pelabuhan lainnya agar pelayaran terencana dgn baik, selamat dan ekonomis
sampai ke pelabuhan tujuan karena voyage planning dibuat melalui beberapa
tahap2 perencanaan yg baik seperti tahap persiapan, pemilihan rute, perencanaan
dan monitoring.
b.
Jelaskan kaitannya dgn fungsi pengendalian dlm melaksanakan rencana.
Jawab:
Fungsi pengendalian adalah
sebagai pengatur dan pengontrol terhadap berhasil atau tidaknya dlm melaksanakan
voyage planning.
Salah satu faktor yg mempengaruhi timbulnya
peneriman tenaga kerja adalah faktor perundang undangan. Jelaskan dan berikan
contoh satu saja.
Jawab;
Misalnya
menurut STCW diatur ttg persyaratan2 untuk bermacam2 sertifikat dek, mesin, radio
yg hrs dipenuhi sehingga bagi pelaut yg blm memenuhi ketentuan dan persyaratan
STCW harus sign off untuk bisa mendapatkan sertifikat tsb. Dan itu berarti
posisi yg ditinggalkan kosong dan merupakan peluang bagi perusahaan untuk
menerima pelaut baru yg telah bersertifikat lengkap.
Dalam
pengawakan, jelaskan keuntungan dan kerugian system pegawai tetap dan system
kontrak.
Jawab:
System pegawai tetap;
- Keuntungan:
1.mudah dikontrol / dihubungi
2.sudah punya schedule tetap
3.Mudah di promisi utk
pengingkatan SDM
4.Sudah familiar dgn
lingkungan kerja
-Kerugian :
1.Jaminan social tinggi.
2.tidak mudah diberhentikan
3. Kurang punya motivasi kerja
Sistim kontrak;
1.Jaminan social tinggi.
2.tidak mudah diberhentikan
3. Kurang punya motivasi kerja
Sistim kontrak;
- Keuntungan :
1.Pembiayaan lebih murah
2.Tdk punya jaminan social
bila habis kontrak.
3.Biasanya mempunyai motivasi
kerja tinggi
-Kerugian;
2.tidak mudah dihubungi,
apabila sudah habis kontrak karena ingin mencari kontrak lain.
3.Sulit utk mendapatkan crew
yg berkualitas
Pada perusahaan pelayaran dgn awak kapal sebagai pegawi
tetap, berapa % awak kpl cadangan yang diperlukan.
Jawab:
cadangan yg
diperuntukan utk pegawai tetap adalah 30%
Pada
dasarnya manejemen kpl terdiri dari Tecnikal manajemen, Crew menejemen,
Commercial Menajemen.
a.
Sebutkan unsur2 yg ada didalam 3 manajemen tersebut.
Jawab:
1. technical management :
-Melakukan perawatan & perbaikan kpl.
-Mempersiapkan pare part yg diperlukan.
-Sub kontraktor/engineer
2. crew management :
- Marine personal dept.
-Crew (nakhoda,perwira,rating).
3. Comercial manjemen
-Marketing
- Accounting
-Bagian traffic
b. Terangka bedanya “Menajement Kapal” dan “ Manejemen Armada”
Jawab:
-manajemen kpl : manajemen yg disusun utk satu kpl.
-manajemen armada :manajemen yg disusun/dibuat utk beberapa kpl.
-Melakukan perawatan & perbaikan kpl.
-Mempersiapkan pare part yg diperlukan.
-Sub kontraktor/engineer
2. crew management :
- Marine personal dept.
-Crew (nakhoda,perwira,rating).
3. Comercial manjemen
-Marketing
- Accounting
-Bagian traffic
b. Terangka bedanya “Menajement Kapal” dan “ Manejemen Armada”
Jawab:
-manajemen kpl : manajemen yg disusun utk satu kpl.
-manajemen armada :manajemen yg disusun/dibuat utk beberapa kpl.
Pemeliharaan
disiplin di atas kapal cukup penting untuk menjaga wibawa nakhoda dan para
perwira.
Jelaskan bagaimana pembinaan disiplin
dilakukan diatas kapal oleh nakhoda.
Jawab:
- Setiap crew harus melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan
mematuhi semua perturan yang ada
- Membina crew agar memiliki moral, etika dan kerja sama yang baik.
- Tetapkan sangsi –sangsi yangmendidik bagi crew yang tidak disiplin
dan melanggar peraturan yang telah ditetapkan sehingga kesalahan yang sama
dilakukan oleh crew yang lainnya.
Apa sebab kapal milik negara maju didaftarkan dalam
Fal Of Convinience
Jawab
karena salah satu biaya yang sangat tinggi dinegara adalah crew cost,
dengan mendaftarkan kapalnya ke bendera kemudahan sehingga dapat diawaki dengan
multinational crew dari negara2 berkembang, dimana gaji crew negara berkembang
lebih kecil dibandingkan dari negara2 maju sehingga dapat menghemat crew cost.
Jelaskan bagaimana Nakhoda mengatur
tentang:
a. Rencana pemberangkatan kapal untuk suatu voyage yang
panjang.
Jawab:
-
Memastikan semua peta dan penerbitan navigasi yg berhubungan dgn pelayaran
tersebut, dan pastikan telah dikoerksi sampai pd NTM / BPI terakhir.
- Memeriksa
navigational warning yg disiarkan untuk daerah pelayaran yang akan dilewati.
- Perhatikan ramalan cuca terakhir dan pertimbangkan keselamatan kapal.
- Berikan
pengarahan kepada seluruh perwira tentang jalur yg akan ditempuh.
- Pastikan
rencana pelayaran dicatat dalam Yoyage planning Abstract.
b. Rencana pemeliharaan dan perbaikan pada waktu docking.
Jawab
- Rencanakan
Kpl Docking
- Rencanakan
docking list dan repairt list
- Rencanakan Koordinator ABK untuk pengawasan dok
- Rencanakan Orgs
kapal u/ pengawas dok
Pada
suatu night Order (perintah Malam) kapal berlayar dilaut , tertulis “Jika
ragu-ragu bangunkan saya”
a. Jelaskan perintah seperti ini dapat membuat
keraguan para perwira jaga.
Jawab:
Dalam hal Night order tertulis “
Jika ragu2 bangunkan saya” dalam hal ini perintah yg titulis oleh Nakhoda cukup
jelas dan tidak ada keraguan bagi perwira jaga
b.Terangkan
bagaimana membuat perintah yang tidak Ambiguity (kerancuan / keragu –raguan/
tumpang tindaih)
Jawab:
Dalam hal membuat perintah harus
singkat dan jelas dalam bahasa yg sederhana dan mudah dimengerti
Sebutkan Jenis2 usaha pelayaran
Jawab:
-liner Shipping
(company)
-tramp shipping
(company)
-salvage company
-towing company
-passenger shipping
company
-ferry shipping
company
-cruise shipping
company
-off-shore shipping
company
Terangkan bagaimana Nakhoda
memelihara Human Relation yang baik dikapal, sehubungan dgn.
a. Tata cara di ruang makan perwira, bintara dan tamtama.
Jawab :
Setiap crew yang akan memasuki dan meninggalkan ruang makan
harus mengucapkan salam, sehingga setiap crew dapat menciptakan suasana saling
hormat menghomati
b. Peringatan hari besar agama atau
kenegaraan.
Jawab:
- Laksanakan
sesuai dgn agama dan kepercayaan crew sehingga setiap crew dapat melaksanakan
ibadah agamanya dengan baik.
- Adakan
liburan khusus untuk setiap peringatan keagamaan dan kenegaraan.
Perbedaan antara actual total loss (atl) dan
constuctive total loss (ctl)
Jawab
*Actual total loss adalah kerugian seluruhnya, dimana barang
pertanggungan hilang musnah.
*Constuctive total loss (ctl) adalah kerugian sebesar 75% atau lebih,
sehingga dapat dinyatakan dan diakui sebagai kerugian total.
Pemberitahuan yang harus diberikan oleh tertanggung pemilik
kapal dalam hal ini (ctl) adalah dapat melakukan abandonemen, penyerahan barang
pertanggungan kepada penanggung, untuk memperoleh penggantian kerugian penuh
dalam kerugian ctl.
Uraikan kenapa sifat usaha pelayaran sangat iternasional.
Jawab:
Karna usaha pelayaran dijuluki THE MOST REGULATED INDUSTRI ; adalah
perusahaan pelayaran bukan hanya tunduk pada peraturan Negara bendera tetapi
harus tunduk juga pada peraturan setempat dan juga harus mengikuti konvensi ;
A. SOLAS 74
B. STCW 78/ 75
C .COLREG 72
D. INTERNATIONAL LOAD LINE
66.
E. MARPOL 73/ 75.
F. ILO 147
G. TONAGE 69.
H. WHO
I. MARINE INSURANCE.
J. P & I CLUB
K. BIRO KLASIFIKASI
L. ITF.
Apa yang
dimaksud dengan:
a.
general average
adalah kerusakan
umum, semua kerugian dan biaya dalam keadaan darurat sengaja dibuat/
dikeluarkan dengan tujuan untuk menyelamatkan pelayaran.
Sebagai contoh:
Sebagai contoh:
*kerusakan atau
biaya harus dibuat dengan sengaja dalam keadaan darurat.
*kerusakan atau
biaya harus dibuat sengaja atau dapat dianggap sebagai akibat dari
perbuatan sengaja yang bersangkutan.
*kerusakan atau
biaya itu diadakan dengan tujuan semata – mata untuk menyelamatkan kapal dan
muatannya..
*segala sesuatu harus berhasil, artinya sebagai hasil (atau akibat)
dari tindakan membuang muatan dan lain –
lainnya itu.(walaupun tinggal sebagian kecil) dapat diselamatkan.
b.Particular average
adalah kerugian yang terjadi pada muatan atau kapal secara sendiri – sendiri.
Contohnya: bila kapalnya tenggelam, kandas, terbakar atau bertubrukan (akibat dari bahaya navigasi).
b.Particular average
adalah kerugian yang terjadi pada muatan atau kapal secara sendiri – sendiri.
Contohnya: bila kapalnya tenggelam, kandas, terbakar atau bertubrukan (akibat dari bahaya navigasi).
c.Demurrage
adalah denda yang harus dibayar oleh Penyewa kapal karena menggunakan waktu pemuatan dan atau pembongkaran melebihi alokasi waktu yang disetujui.
adalah denda yang harus dibayar oleh Penyewa kapal karena menggunakan waktu pemuatan dan atau pembongkaran melebihi alokasi waktu yang disetujui.
d.Despatch
adalah penyelesaian pemuatan atau pembongkaran yang lebih cepat dari pada alokasi laytime yang disediakan sesuai c/p: 1. Pengiriman.2. Lamanya kapal singgah dan tinggal dipelabuhan. Penyelesaian pemuatan atau pembongkaran muatan kapal, lebih cepat daripada waktu yang disetujui.
adalah penyelesaian pemuatan atau pembongkaran yang lebih cepat dari pada alokasi laytime yang disediakan sesuai c/p: 1. Pengiriman.2. Lamanya kapal singgah dan tinggal dipelabuhan. Penyelesaian pemuatan atau pembongkaran muatan kapal, lebih cepat daripada waktu yang disetujui.
e.Reversible laydays adalah:
1. Kelonggaran
tenggang waktu yang diberikan kepada kapal carteran untuk memulai pembongkaran
atau operasi.
2. Waktu dimana pencarter dapat melakukan pemuatan atau pembongkaran tanpa biaya extra laytime.
2. Waktu dimana pencarter dapat melakukan pemuatan atau pembongkaran tanpa biaya extra laytime.
Apa yg dimaksud dgn LAYCAN , berikan contohnya.
Jwb:
LAYCAN : Kpl tdk perlu tiba sebelum tanggal yg ditentukan dan kpl tdk boleh tiba
melebihi tanggal yg ditentukan
Contohnya:
Laycan 15-30 juni 2004 artinya kpl tdk perlu tiba sebelum tgl 15 juni dan
tdk boleh lewat tgl 30 juni 2004
Berikan tugas pokok dari derektorat
armada dan Derektorat Oprasi ,berikut 5 tugas penting dari masing masing
Derektorat tsb ,
Jawab:
Tugas pokok Derektorat Armada;
menyediakan kapal-kapal yang laik laut dan cukup diawaki ,dibekali, dan
diperlengkapi sesuai kebutuhan derektorat oprasi.
TUGAS-TUGAS PENTING LAINNYA ;
a. Menyusun anggaran biaya tetap kapal .
b. Menyusun jadwal doking dan survey kapal.
c. Menyusun formasi awak kapal .
d. Memelihara hubungan dengan organisasi buruh kapal .
e. Menyampaikan ketentuan-ketentuan IMO,ILO,kepada armada.
TUGAS POKOK DEREKTORAT OPRASI;
mengoprasikan kapal secara menguntungkan .
TUGAS-TUGAS LAINYA;
a. Menyusun anggaran pendapatan dan penghasilan.
b. Menyusun anggaran biaya variable.
c..Menunjuk kontraktor untuk bahan baker.
d. Menyusun stowador dan terminal
e. Menyusun jadwal kapal –kapal.
f. Menyusun para agen komisi.
Tugas Pokok Direktorat Keuangan:mengkoordinasi penyusunan anggaran.
Tugas Penting lainnya :
-menyusun anggaran corporate
-menyusun biaya finansial
-menyusun penyusutan (depreciation)
-menyusun biaya overhead
-menyusun kebutuhan dana (disbursements) di pelabuhan2 sesuai dengan
jadwal
-melaksanakan financial management
Dalam hal apakah Time Charter menurut BALTIME lebih menguntungkan bagi pemilik kapal dibandingkan dengan NEW YORK PRODUCE EXCHANGE (NYPE)? Uraikan pendapat anda dan berikan sebuah contoh .
Jawab:
Dalam hal off hire dimana pada BALTIME
bilamana kapal terjadi trobel engine selama 24 jam dari jam kerusakan
mesin maka baru akan diadakan off hire .dan bila kapalnya telah siap lagi
langsung on hire pada saat itu juga .Sedangkan menurut N.Y.P.E. bila terjadi
seperti keadaan tadi maka pada saat itu juga langsung off hire dan on hire
kembali setelah kapal tersebut kembali normal lagi on hirenya pada posisi
dimana terjadinya off hire .jadi yang lebih menguntungkan bagi pemilik kapal
adalah charter secara BALTIME
Berikan resiko-resiko yang di liput
( ditutup ) oleh PROTECTION AND INDEMNITY CLUB ( P & I ) berikut
contoh-contoh dari masing –masing resiko tsb .
Jawab:
a. Seperempat dari
nilai claim yang harus dibayar oleh pemilik kapal atas kerusakan kapal dan
semua claim atas kerusakan dermaga ,pelabuhan , hangar,pelampung dan
objek-objek tertentu lainnya di permukaan air .
b. Kerugian atau karma meninggal,cederanya seseorang diatas
kapal yang di tanggung termasuk kompensasi pekerja ,kerugian yang diderita
pegawai .resiko-resiko umum dan claim dari perusahaan bongkar muat .
c Bagian muatan yang terkena general average jika tidak
layak ditanggung oleh pemilik muatan .jika keadaan itu adalah akibat dari
kealpaan navigasi
d. Claim atas kerusakan kapal lain yang tidak karena
tubrukan
e. Biaya-biaya yang menurut hokum wajib dipikulkan kepada
anggota club ( pemilik kapal dalam mengangkat atau memindahkan bangkai kapal
yang di pertanggungkan .
f. Biaya –biaya perawatan kesehatan pengobatan di rumah
sakit ,pemulangan ,pemakamam dan biaya –biaya lain yang berhubungan dengan
sakit, cedera atau meninggalnya nakhoda pelaut atau siswa yang dipekerjakan di
kapal .
g. Biaya-biaya karantina.
Berikan
sekurang kurangnya 5 jenis freight berikut uraian dari masin masing freight
tersebut.
Jawab:
1.FIOST (Free In Out stowage & Trimmed) : semua biaya
muatan ditanggung oleh pencarter.
2.FILO (Free In Liner Out) : biaya muat kpl bebas, biaya
bongkar kpl bayar.
3.LIFO (Liner In Free Out) : biaya muat kpl bayar , biaya
bongkar kpl bebas.
4.AD VALOREM FREIGHT : freight untuk muatan berharga
5.DEAD FREIGHT : denda yg hrs dibayar oleh pencharter apabila jumlah
muatan kurang dari pd yg telah disepakati.
6.FREIHT PAYABLE AT
DESTINATION : muatan di bayar di
pelabuhan tujuan.
7.PREPAID FREIGHT : sebelum muat sudah di bayar.
Sebutkan biaya tetap kapal (running Cost) biaya tsb
tetap dikeluarkan apakah kapal atau berlabuh dgn atau tanpa muatan
Jawab
-Biaya pemeliharaan (maintenance):
Terdiri dari : biaya docking/repair, store dan spare.
-Biaya awak kapal (crew cost):
terdiri dari : gaji dan over time,
asuransi , pengobatan, diklat, tes kesehatan rekrutmen, termasuk juga untuk
crew cadangan.
-Biaya asuransi:
Terdiri dari : Hull and machinery insurance dan P&I.
Sebutkan biaya2 yg bersifat tetap namun bukan unsure
biaya tetap kapal
Jawab:
-OVERHEAD ; biaya kantor pusat, gaji pegawai kantor pusat, sewa kantor,
kendaraan, alat2 telekomunikasi, dsb.
-PENYUSUTAN (depreciation) ; dana yg harus disisihkan untuk mengganti
kapalnya pada waktunya (usia ekonomis).
-FINANCIAL COSTS : bunga pinjaman dari bank.
Sebutkan Unsure-unsur biaya variable (voyage costs)
Jawab:
-Biaya bahan bakar (Bunker) yg dpt dijabarkan dalam : MFO : Marine Fuel
Oil untuk mesin Induk dan MDO : Marine Diesel Oil untuk mesin bantu.
-Biaya muatan (cargo costs) yg dpt
dijabarkan dalam : biaya muat/bongkar, stowage, trimming, lashing, cleaning.
-Biaya pelabuhan, terusan (Port Charges Canal Dues) yg dpt dijabarkan dlm
: Harbor Dues, Pilotage, Tug.
-Agency Commission yg dpt dijabarkan dlm : Inward Commission (Handling
Commission) dan Outward Commission (booking dan Handling Commission).
Sebutkan ke 3 kondisi yg hrs di penuhi oleh carrier menurut The Huge Rules sebelum dan pada saat pelayaran akan dimulai untuk memperoleh 17 kekebalan. Berikan minimal 5 dari kekebalan2 tersebut.
Jwb :
-membuat kpl laik laut
-mengawaki,memperlengkapi
dan memberikan bekal kpl yg secukupnya.
-membuat semua ruangan yg akan
dipergunakan untuk muatan, termasuk ruangan2 pendingin bila ada layak untuk
menerima muatan.
17 kekebalan2 dan 5
diantaranya adalah :
1) tidak bertanggungjawab atas
kesalahan navigasi nakhoda dan awak kpl.
2) tidak bertanggung jawab atas
daerah perang.
3) tidak bertanggung jawab atas
daerah pemogokan.
4) tidak bertanggung jawab atas
merkah2 yg tdk jelas
5) tidak bertanggung jawab atas
muatan itu sendiri
Berikan syarat2 yg harus dipenuhi sebelum sebuah
kapal dalam voyage charter dapat memberikan “Notice of Readines”
Jawab
NOR diberikan apabila kapal telah tiba (arrived). Arrived adalah tempat
bongkar/muat, siap dan pengiriman/penerima barang diberitahu serta laydaysnya
berlaku.
Kapan NOR dapat ditender dan kapan layday mulai
dihitung
Jawab:
apabila kapal sdh mrpkan arrived ialah bahwa kpl telah berlabuh di bagian
dr pelabuhan di mana lazimnya diadakan kegiatan muat/bongkar shg NOR dpt
ditender (dimana palka2 sdh bersih dan boom2 sdh diangkat)
biasanya NOR pd hari sabtu atau sehari sebelum pukul 13.00 dan Laydays
mulai dihitung pd hari senin atau sehari setelah hari raya sedangkan apabila
kpl tiba setelah pukul 12.00 maka NOR
baru dpt ditenderkan pd hari senin atau sehari setelah hari raya antara
pukul 08.00 dan pukul 12.00 dan Laydays baru mulai dihitung pada hari senin
atau sehari setelah hari raya pd pukul 13.00
Apakah yg dimaksud dgn Letter of Indemnity (LOI)
serta resiko sehubungan dgn LOI tersebut
Jwb :
Leter of Indemnity ( LOI) : surat jaminan yg dibuat oleh shipper
yg menyatakan bahwa shipper bertanggung jawab atas kerusakan atau cacat muatan
yg disebut didlm surat jaminan tersebut.
Resiko sehubungan dgn LOI adalah
: adanya kerugian2 atau kerusakan dan kehilangan muatan.
Proses muat bongkar di atas kpl hrs direncanakan
dgn baik agar mencapai tujuan bahwa muatan akan sampai di pelabuhan tujuan dlm
keadaan baik.
Buat lah langkah-langkah yg di ambil utk mencapai tujuan tsb!.
Jwb :
Pelabuhan tujuan.
Sifat-sifat muatan.
Jumlah, merk muatan.
Volume dan tonnage muatan
Warna pelabuhan. Dan dibuat
Final Stowage plan
Untuk lebih membantu pelaksanan pembongkaran mk dibuat
:
Hatch list (daftar muatan tiap palka).
Discarging list (daftar muatan ug dibongkar)
Salah satu faktor yg mempengaruhi timbulnya
peneriman tenaga kerja adalah faktor perundang undangan. Jelaskan dan berikan
contoh satu saja.
Jawab;
Misalnya
menurut STCW diatur ttg persyaratan2 untuk bermacam2 sertifikat dek, mesin,
radio yg hrs dipenuhi sehingga bagi pelaut yg blm memenuhi ketentuan dan
persyaratan STCW harus sign off untuk bisa mendapatkan sertifikat tsb. Dan itu
berarti posisi yg ditinggalkan kosong dan merupakan peluang bagi perusahaan
untuk menerima pelaut baru yg telah bersertifikat lengkap.
Dlm ISM Code disebutkan bahwa Nakhoda harus memotivasi ABK dlm mencermati
kebijakan management. Cara2 apa saja yg dpt ditempuh oleh Nakhoda untuk
memotivasi ABK?
Jawab:
- Promosi jabatan
- Kenaikan gaji
- Bonus
- Memberikan penghargaan
“Old ship can be excellent ship while new ship can be sub- standard ship,
depends on their maintenance”
a. Maksud dari ungkapan diatas adalah:
Meskipun kpl tua tapi
perawatanya bagus akan seperti baru & bagus pengoperasianya, sebaliknya kpl
baru bila tidak terawat akan tidak memenuhi standard pengoperasian &
keselamtan.
b.Kaitanya
dengan ISM Code adalah: Tiap2 kpl diwajibkan u/ mengadakan perwatan &
perbaikan secara intensif & berencana secara tertulis dlm format standard
yg telah ditentukan oleh IMO, guna memenuhi standard keselamatan pelayaran.
Berdasarkan ketentuan chapter V SCTW ’95 bagi crew,kpl penumpang wajib memiliki keterampilan ”Crowd management” & “crisis management”.
a. Maksud crowd management bahwa latihan yg dilakukan secara efektif akan
menghasilkan pengoperasian kpl secara aman karena dlm latihan ini akan
mempelajari prosedur2 safety di atas kapal. Peralatan safety membantu dan
mengontrol penumpang dlm emergency.
Maksud
krisis management bahwa pelatihan ini
diperuntukkan bagi master, chief engineer, chief officer dan perwira lainnya.
Dan setiap orang yg ditunjuk langsung untuk bertanggung jwb thdp embarkasi/
disembarkasi penumpang dari atas kapal dan pengamatan thdp muatan yg dimuat di
atas kapal.
b. Kaitanya dengan penumpang yaitu: dengan
adanya system management diatas, maka dapat mengatasi kepanikan penumpang pd
saat terjadi kedaan darurat.
Pada saat “standing order” nakhoda dianjungan tertulis “call me at any
time if in doubt but do it in ample time, better to soon than to late”
a. Artinya: jika ada keragu-raguan
panggil/bangunkan saya tetapi dalam waktu yg cukup sesegera mungkin, jadi bila
perwira jaga ragu dlm mengambil tindakan hrs segera memanggil nakhoda ke
anjungan. Sehingga jika nakhoda sudah dianjungan masih bisa mengantisipasi
tindakan yg akan diambil.
b. Kata “in doubt” kadang
menjadi rancu, sebaiknya order itu ditulis “Any doubt” artinya: jika ada atau
akan terjadi suatu situasi yg membuat keragu2an
Keterlambatan pengoperasian kpl akan merugikan perusahaan karena “ daily
running cost” kapal relative tinggi.
a. Maksud dari daily running cost adalah:
anggaran biaya harian tetap kpl yg
terdiri dari:Biaya pemeliharaan , Biaya awak kapal, Biaya asuransi
b. Cara menghitungnya adalah: misal, sebuah kpl
dgn biaya tetap U$ 10,000/day akan menghasilkan U$ 200,000 dlm satu round
voyage. Jika terjadi delay 3 hari dilaut & 7 hari dipelabuhan total 10
hari, maka kelebihan biaya tetap kpl saja U$ 200,000 tsb telah habis. Belum
lagi pemakaian BB & FW juga akan lebih besar sehingga merugikan perusahaan.
proses muat bongkar di atas kapal
harus direncanakan dengan baik agar mencapai
tujuan bahwa muatan akan sampai di pelabuhan tujuan dlm keadaan baik.Buatlah
langkah-langkah yang di ambil utk mencapai tujuan
tsb!
Jwb :
- Pelabuhan tujuan.
- Sifat-sifat muatan.
- Jumlah, merk muatan.
- Volume dan tonnage muatan
- Warna pelabuhan. Dan dibuat
- Final Stowage plan
- Untuk lebih membantu pelaksanan pembongkaran mk dibuat :
- Hatch list (daftar muatan tiap palka).
- Discarging list (daftar muatan ug dibongkar)
a) Sebab2 kapal
Negara maju didaftarkan pada Negara
bendera kemudahan (FOC) yaitu :
1. biaya cost/pajak murah
2. memakai awak kapal multinasional
3. tiap kapal memliki status hokum yang terpisah dari kapal lain
(sister ship)
b) Shipping bersifat
sangat internasional karena:
1. selain tunduk pada aturan Negara bendera juga tunduk kepada port state
2. tunduk pada biro klasifikasi
3. tunduk pada asuransi laut dan P & I Club
4. tunduk pada ITF dan konvensi2 internasional seperti IMO, ILO, WHO, Hague Rules dsb
Uraikan kontrak salvage yang dianjurkan oleh
asuransiberikut prosedur penyelesaiannya
Jawab :
- Kontrak salvage dianjurkan oleh asuransi yaitu menggunakan Lloyd open
form ( LOF ) salvage agreement berdasarkan “ No cure no pay” artinya bahwa
berapapun yang telah dikeluarkan oleh salvor namun apabila tidak berhasil,
tidak berhak atas salvage award (imbalan salvage) dan bertanggungjawab apabila
kapal yang disalvage tenggelam atau kandas atau bertubrukan
atas`kesalahan/kelalaian salvor.
- Sedang perwasitan yang
menangani dan menyelesaikan tubrukan salvage diluar pengadilan adalah arbitration.
- Apabila arbitrator oleh setiap
pihak tidak mencapai persesuaian, maka kedua arbitrator akan menunjuk seorang
umpire yang keputusannya adalah final dan mengikat.
Berikan unsur2 dari
Time Charter Hire dan cara menyesuaikan Charter Hire apabila ternyata
Charter Hire menurut perhitungan pemilik kapal lebih tinggi dari harga pasaran?
Jawab:
Unsur2 dari Time Charter Hire:
- Biaya tetap kapal
- Overhead
- Depreciation
- Profit
Cara menyesuaikannya:Pertama-tama Penyesuaikan profi kalau perlu bahkan
dihilangkan dlm resesi yg akan panjang
akan mungkin kapalnya bahkan harus diistirahatkan (Laid Up) dgn demikian pemilik dapat
menghemat dlm asuransi dan crew cost
karena apabila kapal dilabuhkan dibagian terlindung selama 30 hari berturut2 sebagian dari premi asuransi dapat
dikembalikan karena kapal tidak diekspos terhadap resiko2 dan selama diLaid Up
awak kapal cukup dgn Skeleton Crew sambil menunggu pasaran membaik.
Uraikan resiko-resiko yang
tertutup pada marine insurance (Hull & Machinery insurance) dan pada P
& I Club
Jawab.
a. resiko2 yang ditutup pada marine insurance (H&M I ) adalah:
- collision
- heavy weather
- sinking
-
fire
-
stranding
b. resiko yang ditutup oleh P & I club
-
kecelakaan awak kapal
-
stow away
-
wreck removal
- fixed
floating object
-
oil pollution
-
cargo claims
-
¼th collusion
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
BalasHapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut