Pada mesin kemudi electro Hydraulic, harap diuraikan fungsi dari
masing-masing peralatan sebagai berikut :
a.Pompa rotasi ( hele shaw maupun W. Janny)
Adalah
berfungsi utk membangkitkan tekanan sehingga mampu utk mendorong plunyer pada
silinder kemudi.
Yang biasa dipakai : pompa hele shaw dan williams
janney
b.Telemotor transmitter
Adalah
sebagai pemberi langsung yg dapat dikendalikan oleh setir kemudi di anjungan
sesuai kebutuhan cikar kiri/kanan.
c.Telemotor receiver
Adalah sebagai penerima reaksi pengisapan atau penekanan dari tekanan
motor transistor shg dapat merubah posisi silinder di receiver ke kiri/kanan.
d.Rams
: fungsinya menerima penekanan dan penghisapan dr pompa
rotasi yg hasilnya akan menekan atau mendorong plunyer did lm silinder dan
diteruskan utk mencikar kemudi
Yang
dimaksudkan air conditiner di kapal tidak hanya mengatur kenyamanan untuk kabin
saja, tapi dikapal sering juga dilengkapi dengan pengering udara palka agar uap
air didalam palka tidak menyebabkan korosi muatan. Gambarkan dengan bagan
sederhana dan jelaskan prinsip kerjanya dari instalasi udara palka sistem
absorpsi.
Cara kerja
Udara yg
mengandung byk uap air dlm palka di hisap oleh Blower B melalui sbh penyaring
A. dari Blower B udara dilalukan ke pendingin C yg mana disini didinginkanoleh
air laut pendingin. Melalui kran K yg sdg membuka aliran ke D selanjutnya udara
masuk ke penyerap D. udara ini di D dihisap uap airnya oleh bahan penyerap. Di
silica gel atau oksida aluminium yg di activer. Krn uap air tadi mengembun di
silica gel, sedangkan pengembunan terjadi bila ada panas yg dibuang, maka
berarti panas dari bhan penyerap akan dilepaskan ke udara, shg udaranya menjadi
panas, maka udara yg kering ini selanjutnya perlu ddinginkan lagi dipendingin F
yg selanjutnya dialirkan ke berbagai ruangan2 palka. Lama kelamaan (6jam) bahan
penyerap tadi akan jenuh dgn uap air,shg daya serapnya berkurang. Maka bahan
penyerap ini perlu diactiver kembali.
Uraikan
untung ruginya derek muatan sistem keran dibanding derek muatan dengan boom.
Keuntungannya :
-Mempunyai kapsaitas yan g
lebih besar
-Untuk melayani muatan
diperlukan lebih sedikit personil
-Selalu siap dipakai
karena dengan boom-boom harus dipersiapkan dulu, dimana, Untuk ini memerlukan
banyak tenaga dan waktu.
-Lebih mudah untuk
melayani muatan pada dua palka yang berdekatan dan dapat Berputar 360°
Kerugian :
-Biaya banyak dan
konstruksinya sulit.
-Tinggi angkatnya terbatas
-Diperlukan tenaga yang
mempunyai skill lebih tinggi
-Untuk perbaikan dan
perawatan memerlukan lebih banyak biaya.
Untuk
kapal yang mesin penggerak utamanya oleh Mesin diesel, ternyata dari energi
yang dibangkitkan oleh internal combustion chamber ( pembakaran bahan bakar
didalam silinder) hanya kurang lebih 30 % saja yang digunakan sebagai energi
pendorong kapal. Harap dijelaskan mengapa demikian dan kemana saja kehilangan
energi tersebut.
Karena disebabkan adanya beberapa kerugian yg timbul antara lain :
-Kerugian panas
yg terbuang ke cerobong sebanyak 28 %
-Kerugian panas
ke air pendingin sebanyak 25 % karena mesin harus didinginkan
-Kerugian
pancaran panas ke sekeliling mesin sebanyak 2 %
-Kerugian panas
ke minyak pelumas utk menampung gesekan pada bearing / bantalan, gesekan antara
ring torak dgn silinder liner sebanyak 4 % (disebut gesekan mekanis)
-Kerugian
gesekan thrust bearing, tunnel bearing dan gesekan air terhadap propeller
sebanyak 11%
Untuk
mempersiapkan kapal maneouvre keberangkatan diperlukan waktu untuk
mempersiapkannya. Mengenai apa saja yang harus dipersiapkan dan jelaskan juga
pesawat-pesawat apa yang harus dijalankan / dipersiapkan.
Yang harus
dipersiapkan :
-Cocokkan jam dgn anjungan
-Test telegraph, test
kemudi
-Menyiapkan boiler utk
pemanas FO
-Menyiapkan compressor utk
start main engine
-Menyiapkan aliran listrik
ke winch
Dengan
kapal berlayar pada kecepatan 15 knots, dan pemakaian bahan bakar 30 ton per
hari, maka sisa bahan bakar dikapal hanya akan cukup untuk menempuh jarak 2400
mil saja. Sedangkan jarak yang masih harus ditempuh 2800 mil lagi. Ditanyakan :
a.Agar
bahan bakar yang ada cukup sampai di tujuan, barapa kecepatan seharusnya.
b.Harap dihitung juga berapa ton bahan bakar yang masih tersisa di
kapal tersebut.
Dik: kecepatan kapal (V1) = 15 knots,
pemakaian BB/hari (B1)= 30 ton, S1= 2400 mil, S2= 2800 mil.
Dik: ......
Dit: a. Kecepatan kapal yg seharusnya (S2)
b. Sisa
bahan bakar
penyelesaian:
a.kecepatan kapal yg seharusnya:
S2 : S1 = V1² :
V2²
Þ V2² = (S1 x V1²) : S2
V2² = (2400 x 15²) : 2800
V2² = 540.000 : 2800
V2² = 192.86
V2
= Ö 192.86
Speed Seharusnya V2 =
13.89 Knots
Jadi Kecepatan kapal yg seharusnya adalah 13.9 knots
b.sisa bahan bakar (B2):
Speed x 24
jam
Þ 15 x 24 = 360 mil
360 mil = 30 ton/hari
2400 : 360 = 6.67
hari
Jadi sisa BB tersisa di kpl :
Þ 30 x 6.67 = 200.1
ton
Harap
diuraikan beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi untuk muatan dalam reefer
container agar pihak kapal dapat sepenuhnya menerima diatas kapal untuk muatan
dalam reefer container dari shipper tersebut.
-pada waktu penerimaan
refer cont., unit dan peta catatannya hrs diperiksa kerjanya, dan mungkin
terdpt kerusakan yg menyebabkan container tdk layak utk mengangkut refer cargo.
-refer cont. hrs
ditempatkan pd posisi yg aman dan dgn bagian unit refrigerator dihadapkan
sedemikian rupa shg mengizinkan dilakukannya monitoring dan service pd
komponen2 dr refrigerator
-diperiksa agar kabel
penyalur listrik di plugged dgn benar (pd setiap ujungnya) dan bahwa penyalur
listrik dan unitnya tlah dihidupkan. Unit hrs diplugged tdk lbh dr 1 jam stlh
container tiba dan tdk lbh dr 30 menit sesudah container mendpt posisi
-badan container diperiksa
thd kerusakan dan agar semua segel, peralatan tutup pintu, ventilasi berada dlm
keadaan baik
-periksa lampu2 penunjukan
sesuai dgn fungsinya
-periksa catatan
temperature utk menyakinkan bahwa grafik yg terlukis pd peta adalah benar dan
bahwa temperature berada dlm batas2 yg dpt diterima. Pegas lonceng hrs
dikencangkan penuh, peta ditempatkan dgn tepat, shg tgl dan waktunya sesuai dgn
waktu dr pemeriksaan
a.Uraikan
fungsi dari oily water separator ( bilge water separator)
Sebagai tabung pemisah antara air got dan minyak (kotoran dlm air got)
b.Harap dijelaskan secara singkat prinsip kerja dari Oily Water
separator tersebut !
-Air got
dihisap oleh bilge pompa H diteruskan ke bilge separator A stage 1 (yg
bercampur dgn sludge oil)
-Grafity disc
yg berada dlm bilge separator A yg berputar sentrifugal oleh motor penggerak
dari motor listrik. Yg mengakibatkan memisahkan bagian yg berat dgn yg ringan
krn pengaruh berat jenis antara air got dan minyak kotor, minyak kotor
terlempar ke bagian atas sementara yg berat terlempar ke bagian bawah.
-Minyak kotor
tsb akan mengirim sinyal ke control unit yg mengakibatkan selonoid valve E
bekerja, membuka membrane piston valve D.
-Sehingga
minyak kotor masuk ke sludge oil tank F, sedang air got masuk ke coaliser
(stage 2) B. ke filter G naik ke atas ke sisi kanan, membalik turun ke bawah
lewat filter G ke sisi kiri.
-Konsentrasi
air laut dpt dimonitor di OPM (Oil Pollution Monitor) bila konsentrasi menunjuk
15 PPM maka air laut boleh langsung dibuang ke laut namun bila lebih dr 15 PPM
maka ke dalam sisitem coaliser secara flushing dgn harapan menurunkan nilai PPM
tsb hingga normal utk dibuang
-Minyak kotor
tsb ditampung di sludge oil tank F selanjutnya dibakar di Incinerator sehingga
minyak terbakar menjadi gas, minyak kotor tsb tdk dibolehkan dibuang ke laut
krn akan menimbulkan pencemaran laut, lingkungan.
Harap
diuraikan fungsi masing-masing bearing sebagai berikut :
a.Bearing dari poros baling-baling
Utk menyangga berat poros juga menahan gaya sentrifugal sebagai akibat
perputaran propeller termasuk menahan tekanan gaya air secara radial.
b.Intermediate bearing ( tunnel bearing)
Utk menyangga
berat dari poros baling-baling
c.Thrust bearing ( blok pendorong)
Utk menahan poros baling-baling pada saat kpl maju atau mundur.
Pada suatu instalasi mesin pendingin harap
dijelaskan fungsi dan prinsip kerja dari :
a.Termostatic expansion
valve
Fungsi thermostatic expansi valve adalah:
mengatur jumlah bahan pendingin yang mengalir menuju evaporator.
b.Solenoid valve.
Fungsi solenoid
Valve adalah untuk membuka/ menutup valve secara otomatis dalam system control
Jarak
layar yang akan ditempuh adalah 2340 mil laut. Pada kecepatan 18 knots,
pemakaian bahan bakar 36 ton per hari. Diinstuksikan dari kantor pusat agar
kapal dapat sampai 10 (sepuluh) jam lebih jepat dari jadwal semula. Ditanyakan
:
a.Berapa kecepatan agar instruksi kantor pusat dapat dipenuhi.
b.Apakah bahan bakar yang tersisa dikapal 240 dapat mencukupi,
harap dibuktikan / dihitung.
Dik : isi sendiri.....
Dit : a. V2 (10 jam lebih cepat)
b. Sisa BB di kpl masih cukup / tidak
a. S1 : V1 Þ 2340 : 18 = 130 jam
Utk lebih cepat 10 jam maka :
130 jam – 10 jam = 120 jam
Jadi speed yg dibutuhkan :
V2 = S1 : t Þ V2 = 2340 : 120
= 19.5 knots
b. B1
: B2 = V1³ : V2³ Þ B2 = (B1 x V2³) : V1³
=
(36 x 19.5³) : 18³
=
(36 x 7414.875) : 5832
=
266935.5 : 5832
=
45.77 ton / hari
Pemakaian
BB selama 120 jam :
120 : 24) x 45.77 Þ
5 x 45.77 = 228.85 ton
Jadi
BB yg tersisi di kpl CUKUP dgn asumsi :
Sisa
BB – Pemakaian BB
Þ 240 – 228.85 = 11.15 ton
Uraikan
perbedaan utama dan jelaskan keuntungan dan kerugiannya mesin kemudi electro
hydraulic tipe 4 ram ( silinder) dibandingkan tipe 2 ram ( silinder)
Keuntungan :
-Sistem lebih
sederhana (peralatan sedikit)
-Harga lebih
murah
-Perawatan
sederhana
-Biaya
perawatan relative kecil
-Waktu
perawatan relative cepat
Kerugian :
-Instalasi listrik hrs selalu kering terutama saat kemudi tdk
digunakan,utk mencegah short circuit (hubungan pendek arus listrik) krn bisa
menimbulkan bahaya kebakaran.
-Perawatan listrik memerlukan keahlian tersendiri
Uraikan keuntungan maupun
kerugiannya menggunakan msn kemudi
Electro Hydraulic Kerja Ganda di
bandingkan menggunakan Msn kemudi electro Hydraulic kerja Tunggal!
Keuntungan
- Effek rudder ckp berfungsi walaupun
bobot kpl, ckp bsr. - Kpl tetap beroperasi walaupun ada gangguan pd beberapa
ram cylinder (kecuali terganggu lebih 2 ram cylinder).
Kerugian
- Harga belinya lebih mahal. - Perawatan
lbh banyak, berarti juga wkt perawatannya lebih lama
- Pemakaian suku cadang lbh bsr. - Biaya
perawatan lbh bsr.
Bila kapal mengangkut reefer container, apa yang harus
dilaksanakan dan diusahakan oleh crew ( ABK) sehubungan dengan tanggung
jawabnya agar muatan beku ( deep frozen ) tidak rusak / beku.
1.Mesin Container hrs dijalankan paling lambat 30 mnt setelah dimuat
diatas kpl dan bahwa monitoring di laksanakan sesuai dgn ketentuan2 monitoring
harian yg berlaku sbb:
a.Jalannya grafik pd peta hrs di periksa dan temperature yg tercatat
hrs dicantumkan di dlm lembaran LOG.
b.Lamou penunjukan operasi dr unit hrs diperiksa utk meyakinkan bahwa
lampu yg sedang menyala pd waktu diperiksa menyatakan keadaan operasi dr unit2
dan temperature yg tercatat pd peta.
c.Diperiksa agar aliran dingin,Driyer dan tingginya minyak compressor
cukup.
d.Monitoring muatan tdk kurang dari 2 kali sehari dgn selang waktu tdk
kurang dari 8 jam.
2.Catatan hasil monitoring hrs disimpan di kpl selama waktu tdk kurang
dr satu tahun dan satu copy hrs di siapkan utk di berikan kepada kepala bagian
service yg bersangkutan apabila diminta.
3.Sebelum
di bongkar,maka unit ybs hrs dimatikan dan container hrs di periksa sblm pembongkaran
4.Bila
container di bongkar dr kapal maka segala keterangan kecurigaan mengenai
kerjanya dan pembacaan temperature yg melewati batas ketentuan,hrs disampaikan
ke staf pengawasan pd tempat pengawasan berikutnya.
Uraikan keuntungan dan kerugiannya kemudi listrik bila
dibandingkan dengan kemudi elektro hidraulic.
KEUNTUNGAN ;
1.Sistim lebih
sederhana
2.Harga beli lebih
murah
3.Perawatan
sederhana
4.Biaya perawatan
relative kecil
5.Waktu perawatan
relative cepat
KERUGIAN :
1.Instalasi
listrik harus selalu kering terutama saat kemudi tidak digunakan, untuk
mencegah short circuit (hubungan pendek
arus listrik) karena bias menimbulkan bahaya kebakaran.
2.Perawatan listrik memerlukan keahlian
sendiri.
Terangkan penggunaan mesin pendingin dikapal secara umum
terutama pada industri.
- untuk mendinginkan ruangan2,
untuk menyimpan bahan makanan agar tahan lama
- untuk mendinginkan ruangan tempat tinggal , cabin, salon dll
- mendinginkan ruangan muatan
Sebutkan sifat-sifat bahan pendingin (Refrigerant).
Mesin pendingin tergantung dgn setting suhu untuk ruangan
yg akan didinginkan.
Contoh : freeze room suhunya ≤ 0º, Cool room suhunya diatas 0º
Pada kecepatan 16 knots, pemakaian bahan bakarnya 30 ton
per hari. Bahan bakar yang tersedia masin 190 ton. Kapal ingin sampai di
pelabuhan tujuan 8 jam lebih cepat agar sampai pada siang hari. Jarak yang
masih harus ditempuh : 2304 mil lagi .
Ditanyakan :
a.Berapa kecepatan kapal harus diatur agar jumlah bahan
bakar yang dipakai selama dalam perjalanan tidak berubah walaupuh ingin samapai
lebih cepat mengingat bahan bakar yang tersedia sudah kritis.
b.Harap dihitung apakah benar bahan bakar tesebut masih
cukup.
Dik: - Speed
16 knots
- Daily comsumption 30 ton perhari
- R.O.B 190 ton
- Distance to go 2304 Mil
- Kapal ingin tiba 8 jam lebih awal
a.) 2304 Mil
= 144 jam
16 Knots
144 jam - 8
Jam =
136 jam
kecepatan sekarang
agar kapal tiba 8 jam lebih awal :
2304 Mil = 17 Knots
136 jam
b.) Pemakaian BB pada kecepatan 16 knots
2304 mil x 30 = 144 x 1.25
16 knot
24 = 180 ton
Kalau pemakaian
bahan bakar pada kecepatan 17 knots adalah B2
Maka :
-
180 : B2
= 16²
: 17²
180 : B2
= 256
: 289
B2 = 52020
256
= 203 ton
Jadi bahan bakar yang tersisa
dengan kecepatan 17 knots adalah :
190 ton - 203 ton = -13 ton
a.Jelaskan
hubungan antara daya dorong kapal dengan berat benaman (displacement)!
Semakin besar displacement maka makin besar
pula daya dorong kapal yg diperlukan.
b.Sebutkan kelemahan-kelemahan instalasi turbin uap
sebagai pesawat pendorong kapal dibandingkan dengan motor diesel!
-. Power ratio besar, pesawatnya kecil dan dayanya tak terbatas
-.Operatornya sedikit
-.Investasi biaya mahal
-.Getaran / amplitudo kecil.
c.Sebutkan
3 (tiga) jenis pesawat pendorong kapal
yang saudara ketahui!
Motor diesel, motor turbin uap, motor uap torak.
Pada kapal-kapal yang mengangkut non containerized cargo
atau muatan umum (general cargo) umumnya dilengkapi dengan pengering udara palka sistem blower. Harap uraikan
(disertai bagan sederhana) prinsip- kerja sistem blower tersebut.
Dengan
sisitim blower ,bila dipergunakan sistim
ini maka setiap palka harus ada 2 blower
,yaitu blower hisap dan blower tekan ,
a.Bila R.H udara
luar lebih tinggi dari pada R H udara dalam palka maka tidak ada gunanya udara luar diisap,
jadi hubungan dengan udara luar pada blower tekan ataupun pada blower isap lebih baik ditutup saja.
Selanjutnya sirkulasi udara dapat diselengggarakan dengan udara palka saja, dan
bila dianggap perlu dapat dialirkan udara kering darialat pengering udara.
b.Bila R H udara
luar lebih rendah dari udara palka maka udara luar dihisap yang kemudian
ditekan / dihembuskan kedalam palka .dan sebaliknya blower hisap akan menghisap
udara palka untuk kemudian di buang keluar ,shg terjadi aliran udara dari
belakang ke depan kapal
Pd FW generator (Pswt Pembuat Air Tawar) yg
menggunakan air pendingin keluar msn induk pemanasannya, :
a.Mengapa tekanan didlm pesawat harus vakum
?
Krn utk menguapkan kembali
cairan freon yg msk dg cara mengambil /
menyerap panas yg berada di dlm
ruang dingin atau yg berada disekitar pipa coil tsb
b. Jlskan cara membuat Vacum di dlm pesawat
dg memasang ejector air utk udara, dimana ejector
ini dihubungkan ke ruang kondensor &
akan menghisap terus menerus udara &
gas2 yg tdk mencair, shg di dlm evaporatur
dpt dicapai vakum yg tinggi, yg memungkinkan air laut didlmnya menguap pd suhu 35 – 45 o
C
c. Harap dihitung berapa ton air laut yg hrs dimskkan kedlm pswt tsb bila kadar
garam air laut didlm pswt dipertahankan 3/32.
Kepekatan = bagian
kotoran /garam = 3
bagian yang murni 32
Utk bagian garam = 3 & bagian murni = 32 maka diperlukan
air laut = 35 bagian, maka setiap ton
air laut akan mengandung 857,1 Ons garam & 9.142.86 Ons air murni
Harap diuraikan fungsi
dari masing-2 bearing sbb
a. Bearing dari poros baling-baling
Utk menyangga
berat poros juga menahan gaya sentrifugal sbg akibat perputaran propeller
termasuk menahan tekanan gaya air secara radial.
b. Intermediate bearing (tunnel bearing)
Utk menyangga
berat dari poros baling-baling
c. Thrust bearing (blok pendorong)
Utk menahan poros
baling2 pd saat kpl maju atau mundur.
Komponen-komponen yang ada
pada mesin pendingin diantaranya adalah Compressor, Kondensor, Evaporator, Oil
Separator, Receiver, Pengering, Selenoid Valve, dan Expantion Valve.
Jelaskan fungsi dari
masing-masing komponen tersebut disertai gambar skema dari aliran dalam sistem
mesin pendingin!
- Compresor :
Utk mengisap gas bhn pendingin tekanan rendah & Evaporator menekannya ke
katup ekspansi melalui kondensor dg tekanan tinggi.
- Kondensor :
suatu pesawat bantu utk mengubah bentuk gas
atau uap menjadi bentuk cair dg
proses kondensasi.
- Evaporator :
Suatu pesawat penguap & unit instalasi pembuat air tawar dr air laut dg
proses penyulingan.
- Oil sparator :
Suatu pesawat bantu yg berfungsi utk memisahkan bagian2 yg berat & yg
ringan antara air got dg minyak2 kotor.
- RECIEVER : utk pengumpul cairan bhn pendingin
sblm di alirkan kedlm sistem
- Expantion
Valve : mengatur jumlah bhn pendingin
yg mengalir menuju evaporator
- Selenoid Valve
: utk menyetop aliran bhn pendingin bila suhu
refrigerating space sdh mencapai batas terendah & membuka bila suhu
refrigeranting space mencapai batas tertinggi.
- Pengering :
utk menyaring atau menyerap kandungan air yg terdpt di dlm zat pendingin.
Cara Kerjanya :
Kompresor (A) menghisap uap bhn
pendingin pd tekanan 1.8bar suhu 10OC & meningkat tekanannya s/d
8.6bar suhu 65OC. selanjutnya dikondensor (B) suhu diturunkan dan
uap di rubah menjadi cairan dan ditampung di receiver (C) & dpt dilihat
digelas penglihat (L). Kemudian dialirkan ke dehydrator (D) agar uap air yg
terikut dpt diserap oleh serbuk silicagel di dehydrator. Apabila ruangan
pendinginan blm mencapai suhu minimumnya maka cairan pendingin akan msk melalui
solenoid valve (E) lalu ke saringan (F) & msk ke thermostatic expansion
valve (G). Krn suhu masih tinggi maka bulb (I) menekan membrane di TEV ckp
tinggi & membuka TEV agak lebar.
Jika busa di gelas penglihat ckp banyak
ada kemungkinan jumlah Freon yg beredar berkurang, dpt diisi dg membuka kran
(M) & menutup kran (O).
Jika perlu di defrost dilakukan gas
Freon panas dg aliran terbalik dilakukan ke keran by pass (J).
- Ruangan sayur 8OC s/d 12OC
- Ruangan daging –9OC s/d –12OC
- Ruangan ikan –13OC s/d –16OC
a.Jelaskan apa fungsi dan
kegunaan dari pesawat Fresh Water Generator (FWG) atau yang lazim disebut
Evaporator yang ada di kapal dan mengapa di kapal dipasang alat tersebut,
jelaskan alasan saudara!
pesawat pembuat air tawar dg jalan menggunakan air laut di dlm penguap
(Evaporator ) & uap air laut tsb di dinginkan dgn cara kondensasi di dlm pesawat kondensor,
sehingga menghasilkan air kondensasi yg
disebut kondensat.
Dikapal
dipasang alat Evaparator adalah:
1.penambah cadangan air tawar
2.Mengurangi ketergantungan air dari
darat
3.menambah ruang muat
b.Jelaskan dengan gambar
skema, cara kerja dari Evaporator yang menggunakan Steam (uap) sebagai media
panas!
Cara kerjanya:
Sebuah bejana (1) yg dilengkapi saringan
(4) yg mencegah cairan terikut msk kedlm
ruangan destilasi (5). Air laut dr saluran (9) msk kedlm ruang destilasi (5)
& dialirkan kedlm pemanas (2) shg suhunya naik. Ruangan didlm evaporator
dibuat serendah mungkin dg pompa vakum (8) air laut akan langsung menguap. Uap
naik keatas melalui saringan yg terbuat dr anyaman kawat logam monel. Uap yg
lolos dr saringan (4) msk kedlm ruang destilasi (5) & didinginkan oleh air
laut yg baru msk dr saluran (9) shg uap akan mengembun & air destilasi akan
terkumpul dibagian bwh dr ruang destilasi, selanjutnya dipompa keluar oleh
pompa destilasi (6) ketangki air tawar.
a.Main Engine (Motor Diesel) tanpa
dilengkapi dengan sistem pesawat bantu tidak bisa bekerja (dioperasikan).
Mengapa? Jelaskan!
Krn tenaga yg dihasilkan oleh ME hanya sbg pengerak utama kpl
(baling2) sdgkan ME itu sendiri hrs dilengkapi dg pesawat2 bantu yg dpt
menunjang bekerjanya ME, sehingga berjalan lebih sempurna.
Contoh :
1.Adanya compresor sebagai star
awal Mesin Engine.
2.Pompa2 seperti : pompa
pendingin, pompa pelumas, pompa injector dan lain-lain
b.Apakah tujuan bahan bakar minyak di kapal terutama MFO
dalam penggunaannya selalu dipanasi terlebih dahulu. Jelaskan!
Dapat terurai, BJ -nya rendah, Mudah
dipompakan, Kotoran mudah dipisahkan, Mudah dikabutkan, Titik bakar lebih
rendah, Dapat terbakar dengan sempurna,
MESIN PENDINGIN
Apakah fungsi dari pesawat‑pesawat yang terpasang pada
sistern mesin pendingin berikut ini
a.Kompressor
Untuk menghisap
gas bahan pendingin tekanan rendah dari evaporator dan menekan kekatup expansi melalui kondensor dgn tekanan tinggi.
b.Kondensor
Untuk mengembungkan gas menjadi cair dgn cara
mengalirkan kedalam pipa 2 pendingin air
laut, sehigga air laut yg dingin menyerahkan dinginnya ke gas atau gas menyerap
dingin dari air laut
c.Katup Expansi
untuk mengatur jumlah bahan pendingin yg
mengalir menuju evaporator sekaligus
menu runkan tekanan bahan pendingin dari tekanan di dlm kondensor menjadi
tekanan di dlm evaporator.
d.Coil evaporator
coil pipa yg di
bengkokkan berulang-ulang tujuannya agar penyerapan panas dari ruang pendingin
lebih lama dibandingkan bila pipa tidak di bengkokkan berkali2 sehingga efek
penguapan lebih efektif.
Mesin
Es / Refrigerant
a.Mengapa
di kapal perlu dilengkapi dengan mesin pendingin (Refrigerant)? Jelaskan!
-untuk menyimpan bahan makanan
agar tahan lama
-untuk ,membuat es
-untuk mendinginkan ruang
muatan
-untuk mendinginkan ruang
akomondasi.
b.Sebutkan bagian–bagian pokok,
alat–alat bantu,
alat–alat
pengaman dan alat–alat control
yang
perlu dan harus ada pada instalasi mesin
pendingin!
-Kompresor
-Kondensor
-Katup ekspansi
-Coil evavorator
c.Di
kapal banyak jenis mesin kemudi dari jenis Electro hydrolik yang digunakan,
menurut anda kenapa? Jelaskan!
-Penggunaan
lebih mudah
-Perawatan
mudah
Penjelasannya :
Dikapal‑kapal
samudera yang melayari jarak jauh biasanya dilengkapi dengan Freshwater Generator
(Pesawat Pembuat Air Tawar). Gambarkan secara sederhana dan terangkan prinsip
kerja Freshwater Generator tersebut dengan menggunakan pemanasnya ex air
pendingin Mesin Induk. Harap dijelaskan juga mengapa pada Evaporator jenis ini
harus mempunyai tekanan yang vacum.
Fresh
Water Generator
Harap dijlskan faktor2 penyebabnya, bila
suatu saat Motor Diesel dpt distart / dijlnkan, tapi ternyata tdk dpt mencapai
putaran penuh ( Full Power ) sesudah ada instruksi Beginning of Sea Voyage
Krn setelah beginning of sea Voyage terjadi proses
penggantian bhn bkr dr DO yg encer ke FO yg berjenis bhn bkr berat dimana
pengunaannya hrs dipanaskan terlebih dahulu, utk memanaskan FO perlu waktu,
putaran bisa penuh apabila FO yg dipakai sdh memiliki pembakaran yg sempurna.
Tetapi apabila kpl hanya memakai bhn bkr DO saja mungkin ada gangguan pd gas
buang / udara bilas dikmr msn.
a Mengapa utk Mtr Diesel bertenaga bsr
umumnya digunakan bhn bkr berat ( MFO ) ?
-Harganya
lebih murah,
-Tenaga
yang dihasilkan lebih besar
b. Mengapa bhn bkr berat tsb hrs dipanaskan
sampai diatas 100O C
agar MFO tsb lebih encer kepekatannya, BJnya rendah,
mudah dipompakan, kotoran mudah dipisahkan, mudah dikabutkan, titik bakar lebih
rendah, dpt terbakar dg sempurna shg bisa mudah menyala
a.Jelaskan :
1)Prinsip kerja
mesin pendingin sistim Brine tunggal.
Prinsip
kerjanya sama dengan yg langsung, dimana larutan garam dingin dialirkan dengan
sebuah pompa Brain ke ruang dingin di tempat bahan makanan bila terjadi
kebocoran tidak membahayakan manuasia
2)Gambar sket yang
jelas mengenai sketsnya
dan nama-nama bagiannya.
Jelaskan :
a.Cara kerja katup expansi.
-Katup
terbuka karena digerakan diafragma
-gas
menekan dari atas dan menekan diafragma
-bahan
pendingin masuk melalui katup masuk ke evaporator
-agar terus
terbuka tekanan gas diatas diafragma harus lebih tinggi dari tekanan bahan
pendingin
-kompresor
jalan cairan pendingin masuk dgn tekanan tinggi melalui katup
-selanjutnya
cairan menguap di evaporator
-penguapan
lebih cepat karena ruangan masih panas
-mengakibatkan
katup terbuka besar ruangan menjadi dingin
-akibatnya
terjadi perbedaan suhu antara ruangan dgn bahan pendingin makin kecil
-akibatnya
katup akan tertutup
-kompresor
berhenti bekerja secara otomatis
-pengaturan
maksimum baut pengatur diputar seperempat putaran
b. Jelaskan, apakah fungsi dari katup ekspansi !
Katup Expansi
fungsinya untuk mengatur jumlah bahan pendingin yg
mengalir menuju evaporator sekaligus
menu- runkan tekanan bahan pendingin dari tekanan di dlm kondensor menjadi
tekanan di dlm evaporator.
c.Gambar skets yang jelas dan nama-nama bagian-bagiannya.
Apakah yang anda ketahui tentang :
a.Fungsi mesin kemudi di kapal.
a.Fungsi mesin kemudi di kapal.
Untuk membangkitkan tekanan shg mampu
utk mendorong Plunyer silinder kemudi.
b.Apakah
persyaratan yang harus dipenuhi.
-Waktu cikar kanan / kiri 20 detik
-Maksimum cikar kiri/kanan tdk lebih dari 35 derajat
c.Bagaimana
bila harus merawatnya.
-Pada waktu dipelabuhan katup hrs dibuka .
-Pada waktu memprbaiki torak maka katup ini hrs dibuka supaya kedudukan
torak dpt diatur dgn mudah tanpa mengakibatkan sesuatu pd peralatan lainnya.
-bila pd system ada pipa yg bocor maka alat pegas silonder telemotor
akan dikembalikan kedudukan tengah2.
d.Gambarkan
salah satu sistim mesin kemudi yang anda
ketahui.
a,b,c,d hubungan engsel, 2 Hubungan antara rudder stock, 3 Batang hydrolik,
4 Motor shunt, 5 Pompa hele shaw, 6 Silinder telemotor, 7 Batang, 9 Katup
aliran lebih, 10 Plunyer
e.dikpl bnyak
jenis mesin kemudi dr jenis elektro hidrolik yg digunakan,menurut anda
mengapa,jelaskan.
- Pencikaran kemudi lbh cpt dicapai.
- Kalau ada gangguan pd 2 RAM, minimal masih bisa beroperasi dg 2 RAM
lainnya.
- Lebih jarang terjadi gangguan
Ketel
uap (Ketel bantu di kapal)
a.Apakah
fungsi ketel?
-Utk menghasilkan uap panas
lanjut bertekanan tinggi yg digunakan utk menggerakan mesin induk,Uap jenuh
tekanan rendah utk keperluan pesawat Bantu dan berbagai pemanasan.
b.Untuk
apakah uap yang dihasilkan oleh ketel tersebut di kapal?
-Untuk
menggerakan mesin induk
-Untuk
keperluan pesawat Bantu dan berbagai pemanasan
c.Apa
bedanya ketel pipa api dengan ketel pipa air?
Ketel
pipa api :
1.gas
panas atau api mengalir didalam pipa api dan diluar pipa api mengalir air ketel
yg dipanaskan oleh gas panas yg ada didlm pipa api
2.Volume
gas panas lebih besar dari volume airnya
3.
Ruang ketel lbh besar dari pada ketel pipa air
4.Cukup
dgn air biasa atau bila perlu air kali
dan tdk memerlukan perawatan air secara khusus
5.
Tekanan uap yg dihasilkan tdk tinggi, +- 18 kg/cm2
Ketel
pipa air :
1.Air did lm pipa dan gas panas
diluar pipa
2. Volume gas panas lbh kecil dr
volume airnya
3.Hrs memakai air murni dan
perawatan teliti
4.Ruang ketel lbh kecil
5.Tekanan uap umumnya tinggi,
lbh dari 40 kg/cm2
d.Sebutkan
alat-alat pengaman yang harus dipasang pada ketel!
-safety valve / katup keamanan
-katup uap utama
-katup uap Bantu
-katup pengisian utama
-manometer
-gelas penduga
-katup blow down
-katup cerat
Motor
Diesel
Apakah
bedanya motor 2 tak dengan motor 4 tak?
-
Motor 2 tak
: setiap kali usaha / pembentukan energy hanya membutuhkan satu kali putaran
atau 2 langkah yaitu torak naik & langkah torak turun.
-
Motor 4 tak : Setiap kali usaha / pembentukan energy hanya
membutuhkan 2 kali putaran atau 4 langkah yaitu torak turun lalu naik, kemudian
turun lagi didorong pembakaran & terakhir naik lagi.
Apakah
keuntungan dan kerugian motor diesel 4 tak dan motor diesel 2 tak
- Keuntungan motor diesel 4 tak
1.pembakaran sempurna dan
motor bekerja hemat
2.tersediakan satu langkah
penuh utk pemasukkan dan juga utk pengeluaran
3.dipakai bilamana diharuskan
ada penghematan dan putaran cepat
-Keuntunga motor diesel 2 tak
1.mudah dijalankan dan tenang
jalannya
2.memberikan tenaga yg lebih
besar
3.dipakai bilamana ada
keharusan daya usaha besar,daya usaha
kecil dan konstruksi sederhana
-Kerugian motor diesel 4 tak
1.pada tiap proses dibutuhkan
2 putaran poros engkol baru didapat satu(1) langkah usaha
2.harus memakai klep hisap dan
buang
3.daya usaha terbatas utk
motor2 kecil
-Kerugian motor diesel 2 tak
1.suhu torak dan dinding
cylinder agak tinggi
2.pembilasan dan pembakaran
kurang sempurna
3.pemakaian BB tdk hemat
4.pemakaian pompa bilas menambah
perlengkapan motor jadi mahal
b.Sebutkan
sistim-sistim bantu apa saja yang harus dipasang pada motor diesel, agar motor
dapat bekerja!
- Generator, - Main lubricating
pump, - FW colling pump, - SW colling pump, - FO transfer pump, - General
service pump, - Starting air compressor, - Main lubrication oil coller.
c.Biasanya
bahan bakar di kapal anda DO dan FO anda tahu bedanya. Jelaskan!
- FO : -
Harganya lbh murah, - tenaga yg di hslkn lbh bsr, - sblm digunakan hrs
dipanaskn terlbh dahulu pd temp > 80OC agar mudah dlm pemakaian
& pemompaannya, - digunakan pd msn putaran rendah.
- DO : - Harga
lbh mahal dibanding FO, - mudah dlm penggunaan utk operasional msn serta tdk
perlu dipanaskan & mudah dlm penyiapannya, - digunakan pd msn2 pswt bantu,
- digunakan pd msn putaran tinggi.
d.Apa
fungsi Turbo Charge!
Untuk menyuplai udara ke tempat pembakaran
Untuk menyuplai udara ke tempat pembakaran
Apakah fungsi dan kegunaan
dari Purifier (separator) di kapal, jelaskan sistem kerja dari alat tersebut!
Purifier adalah alat pemisah antara BB dengan
air dan kotoran atau antara minyak
pelumas dengan kotoran dan air.
Sisitim kerja dari alat ini :
MFO misalnya merupakan BB yang kental, banyak mengandung air maupun
kotoran , untuk memisahkannya pertama- tama harus dipanaskan dahul;u oleh
heater sebelum dimasukkan ke purifier dengan tujuan agar menjadi cair karena
MFO mempunyai Viscositas yang tinggi , sehingga kalau tidak cair maka masuknya
ke purifier agak sulit , dan dengan suhu yang tinggi ( > 80º C ) akan dapat
merendahkan berat janis dari MFO dan gengan sendirinya perbedaan Bj antara
minyak dan kotoran / air semakin jauh selisihnya.
Selanjutnya minyak yang sudah cair dengan perbedaan Bj yang cukup besar
dimasukkan ke piringang2 yg berputaran cukup tinggi. Berdasarkan gaya
centrifugal maka yg berat jenisnya paling besar akan berada di lapisan paling
luar dari bowl (kumparan piringan) atau dgn kata lain air dan kotoran berada
dilapisan paling luar srdangkan minyaknya yg mempunyai berat jenis yg lebih
kecil akan berada ditengah yg selanjutnys dikeluarkan dari lobang yg posisinya
pd lingkaran lebih tenggah (lubang A) dan air/kotor akan dikeluarkan melalui
lubang posisinya pd lingkaran yg lebih luar (lubang B).
Sebuah kapal dengan displacement 10.000 ton
menggunakan 30 ton MFO/hari pada kecepatan 15 knots serta untuk keperluan
lain-lain = 30 ton/hari. Waktu jarak ke pelabuhan tujuan = 1000 mil dan sisa
bahan bakar yang dapat dipompa = 80 ton.
Ditanyakan :
a.Berapakah
kecepatan kapal untuk mencapai pelabuhan tujuan dengan cadangan bahan bakar =
15 ton.bb?
b.Pemakaian BBM pada kecepatan sesuai pertanyaan a.
c.Waktu yang diperlukan pada kecepatan tersebut.
a.
Sisa bb 80 -15 = 65 ton
Speed 15 knot, jarak tempuh = 15 x 24 /30 =
12 mil/ton
Bb 65 ton, jarak tempuh = 1000/65 = 15.38 mil/ton
S2/S1 = V1² / V2² = 15,385 / 12 = 15² / V2²
V2² = 175,496
V2 = 13,247 Knot
b. B1 / B2 = V1³ / V2³
30 / B2 = 15³ / 13,247³
B2 = 20.663 ton / hari
c. Waktu yg dibutuhkan =
1000 / 13,247
75,488 jam = 3, 145
hari
Sebuah kapal berlayar dengan kecepatan 20 knots kisar
baling-baling 7 meter, putaran poros
engkol 120 rpm, slip pada blok pendorong 2%. Ditanyakan slip semu kapal
tersebut!
Kec = 20 knots
Kisar baling2 = 7 meter
Putaran poros engkol = 120 rpm
Slip pada blok pendorong = 2 %
V baling2 = n X H X 60
1852
= 120 X 7 X 60
1852
V baling2 = 27,2 Knots
Slip Semu=Vbaling2-VkapalX100 %
Vbaling2
= 27,2 – 20 X 100
%
27,2
= 7,2 X
100 %
27,2
= 26,5 %
Harap diuraikan perbedaan utama antara
turbin uap aksi ( Impulse Turbin ) dg turbin uap Reaksi (Reaction Turbine)
Turbin uap Aksi
- Usaha yang ditimbulkan didapat dari gaya aksi pd sudu2
jln.- - Terdpt pipa2 pancar sbg perubah panas uap menjadi tenaga kecepatan uap.
Turbin uap reaksi
- Usaha yg ditimbulkan didpt dr gaya aksi & reaksi pd
sudu2 jln
- Terdpt sudu2 pancar sbg perubah panas
tenaga kecepatan uap.
Prinsip kerja
INCENERATOR
- Jlnkan blower (
fan draft) utk free furge, - Jlnkan pilot burner sbg membakar awal, -
Jlnkan w/o pump, shg skedge (water oil)
terbakar dlm furnace, gas hsl pembakaran
keluar melewati Exhaust manifolt
3.b. * INCENERATOR harus ada dikapal
- utk membakar
minyak kotor, - utk membakar sampah2 berminyak (kecuali plastik)
Dlm
mempersiapkan mesin induk Diesel utk maneover , langkah2 apa saja yg hrs
dilakukan & diuraikan cara menyiapkan Mesin Induk & Pesawat2 bantunya
utk keperluan manouver tsb.
Yg pertama kali hrs disiapkan adalah sumber tenaga listrik yaitu menjlnkan
generator listrik ,selanjutnya mempersiapkan :
1. Pompa minyak
lumas dijlnkan, mesin di Torn, katup indicator hrs dlm keadaan terbuka agar tdk
terjadi pemapatan dlm cylinder, di torn selama 30 menit, pelumasan silinder
diputar.
2. Pompa air pendingin dijlnkan, air yg bersikulasi dipanaskan shg suhu
mesin scr pelan2 bertambah panas
3. Apabila msn sdh ditorn selama 30 mnt, msn torn
dilepas utk mengadakan percobaan msn tanpa menggunakan bhn bkr hanya dianzet dg
udara/diblow, katup indicator dlm keadaan terbuka
4. Wkt diBlow berhsl dg baik, maka diadakan percobaan msn dg mengunakan bhn
bkr, katup indicator ditutup, msn jln maju & mundur scr pelan2, sblm melaksanakan
ini hrs memberitahukan dulu keanjungan agar mengetahui daun baling2 bebas
5. Stlh percobaan ini berhsl dg baik, maka lapor
keanjungan bhw msn siap olah gerak
6. Selama menunggu stanby utk olah gerak botol angin
udara anzet hrs dlm keadaan penuh.
7. Stlh anjungan memberi order stanby msn, kmr msn
melayani sesuai dg kebutuhan anjungan & dicatat dlm buku olah gerak.
Harap diuraikan untung ruginya sebuah msn Diesel Slow Speed dibanding dg Msn
Diesel Medium Speed terutama utk kepentingan Msn Induk kpl
Keuntungan mesin diesel Slow Speed :
-
Pemakaian bb sedikit, - Kerja dr msn tdk terlalu berat shg jam kerja pemakaian
komponen lebih awet / tahan lama, - Tenaga yg dihasilkan lebih besar
Kerugian
-
Getaran pd msn lbh bsr, - Dibutuhkan ruang msn lbh besar
Keuntungan
mesin diesel medium speed
-
Getaran yg dihslkan pd mesin kecil, - Ukuran mesin kecil shg tdk memakan
ruangan
Kerugian
-
Komsumsi pemakaian bb lbh banyak, - Tenaga yg dihslkan lbh kcl, - Jam kerja msn
brt shg komponen tdk tahan lama
Harap uraikan prinsip kerja dr stabilizer (
alat utk mengurangi oleng/rolling kpl ) yg dikendalikan oleh Panel kontrol di
anjungan.
Prinsip kerja stabilizer digerakkan oleh tenaga hydrolik
yg menyesuaikan arah gelombang laut
& menyetarakan / menetralisir ombak. Dr anjungan hydrolik disetel
sesuai dg ketinggian gelombang / ombak
Utk Kpl yg penggerak utamanya oleh msn diesel, energi yg dibangkitkan oleh
internal combustion chamber ( pembakaran bb didlm silinder ) hanya kurang lebih
30 % saja yg digunakan sbg energi pendorong kpl, disbbkan adanya beberapa
kerugian yaitu :
- Kerugian panas yg terbuang kecerobong = 28
%, - Kerugian panas keair pendingin= 25 % krn msn hrs didinginkan,
- Kerugian pancaran panas keliling mesin = 2
%, - Kerugian panas ke minyak pelumas utk menampung gesekan2 pd bearing /
bantalan, gesekan antara ring torak dg cilinder liner = 4 % ( disbt gesekan
mekanis ), - Kerugian gesekan2 di Trust bearing, tunnel bearing ( intermediate
bearing ) & gesekan air terhadap propeller ± 11 %
Sebutkan jenis system
penggerak kpl yg saudara ketahui & jlskan masing2 prinsip dsrnya shg dpt menghasilkan daya dorong utk
menggerakkan baling2.
1. motor diesel :
- motor diesel 2 tak atau 2 langkah
- motor diesel 4 tak atau 4 langkah
- pembilasan pd
motor diesel dgn pengisian tekanan
2. motor turbin
uap :
- turbin aksi (impulse turbin), energi kinetis terjadi di pipa pancar lalu
uap yg berkecepatan tinggi mendorong roda sudu jalan utk berputar.
- turbin reaksi, tdk mempunyai pipa pancar sbg penggantinya berupa deretan sudu2
diam.
Harap Jlskan yg dimaksud dg : Kecptan
baling2, kecptan pendorong & kecptan sesungguhnya / nyata pd kpl &
terangkan juga factor2 apa yg membedakan antara ketiga jenis kecptan tsb.
Kecptan baling2 adalah kecptan teoritis dg
memperhitungkan putaran baling2 dlm satu jam
dikalikan dg kisar baling2 (Propeler Pitch)
S = Kisar baling baling x RPM x 60
Kecptan pendorong adalah
jarak yg ditempuh kpl apabila baling2 berputar 1 x 360 o
Kecptan sesungguhnya adalah kecptan teoritis dg memperhitungkan putaran
baling2 dlm 1 jam dikurangi dg slip semu
Keuntungan apa saja yg diperoleh dg
menggunakan Alat control msn dr Anjungan ( Bridge Kontrol ) & sebutkan
mengenai apa saja yg dpt dikontrol dr anjungan
1. Semua perintah dapat segera dilaksanakan.
2. Pergerakan mesin mudah dikontrol
Hal hal yang bisa dikontrol dari anjungan
1. Putaran mesin
2. Tekanan udara
3. Rudder Indicator
4. Emergency Stop Engine
Harap diuraikan maksud dr AC & jlskan
juga mengapa dr pswt AC umumnya sering keluar tetesan2 air ?
Air Condition adalah suatu sistim yg secara
simultan mengatur udara dlm hal suhu, kelembaban, aliran atau gerakan,
distribusi & kebersihannya.
Dr pswt AC biasanya keluar
tetesan Air krn terjadi proses kondensasi
-
Lubricating oil system
:
Bearing2 / bantalan2 mesin, roda2 gigi dsb perlu dilumasi agar panas krn
gesekan2 antara logam dpt ditampung oleh minyak pelumas. Minyak lumas yg panas
ditampung didlm sump tank di bagian bwh msn (A). dr sump tank dipompakan (B)
& dialirkan ke cooler (C) utk didinginkan. Dr cooler LO yg sdh dingin
didistribusikan ke masing2 silinder (D) utk bantalan2 serta utk roda gigi.
-
Freshwater cooling system
:
krn terjadi pembakaran bb Silinder2 menjadi panas yg perlu didinginkan oleh air
tawar pendingin yaitu dinding silinder, piston & turbocharger. Air tawar
menjadi panas wkt keluar silinder (E) dialirkan ke cooler (F). setelah dingin
oleh FW cooling pump dipompakan lagi msk ke masing2 silinder & piston (H)
serta turbocharger. Adanya tk expansi utk pengontrolan bwh air pendingin dlm
system ckp.
Apakah fungsi &
kegunaan dr Purifier (separator) di kpl, jlskan sistem kerja dr alat tsb!
-Merupakan alat
pemisah antara bhn bkr dg air & kotoran atau antara minyak pelumas dg
kotoran & air.
-Sistem kerja dari alat puriffier (
sparator) :
Memisahkan air & kotoran &
minyak berdasarkan gaya centrifugal maka yg berat jenisnya paling besar akan
berada dilapisan paling luar dr bowl (kumparan piringan atu dg katalain air
& kotoran berada dilapisan paling luar sdgkan minyaknya yg mempunyai berat
jenis lebih kecil akan berada ditengah yg selanjutnya dikeluarkan dr lubang yg
posisinya pd lingkaran lebih tengah & air maupun kotoran akan dikeluarkan
melalui lubang yg posisinya pd lingkaran yg lebih luar, kotoran umumnya lebih
lengket / menempel pd dinding bowl shg setiap hari perlu dibersihkan.
a.Cara pembersihan bhn bkr sblm ke
injector, alat2 yg digunakan :
- FO dr double bottom tank dipompa ke tanki harian ( FO settling tank ),
dr settling tank melalui pompa dimskan ke heater utk dipanaskan. Dr heater msk
ke Furifier yg bekerja scr centrifugal shg FO & kotoran + air akan
terpisah.
Pd papan hubung listrik utama ( Main Switch
Board ) Utk Arus Listrik bolak balik,
terpasang alat2 penunjuk / Instrument apa saja & jlskan fungsi masing2 alat
penunjuk / instument tsb.
1.Ground Indicator berfungsi utk mengetahui ada tdknya hubungan singkat pd listrik
2.Frekwency Indicator berfungsi utk mengetahui frekwensi dr tegangan
listrik
3.Volt meter berfungsi utk mengetahui bsrnya tegangan listrik
4.Ampere meter berfungsi utk mengetahui bsrnya daya listrik
Ketel uap /ketel Bantu dikpl
a)Apakah fungsi ketel
- Utk menghasilkan uap panas lanjut bertekanan tinggi yg digunakan utk
menggerakan mesin induk, Uap jenuh tekanan rendah utk keperluan pesawat Bantu
& berbagai pemanasan.
b).Utk apakah uap yg dihasilkan oleh ketel tsb dikpl :
-Utk menggerakan mesin induk
-Utk keperluan pswt Bantu & berbagai pemanasan
c). perbedaan ketel uap pipa api dg ketel
uap pipa air
ketel pipa api :
- Gas panas (api) mengalir didlm pipa api & diluar
pipa api mengalir air ketel yg dipanaskan oleh gas panas yg ada didlm pipa api.
- Vol gas panas lbh bsr dr vol airnya
- ruang ketel lbh bsr
- ckp dg air biasa / bila perlu air kali & tdk
memerlukan perawatan air scr khusus.
Ketel pipa air :
- Air didlm pipa & gas panas diluar pipa
- Vol gas panas lbh kcl dr vol airnya
- Hrs memakai air murni & perawatan yg teliti
- Ruang ketel lbh kecil
- Tekanan uap umumnya tinggi, lbh dr 40Kg/cm2
d). Mengapa pd ketel uap utama umumnya air
ketel hrs dipanaskan dulu pd Pemanas awal
Krn untuk turbin hrs berbentuk uap kering, krn bila
uapnya masih mengandung partikel2 air maka partikel air ini dpt mengikis logam
sudu2 turbin (erosi sudu)
e) Sebutkan alat2 pengaman yg hrs dipasang pd ketel
safety valve /
katup keamanan, katup uap utama, katup uap Bantu, katup pengisian utama,
manometer, gelas penduga, katup blow down, katup cerat
Sebuah kpl dg displ.10.000 ton, menggunakan
30 ton mfo perhari pd kecptan 15 knots serta utk keperluan lain-2 30 ton
perhari. Jarak keplbhan tujuan 1000 mil & sisa bb yg dpt dipompa 80 ton.
a. Berapa kecep. Kpl utk mencapai plbhn
tujuan dg cadangan bb 15 ton.
b. Pemakaian bbm pd kecepatan sesuai
pertanyaan a.
c.Waktu yg diperlukan pd kecepatan tsb
a. Sisa bb 80 -15
= 65 ton
Speed 15 knot, jarak tempuh= 15 x 24 /30 = 12
mil/ton
Bb 65 ton, jarak tempuh = 1000/65 = 15.38
mil/ton
S2/S1 = V1² / V2² = 15,385 / 12 = 15² / V2²
V2² = 175,496
V2 = 13,247 Knot
b. B1 / B2 = V1³ /
V2³
30 /
B2 = 15³ / 13,247³
B2 = 20.663 ton / hari
c. Waktu yg
dibutuhkan = 1000 / 13,247
75,488 jam = 3, 145 hari
a.Jlskan hubungan antara daya
dorong kpl dg berat benaman / displacement.
Semakin besar displacement maka makin besar
pula daya dorong kapal yg diperlukan.
Bagian2 dr ketel uap foster wheeler :
B = Brander (pembakar), DU = drum uap, DA =
drum air, PLU = pemanas lanjut uap, E = economizer, L = Luvo (pemanas udara),
PS = Poros baling2
Bagian2 dr instalasi :
TV = Throtle valve, TTT = turbin tekanan
tinggi, TTR = turbin tekanan rendah, TM = turbin mundur, KGR = kotak gigi
reduksi, K = kondensor, PK = pompa kondensat, EU = ejector udara, KE =
kondensor ejector udara, PA = pemanas awal, FP = feed pump (pompa air pengisi)
Motor diesel : -
Harga bhn bkr per H.P. lbh kcl, - Instalasi mtr lbh ringan, tdk memakan tempat
terlalu bsr, - Mtr lbh cpt disiapkan utk maneouvre, - Pelayanan lbh mudah /
sederhana tdk perlu terlalu banyak crew.
c.Sbtkan kelemahan-2
instalasi turbin uap sbg pswt pendorong kpl dibandingkan dgn motor diesel.
Turbin uap : - Hrs
ada ketel uap yg perlu pengawasan / pengendalian terus menerus, - Menyiapkan
msn uap perlu wkt lama, - Hrs ada kondensor yg hrs dijaga agar vacuum, -
Instalasi lbh brt, lbh rumit, & memakan tempat yg ckp bsr, - Pegawai yg
melayani hrs ckp & tdk boleh lengah, - Pengawasan hrs lbh cermat.
d. Sbtkan tiga jenis pswt pendorong kpl yg saudara ketahui.
Motor diesel, motor turbin uap, motor uap
torak.
Dlm pelayaran dari
Terusan Suez ke Tg. Priok, kpl MV. GEMBIRA berlayar dg kecepatan 17 knot,
pemakaian bahan bakar MFO 23,0 ton per jam. Pd jarak 408 mil sblm sampai di plbhan, bahan bakar
(MFO) tinggal 414 ton krn ada kerusakan pd FO Purifier bahan bakar
tercampur dg lumpur. Dg kecepatan 17
knot kpl diperkirakan sampai pukul 16.00
WTS & langsung sandar. Bahan bakar MDO diluar pemakaian generator
masih bisa 160 ton.
a.Berapa kecepatan kapal
dengan sisa 414 ton utk sampai di pelabuhan?
b.
Berikan
saran kepada operasional bila kapal tetap dengan kecepatan 17 knot memakai tambahan MDO!
Diketahui :
MV. GEMBIRA
V1
= 17 Knot V2 = … ?
BB1 =
23 ton / jam BB2 = …?
- S = 408 mill
- Sisa Bahan Bakar = 414 ton
Ditanya :
a ) Berapa
Kecepatan Kpl dg sisa 414 ton ?
t
= 408 Mil = 24
Hours
24
pemakaian minyak
yang diharapkan perjam :
= 414
= 17,25 ton / jam (sebagai
BB2)
24
Maka: BB1 : BB2 = V12 : V22.
V22 = V12
x BB2 = (17)2 x
(17.25) = 289 x 17.25
BB1 23 23
= 4985.25 =
216.75
23
V2 = √ 216.75 = 14.72 Knot
c. Bila kpl hrs mempertahankan dg kecepatan 17 knot, maka memakai tambahan :
- Bhn Bkr yg diperlukan = 24 jam x
23 ton/jam = 552 ton
- Sisa MFO = 414 ton
- MDO yang diperlukan = 552
ton - 414 ton = 138
ton
Dg kpl berlayar dg kecptan 15 knots, & pemakaian bhn bkr 30
ton per hari, maka sisa bb dikpl hanya akan ckp utk menempuh jarak 2400 mil
saja, sedangkan jarak yg hrs ditempuh 2800 mil lagi, ditanyakan :
a. Agar bb yg ada ckp
sampai ditujuan, berapa kecptan sehrsnya.
B1 :
B2 = V12 : V22
2800
: 2400 = 15 2 : V22
2800
V22 = 540000
V22
= 540000
2800
V2 =
13,89 Kts
b. Harap dihitung
juga berapa ton bb yg masih tersisa dikpl tsb
sisa bahan bakar :
2400
X 30 = 200 ton
360
Pd kecptan kapal 15 knots. Pemakaian bhn bkr = 24 ton per
hari. Bhn bkr yg tersedia sisa 170 ton
lagi. Kpl ingin sampai di Plbhan tujuan 9
jam lebih awal agar sampai pd siang hari
(masih jam kerja). Jarak yg hrs masih hrs ditempuh = 2160 mil lagi.
a.Berapa
kecepatan yg hrs ditempuh agar sampai lebih awal sesuai tsb diatas, dg asumsi
kondisi laut/cuaca sama ?
b.
Apakah sisa bhn bkr masih ckp? Harap
dibuktikan bhw walaupun ada
penambahan kecepatan, sisa bahan bakar
masih cukup!
Diketahui : V = 15 Knots
Pamakaian BBM = 24 Ts / hari
BB1 =
170
Jarak = 2160
mil
Kpl ingin sampai diplbhan tujuan 9 jam
lebih awal.
a)
t = d = 2160 = 144 Jam
V 15
= 6 hari ( waktu normal yang
ditempuh)
sedangkan yg diinginkan 9 jam lebih
awal. Maka waktu tempuh yg diinginkan adalah
:
144
jam - 9 jam =
135 jam = 5 hari 15 jam
jadi kecepatan ditempuh agar sampai 9 jam lebih awal :
t
= d/v
135 = 2160
V
V = 2160 = 16 Knots
135
b)
Konsumsi / hari dg kecepatan kpl 16 knot adalah
BB1 : BB2 =
V12 : V22
24
: BB2 = 152 : 162
BB2 = 24 x 162 = 27,3
ton / hari
152
BBM yang tersedia = 170
Ts 5,625 x 27,3 =
153.6 Ton
Waktu tempuh yang diinginkan = 5 hari 15
jam
BBM yang diperlukan di kapal =
153, 6 ton
v Sisa bahan
bakar masih cukup dengan sisa
= 170 Ts
- 153,6 Ts = 16,4 ton
Bhn bkr yg tersedia diatas
kpl sangat minimum, hanya ckp utk menempuh jarak 1.050 mil lagi pd kecepatan 15
knots. Sedangkan menurut peta jarak yg masih hrs ditempuh adalah 1.400 mil
lagi. Pd kecepatan berapa agar kpl sampai di pelabuhan tujuan dg bhn bkr yg tersedia bisa cukup.
D1 = d2
V1 V2
1050
= 1400
15 V2
V2 = 1400 x 15 = 21000 = 20
Knots
1050 1050
*
kecepatan kpl yg dibutuhkan 20 knot
Jarak layar yg akan ditempuh 2430 mil laut. Pd kecptan 18
knots, pemakaian BB 36 ton perhari. Diinsruksikan dr kantor pusat agar kpl dpt
sampai 10 jam lbh cpt dr jadwal semula. Ditanyakan :
a. Berapa
kecptan agar instruksi kantor pusat dpt dipenuhi.
b. Apakah BB
yg tersisa dikapal 240 ton dpt mencukupi, hrp dibuktikan /dihitung.
a. S1 : V1 Þ 2340 : 18 = 130 jam
Utk lebih cepat 10 jam maka :
130 jam – 10 jam = 120 jam
Jadi speed yg dibutuhkan :
V2 = S1 : t Þ V2 = 2340 : 120 = 19.5 knots
b. B1 : B2 = V1³ : V2³ Þ B2 = (B1 x V2³) : V1³
= (36 x 19.5³) :
18³
= (36 x
7414.875) : 5832
=
266935.5 : 5832
= 45.77
ton / hari
Pemakaian BB
selama 120 jam :
(120 : 24) x 45.77 Þ 5 x 45.77 = 228.85 ton
Jadi BB
yg tersisi di kpl CUKUP dgn asumsi :
Sisa BB – Pemakaian BB
Þ 240 – 228.85 = 11.15 ton
Bb yg tersedia diatas kpl sangat minimum , hanya ckp utk
menempuh jarak 1050 mil lagi pd kecptan 15 knot, sedangkan menurut peta jarak
yg masih hrs ditempuh adalah 1400 mil lagi, pd kecptan berapa agar kpl sampai
diplbhan tujuan dg bb yg tersedia bisa cukup
S1 = 1050, V1= 15 knot
S2 = 1400, V2=
?
S1 : S2 = V12 : V22
1050 : 1400 = 152 : V22
V22
= 1050 X 152 = 236250
= 168,75
1400 1400
V2 = Ö 168,75 = 13 knots
Sebuah kpl berlayar
dg kecptan 20 knots kisar baling2 7 m, putaran poros engkol 120 rpm, slip pd
blok pendorong 2%, ditanya slip semu kpl
tsb?
Kec = 20 knots
Kisar baling2 = 7 meter
Putaran poros engkol = 120 rpm
Slip pada blok pendorong = 2 %
V baling2 =
n X H X 60
1852
= 120 X 7 X 60
1852
V baling2 = 27,2 Knots
Slip Semu=Vbaling2-VkapalX100 %
Vbaling2
= 27,2 – 20 X 100
%
27,2
= 7,2 X
100 %
27,2
= 26,5 %
Sebuah kpl berlayar dg
kecptan 12 knot, pemakaian bhn bkrnya
motor induk sebanyak 20 ton
setiap kali jaga (4 jam). Pd waktu dilakukan pemeriksaan kondisi tangki bhn bkr
(ROB) adalah 240 ton, sedangkan jarak yg masih
hrs ditempuh adalah 600 mil. Kpl diharapkan tiba dipelabuhan tujuan adalah 6 jam lebih cpt dr kpl berlayar
dg kecptan 12 knot. Berapa jumlah bahan bakar yg diperlukan utk penambahan bahan bakar (bunker) dipelabuhan tujuan?
Kapasitas tangki bahan
bakar adalah 800 ton.
Diketahui : V = 12 knot, Pemakaian bb
= 20 ton / hari
(rob) bb = 240 ton, jarak = 600 mil
kapal diharapkan tiba dipelabuhan tujuan =
6 jam lebih cepat
dari kapal berlayar dengan
kecepatan : 12 knot
Ditanya : bb utk bunker ? kapasitas tanki 800 ton
Jawab
: t = d
=
600 = 50 Jam
V 12
* maka waktu yg digunakan = 50 jam -
6 jam = 44 jam = 1 hari
20 jam
t = d → V = d =
600 = 13,6
V t 44
Bb1 = V12
Bb2 V22
20 = 122
Bb2 (13,6)2
Bb2
= 20 x 13,62
= 20 x 184,96 = 25,7 Ton/Hari
122 144
25,7 = 1,07 / Jam
24
1,07 x 44 jam = 47,1 ton ( pemakaian bb
selama pelayaran)
240 ton – 47,1 ton = 192,9 Tn (sisa bb)
800
T - 192,9 T =
607,1 ( bunker dipelabuhan tujuan )
Dik jarak A – B ( S ) = 2688 Mil, V = 16 Knots, BB = 30 Ts/hari,
cadangan 2 hari plyrn.
V = B – A = 18 Knots
Kpl kembali cadangan tetap 2 hari plyrn.
Ditanyakn
:
a.
Pemakaian BB dr A – B = 2688 / (16 x 24 ) = 7 hari → BBM = 7 x 30 = 210 Ts
b.
Pemakaian BBM pd kcptan 18 Knots
Q1
: Q2 = V12 : V22
Q2
= ( Q1 x V22 ) : V12
Q2
= ( 210 x 182 ) : 162 = 265.8 Ts
c.
Isi BB dipakai kembali selamat diplbhn A
=
265.8 – ( 2 x 30 ) = 206 Ts
d.
Waktu plyrn B ke A = 2688 : ( 18 x 24 ) = 6 hari 6 jam
Blok Pendorong ( Trust Block ) sebuah
kpl mempunyai diameter poros pendorong
40 Cm diameter Flens pendorongnya 2 kali diameter poros pendorong.Tekanan pd
blok pendorongnya : 25 Kg/cm2 pd luas kerja efektif Flens Pendorong
60 %.
Kecptan kpl 16 Knots. Rendemen baling
baling 76% :
a. Gaya yg mendorong kpl dlm Ton ?
b. Daya mesin dlm KW ( I KW=1,36 daya kuda
/PK ) ?
Diket :
Dp = 40Cm df = 2 x 40 Cm
Pp = 25 kg/cm2 ℘f = 60% = 0.6
Vk = 16 Kn ℘b = 76 % = 0.76
Ditanya a. Fd s=
daya dorong kapal
b. NE = Daya Efektip mesin
Dijawab
Luas blok pendorong Gaya
dorong
Lf = π x ( Df 2 – Dp2 ) Fd
=Lf x Pp
4 ℘f
= 3.14
x ( 802 – 402) =3770 x 25
4 0.6
= 3770 cm2
= 157083.33
a. Daya
dorong kapal sesungguhnya
Fd s
= Fd
℘b
= 157083.33
0.76
= 206688.6 Kg = 206.69 Ton
b, Daya Effektip di poros
NE = Fd s x V
= 206.69 x 16 x 1852
75 x
Dm 75 x 1.36 3600
= 1.6678.96 KW
= 2683.38 PK
Diket : Kisar baling2 = 5,20m, putaran poros baling2 65 rpm,
kecptan kpl = 12,5 Knots, Arus pengikut 2 Kts. Hitunglah ?
a. Kecptn baling2
V
Baling2 = n x H x 60 = 65 x 5,2 x 60 = 10,95 Kts
1852 1852
b.
Slip nyata
=
10,95 – ( 12,5 – 2 ) x 100% =
45 = 4,11%
10,95 10,95
c.
Slip nyata
=
10,95 – 12,50 x 100% = - 1,55 x 100%
10,95 10,95
=
- 14,16%
Sebuah kpl dg dsplacement 11.000 ton pd pemakaian bb 24 ton
perhari pd kecptan 14 knots. Harap hitung total pemakaian bb dlm menempuh
pelayaran 3.000 mil pd kecptan 12 knots & displacement 12.000 ton
Ditentukan
D1 = 11000 ton D2
= 12000 ton
V1
= 14 knots V2 = 12 knots
S1=
12 x 24mil S2= 3000 mil
Q1=
24 ton/hari
Ditanya
Q2
Q2 ={ D2 }2/3
x { V2 }2 x S2
Q1 { D1 } { V1 } S1
Q2
= {12000}2/3 x {13}2 x 3000
24
{11000} {14}
12x24
Q2 = 24 x 1.09 2/3
x 0.93 2 x 10.46
Q2 = 228,783
Jadi
total pemakaian bb utk pelayaran 300 mil dg kecptn 12 knot kpl displacement
12000 ton adalah 228.783 Ton.
Maksud dg 1 ton pendingin (1 T refrigeration) :
:
efek pendinginan per ton dr pencairan es dlm 24 jam & bsrnya nilai adlh
butuh 2000 lbs x 144 btv = 288.000 btv / 24 jam.
Perbedaan antara system brine tunggal & multi brine adlh :
System
brine tunggal Cuma menggunakan NaCl saja sdgkan multi brine menggunakan CaCl,
MgCl, NaCl.
Prinsip yg dipakai dlm telemotor mesin kemudi adlh :
Mesin
kemudi listrik memakai sumber arus listrik sbg tenaga penggerak utamanya. Cara
kerja mesin ini bekerja atas dsr jembatan whetsone atau sistem ward leonard.
Pada
mesin kemudi hidrolik dipakai pompa hale shaw krn mengunakan 2 arah isap /
tekan.
Macam2 sistem kemudi dlm pengaturan jarak jauh diatas kpl : - Sistem
pneumatic, sistem hidrolik, sistem elektronik / listrik, sistem kombinasi
antara pneumatic & listrik.
Prinsip
kerja : gas buang dr motor diesel masih mempunyai energi panas dipakai utk
memutarkan turbin, kemudian putaran turbin dipakai utk memutarkan blower yg
hasilnya dipakai sbg pengisian udara tekan.
Keuntungan & kerugian motor yg dilengkapi turbo charge :
Keuntungan :
-
Menambah daya dorong msn. – Memasukan udara bersih yg lbh bsr shg pembakaran
lbh sempurna. – Membilas silinder agar slrh sisa2 gas buang ditekan keluar
terutama CO2 nya.
Kerugian :
-
Daya dorong msn kurang. – Memasukan udara bersih yg lbh sedikit shg pembakaran
kurang sempurna. – Jmlh udara sangat kcl krn Cuma mengandalkan pengisian isap.
Jenis2 aliran gasnya :
Gas2
bekas yg keluar dr silinder yg dipakai utk memutarkan turbin.
Jenis udaranya :
Udara
sebanyak 1.5 kali isi silinder yg dipakai utk pembilasan.
Persamaan antara pembilasan dg pengisian tekan :
Sama2
membilas silinder agar slrh sisa2 gas buang ditekan keluar terutama CO2nya.
Perbedaannya :
Kalau
pembilasan Cuma membilas silinder sdgkn pengisian tekan membilas silinder
kemudian ditekan keluar terutama CO2nya.
Governor pd msn induk
:
utk
mengatur scr otomatis pemberian BB sesuai dg beban msn.
Purifier & clarifier utk BBM jenis MFO
:
alat
pemisah antara BB dg air & kotoran atau antara minyak pelumas dg kotoran
& air.
Regenerative condenser pd instalasi uap
:
utk
merubah uap bekas dr turbin & dicairkan lagi supaya menjadi air condensate
utk mengisi ketel lagi, selain itu uap yg msk ke kondensor dpt juga memanaskan
lagi air kondensat yg ada di bagian bwh kondensor.
Flywheel
:
Utk menjaga putaran msn yg konstan ( kejutan2 yg terjadi waktu pembakaran didlm
silinder msn dpt dikurangi ) & utk membantu memutarkan msn / massa dr
putaran utk proses pembakaran di silinder lain berikutnya.
Thrust block
:
Gaya dorong yg disbbkn reaksi air thdp baling2 pd saat baling2 berputar akan
diterima oleh tata susunan poros sampai di poros pendorong utk kemudian
dialihkan ke badan kpl melalui bantalan pendorong. Fungsi dr blok pendorong
adlh menahan dorongan bila kpl maju atau mundur.
Fungsi stabilizer
:
Alat
yg digunakan utk mengurangi olengan kpl, alat ini terdiri dr sebuah sayap yg
dipasang scr hirozontal pd kedua sisi lambung kpl.
Prinsip kerja : Terdiri dr
sebuah sayap (1) yg dipasang scr horizontal pd kedua sisi lambung kpl setinggi
saluran lensa (bilge). Apabila tdk digunakan sayap dpt dilipat msk ke dlm rumah
sayap (5) dg menggunakan mesin elektro hidrolis (4). Masing2 sayap dipasang pd
poros vertikal (3) & pd bagian belakangnya dibuat lagi sayap (2) atau
semacam aileron pd sayap kpl terbang yg dpt diputar 20O keatas &
20O kebwh thdp grs horizontal.
Transformator
:
alat utk memindahkn energi listrik dr sirkuit arus bolak balik ke sirkuit yg
lain tanpa mengubah frekuensi.
Syncrosscope
:
Utk
mensinkronisasi frekwensi generator2 yg berfungsi saat paralel generator.
Main switchboard / papan hubung
:
Merupakan
suatu susunan instrumen2, pemutus sirkuit, saklar2 dll yg memungkinkan suatu
instalasi listrik dpt bekerja & dimonitor scr efisien, papan hubung terdiri
dr bbrp panel yg berfungsi sbb : - Papan hubung utama yg langsung berhubungan
dg generator, - Papan hubung bantu yg mengatur penyaluran arus listrik dr papan
penghubung utama ke pswt2 penggerak yg kadang2 disebut juga papan pembagi (
distribution board ), - Papan hubung darurat yg berhubungan dg generator
darurat atau baterai / aki darurat.
Penyebab bila motor diesel gas buang
Asapnya berwarna putih
:
- Ada air msk ke salah satu silinder, mungkin dr keretakan silinder head /
liner atau packing antara cylinder head & cylinder liner bocor. – BB
mengandung air atau pendingin injector bocor ke BB, - Tekanan kompresi kurang
tapi juga BB kurang yg disemprotkan.
Asapnya berwarna kebiru – biruan
:
Berarti
minyak pelumas ikut terbakar krn ada minyak pelumas yg msk kedlm silinder sbg
akibat pegas torak yg sdh aus / macet. Kalau pd msn diesel bsr jmlh tetesan
minyak lumas oleh lubricator terlalu berlebih, perlu distel lagi jmlh tetesan
per detiknya.
Asapnya hitam
:
-
Terlalu tinggi tekanan BB, - Injector (pengabut) terbuka terlalu lama, -
Terlalu rendah tekanan kompresi tapi BB yg disemprotkan banyak, - Ada arang
didlm pipa2 buag (gas bekas), - Pegas torak macet, tekanan kompresi rendah krn
lolos, - Kotoran dlm saringan udara, - Beban motor terlalu berat (over load), -
Kwalitas BB kurang baik, - Suhu pemanasan BB kurang.
Peralatan (apendase) pd ketel uap :
Safety valve (katup keamanan)
:
Utk
mencegah tekanan uap lbh dr tekanan maksimumnya dg cara dpt membuka sendiri
tekanannya mencapai tekanan maksimum yg ditentukan.
Katup uap utama
:
Katup
yg langsung membuka saluran dr drum uap.
Check valve
:
Utk
mencegah air dr ketel terlempar msk lagi ke pipa saluran pengisian.
Katup uap bantu
:
Jika
dikpl ada ketel utama & ada ketel bantu maka pd ketel bantu dipasang katup
non return agar dr ketel utama tdk msk keketel bantu.
Katup pengisian utama
:
Katup
air pengisi.
Manometer
:
Alat
pengukur tekanan uap ketel
Gelas penduga
:
Gelas
yg berbentuk pipa yg dpt menunjukan tingginya air ketel uap di drum uap.
Biasanya tinggi air ketel diatur antara 1/3 – 2/3 nya.
Katup blow down
:
Katup
utk mencerat kotoran dr dlm air ketel, berdsrkn dr pengetesan.
Katup cerat
:
Katup
utk mengambil cth air ketel.
Menurut cara kerjanya pompa2 dpt digolongkn dlm 2 mcm :
-
Pompa yg bergerak bolak balik / pompa torak & plunyer. – Pompa yg bergerak
berputar / pompa centrifugal, pompa hale shaw dll.
Keuntungan & kerugian pompa centrifugal dibandingkan dg
pompa torak
Keuntungan
:
-
Mempunyai sedikit bagian2 yg bergerak, jadi keausan & perawatan serta
kerugian geseran kecil (rendemen mekanis tinggi 95% - 98%), – Tdk memerlukan
katup2 hisap, - Pd wkt pompa berputar dg saluran tekan tertutup tekanan desak
hanya naik atau sedikit keatas tekanan normal shg tdk menimbulkan kerusakan pd
saluran atau packing2, - Aliran cairan (air) teratur (pd pompa torak aliran air
tdk teratur) krn tergantung dr kecptn torak, - Hsl pompa antara batas2 tertentu
mudah diatur yaitu dg menambah atau mengurangi jmlh putaran.
Kerugian
: Tdk
menghisap sendiri,
- Rendemen yg rendah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar